Cara Memulihkan Foto dari Kartu SD yang Terformat

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan foto dari kartu SD yang terformat!

Bayangkan jika Anda adalah seorang fotografer profesional dan baru saja kembali setelah meliput pernikahan. Seperti biasa, Anda masuk ke laptop untuk mengambil cadangan data Anda, tetapi secara tidak sengaja menekan tombol Format. Jadi apa yang Anda lakukan sekarang? Jangan khawatir, karena ini terjadi pada yang terbaik dari kita.

Memformat sangat berbeda dengan menekan tombol Delete pada keyboard Anda. Saat Anda menekan tombol Hapus, itu mengirimkan foto atau file yang dihapus ke Recycle Bin atau Trash komputer Anda. Namun, saat Anda memformat kartu SD, ruang tempat foto atau file yang dihapus awalnya disimpan sekarang ditandai sebagai kosong

Lihat Juga : Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Apa yang dilakukan pemformatan pada kartu SD?

Anda dapat memulihkan foto dari kartu SD yang diformat hingga Anda menimpanya. Jadi jika Anda baru saja memformat kartu secara tidak sengaja, pastikan Anda tidak melakukan perubahan apa pun pada kartu SD, seperti mengisinya kembali dengan lebih banyak foto. Itu sebabnya disarankan Anda tidak menggunakan kartu SD ini sampai pemulihan data.

Setelah kartu SD diformat, itu menunjukkan ruang yang ditempati oleh file/foto yang dihapus, ditandai sebagai kosong. Ini berarti file/foto yang dihapus telah ditimpa dengan struktur baru.

Lihat Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet di Windows

Jenis Format Data

Memulihkan Foto Dari Kartu SD Yang Terformat
Sumber Gambar : unsplash.com

Dalam Quick Format, data tidak terhapus secara permanen karena melapisi sistem file baru menggantikan file/foto asli yang disimpan di kartu SD. Anda tidak akan dapat mengakses file di lokasi aslinya karena tautan logisnya telah dihapus. Namun, data yang mendasarinya masih ada di kartu SD. Dalam kasus pemformatan yang tidak disengaja, sebagian besar merupakan format Cepat.

Seperti namanya, Full Format menghapus semua data dari kartu SD. Jauh lebih sulit untuk memulihkan foto dari kartu SD yang telah mengalami format penuh tidak seperti format cepat.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Local Disk C Penuh di Windows

Apakah mungkin mengembalikan foto dari kartu SD yang diformat?

Tidak ada yang lebih buruk daripada kehilangan foto berharga Anda, baik karena pemformatan yang tidak disengaja atau kartu rusak. Jadi bisakah kita memulihkan foto dari kartu SD yang diformat? jawabannya adalah Bisa.

Mari kita lihat berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan foto dari kartu SD yang telah diformat. Pertama, kita akan mendalami cara-cara di mana kita dapat menggunakan fungsionalitas sistem operasi untuk pemulihan data. Jika tidak ada metode tersebut yang berhasil, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan foto profesional.

Lihat Juga : Cara Mengatasi This app can’t open Windows

Bagaimana cara memulihkan foto dari Kartu SD yang diformat pada Windows?

Menggunakan Command Line CHKDSK Windows

Pengguna Window dapat mencoba salah satu metode berikut untuk memulihkan foto dari kartu SD yang diformat. Menggunakan Command Line CHKDSK di Command Shell. Silakan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk memperbaiki kartu SD yang diformat:

chkdsk G: /f/x/r

  1. Ketik cmd di kotak pencarian Windows dan buka Command Prompt.
  2. Kemudian tekan jalankan sebagai administrator.
  3. Ketik chkdsk G: /f/x/r – di sini, ganti G dengan huruf drive dari kartu SD yang telah diformat.
  4. Tekan Enter dan tunggu beberapa saat.
  5. Selesai.

Kartu SD digunakan untuk menyimpan foto digital Anda, tetapi bagaimana jika kartu tersebut rusak atau diformat secara tidak sengaja? Oleh karena itu, menyimpan cadangan sangat penting untuk mengamankan data Anda.

Anda dapat menggunakan salah satu dari yang berikut untuk menyimpan cadangan kartu SD Anda, seperti iTunes, Google Drive, iCloud, hard drive eksternal atau internal, pen drive, atau opsi cadangan lain yang sesuai yang dapat Anda temukan. Jika Anda memiliki cadangan, akan sangat mudah untuk memulihkan foto Anda yang hilang.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Windows

Bagaimana cara memulihkan foto dari Kartu SD yang diformat di Mac?

Anda dapat menggunakan Photorec di aplikasi Terminal, ini merupakan cara praktis untuk memulihkan foto Anda dari kartu SD yang diformat di Mac.

  1. Cari aplikasi Terminal melalui Utilitas Mac Anda.
  2. Ketik perintah cd di Terminal dan cari kartu SD Anda.
  3. Sekarang ketik – mv filename ../ – ganti nama file dengan nama kartu SD yang ingin Anda pulihkan.
  4. Tekan Kembali.
  5. Ketik Keluar untuk keluar dari aplikasi Terminal.
  6. Periksa kartu SD Anda dan lihat apakah foto Anda telah dipulihkan.
  7. Selesai.

Jika tidak ada metode yang diberikan di atas yang berhasil, maka menggunakan perangkat lunak pemulihan foto profesional adalah metode yang paling dapat diandalkan untuk memulihkan foto dari kartu SD yang diformat. Setelah file/foto ditimpa, hampir tidak mungkin untuk memulihkan data tersebut. Tapi jangan khawatir karena perangkat lunak Stellar Photo Recovery telah membantu Anda. Ia bekerja pada sistem operasi Windows dan Mac.

Aplikasi Stellar Photo Recovery

Stellar Photo Recovery adalah perangkat lunak ringan dan mudah digunakan yang membantu Anda memulihkan foto yang hilang dari kartu SD yang diformat, rusak, atau rusak, dan bahkan terinfeksi virus. Itu dapat memulihkan foto yang dihapus dari kartu SD DSLR, camcorder, kamera aksi, drone, dll.

Perangkat lunak Stellar Photo Recovery memulihkan file dan foto dengan nama dan tanggal file asli. Tidak hanya itu, kualitas gambar tetap terjaga. Inilah cara Anda dapat memulihkan foto dari foto kartu SD yang diformat menggunakan perangkat lunak Stellar Photo Recovery:

  1. Unduh dan instal Stellar Photo Recovery untuk Windows PC atau Mac. Versi uji coba gratis memungkinkan Anda memindai dan mempratinjau foto yang dihapus.
  2. Hubungkan kartu SD ke komputer Anda melalui pembaca kartu internal atau eksternal.
  3. Luncurkan perangkat lunak dan pilih lokasi (drive, volume, atau perangkat penyimpanan eksternal tempat Anda ingin memulihkan foto).
  4. Sekarang tekan tombol Pindai untuk menemukan foto yang dihapus.
  5. Setelah proses pemindaian selesai, Anda dapat melihat pratinjau foto kartu SD yang dihapus.
  6. Pilih foto yang ingin Anda pulihkan dari antarmuka pratinjau, lalu tekan Pulihkan. Anda juga dapat memilih lokasi untuk menyimpan foto yang dipulihkan.

Jadi jika Anda sedang mencari cara cepat dan aman untuk memulihkan foto Anda yang hilang dari kartu SD yang telah diformat, tidak perlu mencari yang lain selain Stellar Photo Recovery.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Folder Tidak Bisa Dibuka Windows

Penutup,

Kehilangan foto bisa menyakitkan, untuk sedikitnya. Namun, ada cara untuk memulihkan data Anda, berkat kemajuan teknologi. Namun, ini tidak berarti Anda tidak harus berhati-hati. Bagaimana jika itu terjadi lagi? Jadi jangan ambil risiko ini dan cadangkan foto dan file berharga Anda sesegera mungkin.

Berkat perangkat lunak yang kuat dan andal seperti Stellar Photo Recovery, memulihkan data dan foto menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Sementara versi gratisnya memungkinkan Anda mem-pratinjau foto/video yang dihapus, Edisi Profesional memperbaiki foto yang rusak bersamaan dengan memulihkan foto yang hilang.

Bagaimana cara mentransfer foto dari smartphone ke kartu SD Eksternal?

Buka opsi pengelola file di smartphone Anda, lalu salin foto Anda dan rekatkan ke kartu SD Eksternal.

Bisakah saya memulihkan foto mentah dari kartu SD yang rusak?

Tentu saja bisa. Dengan Stellar Photo Recovery, Anda dapat memulihkan gambar RAW dari semua jenis kartu SD.

Bagaimana cara mengatasi “SD Card is not recognized” di PC/Laptop?

Kartu SD tidak dikenali, bisa disebabkan oleh banyak faktor. Coba periksa kembali sambungannya. Terkadang dengan membersihkan slot pembaca kartu bisa menyelesaikan masalah tersebut. Namun jika masih tidak berhasil, pembaruan driver untuk pembaca kartu Anda bisa menjadi solusinya. Untuk memperbarui, buka bagian “Device Manager” dari bilah tugas PC Anda. Dari sana, perbarui driver secara online. Alasan lain bisa karena kartu rusak/corrupt.

Apa yang harus dilakukan ketika Anda melihat pesan “SD Card is mounted read-only” di perangkat?

Terkadang Anda perlu memperbaiki FAT dan untuk ini pertama Anda harus menghubungkan perangkat Anda ke komputer terlebih dahulu. Setelah itu buka Windows Explorer, lalu klik kanan pada drive yang terdaftar ke kartu SD Anda. Setelah itu pilih Properties » Tools » Check Now untuk memperbaiki kesalahan sistem file secara otomatis. FAT akan diperbaiki. Anda sekarang dapat melepaskan perangkat Anda dari komputer dan kartu SD Anda tidak akan menampilkan pesan “Mounted read-only” mulai dari waktu berikutnya.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Wahyu Setia Bintara

Saya adalah penulis dan editor di Dianisa.com. Sebagai penulis, saya berfokus pada tema Android dan Windows. Saya memiliki ketertarikan pada semua hal yang berhubungan dengan multimedia dan media digital.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Cara Download Video, Story, Reel Facebook dengan FBVideoDown di HP, PC, dan Laptop!

    Ketahui cara mudah download konten video, reel, dan story dari Facebook menggunakan FBVideoDown di HP, Laptop,…
  2. Logo UIN Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) PNG, CDR, AI, EPS, SVG

    Berikut kami bagikan link download logo UIN Sultan Syarif Kasim Riau PNG, CDR, AI, EPS, SVG…
  3. Logo Universitas Jenderal Achmad Yani PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Jenderal Achmad Yani PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru…