Cara Format Memori Card (SD Card) di HP Android

0
1008

Dianisa.com – Cara Format SD Card Pada Smartphone dan Tablet Android. SD Card merupakan media penyimpanan Android yang bersifat Slot dan bisa dicopot ataupun dipasang dengan sesuai keinginan pengguna. SD Card atau bisa juga disebut dengan Memori Eksternal tidak hanya untuk Android saja, tetapi bisa juga digunakan sebagai alternatif dari Flashdisk, yang artinya bisa terbaca oleh Komputer dan bisa mengirim data dari komputer.

Baca Juga :

SD Card memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda – beda mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, dan bahkan sampai 32GB. Dan biasanya kapasitas yang paling sering digunakan oleh pengguna Android diatas 4GB. Ada beberapa merek SD Card ternama yang banyak dipakai oleh pengguna Android seperti Micro SD, Sandisk, dan Samsung. Jenis SD Card tersebut sudah sangat umum dan sering digunakan oleh pengguna Android.

Bagi anda yang ingin mem-format SD Card, anda tidak perlu repot – repot menggunakan Card Reader dan menghapusnya dari Komputer karena sebenarnya anda sendiri bisa mem-format langsung dari Smartphone Android.

Cara Format SD Card di HP Android

Sebelum anda format memori car android anda, sedikit informasi bahwa format memori card/ sd card akan menghapus keseluruhan data dari sd card itu sendiri. Jadi apabila anda menyimpan foto, video, musik, dokumen, aplikasi, dan lainnya pada sd card maka akan hilang secara permanen dan tidak bisa anda kembalikan lagi. Maka dari itu bagi yang ingin mengamankan beberap data penting, silahkan anda copy dulu pada memori internal Android anda. Untuk format SD Card, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Format SD Card HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Penyimpanan » Pilih Kartu SD » Selanjutnya anda bisa langsung hapus dengan tap “Hapus Penyimpanan USB”. Dan untuk melakukan konfirmasi, anda bisa tap “Hapus Penyimpanan USB”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Itulah Cara Format SD Card Android Yang Mudah Dan Cepat, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan, saran, dan kritik silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here