8 Alasan Mengapa Jasa Forwarder China Banyak Diminati!

Ketahui alasan mengapa jasa forwarder China banyak diminati!

Sebagai seseorang yang hidup di era globalisasi ini, kita telah menyadari bahwa perdagangan internasional telah menjadi salah satu fondasi utama dalam pertumbuhan ekonomi negara. Berdasarkan laporan dari Internasional Monetary Fund (IMF), China menempati posisi pertama sebagai negara ekonomi terbesar di Asia dengan nilai PDB sebesar US$ 18,1 triliun. Melihat pernyataan tersebut, tidak sedikit perusahaan yang mencari peluang di pasar China untuk mencari produk/mentahan. Akan tetapi regulasi perdagangan internasional ini bukanlah yang sederhana, apalagi menyangkut pengiriman barang dari China ke negara lain. Oleh karena itu, keterampilan dan pengetahuan dari forwarder ini sangat dibutuhkan.

Jasa forwarder China memiliki peran penting dalam proses ekspor impor barang. Alasannya dikarenakan jasa forwarder ini punya peranan sebagai jembatan proses impor barang ke luar negeri agar menjadi lebih mudah. Tidak hanya menyederhanakan proses pengiriman barang lintas perbatasan saja, namun layanan ini juga membantu pelaku bisnis untuk menghemat waktu, biaya dan sumber daya mereka.

Jadi tidak mengherankan jika kehadiran jasa forwarder China ke Indonesia ini akan terus berkembang, apalagi melihat permintaan barang impor meningkat setiap tahunnya. Mulai dari produk teknologi, pakaian, perabotan rumah tangga, hingga barang mentah. Jika Anda penasaran, mengapa jasa forwarder China banyak diminati? Simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Lihat Juga : Cara Belanja di Shopee

5 Alasan Forwarder China Banyak Diminati

Alasan Memakai Jasa Forwarder China
Sumber Gambar : txintlfreight.com

Adanya jasa forwarder dari China ini dikenal memiliki banyak keuntungan bagi pelaku bisnis. Bukan hanya untuk para pebisnis yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis barang ke luar negeri saja, tetapi juga bermanfaat bagi pelaku bisnis pemula saja.

Berikut ini adalah 5 alasan forwarder dari China banyak diminati oleh pelaku bisnis.

1. Menekan Biaya Ekspor Impor Barang

Memperoleh keuntungan maksimal dari bisnis yang dijalankan tentu menjadi tujuan bagi semua pelaku bisnis. Selain memikirkan cara untuk mendapatkan omset yang banyak juga perlu memikirkan cara meminimalisir pengeluaran. Bukan hanya biaya produksi saja yang harus diperhatikan akan tetapi juga biaya yang harus dikeluarkan terutama biaya aktivitas ekspor dan impor.

Biaya ekspor dan impor yang harus dikeluarkan cukup bervariatif. Menggunakan jasa forwarder dikenal dapat menekan biaya pengiriman barang dibandingkan dengan mengurus semuanya sendiri. 

2. Dokumen Tidak Bermasalah

Tidak seperti prosedur pengiriman barang domestik yang cepat, pengiriman barang luar negeri memiliki prosedur yang cukup panjang dan dokumen yang harus dilengkapi oleh pelaku bisnis pengiriman barang.

Pengurusan dokumen agar barang yang masuk itu legal tidak dapat dilakukan dalam 1 atau 2 hari saja. Ada beberapa yang harus diurus seperti dokumen untuk mengurus izin impor, mengurus bea cukai, dan dokumen untuk membayar pajak. Dengan menggunakan jasa forwarder China maka pengurusan semua dokumen dilakukan oleh pihak tersebut. 

3. Tidak Ada Batasan Jumlah Barang

Kelebihan selanjutnya dalam menggunakan jasa forwarder dari China ini tidak memberikan batasan minimal dalam pengiriman barang. Biasanya penyedia jasa akan menggunakan sistem less container load.

Sistem less container load yang dimaksudkan di sini adalah memfasilitasi bagi para pelaku bisnis dalam pengiriman barang dengan jumlah yang lebih sedikit. Ini berarti dalam satu kontainer terdapat beberapa barang dari pelaku bisnis lainnya yang dikirim melalui 2 jalur yaitu jalur laut dan juga darat.

4. Lebih Fleksibel

Bukan hanya menerapkan sistem less container load saja, jasa forwarder dari China ini juga menyediakan pengiriman barang dalam jumlah yang berat dan dengan volume yang besar. Ini berarti penyedia jasa memberikan fleksibilitas terkait ukuran dan juga berat barang yang akan dikirim oleh pelaku bisnis.

Semakin fleksibel dari segi ukuran dan berat maka pelaku bisnis dapat memanfaatkan jasa ini untuk keperluan bisnisnya. Dengan begitu pelaku bisnis tidak perlu lagi menunggu hingga jumlah barang banyak dulu baru proses pengiriman.

5. Keamanan Pengiriman Barang Terjamin

Jasa forwarder yang berasal dari China akan menjaga keamanan barang dari pengirim hingga ke tangan pembeli. Ini sudah banyak dirasakan oleh pelaku bisnis yang berkaitan erat dengan proses ekspor dan impor barang dimana jasa tersebut sangat memperdulikannya terkait keamanan barang.

Lihat Juga : Cara Belanja di AliExpress

Penutup

Hadirnya jasa forwarder China membuat aktivitas ekspor dan impor barang ke luar negeri menjadi semakin praktis dan mudah. Dengan begitu para pelaku bisnis pada bidang tersebut tidak perlu lagi memikirkan cara dan memahami prosedur dalam supaya barang dapat masuk ke Indonesia. Sehingga proses operasional bisnis berjalan lebih efisien baik dari segi tenaga atau pun waktu.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Wahyu Setia Bintara

Saya adalah penulis dan editor di Dianisa.com. Sebagai penulis, saya berfokus pada tema Android dan Windows. Saya memiliki ketertarikan pada semua hal yang berhubungan dengan multimedia dan media digital.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 1285 Nama PUBG Keren, Aesthetic, Simbol, Anime, Cewek, Cowok, Jarang Dipakai!

    Simak daftar nama PUBG Mobile yang keren, aesthetic, lucu, dari A – Z untuk cewek dan…
  2. 265 Rekomendasi Ide Nama PT yang Bagus dan Belum Dipakai

    Berikut sejumlah rekomendasi nama PT yang menarik!
  3. Ukuran Kartu Nama Standar Indonesia, Internasional + Template Gratis!

    Ketahui ukuran kartu nama dalam cm, inchi, dan pixel, standar Indonesia dan Internasional