Tips Memilih Modem Yang Bagus

Dianisa.com – Tips Membeli Modem Yang Bagus Dengan Koneksi Cepat dan Lancar. Modem merupakan salah satu media fungsikan sebagai alat untuk menghubungkan Laptop dengan Internet. Lebih tepatnya lagi, modem bisa juga dikatakan sebagai alat konektifitas untuk mencari sinyal sesuai dengan operator yang telah ditentukan.

Baca Juga:

Pada umumnya, banyak pengguna dan pemilik Laptop menggunakan Modem USB sebagai alat konektifitas supaya dapat berselancar di dunia Internet. Alasan menggunakan Modem tentunya serasa lebih simple dan mudah dibawa ke mana – mana. Terlebih lagi, paketan yang disediakan juga dapat di atur sendiri sesuai dengan budget yang kita punya.

Sebenarnya pengguna bisa memasang Koneksi Wi-Fi dan dapat berlangganan setiap bulannya, dan bisa dipakai pada banyak perangkat, namun harganya bisa lebih mahal dan hanya bisa dipakai pada satu area/ tempat saja. Tapi dengan Modem USB, walaupun hanya bisa dipakai pada satu perangkat, harganya terbilang lebih murah dan terbilang lebih simple bisa kita colok kapan saja dan dimana saja.

Tips Memilih Modem USB GSM Yang Bagus dan Berkualitas

Bagi anda yang ingin membeli Modem USB, namun masih bingung dalam memilih modem seperti apa yang bagus dan berkualitas, anda tenang dan tidak perlu khawatir karena kali ini saya akan membantu anda dalam memilih Modem USB sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan dan terapkan dalam memilih Modem USB. Lalu, seperti apa tipsnya! Simak ulasannya berikut ini.

1. Pilih Modem Yang Sudah Ternama Dan Dikenal Banyak Orang

Cara terbaik memilih produk yakni produk tersebut memang sudah terkenal dan sudah dipakai banyak orang. Seperti halnya anda memilih smartphone, jika misalnya anda memilih Smartphone merek Samsung atau iPhone, tentu semua orang pasti tahu bahwa merek tersebut sudah sangat terkenal dan termasuk dalam smartphone berkualitas baik.

Maka dari itu, jika anda ingin memiliki modem berkualitas, sesuaikan dengan kondisi dan keadaan di tempat anda, mana yang lebih baik dan mana yang lebih terkenal. Anda juga bisa bertanya ke teman – teman anda mengenai modem yang sudah mereka gunakan. Dari pengalaman teman – teman anda tentu anda bisa menilai seberapa bagus modem A dan B.

2. Kecepatan Akses Internet

Semua pengguna Internet tidak mau yang lemot dan lelet, maka dari itu pilihlah modem dengan kecepatan akses internet yang tinggi, minimal sudah harus HSDPA dengan kecepatan akses Download dan Upload 3.6 Mbps atau kalau bisa lebih dari itu. Saat ini sudah ada jaringan 4G-LTE, anda bisa pilih modem yang sudah mendukung jaringan tersebut (jika ada).

3. Fitur Plug & Play

Modem terbaru saat ini sudah tidak menggunakan yang namanya CD ROOM, karena setiap modem sudah tertanam driver pada port USB. Ketika anda mencolokkan modem pada laptop maka secara otomatis driver akan terinstall secara sempurna dan anda tidak perlu ambil pusing harus install sendiri. Modem seperti ini sama seperti Flashdisk dengan kualitas terbaik.

4. Sesuaikan Dengan Sinyal Operator Di Daerah Kamu

Kualitas modem memang sangat penting, tapi lebih pentinya lagi adalah anda harus memperhatikan sinyal operator yang ada di daerah kamu sendiri. Pastikan anda mendapatkan jangkauan sinyal terbaik dari modem yang anda pilih. Jika misalnya daerah anda lebih banyak sinyal dari operator GSM seperti Telkomsel maka anda bisa memilih Telkomsel. Dan lebih baiknya lagi, anda bisa bertanya pada toko anda membeli modem, dan biasanya anda akan diberi tahu modem terbaik sesuai dengan daerah anda.

5. Lihat Kompabilitas (Sistem Operasi)

Di saat anda memilih modem pastikan modem tersebut sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan, seperti misalnya Windows XP, Windows 7, Windows 8, atau Windows 10. Biasanya hampir semua modem sudah compatible dengan sistem operasi Windows, namun bagi anda yang menggunakan laptop dengan sistem operasi di luar Windows seperti Linux, Unik, ataupun Max OS X maka anda harus perhatikan dalam memilih modem. Biasanya pada Dus Box Modem akan tertera kompabilitas dari modem itu sendiri.

6. Desain Modem USB

Kebanyakan modem yang beredar di pasaran pasti ukurannya gendut dan agak lebar, sehingga menghalangi port lain untuk tidak bisa masuk. Maka dari itu, selain menerapkan beberapa tips diatas mulai dari kecepatan, kompabilitas, operator, dan lainnya, pastikan juga anda memilih modem dengan bentuk dan desain yang tipis. Seperti misalnya anda menggunakan MacBook Air, jika Modem terlalu gendut maka bisa saja menghalangi lubang port lain.

Atau jika anda ingin hasil yang lebih baik, anda bisa membeli USB Eksternal yang tentunya dilengkapi dengan banyak Port dan yang pasti tidak menghangi port lainnya.

7. Proses Instalasi Mudah

Saat ini, anda tidak perlu repot dalam menginstall Software Modem, karena hampir semua modem memiliki proses instalasi yang cukup mudah dan cepat. Setiap kali anda colokkan, maka secara langsung anda bisa menginstall Sofware modem tersebut. Dan biasanya, anda akan mendapatkan petunjuk dari Box Modem itu sendiri.

8. Garansi

Jika anda membeli modem, pastikan anda mendapatkan garansi Produk. Biasanya garansi Produk seperti Modem minimal 1 Tahun. Jangan sampai anda tidak mendapatkan garansi, karena jika rusak dalam satu hari anda bisa galau tingkat tinggi.

Baca Juga:

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba terapkan dalam memilih modem USB yang bagus dan berkualitas. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here