4 Cara Cek Nomor Rekening BNI

Bank merupakan sebuah lembaga keuangan yang umumnya berkewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, transfer uang, serta kebutuhan finansial lainnya. Jika kita berbicara mengenai Bank, pasti ada yang namanya rekening bank.

Dengan adanya rekening, anda dapat melihat lintas transaksi keuangan yang telah anda lakukan selama periode waktu tertentu. Di sisi lain dari penggunaan rekening tersebut adalah untuk dapat melakukan perencanaan keuangan anda sendiri supaya tetap stabil. Tidak hanya itu saja, demi meningkatkan mutu layanan yang baik untuk nasabahnya. Bank telah menyediakan layanan yang berfungsi untuk memudahkan aktivitas perbankan anda jauh lebih mudah.

Tidak lain layanannya adalah SMS Banking, Internet Banking, dan juga Mobile Banking. Melalui layanan tersebut, anda dapat melakukan transaksi (baik finansial maupun non finansial) dimanapun anda berada dan tanpa batasan waktu (24 jam). Yang hanya bermodalkan smartphone, jaringan internet dan juga pulsa tentunya. Jika berbicara mengenai Rekening Bank, pastinya setiap rekening mempunyai sebuah nomor identitas. Atau lebih sering dikenal dengan sebutan nomor rekening. Nomor ini tentunya berbeda antar nasabah, baik dari segi nomor maupun jumlahnya.

Nomor rekening ini biasanya digunakan ketika anda melakukan transaksi, seperti halnya transfer uang sesama bank maupun antar bank. Mengenai nomor rekening ini, harus anda hafalkan. Atau paling tidak anda menyimpannya dengan baik. Tujuannya ketika anda membutuhkannya, anda dapat dengan cepat mengetahuinya. Karena memang dalam beberapa kasus yang ada, tidak sedikit nasabah yang lupa akan nomor rekeningnya sendiri. Hal ini pasti merepotkan bukan? Terlebih lagi jika anda sangat membutuhkannya.

Nah bagi anda yang lupa dengan nomor rekeningnya dan ingin melakukan cek nomor rekening bank, terutama bank BNI dengan cepat dan praktis. Anda dapat melakukan beberapa langkah tips berikut ini.

Lihat Juga : Tarif Biaya Transaksi BNI Internet Banking

Cek Nomor Rekening BNI

Nomor Rekening BNI
image source : economy.okezone.com

Untuk melihat nomor rekening BNI, anda dapat menggunakan beberapa cara yang ada. Seperti halnya cek melalui BNI Mobile, Internet Banking, Buku Tabungan dan Struk Bukti Transfer. Dari beberapa cara tersebut, tidak ada hal yang sulit untuk dilakukan meskipun media yang digunakan berbeda antar satu sama lain. Karena memang untuk melakukan cek nomor rekening BNI sangatlah mudah dan cepat. Cukup pilih salah satu cara sesuai dengan keinginan anda.

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk cek nomor rekening BNI.

Lihat Juga : 6 Cara Cek Mutasi Rekening BRI

Cek Melalui BNI Mobile

Jika anda ingin cek nomor rekening BNI. Anda dapat menggunakan salah satu layanan yang disediakan oleh BNI, yakni BNI Mobile. Cukup mudah dilakukan, anda hanya perlu download dan pasang Aplikasi BNI Mobile di Smartphone anda.

Daftarkan diri dan aktivasi akun anda sebelum menggunakan layanan tersebut. Di sisi lain, penggunaan BNI Mobile sangatlah diminati oleh banyak orang karena kemudahannya dalam bertransaksi. Seperti Transfer Uang, Pembelian Token Listrik, Top Up, dan lain sebagainya. Jika anda kebingungan menggunakan BNI Mobile untuk melihat nomor rekening. Berikut langkah-langkah yang dapat anda ikuti.

  • Pertama, download dan install Aplikasi BNI Mobile berikut ini : [Google Play] [App Store]
  • Buka Aplikasi BNI Mobile » masukkan Username dan Password » pada bagian menu utama pilih Account Information.
  • Kemudian anda akan ditampilkan informasi rekening BNI dilayar smartphone, termasuk Nama Pemilik sampai Nomor Rekening.
  • Selesai.

Cek Melalui Internet Banking

Selain menggunakan layanan BNI Mobile, anda juga dapat cek melalui Internet Banking. Mungkin cara ini dapat dikatakan jarang orang yang menggunakannya. Tetapi tidak menutup kemungkinan, jika anda dapat melakukan cek nomor rekening BNI di Internet Banking. Di samping hal tersebut, anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan perbankan di Internet Banking. Seperti cek saldo BNI maupun cek mutasi BNI. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, kunjungi website Internet Banking BNI di link berikut : ibank.bni.co.id
  • Kemudian masukkan Username dan Password Internet Banking anda.
  • Pada bagian menu utama » pilih Informasi Rekening.
  • Setelah itu anda akan ditampilan informasi lengkap mengenai rekening anda.
  • Catat atau lakukan capture pada layar tampilan tersebut.
  • Selesai.

NOTE : Jika anda ingin cek nomor rekening melalui Internet Banking BNI. Anda harus memiliki akun di layanan tersebut. Apabila anda belum memiliki, silahkan daftar dan aktivasi Internet Banking terlebih dahulu di Kantor Cabang BNI atau ATM.

Lihat Juga : 5 Cara Cek Saldo Rekening BCA

Cek Melalui Buku Tabungan

Kemudian anda juga dapat cek nomor rekening anda melalui Buku Tabungan BNI. Buku tabungan yang dimaksud adalah buku yang dikeluarkan oleh pihak Bank untuk melihat sejumlah informasi simpanan nasabah pada rekening tabungan.

Lalu bagaimana melihat nomor rekening BNI anda pada buku tabungan? Cukup mudah tentunya, anda dapat melihatnya ketika membuka bagian pertama buku tabungan BNI. Dan nomor rekening anda tertera pada bagian “No. Rekening” tersebut.

Cek Melalui Struk Bukti Transfer

Dan hal terakhir yang bisa anda lakukan untuk cek nomor rekening BNI anda adalah dengan melihat Struk ketika anda telah selesai melakukan Transfer di ATM. Memang struk bukti transfer ini sering diabaikan oleh nasabah.

Padahal isi didalam Struk tersebut tercatat dengan jelas nomor rekening BNI milik anda. Selain struk bukti transfer yang ada dapatkan di ATM, anda juga dapat melihat nomor rekening BNI anda di bukti transfer Aplikasi BNI Mobile pada bagian Nomor Rekening Pengirim.

Sebagai tips tambahan yang dapat anda lakukan adalah sebaiknya foto struk atau screenshoot bukti transfer di smartphone anda supaya lebih mudah untuk mengetahui nomor rekening dikemudian hari.

Lihat Juga : 4 Cara Cek Saldo Rekening BRI

Biaya Transaksi Bank BNI

Setelah mengetahui informasi rekening BNI anda, berikut informasi tambahan mengenai biaya transaksi mulai dari Transfer, Tarik Tunai, Pembelian Voucher Pulsa hingga transaksi Prabayar.

TransferBiaya (Rp)
Sesama BNI
Antar Bank6.500
Tarik Tunai
Rekening BNI
Prabayar
Top Up Kartu TapCash BNI
Top Up Go-Pay

Biaya Transfer BNI ke BRI

Jenis TransaksiBiaya Transaksi (Rp)
Biaya transfer antar bank via ATM Link4.000
Biaya tarik tunai di ATM Link
Biaya transfer antar bank via Internet Banking6.500
Biaya transfer antar bank via SMS Banking6.500
Biaya transfer antar bank via Mobile Banking6.500
Biaya transfer antar bank via Kliring5.000
Biaya transfer antar bank via RTGS25.000

Biaya Transfer BNI ke BCA

Jenis TransaksiBiaya Transaksi (Rp)
Biaya transfer antar bank via ATM6.500
Biaya tarik tunai di ATM Bank Lain6.500
Biaya transfer antar bank via Internet Banking6.500
Biaya transfer antar bank via SMS Banking6.500
Biaya transfer antar bank via Mobile Banking6.500
Biaya transfer antar bank via Kliring5.000
Biaya transfer antar bank via RTGS25.000

Pembelian Voucher Pulsa BNI

Kartu PerdanaNominal PulsaBiaya (Rp)
Telkomsel25k, 50k, 100k, 150k, 200k, 300k, 500k, 1000k1.500
Indosat25k, 50k, 100k, 150k, 200k, 500k, 1000k
XL Axiata25k, 50k, 100k, 200k
Tri (3)30k, 50k, 100k, 150k, 300k, 500k
Smartfren25k, 50k, 100k, 150k, 200k, 300k, 500k
Axis25k, 50k, 100k, 200k

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.