9 Barang Bekas yang Jadi Peluang Usaha Menjanjikan

Sepertinya dunia bisnis memang tak ada matinya, banyak sekali hal yang dapat dijadikan untuk peluang bisnis, salah satunya yaitu bisnis dengan memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang menarik dan tentunya bernilai guna. Barang bekas / sampah merupakan hal yang menjadi masalah di negara Indonesia ini karena keberadaaannya yang begitu menggunung dan dianggap mengganggu kenyamanan lingkungan.

Selain itu, juga kita biasanya membuang barang bekas begitu saja tanpa memanfaatkannya. Padahal jika kita kelola lagi dengan bagus, mampu menghasilkan barang yang mempunyai nilai tinggi dan tentunya dapat meminimalisir melimpahnya barang bekas atau sampah yang ada di negeri ini.

Jika kita sering melihat barang bekas dan langsung membuangnya saya rasa itu sangat sayang sekali. Nyatanya tak semua barang bekas bisa langsung dibuang begitu saja. Jika kalian seorang yang jeli dalam melihat peluang usaha pastinya barang-barang bekas yang tak layak pakai dirumah dapat anda sulap menjadi barang yang menarik sehingga bernilai jual yang lumayan juga.

Tidak sulit memulai usaha daur ulang bahan bekas ini, karena bukan uang modal utamanya tapi kreatifitas yang akan menentukan kedepannya. Dalam memasarkan produk barang bekas ini bisa secara offline dan online seperti di sosial media yang banyak sekali dikunjungi konsumen tanpa harus ribet datang langsung ke toko.

Berikut beberapa inspirasi daur ulang barang bekas untuk anda…

Lihat Juga : 6 Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan dan Mahasiswa

#1. Koran Bekas

Peluang Usaha Barang Bekas dari Koran
image source : liputan6.com

Koran bekas, umumnya sering sekali kita jumpai dirumah bahkan sampai menumpuk dan akhirnya dikumpulkan kemudian dijual ke pengepul. Padahal koran yang dianggap sepele dan tidak memiliki manfaat ini dapat diubah menjadi barang yang menarik dan memiliki nilai ekonomis yang lumayan jika dijual.

Misalnya dibuat menjadi tas, guci, tempat tisu, tempat buah, vas bunga, dompet, keranjang dan masih banyak lagi.

#2. Celana Jeans Bekas

Peluang Usaha dari Jeans Bekas
image source : yukepo.com

Pastinya kalian punya celana jeans bekas yang tak terpakai, kekecilan, sobek, atau bosen dengan model dan bentuk yang seperti itu-itu saja.

Nah, sebaiknya jangan langsung buru-buru untuk membuangnya begitu saja karena jeans ini dapat dirubah menjadi barang-barang menarik seperti tas (ransel, selempang, jinjing), sarung bantal, kotak pensil, tas kamera, aksesoris, tempat botol, dompet dan masih banyak yang lainnya.

#3. Kain Perca

Peluang Usaha Rumahan dari Kain Perca
image source : detik.com

Kain yang satu ini memang kain bekas dan terpotong kecil-kecil tak beraturan, karena kain ini merupakan kain sisa pembuatan baju.

Nah, kain perca ini dapat kita gunakan lagi, makanya Jangan terburu-buru dibuang dulu ya, karena bisa kita sulap menjadi suatu barang yang menarik misalnya tas, sepatu, sprei, sandal, dompet, aksesoris, tempat tisu, keset dan masih banyak yang lainnya yang tetntunya jika dijual akan menguntungkan.

Lihat Juga : 5 Tips Sukses Membuka Usaha Kuliner

#4. Sedotan bekas

Sedotan Bekas jadi Barang Unik
image source : kaltim.tribunnews.com

Semua orang pasti tak asing lagi dengan benda yang satu ini. Benda yang sering kita gunakan untuk minum atau disetiap tempat kuliner pasti kita akan mudah sekali menemui sedotan dan biasanya sehabis digunakan kita akan membuangnya. Namun tak disangka-sangka jika ternyata sedotan yang biasanya kita buang ini mempunyai nilai guna yang lebih selain sebagai alat bantu.

Jika kita memanfaatkannya dengan kreatif, maka sebuah sedotan yang awalnya terlihat biasa-biasa saja akan menjadi suatu kerajinan yang cantik. Seperti misalnya dapat digunakan untuk membuat bunga, kotak pensil, taplak meja, hiasan dinding, bingkai foto, tas, sandal, kalung, dan lain sebagainya.

#5. Kardus

Kerajinan dari Kardus
image source : kumparan.com

Kardus memang tidak akan terlepas dari kebutuhan manusia sehari-hari, karena fungsinya sebagai wadah atau alat kemas dari suatu barang. Makanya benda ini sangat tidak asing lagi bagi kita ya meski limbah kardus adalah salah satu limbah yang ramah lingkungan karena cepat teruai, tapi tidak ada salahnya memcoba membuat kreasi unik dan tentunya dapat menambah daya nilai dari limbah kardus tersebut.

Salah satunya limbah kardus dapat dijadikan sebagai wadah buku yang cantik jika kalian bingung ingin menaruh buku sedangkan tidak punya wadah atau rak buku agar buku kalian tidak berserakan, nah kardus ini bisa menjadi solusinya.

Selain itu limbah kardus juga dapat disulap menjadi miniatur seperti mobil-mobilan, tempat make up, miniatur motor, dan juga rumah untuk mainan anak maupun untuk hiasan juga cantik.

#6. Bibir aqua gelas

Tas dari Bibir Aqua Gelas

Banyak sekali sampah/limbah plastik yang beredar di sekitar lingkungan kita, salah satunya yaitu kemasan air mineral gelasan. Siapa sangka jika benda sepele yang sering kita buang dan awalnya tidak bernilai tersebut bisa diubah menjadi tas jinjing dan selempang yang cantik dan tentunya jika dijual akan menarik konsumen, sehingga mempunyai nilai jual yang lumayan dibandingkan dari awal mula wujud benda tersebut.

Jika berada ditangan yang terampil dan kreatif dapat menjadi barang yang bernilai ekonomis. Pembuatannya pun juga tidak terlalu rumit, hanya bermodal limbah wadah air mineral dan diambil bibir atasnya saja kemudian dirangkai menjadi satu dan dilillit dengan tali kur sesuai warna yang diminta oleh konsumen yang dalam kerangka itu diberi furing dan resleting.

Lihat Juga : 20 Peluang Usaha Modal Kecil Menjanjikan

#7. Botol Bekas

Kerajinan dari Botol Bekas
image source : ideproperti.com

Botol bekas yang sudah usang sebaiknya jangan dibuang, lebih baik kita manfaatkan menjadi barang yang lebih berguna. Misalnya kita ubah menjadi wadah pensil yang lucu agar pensil kalian tidak berantakan dan tentunya mempunyai nilai jual.

Selain itu bisa kita memanfaatkan sebagai pot yang cantik untuk tanaman atau bunga. Menyulapnya menjadi pot merupakan ide bisnis yang menarik, selain dapat mengurangi limbah atau sampah botol bekas juga dapat dijadikan sebagai media penghijauan disekitar lingkungan kita agar terlihat lebih indah dan asri.

Selain pot, juga dapat dijadikan sebagai lampion atau wadah lampu juga bisa, agar kelihatan lebih menarik dan cantik.

#8. Stick ice cream

Ide Bisnis dari Stick Ice Cream Bekas
image source : hidupsimpel.com

Stick ice cream sebenarnya merupakan barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan lagi untuk berbagai jenis kerajinan tangan yang menarik dan unik. Daripada kita buang jika benda ini masih mempunyai manfaat tidak ada salahnya kalau kita ubah menjadi benda yang mempunyai nilai ekonomis.

Misalnya dibuat menjadi miniatur menara, museum, rumah, atau miniature transportasi. Dengan demikian tentunya akan menjadi barang yang lebih menarik dan cantik yang mempunyai peluang dalam dunia bisnis.

Selain itu, dapat juga kita rubah menjadi bingkai foto atau lebih sering disebut dengan pigora. Pigora yang biasanya kita jumpai di toko-toko terbuat dari kayu dan juga plastik olahan, namun pigora dari stick ice cream tentunya akan menjadi data tarik tersendiri sehingga dapat menarik para konsumen

…dan ada banyak hal yang dapat dibuat dari stick ice cream seperti kotak tisu, aksesoris, kotak pensil, dsb.

#9. Kaleng bekas

Ide Bisnis dari Kaleng Bekas
image source : hipwee.com

Mungkin kita menganggap kalau kaleng bekas hanyalah sampah yang tidak ada manfaatnya. Maka tidak heran jika banyak orang langsung membuang kaleng-kaleng bekas tersebut. Padahal siapa sangka jika kaleng yang sudah usang tersebut masih bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam kreasi hiasan maupun dekorasi yang lucu dan unik.

Tidak murahan meskipun hanya dari kaleng bekas, namun kalau sudah disulap menjadi barang yang cantik akan terlihat mewah dan tak kalah dengan barang-barang buatan pabrik. Kerajinan dari kaleng bekas misalnya seperti tempat jepit rambut, tempat pulpen, pot tanaman, dan masih banyak lainnya.

…Nah, dari semua barang bekas diatas, mana nih yang menurutmu paling cocok buat dijadikan sebuah kerajinan, tulis dikolom komentar ya…

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.