Tips Merawat Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak

Dianisa.com – Tips Jitu Cara Merawat Flashdisk Awet dan Tidak Cepat Rusak. Flashdisk merupakan barang kecil dengan manfaat yang begitu besar. Dengan flashdisk, kita bisa menyimpan banyak data mulai dari video, musik, foto/ gambar, dokumen, aplikasi, dan lain sebagainya. Perlu anda ketahui bahwa flashdisk tidak hanya digunakan oleh seorang IT, tetapi bisa juga digunakan oleh para pengusaha/ wirausahawan, pelajar, ibu rumah tangga, karyawan kantor, dan lainnya.

Baca Juga :

Flashdisk adalah salah satu perangkat yang sangat penting dan harus dijaga baik – baik. Perlu anda ketahui bahwa #Flashdisk yang berumur cukup lama biasanya akan rentan terhadap kerusakan. Terlebih lagi, data – data yang ada di flashdisk suka error dan tidak bisa dibuka. Hal ini biasanya terjadi pada program partisi yang error.

Bagi anda yang memiliki flashdisk baik yang memiliki space besar ataupun kecil, anda harus rawat dengan baik – baik supaya tetap awet dan tahan lama. Sebagai pemilik dan pengguna flashdisk tentunya anda tidak mau-kan data – data yang anda simpan di flashdisk rusak dan tidak bisa dibuka.

Cara Merawat Flashdisk Supaya Tetap Awet

Lalu, Bagaimana Cara Merawat Flahdisk Supaya Tetap Awet Dan Tidak Cepat Rusak? Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan supaya flashdisk kesayangan anda tetap awet dan tahan lama. Penasaran mengenai perawat flashdisk seperti apa? Simak ulasan singkatnya dibawah ini.

1. Lakukan Scan Virus Pada Flashdisk Secara Berkala

Yap, anda pasti tahu bahwa Virus merupakan ancaman terbesar untuk perangkat penyimpanan seperti flashdisk. Efek paling buruk jika data terkena virus biasanya akan rusak dan bahkan bisa tidak bisa dibuka. Mencolokkan flashdisk dari #Komputer satu ke komputer lain atau dari laptop anda ke laptop teman anda biasanya akan membuat Virus masuk ke Flashdisk anda. Hal ini sering terjadi apabila teman anda tidak menginstall aplikasi antivirus pada laptop yang dimilikinya.

Cara terbaik mengatasi masalah tersebut, tentunya anda perlu menginstall aplikasi antivirus terbaik dan lakukan scanning secara rutin pada flashdisk kesayangan anda. Anda bisa coba software antivirus terbaik seperti AVG, Avira, Kaspersky, dan lainnya sebagai pelindung laptop dan flashdisk dari ancaman virus.

Baca Juga :

2. Bijak dalam Menyimpan Data

Untuk menghidari resiko data hilang atau rusak, sebaiknya anda lakukan copy data dari komputer ke Flashdisk ataupun dari Flashdisk ke komputer. Selain itu, perhatikan pula dalam menyimpan data pada flashdisk. Menyimpan data berukuran besar seperti video movie atau semacamnya, lakukan compress terlebih dahulu untuk menghindari kerusakan pada file atau kerusakan pada flashdisk.

Jika anda ingin mengedit dokumen yang tersimpan pada Flashdisk, jangan langsung diedit, tapi copy-kan terlebih dahulu pada komputer dan barulah anda mulai mengedit.

3. Eject Flashdisk Jika Sudah Selesai

Terkadang kita memang merasa malas dalam meng-eject atau memutuskan koneksi flashdisk dengan komputer. Perlu anda ketahui bahwa fungsi eject sendiri sangatlah penting, hal ini bertujuan untuk menghidari corrupt yang terjadi pada data yang anda simpan. Maka dari itu mulai sekarang hilangkan kebiasaan mencopot flasdisk dari USB tanpa Eject. Lakukan eject terlebih dahulu dan barulah anda bisa mencoptnya dari USB.

Baca Juga :

4. Tutup Socket USB Saat Tidak Digunakan

Disaat USB tidak gunakan tutup flashdisk dengan menutup bawaan yang sudah disediakan sebelumnya. Setiap flashdisk tentunya memiliki penutup, maka dari itu gunakan penutup tersebut sebagai pelindung port USB. Hal ini sebagai tujuan untuk menghidari debu yang masuk ke dalam Flashdisk.

5. Simpan Flashdisk Ditempat Yang Benar

Menyimpan atau meletakkan flashdisk harus pada tempat yang tepat dan benar. Hindari meletakkan flashdisk dengan dengan barang elektronik seperti TV, Kulkas, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kontak medan maknet dari barang elektronik tersebut. Selain itu jangan letakkan flashdik pada benda atau ruangan panas. Hindari pula meletakkan flashdisk diluar ruangan yang terkena paparan sinar matahari secara langsung.

6. Jangan Sampai Terkena Air

Untuk menghindari kerusakan atau trouble pada flashdisk sebagaiknya hati – hati dalam menaruk flashdisk. Jangan sampai Flashdisk ketumpahan minuman atau semacamnya. Jika pun terpaksa terkena air maka anda harus diamkan flashdisk sampai benar – benar kering dan bersih dari air, hal ini bertujuan supaya flahdisk tidak konslet saat dicolokkan ke USB.

7. Hindari Flashdisk Terkena Benturan Keras

Sebagai pemilik Flasdisk, anda harus bijak dalam menggunakannya. Jangan sampai anda membenturkan flahdisk dengan benda – benda keras seperti lantai, tembok, batu, atau semacamnya. Jika benturan terjadi pada flashdisk, kemungkinan rusak bisa sangat tinggi, mungkin saja bisa terjadi patah, putus, atau semacamnya.

Baca Juga :

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai flashdisk komputer, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here