Cara Hard Reset HP ASUS ZenFone 5 | ZenFone 5Z, Mudah!

0
22

Dianisa.com – Cara Hard Reset ASUS ZenFone 5 ZE620KL dan ZenFone 5Z ZS620KL Bootloop. ASUS ZenFone 5 ZE620KL dan ZenFone 5Z ZS620KL merupakan bagian dari produk ASUS yang rilis pada bulan Mey 2018 yang lalu. Kedua smartphone tersebut hadir dengan desain bodi cantik berlayar poni. Untuk ZenFone 5Z ZS620KL sendiri dibandrol dengan harga 6 – 7 Jutaan yang pastinya memang cukup mahal karena spesifikasi yang dihadirkan juga terbilang cukup mumpuni. Usung layar seluas 6,2 Inchi dengan resolusi Full HD 1080 x 2246 pixels serta dukungan dari Android Oreo (ZenUI 5.0) membuat tampilan dan multitasking terasa lebih maksimal. Lebihnya lagi dukungan dari CPU Qualcomm SDM636 Snapdragon 845, RAM sebesar 8 GB, serta internal yang mencapai 256 GB membuat performa lebih powerfull. Pengguna akan dijamin dengan kehandalan yang ditawarkan oleh ASUS ZenFone 5Z yang satu ini.

Baca Juga :

Sebagus dan secanggih apapun perangkat Android yang kita miliki, pastikan tidak akan luput dengan yang namanya masalah atau error pada perangkat. Aktivitas multitasking yang bermacam – macam dari para pengguna pastinya membuat masalah juga berbeda – beda pula, lebihnya lagi jika pengguna terlalu memaksakan aktivitas tertentu sehingga membuat aplikasi atau sistem terjadi lag atau macet. Masalah yang biasa terjadi para perangkat Android diantaranya seperti Aplikasi Tidak Bisa Dibuka, munculnya pesan error poda aplikasi tertentu, Lupa Pola Kunci, bugs atau kerusakan pada sistem, bootloop, dan lainnya.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut biasanya pengguna dapat melakukan satu metode unggulan yakni dengan Factory Reset atau Hard Reset melalui menu Recovery Mode. Untuk lebih jelas mengenai hal tersebut, silahkan anda simak ulasannya berikut ini.

Factory Reset ASUS ZenFone 5 | ZenFone 5Z

Yang pertama yakni Factory Reset yang bisa anda lakukan melalui menu Pengaturan di HP ASUS yang anda miliki. Pada intinya pengembalian smartphone ke pengaturan pabrikan dapat menjadi solusi ampuh dalam mengatasi setiap permasalah pada perangkat Android, seperti misalnya banyaknya pesan error pada aplikasi atau sering lag dan macet. Lebih jelas mengenai masalah tersebut bisa baca ulasan artikelnya berikut ini : Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP ASUS. Nah, bagi anda yang tertarik untuk melakukan Factory Reset ASUS ZenFone 5 dan ZenFone 5Z, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Factory Reset ASUS Zenfone

  • Buka Menu Setelan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembali Ke Setelan Pabrik » Kemudian tap “Atur Ulang Perangkat”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.0.2. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Hard Reset ASUS ZenFone 5 | ZenFone 5Z

Metode berikutnya yakni Hard Reset yang bisa anda lakukan melalui menu Recovery Mode (ZenUI Recovery). Hal ini dapat menjadi opsi pilihan ketika anda sudah tidak memungkinkan untuk masuk ke menu utama atau user Interface dari ASUS ZenFone 5. Masalah mengenai Lupa Pola Kunci atau Bootloop biasanya dapat teratasi dengan melakukan metode yang satu ini. Namun sayangnya, ketik anda tidak bisa masuk ke menu utama, sangat kecil kemungkinan untuk melakukan backup dari semua data yang tersimpan. Dan untuk Melakukan Hard Reset ASUS ZenFone 5 dan ZenFone 5Z, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama, pastikan smartphone ASUS Zenfone anda berada pada posisi mati atau off.
  2. Selanjutnya, tekan tombol “Power + Volume Down” Sampai nantinya smartphone getar dan muncul logo ASUS. Kemudian lepaskan tombol yang anda tekan dan anda akan masuk pada menu opsional dari ASUS ZenFone (FastBoot Mode).
  3. Selanjutnya pilih “Recovery Mode” agar nantinya anda dapat melakukan Hard Reset.
  4. Nah, setelah berhasil masuk ke menu Recovery Mode, selanjutkan pilih “Wipe Data/ Factory Reset” untuk melakukan Hard Reset smartphone anda. Dibagian ini, anda bisa gunakan Volume Up dan Down untuk navigasi atas dan bawah. Dan tombol power untuk memilih atau Ok.
  5. Setelah itu, lakukan konfirmasi dengan memilih “Yes – – Delete All User Data”. Dan anda tunggu proses Hard Reset sampai selesai dan berhasil.
  6. Jika sudah, anda reboot smartphone dengan memilih “Reboot System Now”. Dan smartphone anda akan melakukan reboot atau restart.
  7. Dan selamat, anda telah berhasil melakukan Hard Reset ASUS ZenFone 5 atau ZenFone 5Z yang anda miliki. Cobalah untuk melakukan penyetelan ulang HP ASUS anda. Cukup mudah bukan!
  8. Selesai.

*NOTE :

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Dengan adanya metode Hard Reset ASUS ZenFone 5 dan ZenFone 5Z, diharapkan semua masalah pada perangkat ASUS anda dapat terasa dengan baik dan maksimal. Jikapun masih tidak berhasil, solusi lain yang bisa anda lakukan yakni dengan #Flashing. Dan untuk melakukannya, anda perlu mengunduh firmware baru dan nantinya bisa dilakukan pemasangan melalui Recovery Mode pula. Adapun jika anda merasa kurang paham dengan metode Hard Reset diatas, anda bisa memahaminya melalui video Hard Reset dibawah ini.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Melakukan Factory Reset dan Hard Reset ASUS ZenFone 5 dan ZenFone 5Z Lupa Pola Kunci, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan terkait masalah pada perangkat ASUS yang anda miliki, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here