6 Cara Cek Nomor Rekening BCA

Di dalam sebuah aktivitas perbankan, tentu berkaitan dengan yang namanya rekening bank bukan? Adanya rekening bank tersebut, Anda dapat melihat jalannya transaksi keuangan yang sedang terjadi dalam beberapa periode tertentu .

Untuk meningkatkan mutu kualitas dalam sebuah bank. Tentunya bank BRI sebagai salah satu bank yang banyak digunakan oleh masyarakat, telah menyediakan beberapa layanan yang berfungsi sebagai alat untuk mempermudah aktivitas perbankan nasabah menjadi lebih mudah, cepat dan praktis.

Layanan tersebut diantaranya adalah SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking dan layanan lainnya. Melalui layanan tersebut, anda dapat melakukan berbagai jenis transaksi. Baik transaksi finansial maupun transaksi non finansial dimanapun anda berada.

Berbicara mengenai rekening bank, pasti setiap rekening memiliki sebuah nomor identitas bukan? Atau mungkin anda lebih mengenalnya dengan sebutan nomor rekening bank. Dan pastinya anda sudah mengetahui jika nomor rekening ini berbeda antar nasabah, baik dari segi nomor maupun nominalnya.

Nomor rekening ini biasanya digunakan ketika anda akan melakukan transaksi. Seperti halnya transfer uang ke sesama bank ataupun antar bank. Nomor rekening tersebut biasanya sering diabaikan oleh sebagian nasabah. Karena mungkin dianggap terlalu panjang untuk dihafalkan.

Jika anda bertanya mengenai seberapa penting nomor rekening itu. Jawabannya sudah pasti penting. Mengapa? Karena nomor rekening tersebut merupakan nomor identitas yang berisi informasi personal anda sebagai nasabah bank. Memang kelihatannya hanya sebuah deretan angka, namun didalam deretan tersebut tersimpan data pribadi anda.

Untuk itu tidak ada salahnya jika anda menyimpan nomor rekening tersebut dengan mencatat maupun menghafalnya. Hal tersebut juga bertujuan ketika anda membutuhkannya, anda dapat mengetahuinya dengan cepat.

Lihat Juga : 5 Cara Cek Rekening Saldo BCA

Cek Nomor Rekening BCA

Nomor Rekening BCA
Image Source : swa.co.id

Melakukan cek nomor rekening BCA sangatlah mudah dilakukan. Anda dapat melakukan berbagai cara seperti cek melalui e-Banking, Buku Tabungan, Rekening Koran, Call Center dan lain sebagainya.

Memang ada banyak cara yang dilakukan, tetapi bukan berarti anda harus mencoba semuanya. Cukup pilih dan lakukan salah satu cara yang sesuai dengan kondisi dan keinginan anda sendiri. Berikut beberapa cara yang perlu anda simak dan ikuti.

Cek Melalui Mobile Banking

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan layanan BCA Mobile. Yup melalui tersebut anda tidak hanya melakukan transfer uang, cek saldo, cek mutasi, top up, beli token dan lainya yang berhubungan dengan BCA. Namun dengan layanan ini anda juga dapat cek nomor rekening BCA.

Namun untuk dapat menggunakan layanan ini, pastikan anda sudah registrasi terlebih dahulu untuk membuat akun BCA Mobile. Dan juga anda terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Adapun cara untuk melihat nomor rekening BCA di Mobile Banking, berikut langkah-langkahnya…

  • Pertama, download dan pasang Aplikasi BCA Mobile berikut ini : [Google Play] [App Store]
  • Kemudian buka aplikasi BCA Mobile di smartphone anda.
  • Pilih m-BCA » masukkan Kode Akses » pilih m-Info » pilih Info Saldo.
  • Lalu anda akan melihat nomor rekening anda dibagian kiri dari nominal saldo yang tertera.
  • Selesai.

Cek Melalui Internet Banking

Selain menggunakan layanan Mobile Banking, anda juga dapat menggunakan Internet Banking untuk cek nomor rekening BCA. Fasilitas perbankan daripada Internet Banking ini pastinya tidak jauh berbeda dengan Mobile Banking. Untuk dapat cek nomor rekening, lakukan langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, kunjungi website Internet Banking BCA di link berikut ini : ibank.klikbca.com
  • Masukkan UserID dan PIN Internet Banking anda » klik Login.
  • Klik Informasi Rekening » pilih Informasi Saldo.
  • Setelah itu anda akan melihat informasi saldo dan pastinya disertai nomor rekening dibagian kolom paling kiri.
  • Selesai.

Lihat Juga : 2 Cara Daftar SMS Banking BCA

Cek Melalui ATM BCA

Nah apabila anda tidak mempunyai akun layanan Mobile Banking dan Internet Banking. Tenang saja, cukup gunakanlah ATM BCA terdekat anda untuk melakukan cek nomor rekening BCA.

Menggunakan cara ini, sangatlah mudah dilakukan. Karena hanya mencari ATM BCA terdekat. Lalu bagaimana cara cek nomor rekening di ATM BCA? Silahkan simak langkah-langkah dibawah ini.

  • Pertama, kunjungi ATM BCA terdekat.
  • Kemudian masukkan Kartu ATM BCA ke dalam mesin » pilih Bahasa (Indonesia / English) » masukkan PIN ATM anda.
  • Tekan Transaksi Lain » pilih Info Rekening » pilih Mutasi Rekening » tunggu transaksi sedang diproses » lalu akan disajikan print out mutasi rekening anda.
  • Pada struk tersebut berisikan informasi mengenai daftar transaksi terkahir yang pernah anda lakukan, termasuk anda juga dapat melihat nomor rekening BCA pada struk yang tercetak dari mesin ATM.
  • Tekan Tidak jika tidak ingin transaksi, ataupun sebaliknya.
  • Selesai.

Cek Melalui Buku Tabungan

Cara selanjutnya adalah dengan melalui Buku Tabungan BCA yang anda miliki. Cara yang satu ini dapat dikatakan cara paling mudah dan praktis untuk dilakukan. Anda tidak perlu repot melakukan berbagai hal seperti registrasi dan yang lainnya.

Cukup dengan bermodalkan Buku Tabungan, anda dapat melihat informasi terkait nomor rekening BCA. Anda hanya perlu membuka buku tabungan tersebut. Kemudian pada bagian pertama buku tabungan BCA tersebut tertera informasi terkait anda. Mulai dari identitas diri, tanggal pembuatan rekening dan pastinya termasuk nomor rekenig BCA yang terdiri dari 10 digit angka.

Lihat Juga : Cara Ganti PIN Kartu ATM BCA

Cek Melalui Halo BCA

Kemudian, anda dapat mengetahui informasi nomor rekening BCA dengan menghubungi Call Center BCA atau sering disebut Halo BCA. Menggunakan cara ini juga sangatlah mudah dilakukan dan pastikan pulsa anda mencukupi untuk menelpon Halo BCA.

Caranya adalah dengan menghubungi layanan Halo BCA di nomor 1500888. Lalu CS akan membantu cek nomor rekening BCA milik anda. Namun sebelum itu, CS akan memverifikasi data anda terlebih dahulu supaya aman.

Cek Melalui Rekening Koran BCA

Dan terdapat satu tips alternatif terakhir, jika semua cara yang tertera di atas tidak dapat anda lakukan, yakni cek nomor melalui Rekening Koran BCA. Rekening Koran merupakan sebuah ringkasan semua transaksi keuangan yang ada pada suatu rekening dalam periode waktu tertentu.

Adapun syarat yang harus ada bawa untuk mendapatkan rekening koran tersebut adalah buku tabungan, kartu ATM serta KTP. Ikuti penjelasannya berikut ini…

  • Pertama, datangi salah satu Kantor Cabang BCA, dengan membawa persyaratan yang sudah penulis katakan diatas.
  • Mengambil nomor antrian ke bagian CS.
  • Setelah nomor anda terpanggil » jelaskan tujuan anda, yakni ingin mencetak rekening koran dan juga beritahu periode waktu yang anda ingin cetak.
  • Kemudian, CS akan menjelaskan informasi terkait biaya yang harus dibayar untuk cetak rekening koran BCA sebesar 2.500 per lembar.
  • Apabila anda menyetujuinya, CS akan mencetak langsung mutasi rekening yang anda minta.
  • Tunggu beberapa saat, lalu hasil cetakan tersebut akan langsung diserahkan kepada anda.
  • Didalam cetakan rekening koran tersebut tidak hanya tertera informasi mengenai mutasi rekening saja. Anda juga dapat menemukan nomor rekening anda pada cetakan tersebut.
  • Selesai.

Lihat Juga : Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Biaya Transaksi Antar Bank di Tiap Jaringan

Berbicara mengenai nomor rekening bank, pasti tidak lepas dari kata Transaksi bukan? Jika anda melakukan sebuah transaksi dapat dipastikan anda akan terkena biaya transaksi di tiap jenis transaksinya. Hal ini tentunya berbeda-beda antar bank. Sebagai contohnya bank BRI telah menetapkan biaya per transaksinya, seperti berikut ini :

Jenis TransaksiATM BCA (IDR)PRIMA & GPN (IDR)CIRRUS (IDR)
Tarik TunaiGratis7.50025.000
Cek SaldoGratis4.0005.000
Transfer Antar Bank6.5006.500N/A
Transaksi DitolakGratis3.5005.000

Biaya Transfer BCA ke BNI

Jenis TransaksiBiaya (Rp)
Biaya transfer BCA ke BNI via ATM6.500
Biaya tarik tunai di ATM Bank lain6.500
Biaya transfer BCA ke BNI via Internet Banking6.500
Biaya transfer BCA ke BNI via SMS Banking6.500
Biaya transfer BCA ke BNI via Mobile Banking6.500
Biaya transfer BCA ke BNI via Kliring5.000
Biaya transfer BCA ke BNI via RTGS25.000

Biaya Transfer BCA ke BRI

Jenis TransaksiBiaya (Rp)
Biaya transfer BCA ke BRI via ATM6.500
Biaya tarik tunai di ATM Bank Lain6.500
Biaya transfer BCA ke BRI via Internet Banking6.500
Biaya transfer BCA ke BRI via SMS Banking6.500
Biaya transfer BCA ke BRI via Mobile Banking6.500
Biaya transfer BCA ke BRI via Kliring5.000
Biaya transfer BCA ke BRI via RTGS25.000

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.