Fitur Rahasia Instagram Android

Dianisa.com – Tips dan Trik Fitur Rahasia Instagram Yang Tersembunyi dan Jarang Digunakan. Seperti yang kita ketahui bahwa #Instagram telah menjadi aplikasi paling populer di dunia sebagai salah satu sosial media yang paling sering digunakan untuk berbagi foto dan video. Terbukti, dalam satu hari ada sekitar 400 juta pengguna instagram aktif, dihitung dari seluruh pengguna instagram didunia.

Baca Juga :

Instagram telah menjadi aplikasi wajib yang sering di install pada produk smartphone pada umumnya, baik pada Android, iPhone, (IOS), Windows Phone, ataupun Blackberry. Semua orang ingin eksis di instagram dengan mengupload foto selfie dan video vlog. ( Baca : Penting! Inilah 7 Jenis Foto Yang Akan Mendapat Banyak Like di Instagram )

Namun seiring berkembangnya Aplikasi Instagram, tentunya banyak fitur bermunculan. Hal seperti ini biasanya jarang diketahui oleh para penggunanya. Jikapun tahu mungkin kebetulan atau mungkin tidak disengaja. Lalu, apa saja fitur rahasia yang ada pada Instagram? berikut ulasannya untuk anda.

Fitur Rahasia Instagram Terbaik Dan Jarang Digunakan

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai beberapa fitur instagram terbaik dan jarang digunakan. Ada fitur yang bisa dipraktekan secara langsung dan ada juga fitur yang membutuhkan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi tambahan agar lebih optimal.

1. Mengunci Foto & Video Agar Private

Maksud dari mengunci foto dan video agar private adalah menyembunyikan foto dan video supaya tidak dilihat oleh publik, hanya teman dan followers. Cara ini lebih dimaksudkan ke mengunci akun supaya lebih private.

Cara mengunci foto dan video agar private cukup mudah, anda tinggal masuk saja pada halaman profil Instagram anda, lalu tap ikon 3 titik yang ada pada bagian pojok kanan atas. Kemudian Scrool ke bawah lalu geser “Akun Privat” sampai tombol berwarna hijau (Tanda Aktif).

Dengan melakukan hal tersebut maka dijamin 100%, foto dan video anda tidak akan bisa melihat, kecuali teman dan followers yang telah anda setujui. ( Baca : Cara Mengunci Foto Dan Video Instagram Agar Private )

2. Melihat Aktifitas Anda Yang Dulu

Saat anda melakukan aktifitas di instagram tentunya anda pasti melakukan like dan komentar pada sebuah foto yang anda sukai, entah itu followers anda ataupun teman anda sendiri. Tahukan anda bahwa semua aktifitas yang berhubungan dengan “Like” foto akan tersimpan dalam riwayat akun anda sendiri. Semua aktifitas Like tersebut bisa anda lihat kembali dari awal pertama anda like sampai sekarang.

Untuk melihatnya cukup mudah, masuk pada halaman profil anda, lalu tap ikon tiga titik yang ada pada bagian pojok kanan atas. Scrool ke bawah lalu tap “Kiriman Yang Anda Sukai” maka secara otomatis akan muncul semua foto dari jaman dulu sampai sekarang yang pernah anda pencet tombol favorite.

3. Dapatkan Notifikasi Dari Akun Favorit

Di instagram, anda tidak hanya bisa mengikuti atau follow orang lain saja, melainkan anda juga bisa mendapatkan pemberitahuan dari orang yang anda sukai. Setiap akun favorit anda mengupload foto atau video maka akan masuk ke bar notifikasi android anda. Fitur ini jarang diketahui orang lain, jika ingin mencoba silahkan ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Masuk ke Profile orang lain yang anda sukai -> lalu klik icon setting (tiga titik) yang ada di kanan atas -> klik Turn on Post Notifications. Tunggu sampai orang yang anda sukai tersebut mengupload foto atau video maka secara otomatis akan masuk ke Notifikasi Android anda.

4. Batasi Penggunaan Data Internet

Load foto dan video di instagram sangat menguras dan membabas abis kuota internet. Untuk itulah anda harus menghemat supaya tidak cepat habis. Perlu anda ketahui bahwa instagram memiliki fitur hemat data internet untuk seluruh user yang aktif. Sebenarnya fitur ini sudah lama, tapi banyak pengguna yang belum tau.

Masuk pada menu Profile, lalu klik ikon tiga titik kanan atas. Kemudian scrool kebawah dan pilih “Penggunaan data Seluler”, ubah dari default ke “Gunakan Lebih Sedikit Data”. Dengan melakukan hal tersebut, foto dan video akan lama untuk memuat. Tapi itu akan membuat data internet anda lebih hemat dan awet. ( Baca : Cara Hemat Data Internet Saat Menggunakan Instagram )

5. Bersihkan Riwayat Pencarian

Setiap anda membuka halaman, like, ataupun komentar di instagram tentunya akan menghasilkan history (Riwayat Pencarian) dan Fil Cache. Perlu anda ketahui semakin lama riwayat pencarian menumpuk akan membuat instagram anda serasa berat. Maka dari itu anda harus menghapusnya.

Masuk pada menu Profile, lalu klik ikon tiga titik kanan atas. Kemudian scrool kebawah dan pilih “Bersihkan Riwayat Pencarian” dan nantinya akan muncul pop up, pilih “Ya, Saya Yakin”.

6. Mengetahui Orang Yang Unfollow Akun Anda

Terkadang seseorang suka iseng atau bahkan hanya berniat mendapatkan followers banyak. Orang tersebut sudah follow kemudian kita followback dan ternyata dia malih balik Unfollow. Ini benar – benar sangat licik dan mengesalkan. Mungkin kita tidak tahu siapa yang melakukan hal ini karena instagram tidak tersedia fitur seperti ini.

Tapi jangan khawatir karena dengan aplikasi InstaFollow, anda bisa melihat akun atau orang yang unfollow akun anda. Bahkan bisa juga melihat siapa yang memblokir akun anda. Batasan dari aplikasi ini cukup tinggi, bisa melihat hingga 10.000 User Instagram.

7. Mengetahui Siapa Yang Tidak Follow Akun Anda

Setiap kali anda follow orang lain, belum tentu orang tersebut mau followback ke kita. Nah, dari banyaknya orang yang kita follow tidak mungkin semuanya bisa kita hafal. Lebihnya lagi, mungkin anda juga tidak tahu apakah orang tersebut sudah followback atau hanya sekedar melihat profil anda saja.

Dengan aplikasi Followers+ for Instagram, Anda bisa melihat pengguna instagram yang sudah anda follow namun tidak follow back ke anda. Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah, unduh dan pasang aplikasi melalui Google Play Store. Buka aplikasi, kemudian pada halaman home tap dibagian “User Not Following Me Back” maka secara otomatis akan tampil semua user yang tidak follow akun anda.

8. Mengetahui Orang Yang Melihat Profil Anda

Fitur yang satu ini sifatnya memang benar – benar sangat rahasia, tapi anda bisa dengan mudah menerapkannya. Setiap kali anda orang yang berkunjung ke halaman profil instagram anda, tentu anda tidak tahu siapa yang melihat.

Tapi dengan aplikasi Who Viewed My Instagram, anda bisa melihat semua user yang telah melihat atau berkunjung ke halaman profil anda. Semua aktifitas teman anda yang sedang mengintip profil dari foto dan video bisa anda lihat secara detail.

9. Repost Foto Dan Video Instagram

Jika anda ingin memposting ulang foto dan video teman anda mungkin anda perlu mengunduhnya. Tapi hal tersebut terlalu ribet. Karena memang banyak waktu dan kuota anda. Saya memiliki cara yang lebih jitu dan lebih cepat dalam melakukan hal tersebut.

Install aplikasi RepostWhiz untuk memposting ulang foto dan video yang anda inginkan, bisa dari orang lain, teman, ataupun dari akun anda sendiri. Dengan aplikasi RepostWhiz, anda bisa memposing ulang tanpa menurunkan kualitas foto tersebut. Selain itu, anda juga bisa mengunduhnya dan menyimpannya di album galeri smartphone dan tablet android anda.

10. Download Foto Dan Video Instagram

Anda pasti sudah tahu bahwa instagram tidak menyediakan tombol unduh pada setiap foto dan video yang diposting. Hal ini tentunya membuat para pengguna harus menginstall aplikasi tambahan, agar dapat mengunduh foto dan video tersebut.

Aplikasi yang sering digunakan para pengguna instagram untuk mengunduh foto dan video adalah Downloader For Instagram. Aplikasi ini mampu mengunduh foto dan video dengan mudah dan cepat. Cukup copy-kan URL foto instagram, kemudian paste-kan pada kolom downloader tersebut. Tap Download untuk mengunduh.

Baca Juga :

11. Menghapus Iklan di Instagram

Instagram ataun aplikasi sosial media lain pasti tersedia space iklan sebagai alasan instagram untuk mendapatkan penghasilan dari Aplikasi yang dibuat. Iklan tersebut terkadang menggangu dan terkadang tidak menggangu. Jika anda tidak suka dengan iklan, maka anda bisa menghilangkannya.

Caranya cukup mudah, tapi sayangnya anda harus masuk pada fitur premium (Bayar). Dengan aplikasi InstaFollow, Anda bisa memblokir semua iklan yang ditayangkan dengan mudah dan cepat. Dengan begitu, semua tayangan yang ada pada home (Beranda) hanya tampil foto dan video dari teman anda sendiri.

12. Mengetahui Orang Yang Memblokir Akun Anda

Setiap kali orang atau pengikut yang tidak suka dengan postingan anda, atau mungkin dendam dengan anda pasti orang tersebut akan memblokir anda. Anda bisa melihat siapa saja orang yang memblokir anda tersebut.

Sama seperti yang diatas, anda bisa gunakan aplikasi InstaFollow. Dengan pilihan pro (Berbayar), anda bisa melihat daftar orang atau user yang memblokir instagram anda. Cukup mudah dan cepat.

13. Mengetahui Pengagum Anda di Instagram

Terkadang seseorang yang terkenal di Sosial media seperti intagram, bisa saja memiliki pengagum. Yang secara diam – diam terus mengikuti anda, menguntip anda, like foto anda, sering melihat profil anda, selalu mendapatkan notifikasi dari anda. Nah, inilah yang dimaksud pengagum.

Untuk mengetahui siapa pengagum anda di instagram, anda bisa gunakan aplikasi InstaFollow, Sama seperti aplikasi diatas. InstaFollow memang memiliki banyak fitur, maka dari itu aplikasi ini berbayar. Anda bisa melihat siapa pengagum anda di instagram, baik perempuan ataupun laki – laki.

14. Upload 10 Foto Sekaligus di Instagram

Di awal tahun 2017, Aplikasi Instagram sudah bisa digunakan untuk mengupload foto lebih dari 1 foto per upload. Jika sebelumnya, kita sebagai pengguna hanya bisa meng-upload foto satu per satu, namun saat ini, kita bisa upload foto maupun foto secara bersamaan, maksimal 10 file foto atau Video. Dengan adanya fitur semacam ini, tentunya pengguna bisa lebih mudah dalam membuat album sesuai keinginan. Seperti misalnya, saat travel atau liburan, bisa di upload pada bagian yang sama, tanpa harus repot mengunggah satu persatu.

Upload 10 Foto dan Video di Instagram

Cara menggunakan fitur terbaru ini sebenarnya cukup mudah, pengguna tinggal tap saja opsi Upload. Kemudian, tap “Pilih beberapa” lalu, anda bisa memilih foto atau video maksimal 10 File, Tidak lebih. Setelah itu, anda bisa lanjutkan, dan ikuti langkah – langkah berikutnya sampai proses upload berjalan dan berhasil. Lebih jelasnya, anda bisa simak metodenya pada artikel berikut ini. (Cara Upload Foto dan Video Banyak “10 Foto Sekaligus” di Instagram)

15. Login Banyak Akun Instagram

Tidak hanya satu akun saja, Instagram bisa anda gunakan untuk login ke banyak akun. Saat ini, Instagram membolehkan pengguna untuk memiliki lebih dari 2 akun Instagram, bisa 5 bahkan 10 Akun. Fitur semacam ini mendapat sambutan baik dari para penggunanya. Selain itu, fitur semacam ini juga bisa menjadi fitur bisnis, seperti misalnya untuk akun pertama sebagai akun pribadi sementara untuk yang kedua bisa digunakan untuk bisnis online atau jualan produk.

Login Banyak Akun Instagram

Untuk bisa login ke banyak akun, pengguna bisa masuk ke “Opsi Pengaturan”. Selanjutnya, pilih “Tambahkan Akun”, dan pada bagian tersebut, pengguna bisa menambahkan akun atau bisa membuat akun baru lagi. Cukup Mudah dan sederhana, untuk lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini. (Baca : Cara Login 2 Atau 5 Akun Instagram di HP Android)

16. Live Stories Instagram

Mau berbagi cerita unik dengan Foto atau Video, atau mau Live Instagram langsung melalui Smartphone dan Tablet Android. Live Stories bisa menjadi solusi buat anda yang suka eksis. Live Stories telah ada sejak November 2016 yang lalu. Fitur ini mendapat sambutan baik dari para penggunanya. Lebihnya lagi, pengguna bisa live secara langsung seperti Bigo Live atau Facebook Live. Setiap harinya, pasti ada pengguna yang selalu berbagi cerita melalui Live Stories Instagram.

Live Stories Instagram

Cara menggunakan fitur ini cukup mudah, sebelumnya, anda harus update Instagram ke versi terbaru. Pada bagian bar atas, anda bisa tap icon “Kamera” atau icon “Cerita Anda”. Pada bagian tersebut, anda bisa langsung berbagi cerita anda dengan cara – cara yang unik dan menarik. Lebih jelasnya, anda bisa simak pada postingan saya berikut ini. (Baca : Cara Live Instagram “Siaran Langsung” di HP Android)

17. Download Instagram Stories

Tips dan trik unggulan berikutnya yang bisa anda coba adalah mengunduh Video atau Foto dari Stories pengguna lain. Tips ini cukup berguna bagi anda yang belum tahu cara mengunduh Stories pengguna lain. Memang betul, Instagram tidak menyematkan tombol unduh pada setiap Stories Foto atau Video yang di Upload. Maka dari itu, anda harus menggunakan aplikasi dari pihak ketiga supaya bisa mengunduh foto dan video stories yang ada.

Unduh Foto dan Video di Stories Instagram

StorySave bisa menjadi solusi buat anda yang ingin menyimpan foto dan video stories pengguna lain. Dengan aplikasi tersebut, pengguna bisa menyimpan video dan foto pengguna lain yang unik dan keren. Untuk bisa mendapatkan aplikasi StorySave, anda bisa mencari dan mengunduhnya langsung dari Google Play Store secara gratis. Untuk lebih jelasnya, anda bisa ikuti langkah – langkah yang saya tulis pada artikel berikut ini. (Baca : Cara Download Instagram Stories di HP Android Mudah dan Cepat)

Itu saja Trik Rahasia Mengenai Aplikasi Instagram yang jarang diketahui banyak orang, tunggu trik – trik jitu lainnya di lain kesempatan atau dikemudian hari. Masih banyak tips dan trik Instagram lain yang cukup keren, jika anda merasa lebih tahu, silahkan bagian tips dan trik anda melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Tips dan Trik Fitur Rahasia Instagram Untuk Smartphone dan Tablet Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin menanyakan sesuatu atau ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

3 KOMENTAR

  1. mau nanya dong kak, jd ada 1 followers aku, dia rutin update instastory dan sering lihat instastory aku juga, tapi anehnya instastorynya gk muncul di feed story’ku, tapi klo aku search dan trs buka profilnya dari menu search bisa , kenapa ya?
    apa dia menyebunyikan dari aku?

    • Ya bisa jadi seperti itu mbak, temen mbak menyembunyikannya agar mbak tidak tahu. Tidak hanya di Instagram, di WhatsApp pun seseorang juga bisa menyembunyikan update story-nya pada orang-orang tertentu.

  2. Menurut opini saya sih kalau masih pakai bantuan aplikasi lain, atau harus pakai aplikasi lain, itu bukan trik. Tapi tidak masalah. Biar saya coba. Terima kasih Infonya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here