Cek Tagihan Listrik Via Android
Sumber Image : decopuntosuspensivo.files.wordpress.com

Dianisa.com – Trik Cara Cek Tagihan Rekening Listrik Bulanan PLN Dengan SMS dan Aplikasi Android. Listrik merupakan sumber daya/ energi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh dunia. Di era teknologi sekarang ini semuanya membutuhkan listrik sebagai sumber daya untuk menghidupkan lampu, mesin, komputer, laptop, Baterai Smartphone, dan lain – lainnya. Semua itu berguna untuk menunjang kebutuhan sehari – hari kita. Tanpa adanya listrik mungkin dunia akan gelap gulita dan kita akan kembali ke zaman batu.

Baca Juga:

Semakin berkembangnya teknologi tentunya kita juga termudahkan mengenai aktifitas sehari – hari kita, terutama untuk bayar listrik bulanan. Beberapa tahun yang lalu mungkin kita hanya bisa tahu tarif rekening listrik satu bulan sekali. Tapi sekarang kita bisa mengetahui semua data penggunaan listrik rumah secara lengkap tanpa harus menunggu satu bulan.

Lalu, bagaimana cara kita agar bisa mengetahui biaya listrik bulanan yang harus kita bayar? Caranya cukup mudah, karena PLN memberikan visi kemudahan dan kenyamanan untuk pelanggannya. Anda bisa gunakan 3 cara sekaligus untuk cek tagihan rekening listrik, bisa via Online, SMS, dan Aplikasi. Mau tau caranya seperti apa? Simak ulasannya dibawah ini.

Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan Via Online

Cara pertama, yakni memanfaatkan situs PLN.co.id. Tidak perlu membuka komputer ataupun laptop, anda bisa melakukannya via Android melalui Browser yang anda miliki. Untuk lebih jelasnya simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama kunjungi situs resmi PLN Disini. Nantinya akan muncul halaman berupa form ID pelanggan untuk anda isi.
  2. Selanjutnya isi dengan ID Pelanggan PLN yang ada di rumah anda sendiri lalu klik “Cek” yang ada disampingnya.
  3. Secara otomatis tagihan listrik bulanan yang ada dirumah anda akan muncul.
  4. Selesai.

Selain cek tagihan listrik bulanan, anda juga bisa melihat biaya tagihan bulan lalu. Hal ini dimaksudkan untuk melihat kebenaran mengenai biaya listrik bulanan apakah ada orang yang tidak bertanggung jawab telah melambungkan tagihan kepada pelanggannya.

Cara Cek Biaya Listrik PLN via SMS

Selain cek tagihan listrik via Online, anda juga bisa melakukannya via SMS, lebih mudah dan lebih cepat. Anda bisa menggunakan semua jenis HP, baik yang sudah canggih ataupun yang sudah jadul. Untuk biaya per SMS-nya cukup murah, hanya 500 Rupiah saja. Tertarik mencoba, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama, buka Aplikasi pesan di Smartphone anda. Ketikkan SMS dengan format : REK (spasi) No ID Pelanggan Kirim ke 8123.
  2. Bagi anda yang mau berlangganan via SMS, anda bisa mengetikan SMS dengan format : PLN (spasi) ON (spasi) No ID Pelanggan Kirim ke 8123.
  3. JIka anda ingin berhenti berlangganan via SMS, anda bisa mengetikan SMS pula dengan format : PLN (spasi) OFF (spasi) ID Pelanggan dan dikirim ke 8123.

Cara ini dapat anda lakukan pada semua operator di Indonesia mulai dari Telkomsel, Indosat, XL Axiata, T Flexi dan Mobile-8.

Cara Cek Tagihan Rekening Listrik via Aplikasi Android

Selain 2 cara diatas, ada satu cara lagi yang cukup mudah dan cepat yakni menggunakan aplikasi Cek Info PLN. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk Smartphone Android. Simak langkah – langkah menggunakan aplikasinya dibawah ini.

  1. Pertama, download aplikasi Cek Info PLN melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Cek Info PLN Via Google Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut, lalu tap “Tagihan Bulanan”. Maka dari situlah anda bisa cek tagihan bulanan rekening PLN rumah atau kantor anda.
  3. Masukkan ID Pelanggan yang anda miliki.
  4. Selesai.

Sekedar Share:

Selain aplikasi Cek Info PLN, anda bisa menggunakan aplikasi lain untuk cek tagihan listrik di rumah anda. Berikut beberapa aplikasi PLN yang memiliki fungsi yang sama.

  • CekTagihan PLN Android adalah aplikasi android gratis yang dikembangkan untuk para pelanggan listrik PLN untuk melihat tagihan listrik yang harus dibayar setiap satu bulan sekali. Aplikasi ini mudah digunakan dan memiliki akses data yang cukup cepat.
  • InfoTagihan Listri PLN adalah sebuah aplikasi yang menggunakan sistem kalkulator untuk mempermudah anda dalam mengecek tagihan listrik PLN anda dirumah maupun dikantor. Aplikasi ini simple dan mudah digunakan. Anda bisa unduh aplikasi ini melalui Google Play Store secara gratis.
  • TagihanListrik Adalah aplikasi PLN terbaik yang memiliki fitur scan barcode yang tentunya dapat memudahkan para pelanggan listrik PLN dalam melakukan cek tagihan Listrik. Tak hanya scan barcode saja, melainkan bisa juga mengguakan input suara.
  • Dll.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan Vi Online, SMS, Dan Aplikasi Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here