Cara Merawat Flashdisk Supaya Tetap Awet

Dianisa.com – Inilah Kebiasaan Yang Membuat USB Flashdisk Tidak Awet dan Cepat Rusak. Flashdisk merupakan media penyimpanan yang sangat portable karena berukuran kecil dan mudah dibawa kemana – mana. Walaupun Cloud Storage jauh lebih sederhana, tetapi Flashdisk tetap menjadi media utama dalam menyimpan data. Tidak dipungkuri lagi, flashdisk sangat penting dalam kehidupan sehari – hari, terutama untuk kalangan pelajar dan mahasiswa yang sering mendapatkan tugas.

Baca Juga :

Namun sayangnya, dibalik kemudahan yang ditawarkan pada media penyimpanan yang kecil dan unik ini, ternyata ada banyak kelemahan dari Flashdisk itu sendiri. Banyak yang mengatakan bahwa flashdisk itu mudah sekali mengalami kerusakan, apalagi jika sering dipakai dan dicolokkan setiap hari pastinya dalam waktu beberapa tahun flashdisk sudah tidak bisa dipakai kembali. Terlebih lagi, Flashdisk mudah sekali terserang Virus Shortcut atau Autorun. Hal seperti ini pasti membuat sebagai orang frustasi dan bingung perihal flashdisk tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai beberapa hal yang membuat Flashdisk Rusak, Error, Tidak Bisa Diformat, Tidak Terbaca, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda baca ulasannya berikut ini.

Kebiasaan Yang Mambuat Flashdisk Cepat Rusak

Dalam penggunaan setiap harinya, pemegang flashdisk pasti menggunakan flashdisk dengan cara yang berbeda – beda. Ada yang tidak begitu peduli, menaruh sembarangan, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa baca ulasannya berikut ini.

  1. Hindari menaruh Flashdisk yang berbedakatan dengan dengan benda yang memiliki tingkat gelombang magnet yang tinggi dan terus aktif seperti televisi, smartphone, atau gantungan kunci yang ada magnetnya. Gunakan Laci sebagai tempat penyimpanan Flashdisk terbaik, atau bisa juga menaruhnya di kantong tertentu.
  2. Lakukan Eject pada Flashdisk ataupun USB lain sebelum mencabut. Hal ini bertujuan supaya tidak ada data/ file yang corrupt atau rusak.
  3. Hindari terkena atau tercelup Air, terjatuh, atau tersimpan didekat benda panas. Apabila hal tersebut sering terjadi maka akan membuat Flashdisk cepat rapuh dan rusak, maka dari itu sebaiknya hindari saja. Letakkan flashdisk pada tempat yang seharusnya.
  4. Jangan terlalu sering melakukan Copy, Paste, atau perpindahan data, karena flashdisk memiliki proses tulis dan hapus data yang sangat terbatas. Flashdisk memiliki kapasitas maksimal sekitar 10.000 sampai 100.000 kali proses tulis hapus data. Jika sudah melewatinya mungkin Flashdisk yang anda miliki akan lebih lambat atau bahkan tidak bisa digunakan.
  5. Lakukan scanning apabila anda mencolokkan flashdisk pada komputer orang atau teman. Hal tersebut bertujuan supaya menghindari perpindahan virus dari flashdisk ke Kamputer atau laptop yang anda miliki.
  6. Perlakukan Flashdisk kamu dengan benar agar lebih awet. Gunakanlah antivirus terbaik untuk melakukan scanning pada Flashdisk. AVG merupakan salah satu antivirus yang bisa menjadi andalan terbaik untuk anda. Ada versi gratis dan pro yang bisa anda pilih sesuai keinginan anda.

Dengan membaca beberapa hal diatas, semoga fikiran anda bisa terbuka untuk merawat flashdisk sebaik – baiknya. Flashdisk sangat rentang sekali dengan kerusakan, error atau semacamnya, maka dari itu anda harus rawat flashdisk tersebut sebaik – baiknya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Beberapa Hal Yang Membuat Flashdisk Tidak Awet Dan Cepat Rusak, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan, tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here