Tips Dan Trik Whatsapp Android

Dianisa.comTips dan Trik Rahasia Whatsapp Android Yang Jarang Digunakan. WhatsApp adalah salah satu #Aplikasi Messenger yang ringan, simple, dan mudah digunakan. WhatsApp tersedia untuk semua jenis platform mulai dari Android, IOS, Blackberry, dan Nokia. Sampai tahun 2016 WhatsApp sudah digunakan oleh 1 milyar user diseluruh dunia.

Baca Juga :

Semakin lama, WhatsApp menjadi #Aplikasi paling populer di dunia, bahkan sampai sekarang WhatsApp masih menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para pengguna smartphone, terutama Android. Yang menarik dari WhatsApp adalah, tidak terdapat iklan sama sekali, tidak terdapat notifikasi permainan sama sekali. Artinya WhatsApp bebas iklan.

Bagaimana #WhatsApp bisa menghasilkan uang? Entahlah saya belum tahu. Intinya WhatsApp tidak menyediakan space iklan sama sekali. Jika dibandingkan dengan BBM (Blackberry Messenger) mungkin berbeda jauh, walaupun BBM menguasai pasar Indonesia, tapi WhatsApp sudah lebih dulu menguasai pasar Amerika, Inggris, dan Negara – Negara eropa lainnya.

Fitur Terbaik Whatsapp Di Smartphone Android

WhatsApp menyediakan berbagai fitur yang sangat menarik. Seperti apa fitur rahasia yang menarik dari WhatsApp, berikut ulasannya untuk anda.

1. Fitur Broadcast Seperti BBM

Fitur Broadcast tidak hanya dimiliki oleh BBM saja, namun WhatsApp juga memilikinya. Broadcast dapat di artikan sebagai pesan siaran yang difungsikan sebagai cara untuk mengirim pesan yang sama ke kontak teman yang kita inginkan secara bersamaan.

Fitur Broadcast WhatsApp 1

Untuk mengirim pesan siaran di WhatsApp sangatlah mudah, tap pada tombol 3 titik yang ada pada bagian pojok kanan atas, lalu pilih “Pesan Siaran”. Kemudian masukkan atau pilih kontak teman yang ingin anda kirim pesan siaran. Terakhir tinggal tap “Buat” untuk menulis pesan siaran anda.

2. Melihat Apakah Pesan Kita Sudah Dibaca Atau Belum

Terkadang seorang pengguna WhatsApp punya teknik jitu supaya pesan yang diterima tidak tahu sudah dibaca atau belum. Namun kita sebagai pengguna yang ahli tentunya kita juga harus punya teknik jitu supaya kita tahu pesan yang kita kirim sudah dibaca atau belum. Ada rahasia kecil yang jarang digunakan oleh pengguna WhatsApp.

Melihat Pesan WhatsApp Sudah Dibaca Atau Belum 2

Untuk mengetahui apakah pesan kita sudah dibaca atau belum, anda bisa lakukan dengan menekan pada pesan atau text yang anda kirim selama beberapa detik. Nantinya akan ada pilihan pada bar bagian atas. Tap ikon “i” pada opsional tersebut. Nah, dari situlah anda bisa melihat pesan anda sendiri sudah dibaca atau belum. Di situ akan terlihat tanggal diterima dan dibaca.

3. Menghilangkan Tanda Ceklis “Biru”

Ceklis biru yang dimaksud adalah tanda pada pesan yang anda kirim yang artinya pesan telah terbaca. Tanda tersebut dapat anda hilangkan supaya tidak menggangu penglihatan. Untuk menghilangkahnnya cukup mudah, masuk pada menu Setelan » Akun » Privasi » selanjutnya hilangkan tanda “Centang” pada pilihan Laporan dibaca.

Menghilangkan Tanda Ceklis Biru di WhatsApp 3

Perlu anda ketahui bahwa menghilangkan tanda tersebut akan membuat anda tidak tahu bahwa pesan yang anda kirim sudah dibaca atau belum. Untuk obrolan pada grup, tanda centang biru tersebut akan tetap ada untuk selamanya.

4. Buat Jalur Pintas Percakapan Favorit

Maksud dari jalur pintas tersebut adalah, anda bisa mengkhusukan satu kontak atau percakapan pada teman anda yang anda anggap penting. Satu kontak tersebut bisa anda buat menjadi widget pada Home Screen Android anda. Trik tersebut dapat memudahkan anda dalam mengakses percakapan.

Jalur Pintas Percakapan Favorit WhatsApp 4

Untuk melakukannya cukup mudah, masuk pada menu pintasan yang ada pada android anda (Setiap Android memiliki cara yang berbeda – beda), kemudian pilih “Chatting WhatsApp”, maka secara otomatis, ikon pintasan percakapan WhatsApp akan muncul pada Home Screen Android anda.

5. Bisukan Percakapan Anda

Bisukan percakapan yang dimaksud adalah saat ada pesan masuk maka tidak akan berbunyi, hanya notifikasinya saja. Hal seperti ini bisa anda lakukan pada beberapa kontak yang anda inginkan, jadi anda bisa pilih satu persatu.

Bisukan Percakapan WhatsApp 5

Untuk melakukannya cukup mudah, pilih kontak atau chat yang anda inginkan, lalu pilih tiga titik yang ada pada pojok kanan atas, pilih “Bisu”, kemudian anda bisa atur 8 Jam, 1 Minggu, Atau 1 Tahun. Klik “Ok” untuk mengakhiri perintah.

6. Atur Privasi WhatsApp

Setiap orang tentunya memiliki privasi yang harus dijaga. Privasi tersebut dapat berupa foto, data diri, status, dan lain sebagainya. Anda bisa menyembunyikan privasi tersebut atau anda bisa membatasi privasi anda untuk beberapa teman saja yang boleh melihatnya.

Atur Privasi WhatsApp

Untuk mengatur privasi, anda bisa masuk pada menu Setelan » Akun » Privasi » Kemudian anda bisa atur privasi sesuai keinginan anda. Pada bagian tersebut, anda bisa atur Last Seen, Foto Profil, Status, daftar blokir, dan lain – lainnya.

7. Hemat Data Internet Saat Melakukan Panggilan

Jika anda tidak ingin kehabisan kuota saat melakukan panggilan di WhatsApp maka anda bisa menghematnya. Meski suara tidak sejernih, tapi tetap bisa anda dengarkan dan tidak menyulitkan penggunanya.

Hemat Data Internet WhatsApp

Untuk menghemat penggunaan data internet, anda bisa masuk pada menu Setelan » Akun » Penggunaan Data. Kemudian anda bisa tambahkan centang pada bagian “Gunakan Data Minimum”. Nah, dengan cara tersebut anda akan lebih hemat dalam menggunakan kuota internet.

8. Backup Semua Pesan Whatsapp

Agar pesan anda tidak hilang, anda bisa membackup semua pesan tersebut secara online. Gunakan fitur “Cadangkan Chat” untuk membackup semua chat supaya lebih aman. Fitur Backup pada WhatsApp akan terintegrasi langsung dengan Google Drive.

Backup Semua Pesan Whatsapp 8

Pastikan sebelumnya anda sudah memiliki akun Google. Masuk pada menu Setelan » Akun » Chatting » Cadangkan Chat, tap “Cadangkan” untuk mencadangkan semua pesan dan media ke Google Drive anda.

9. Membuat Jadwal Kirim Pesan

Bagi anda yang ingin mengirim pesan pada jadwal tertentu semisal jam 2 siang atau jam 12 malam, anda bisa mengaturnya sendiri. Jadi secara otomatis, pesan akan terkirim sesuai dengan waktu yang anda tentukan. Tapi anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

Gunakan aplikasi Message Scheduler untuk pengguna iPhone. Sedangkan untuk Android bisa mengunduh Whatsapp Messanger Scheduler Lite. Aplikasi tersebut dapat membantu anda dalam berkirim pesan sesuai dengan jadwal yang anda tentukan.

10. Mengetahui Siapa Yang Online Dan Tidak Online

WhatsApp memang berbeda dengan aplikasi chat lainnya. Jika dibandingkan dengan facebook messenger, mungkin anda bisa lihat siapa yang online dan siapa yang offline. Tapi untuk WhatsApp, fitur tersebut tidak pernah ada.

Untuk melihat siapa yang online dan tidak online di WhatsApp, anda bisa gunakan aplikasi WhatsDog. Aplikasi tersebut dapat membantu anda melihat semua teman (Kontak) yang anda miliki, baik yang online ataupun offline.

Sebenarnya masih banyak tips dan trik mengenai aplikasi WhatsApp, tapi nanti dilain waktu dan kesempatan saya akan bagikan tips yang baru lagi untuk anda.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Tips Dan Trik Aplikasi Whatsapp Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan Selamat mencoba!!!!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here