Dian Arifin Sebagai Author, saya berusaha keras agar website ini dapat bermanfaat untuk banyak orang, khususnya untuk para pengguna Android. Disini, saya banyak penulis mengenai masalah pada Aplikasi serta Tips & Trik Android. Khairunnas Anfauhum Linnas ....

2+ Cara Mempercepat Startup Komputer & Laptop “Windows”

2 min read

Mempercepat Startup Laptop dan Komputer

Dianisa.com – Mempercepat Loading Startup Komputer Desktop Windows 7, 8, dan 10. Setiap kali anda menyalakan Komputer atau Laptop maka mesin akan aktif / menyala dan memulai untuk menjalankan boot dan program startup.

Startup inilah yang sangat berpengaruh lamanya loading untuk masuk ke jendela Windows, baik itu Windows XP, 7, 8, 10, dan seterusnya. Lalu, Bagaimana Caranya Supaya Startup Windows Berjalan Lebih Cepat?

Umumnya sebagai pengguna Laptop dengan Sistem Operasi Windows biasanya menginstall banyak aplikasi, atau sering menginstall aplikasi.  Banyaknya aplikasi yang berjalan di startup atau awal menyalakan komputer tentunya akan serasa lama untuk bisa masuk pada Jendela Windows.

Hal seperti ini pasti sangat menjengkelkan. Mengapa Demikian? Karena kita pada dasarnya tidak suka yang lama (lemot), lebih suka yang cepat dan ringan.

Lihat Juga Terkait Desktop

Mengatas Startup Windows Yang Berjalan Lambat

Solusi dari permasalahan tersebut yakni kita bisa menonaktifkan program aplikasi tertentu yang berjalan pada statup awal.

Anda tidak perlu Uninstall aplikasi, cukup menonaktifkan program aplikasi (startup) saja. Untuk melakukannya, anda bisa memanfaatkan fitur bawaan dari Sistem Operasi Windows itu sendiri.

Selain itu, anda juga bisa melakukannya menggunakan aplikasi tambahan seperti CCleaner. Lebih jelasnya, anda simak beberapa metode singkatnya dibawah ini.

1. Mempercepat Startup Tanpa Sofware Tambahan

Untuk metode pertama yang bisa anda lakukan yakni mempercepat startup tanpa aplikasi tambahan atau lebih jelasnya menggunakan fitur bawaan Windows bernama Startup.

Dari program Startup tersebut, anda bisa melihat dan memantau program apa saja yang berjalan pada saat komputer di nyalakan.

Agar komputer lebih cepat saat booting, tentunya anda harus menonaktifkan beberapa program aplikasi (startup) supaya tidak terlalu banyak dan berjalan secara bersamaan.

Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Mengatasi Booting Laptop Yang Lama

  1. Langkah pertama, pastikan anda sudah masuk pada jendela Windows, baik itu Windows versi 7, 8, 10, ataupun yang lainnya. Masuk pada Program Start, kemudian ketikkan kata kunci “msconfig” tanpa tanda kutip, lalu tekan enter.
  2. Dan secara otomatis anda akan dibawa pada menu “System Configurtion”. Selanjutnya anda masuk pada tap “Startup” untuk bisa melihat program yang berjalan.
  3. Untuk menonaktifkan aplikasi tertentu, maka anda bisa menghilangkan centang pada aplikasi sesuai dengan yang anda inginkan. Klik “Apply” untuk menerapkannya.
  4. Dan untuk melihat hasilnya, anda bisa coba reboot komputer anda. Booting akan lebih cepat dibanding sebelumnya.
  5. Selesai.

2. Mempercepat Startup Dengan Software CCleaner

CCleaner merupakan sebuah software pembersih yang sudah umum digunakan pada Laptop ataupun komputer.

Aplikasi ini dapat membantu anda dalam Memebersihkan File Cache, cookie, history, file registrasi, dan beberapa file sampah lainnya. Selain itu, Aplikasi CCleaner juga dapat digunakan untuk mengatur semua program pada sistem operasi Windows, salah satunya adalah program Startup.

Sebenarnya cara pertama hampir sama dengan cara yang kedua ini. Dan untuk melakukannya dengan aplikasi CCleaner, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Mempercepat Startup Windows

  1. Langkah pertama, jika anda belum menginstall aplikasi CCleaner, maka cari dan install aplikasi exe terlebih dahulu. Setelah anda berhasil menginstall aplikasi, anda bisa langsung buka aplikasi tersebut.
  2. Setelah anda masuk pada antar muka CCleaner, anda bisa langsung menuju ke menu Peralatan » Startup » kemudian pilih program aplikasi yang ingin anda nonaktifkan. Klik program tersebut, kemudian anda klik “Nonaktifkan” (Pada Bagian Kanan). Anda bisa menonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak begitu penting menurut anda.
  3. Setelah itu, anda bisa coba restart Laptop atau Komputer anda. Dan dari situlah anda bisa mencoba untuk melihat perbedaan sebelum dan setelah menonaktifkan aplikasi pada Startup.
  4. Selesai.

Kesimpulan,

Cara pertama saya saya sangat mudah untuk anda lakukan, namun untuk hasil yang lebih baik tentunya anda bisa gunakan CCleaner. Mengapa? Karena fitur dari CCleaner juga lebih banyak dan anda bisa mengatur aplikasi sesuai keinginan anda.

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Mempercepat Startup Pada Laptop Windows, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Dian Arifin Sebagai Author, saya berusaha keras agar website ini dapat bermanfaat untuk banyak orang, khususnya untuk para pengguna Android. Disini, saya banyak penulis mengenai masalah pada Aplikasi serta Tips & Trik Android. Khairunnas Anfauhum Linnas ....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *