Cara Hemat Baterai ASUS

Dianisa.com – Tips Menghemat Baterai HP ASUS Tanpa Aplikasi Tambahan. ASUS Zenfone merupakan salah Satu Produk Android yang dibandrol dengan harga terjangkau, menyasak kalangan menengah ke bawah. Umumnya, harga ASUS Zenfone kisaran 2 Jutaan ke bawah. Namun sayangnya, kelemahan dari ASUS Zenfone ada pada daya baterai-nya. Banyak dari pengguna ASUS Zenfone yang mengatakan bahwa baterai ASUS cepat habis dan cepat panas. Lebihnya lagi, jika digunakan untuk bermain game, semua hardware ASUS terasa panas.

Baca Juga :

Tips Menghemat Baterai ASUS Zenfone

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips ke anda semua mengenai Cara Menghemat Baterai ASUS Zenfone Supaya Irit Dan Tidak Cepat Habis. Sedikit Informasi bahwa untuk varian Asus Zenfone 4 kabarnya, baterai mampu bertahan hingga 4 – 6 Jam, sementara untuk ASUS Zenfone 5 mampu bertahan hingga 12 – 20 Jam dengan pemakaian normal. Dan untuk mengakalinya, anda beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat daya baterai ASUS Zenfone. Penasaran? Simak Tips Hemat Daya Baterai ASUS Zenfone berikut ini.

1. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Untuk yang pertama, anda bisa mengurangi tingkat kecerahan pada layar ASUS. Atau anda bisa mengaturnya pada posisi Dark (Gelap). Sedikit Informasi, bahwa tingkat kecerahan layar yang tinggi dapat membuat baterai #Smartphone cepat habis, apalagi jika anda mengaturnya pada posisi paling akhir atau Light. Dan untuk melakukan mengakalinya, anda bisa atur pada posisi Automatic Brightness dan Dark, simak langkah – langkahnya berikut ini.

Mengurangi Tingkat Kecerahan Layar ASUS

  • Masuk pada menu Setelan » Tampilan » Tingkat Kecerahan. Kemudian hilangkan centang pada “Kecerahan Otomatis”. Dan Atur Tingkat Kecerahan pada posisi “Dark”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.0.2. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

2. Gunakan Wallpaper Warna Gelap/ Hitam

Dan untuk yang kedua, anda bisa gunakan Wallpaper dengan tingkatan warna yang rendah atau lebih mudahnya, anda bisa gunakan wallpaper warna gelap. Dengan memasang Wallpaper Warna Gelap, maka smartphone tidak akan bekerja terlalu keras dalam memberikan warna maksimal pada layar depan atau layar utama.

Jangan khawatir, banyak sekali wallpaper gelap namun tetap keren, anda bisa mencari wallpaper bertema antariksa atau antar galaxy yang gambarnya banyak bintang – bintangnya. Anda tetap bisa irit baterai dan juga tampilan layar tetap keren.

Baca Juga :

3. Manfaatkan Fitur Ultra-Saving Mode

Dan untuk yang ketiga, anda bisa memanfaatkan Fitur Ultra-Saving Mode. Perlu anda ketahui bahwa fitur Ultra-Saving Mode dalam membuat baterai ASUS Zenfone lebih irit hingga 50% dari biasanya. Tidak hanya pada ASUS Zenfone saja, fitur Saving Mode sudah banyak tersedia pada smartphone lain seperti OPPO, Xiaomi, Lenovo, SAMSUNG, Sony, dan lainnya. Dan untuk mengaktifkan fitur Ultra-Saving Mode pada ASUS Zenfone, anda bisa simak langkah – langkahnya berikut ini.

Aktifkan Fitur Hemat Baterai ASUS

  • Masuk pada menu Setelan » Power Management » Power Saver. Kemudian pilih “Mode Baterai”.

Baca Juga :

4. Matikan Auto-Sync

Fitur Singkronisasi merupakan sebuah fitur yang biasanya menghubungkan antara akun sosial media dengan smartphone. Ini Artinya, semua data yang ada pada sosial media atau messenger seperti BBM, #LINE, WhatsApp, Google, dan lainnya di singkronkan dengan perangkat android. Sebenarnya fitur ini tidak di aktifkan juga tidak masalah, karena selain boros baterai, fitur ini juga sangat boros kuota. Dan untuk menonaktifkan fitur Auto-Sync pada ASUS Zenfone, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

Matikan Fitur Sinkronisasi Data Otomatis ASUS

  • Buka Menu Setelan » Akun. Kemudian hilangkan centang pada “Sinkronisasi Data Otomatis”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.0.2. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

5. Matikan Fitur Location/ GPS Saat Tidak Dipakai

Jika anda tidak sedang dalam perjalanan jauh, maka anda sebenarnya tidak perlu meng-aktifkan fitur Location/ GPS. Fitur tersebut terbilang cukup boros baterai dan data jika anda aktifkan terus menerus. Dan untuk menoaktifkan fitur Location, anda bisa simak langkah – langkahnya berikut ini.

Matikan Fitur Location ASUS

  • Scrool pada Notifikasi atas kemudian matikan fitur “Location”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.0.2. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

6. Kurangi Penggunaan Data Internet

Dan untuk yang ke enam, anda bisa mengurangi penggunaan data Internet. Dengan membatasi penggunaan Internet harian, anda bisa mendapatkan dua keuntungan, bisa hemat data dan hemat daya. Lebihnya lagi, jika anda suka bermain game online, maka sebaiknya mulai sekarang anda kurangi keseruan anda bermain game online. Gunakan waktu anda untuk hal – hal yang lebih bermanfaat dan lebih berguna.

Baca Juga :

CEK KUOTA :

7. Gunakan Fitur Boost

Dan untuk yang ke tujuh, anda bisa bisa manfaatkan fitur BOOST RAM. Fitur Boost ini mampu membersihkan memori RAM yang banyak terpakai. Selain itu, fitur BOOST ini akan memaksimalkan kinerja RAM, membersihkan Task Manager, dan juga menutup aplikasi yang berjalan di background. Ada dua keuntungan dari fitur Boost, yakni hemat RAM dan hemat baterai.

Baca Juga :

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat ASUS seperti pada ASUS Zenfone 2, Zenfone 3, Zenfone 4, Zenfone 5, Zenfone 6, Zenfone C, Zenfone 2 Deluxe, Zenfone 2 Laser, Zenfone 3 Ultra, Zenfone 3 Max, Zenfone Max, Zenfone Selfie, Zenfone Go, dan masih banyak lagi. Apabila ada sedikit perbedaan, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Menghemat Baterai HP ASUS Zenfone Tanpa Aplikasi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai perangkat ASUS Zenfone, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here