Apple rilis iPad mini dan iPad 10.2, hadirkan performa dan fitur yang lebih canggih

Akhirnya Apple memperkenalkan iPad 10.2 dan iPad Mini 2021 versi baru, yang diluncurkan pada event “California…

Akhirnya Apple memperkenalkan iPad 10.2 dan iPad Mini 2021 versi baru, yang diluncurkan pada event “California Streaming” tepatnya Selasa malam, 14 September 2021 lalu. Sudah sekitar dua setengah tahun sejak perusahaan teknologi Apple merilis iPad mini 5 tahun 2019, kini iPad mini telah membawa banyak peningkatan desain dengan bezel layar tipis datar dan sudut membulat. iPad mini disuguhkan dengan layar 8.3 inci Liquid Retina display yang lebih besar dari empat generasi akhir. iPad 10.2 dibekali  dengan fitur A13 Bionic, Center Stage, True Tone, dan dilakukan peningkatan dua kali lipat penyimpanan besar, mencakup pembaruan yang luar biasa.

Berikut akan diulas lebih lengkap mengenai pengenalan rilis iPad Mini dan iPad 10.2 (2021)!

iPad Mini (2021)

Apple iPad Mini 2021
iPad Mini 2021 dengan chip A15 Bionic. APPLE

iPad Mini hadir dengan pengalaman yang luar biasa, Generasi iPad mini 6 (2021) terbaru ini, di rancang dengan perombakan layar bezel bertepi datar dan sudut melengkung, hampir sejajar dengan perilisan baru iPad dan iPhone. Kali ini iPad Mini dibekali fitur teknologi canggih meliputi True Tone dengan layar Liquid Retina 8,3 inci, dan panelnya dapat mencapai kecerahan hingga 500 nits. Adapun tombol kunci Touch ID, pelapis layar non reflektif, dan chipset A15 Bionic baru. Dalam pengalaman multimedia, Apple membekali iPad mini dengan speaker stereo dalam orientasi lanskap, peningkatan seluruh fitur layar pada iPad Mini, akan memberikan pengalaman menonton video atau film yang luar biasa.

Touch ID yang dibawakan akan memberikan kemudahan pengguna dalam pengaktifan layar dan autentikasi keamanan untuk menggunakan aplikasi maupun Apple Pay. Selain itu iPad mini juga mengusung Apple Pencil generasi ke-2 dengan sifat magnetis menempel pada iPad Mini dalam hal pengisian daya dan pemasangan nirkabel.

Peningkatan Performa

iPad Mini 6 menggunakan chipset A15 Bionic, seperti yang dimiliki seri iPhone 13. Apple mengungkapkan, chipset ini dapat mencakup CPU 6-core 40% lebih cepat dan GPU 5-core 80% lebih cepat dari generasi sebelumnya. iPad mini ini juga menggunakan port USB-C dan dibekali RAM 4GB, yang mengalami peningkatan 1 GB dari iPad Mini sebelumnya, ini menjadikan tablet Apple terkecil cocok untuk kinerja multitasking di masa depan. Untuk opsi ruang penyimpanan sendiri tersedia 64GB atau 256GB tanpa dukungan microSD.

Saat ini, iPad mini akan menjalankan perangkat lunak iPadOS 15, dengan beberapa fitur canggih meliputi machine learning (ML) yang didukung oleh Neural Engine 16-core dikombinasikan dengan CPU dan GPU barunya. Neural Engine sendiri akan memungkinkan aplikasi memberikan pengalaman tingkat lanjut, seperti halnya pengenalan gambar dan pembelajaran bahasa alami yang dapat diambil dari tindakan pengguna.

Kamera

iPad Mini dibekali kamera belakang dengan sensor 12 MP yang memiliki aperture f/1.8 serta Focus Pixels untuk menangkap foto yang tajam dan jelas. Adapun flash True Tone untuk menangkap gambar dalam cahaya rendah, dan fitur smart HDR yang dapat meningkatkan kualitas gambar dengan detail bayangan dan sorotan. Kamera depan dilengkapi Ultra Wide dengan sensor 12 MP. Selain itu iPad Mini hadir dengan Center Stage seperti di iPad Pro, dengan kamera canggihnya dan bidang pandang 122 derajat. Ini memungkinkan pengguna dapat menikmati panggilan video yang menarik dan secara otomatis dapat menggeser kamera mengikuti pergerakan pengguna.

Konektivitas lebih cepat

iPad mini 2021 hadir dengan konektivitas 5G, memungkinkan pengguna iPad mini mencapai kecepatan tinggi hingga 4.5 GBps dalam kondisi ideal. Namun perlu diketahui iPad mini tidak mendukung mmWave 5G, yang membatasi operator di daerah Anda. Tablet akan terhubung ke jaringan 5G maupun 4G jika pengguna membeli model tablet seluler, sedangkan pengguna yang memilih model Wi-Fi saja, Anda dapat terhubung ke internet melalui Wi-Fi. iPad mini juga dilengkapi dengan port USB-C sebagai transfer data hingga 5GBps, ini 10 kali lebih cepat dari pendahulunya, dan terhubung ke ekosistem aksesori USB secara luas.

Lihat Juga : Apple Watch Series 7, hadir dengan layar lebih besar dan lebih canggih

iPad 10.2 (2021)

Apple iPad 10.2 2021
iPad terbaru dengan harga lebih terjangkau. APPLE

iPad 10.2 (2021) hadir dengan desain dan ukuran layar yang sama dengan generasi sebelumnya yakni 10.2 inci, perangkat baru ini tetap kompatibel dengan berbagai aksesoris yang sudah tersedia pada iPad 10.2 pendahulunya, termasuk Apple’s official iPad smart keyboard dan Apple Pencil generasi pertama. Port pengisian daya Lightning sama, serta memiliki tombol beranda berupa Touch ID yang sama, diketahui segi ukuran dan desain sama sekali tidak berubah, dan sama dengan versi sebelumnya. iPad 10.2 (2021) tersedia dalam warna silver (perak) dan gray (abu-abu).

Layar dan tampilan

Pertama kalinya, iPad baru dilengkapi True Tone dengan layar Retina 10.2 inci, Adanya sensor cahaya ambient baru yang ditingkatkan, memungkinkan True Tone menyesuaikan konten layar dengan suhu dan warna ruangan. Dengan True Tone iPad membuat gambar tampak lebih alami dan memberikan pengalaman yang lebih nyaman untuk pengguna.

Peningkatan performa

Peningkatan baru pada iPad 10.2 2021 telah ditingkatkan ke chipset A13 Bionic, yang dapat ditemui di iPhone 11 dan iPhone SE (2020). Ini cukup membawa peningkatan 20% dalam kinerja dan memberikan kekuatan dari beberapa fitur iPadOS 15 baru yang hadir pada perangkat ini. Adapun Neural Engine di A13 Bionic juga mendukung machine learning tingkat lanjut dan performa yang lebih canggih.

iPad 10.2 ini juga mendukung Apple Pencil generasi pertama, yang berguna untuk mencatat dan menggambar. Untuk pengisian daya memang diperlukan untuk mencolokkan ke Port Lightning tablet. Ini juga menawarkan cara baru untuk berkolaborasi dan mengatur catatan dengan Quick Note, baik mengetik atau menulis dengan Apple Pencil.

Saat ini iPad baru tidak tersedia dalam konektivitas 5G, pengguna bisa mendapatkan iPad 10.2 2021 ini masih dengan harga terjangkau. Adapun pengguna bisa mendapatkan versi Wi-Fi atau LTE. Selain itu tablet ini hadir dengan iPadOS 15 yang merupakan versi iOS 15 khusus untuk iPad dengan tambahan fitur yang meningkat.

Kamera dan baterai

Kamera depan dilengkapi dengan Ultra Wide 12 MP beserta fitur Center Stage Apple, ini memungkinkan penyesuaian gambar agar pengguna tetap berada di tengah layar saat aktif, seperti halnya panggilan video dan sejenisnya. Ini juga secara otomatis dapat menyesuaikan posisi kamera agar pengguna tetap terlihat saat bergerak, kamera juga dapat mendeteksi terhadap banyak objek yang masuk di tampilan secara mulus. Kamera belakang sebesar 8 MP yang masih sama dengan generasi terakhir kali.

Untuk pengisian daya dapat dilakukan dengan pengisi daya 20W, ini termasuk dalam kecepatan yang cukup untuk tablet. Waktu yang dibutuhkan lebih dari satu jam hingga pengisian daya penuh.

Penyimpanan lebih besar

Pengguna juga mendapatkan dua kali lipat penyimpanan dasar mencapai 64 GB hingga 256 GB. Dengan desain iPad yang minimalis tipis dan ringan, perangkat ini memberikan kebebasan untuk pengguna saat bekerja, belajar, bermain, dan tetap terhubung di rumah maupun di perjalanan. Jika Anda memilih penyimpanan 256 GB akan sangat cocok bagi Anda yang ingin menyimpan lebih banyak game, aplikasi, video, dan foto.

Harga dan ketersediaan iPad mini 6 (2021)

Konfigurasi Wi-Fi dibanderol mulai dari $499 sedangkan model seluler mulai dari $649 untuk versi 64 GB. Untuk versi 256 GB model Wi-Fi mulai dari $649 sedangkan model seluler mulai dari $799. Untuk pre-order iPad mini 6 dimulai sejak peluncurannya dengan pengiriman aktual di tanggal 24 September. Untuk ketersediaan warna meliputi Space Grey, Pink, Purple, dan Starlight.

Harga dan ketersediaan iPad 10.2 (2021)

iPad 10.2 2021 tersedia dalam dua opsi utama yaitu warna Space Grey dan Silver. Untuk model Wi-Fi mulai dari $329, sedangkan varian seluler mulai dari $459. Anda dapat memesannya segera dengan ketersediaan aktual mulai tanggal 24 September.

Demikian ulasan seputar perilisan iPad mini dan iPad 10.2 (2021) yang berhasil diperkenalkan pada Event Apple 14 September lalu. Seluruh informasi yang datang mengenai perangkat iPad terbaru ini membawa berita bagus dan peningkatan yang cukup luar biasa untuk para pengguna Apple iPad. Dengan informasi di atas, dapat dijadikan pengetahuan mengenai perangkat iPad mini dan iPad 10.2 baru untuk penggunaan maupun pembelajaran.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan mengenai informasi ini, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 13 Cara Mengatasi Error msvcp120.dll dan msvcr120.dll pada Program Windows

    Perbaiki msvcp & msvcr yang hilang dengan install Microsoft Visual C++ terbaru.
  2. Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

    Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo
  3. 17 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

    Cobalah menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 11, 10,…