Cek Spesifikasi & OS Android
Sumber Image : Android Central

Dianisa.com – Cara Mengetahui Spesifikasi & Versi OS Pada Ponsel Android. Kita semua pasti tahu bahwa smartphone dengan OS Android menjadi tren dikalangan masyarakat Indonesia. Apalagi sekarang smartphone android bisa dibeli dengan harga yang murah, tentunya ini menjadi kepuasan masyarakat Indonesia dengan ekonominya yang masih pas – pas an. Smartphone dengan harga murah kebanyakan adalah produksi dari Negara China.

Baca Juga :

Mengingat harga smartphone android yang murah pastinya banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk membelinya, terutama dari kalangan anak muda. Secara nyata smartphone dengan OS android memang memiliki banyak kelebihan seperti penggunaanya yang mudah, fitur yang lengkap, serta memiliki ribuan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Tidak hanya itu saja, bermain game dengan Smartphone android juga lebih seru dan menyenangkan karena dapat memainkan game kualitas 3D dan HD. Selain itu, banyak dari developer android yang selalu berinovasi untuk membuat aplikasi – aplikasi android lainnya. Dengan fitur yang begitu lengkap tersebut hari – hari anda tidak akan membosankan lagi.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara untuk mengetahui spesifikasi pada smartphone android yang anda miliki. Cara ini terbilang mudah dan simpel, tidak perlu aplikasi tambahan. Simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Cara Cek Spesifikasi & Versi OS Smartphone Android

OS android untuk sekarang ini memang sudah banyak jenisnya, dan untuk yang terbaru adalah Android 5.0 Lollipop. Semakin tinggi OS android yang anda miliki maka semakin baik pula kualitas smartphone anda. Lalu, bagaimana cara cara cek spesifikasi & Versi OS Smartphone Android ? berikut langkah – langkahnya.

  1. Pertama, masuk pada menu “Setting”. Biasanya menu tersebut terlihat seperti Gerigi.
  2. Kemudian pilih “About Phone”. Dari situlah anda bisa melihat spesifikasi dan jenis OS pada Smartphone android anda. Lebih jelasnya lihatlah contoh yang saya lakukan pada Smartfreen Andromax G2 dibawah ini.

Spesifikasi & OS Android Smartfreen

Berikut urutan OS Android dari versi lama hingga versi terbaru :

  1. Android 1.0 Alpha (API Level 1)
  2. Android 1.1 Beta (API Level 2)
  3. Android 1.5 Cupcake (API Level 3)
  4. Android 1.6 Donut (API Level 4)
  5. Android 2.0 Éclair (API Level 5)
  6. Android 2.0.1 Éclair (API Level 6)
  7. Android 2.1 Éclair (API Level 7)
  8. Android 2.2 – 2.2.3 Froyo (API Level 8)
  9. Android 2.3 – 2.3.2 Gingerbread (API Level 9)
  10. Android 2.3.3 – 2.3.7 Gingerbread (API Level 10)
  11. Android 3.0 Honeycomb (API Level 11)
  12. Android 3.1 Honeycomb (API Level 12)
  13. Android 3.2 Honeycomb (API Level 13)
  14. Android 4.0 – 4.0.2 Ice Cream Sandwich (API Level 14)
  15. Android 4.0.3 – 4.0.4 Ice Cream Sandwich (API Level 15)
  16. Android 4.1 Jelly Bean (API Level 16)
  17. Android 4.2 Jelly Bean (API Level 17)
  18. Android 4.3 Jelly Bean (API Level 18)
  19. Android 4.4 Kitkat (API Level 19)
  20. Android 5.0 Lollipop (API Level 21)
  21. Android 6.1 Marshmallow
  22. Android 7.0 Nougat
  23. Android 8.0 Oreo

Baca Juga :

Itulah cara melihat spesifikasi dan versi OS android tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cara lain untuk melihat spesifikasi perangkat android yaitu langsung melihat pada Box Smartphone. Untuk lebih detail dalam melihat spesifikasi memang sebaiknya menggunakan aplikasi tambahan seperti CPU-Z atau Android Hardware Info yang bisa anda untuk melalui Google Play secara gratis. Sekian artikel dari saya semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here