Cara Mengakses File USB Flashdisk di Android

Dianisa.com – Tips Cara Membuka File USB Flashdisk di HP Android Dengan Aplikasi StickMount. Flashdisk adalah alat Penyimpanan Eksernal yang umumnya digunakan sebagai penyimpanan portable yang dapat dibawa kemana – mana. Dengan Flashdisk, seseorang bisa menyimpan banyak file mulai dari dokumen, musik, foto, video, aplikasi, dan lain sebagainya. Harga flashdisk sangat bervariasi dimulai dari harga murah sampai harga mahal, tergantung dari space flashdisk tersebut.

Baca Juga :

Pada umumnya seseorang yang ingin membuka atau mengakses data yang ada di Flashdisk pasti menggunakan komputer atau laptop. Yap, semua data flashdisk memang kebanyakan diakses lewat laptop, mengapa demikian? Karena Flashdisk dirancang untuk pengguna Laptop dan Komputer. Semua jenis Flashdisk merek apapun pasti bisa diakses lewat Laptop.

Namun tahukah anda bahwa ternyata Flashdisk dapat diakses melalui HP Android. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, ternyata smartphone Android dapat digunakan untuk membuka data/ Flashdisk mulai dari dokumen, foto, video, musik, dan lain sebagainya. Tapi sebelumnya perlu anda ketahui bahwa tidak semua smartphone bisa mengakses data yang ada di flashdisk. Smartphone Android harus sudah support dengan USB OTG (On-the-Go). Anda bisa cek Smartphone Android anda dengan aplikasi “USB OTG Checker” di Google Play store.

Cara Mengakses File USB Flashdisk di Android

Sebelum praktek anda diharuskan untuk memiliki USB OTG. USB OTG berfungsi sebagai penghubung antara port Smartphone dengan Port Flashdisk. Untuk mendapatkan USB OTG anda bisa membeli di toko – toko komputer atau laptop dengan harga yang relatif murah sekitar Rp. 15 – 50 Ribu. Untuk praktek, silahkan ikuti Langkah – Langkah Cara Membuka Data USB Flashdisk Di Android berikut ini.

Cara Menggunakan USB OTG di Android

  1. Pertama, sambungkan USB Flashdisk ke Smartphone Android dengan USB OTG. Tunggu beberapa saat sampai ada notifikasi Flashdisk masuk ke Smartphone.
  2. Untuk membukanya, anda bisa langsung gunakan File manager seperti Root Explorer atau semacamnya.
  3. Dengan adanya USB OTG dan Smartphone Android anda juga sudah support USB OTG maka anda bisa mengakses semua data seperti musik, foto, video, dokumen dan lainnya dengan mudah dan cepat.
  4. Selesai.

Jika dengan aplikasi Root Explorer tidak berhasil membuka file di flashdisk kesayangan anda, cara terbaik anda bisa gunakan aplikasi StickMount. Dengan aplikasi StickMount, anda bisa membuka semua data flashdisk dengan mudah dan cepat. Aplikasi tersebut juga support pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, Advan, HTC, LG, Motorola, Acer, ZTE, Sony Experia, Smartfreen Andromax, dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Membuka Data Flashdisk Di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here