Daftar UMR Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi Terbaru 2024

Ketahui seberapa besar UMR di daerah sekitar Jabodetabek melalui pembahasan berikut ini!

Upah Minimum Regional atau yang biasa disebut dengan UMR merupakan standar upah yang ditetapkan oleh pemerintah suatu negara atau wilayah tertentu sebagai upah minimum yang harus dibayarkan kepada pekerja dalam sektor formal di wilayah tersebut.UMR ditetapkan dengan tujuan untuk melindungi hak-hak pekerja, memastikan bahwa mereka menerima bayaran yang layak untuk pekerjaan yang dilakukan.

UMR dapat bervariasi antara satu wilayah dengan wilayah lainnya, tergantung pada kondisi ekonomi, biaya hidup, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi tingkat upah di wilayah tersebut.UMR biasanya ditetapkan oleh pemerintah melalui peraturan atau kebijakan tertentu. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pekerja mendapatkan upah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka, seperti makanan, perumahan, pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan hidup lainnya.Namun, perlu dicatat bahwa UMR tidak selalu mencerminkan kondisi ekonomi secara keseluruhan di suatu wilayah.

Terdapat argumen pro dan kontra terkait kebijakan UMR, di mana beberapa pihak berpendapat bahwa UMR dapat menghambat pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, sementara yang lain menganggapnya penting untuk melindungi hak-hak pekerja dan mengurangi kesenjangan sosial.

Ringkasan

  • UMR tertinggi di wilayah Jabodetabek yaitu kota Bekasi dengan UMR Rp 5.158.248 per bulan.
  • Sedangkan untuk UMR terendah di wilayah Jabodetabek yaitu kabupaten Bogor dengan UMR Rp 4.520.212 per bulan.
  • Kenaikan UMP tertinggi di Jabodetabek yaitu kota Depok dengan kenaikan sebesar 7,25 persen pada tahun 2024.
  • Sedangkan kenaikan UMP paling rendah di Jabodetabek yaitu DKI Jakarta dengan kenaikan sebesar 5,06 persen.

Lihat Juga : Ide Nama PT yang Bagus dan Belum Dipakai

UMR Jakarta 2024

UMR Jakarta Terbaru 2023
Sumber Gambar : pinterest.com

Penetapan gaji UMR Jakarta berlandaskan pada Permennaker nomor 18 tahun 2022 mengenai penetapan UMP. Penetapan UMR Jakarta tersebut kemudian disahkan oleh PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. UMR Jakarta pada tahun 2024 mengalami kenaikan 5,6 persen dari UMR pada tahun 2022 yaitu Rp 4.641.854 menjadi Rp 4.901.798. Penetapan UMR tersebut juga tertulis dalam keputusan Gubernur Nomor 1153 Tahun 2022 tentang Upah Minimum Provinsi (UMP) 2024.

Dalam keputusan Gubernur tersebut juga dijelaskan bahwa penetapan UMR Jakarta ini juga berlaku bagi para pekerja yang memiliki masa kerja kurang dari satu tahun. Kemudian UMR juga dapat menjadi acuan dalam proses negosiasi upah antara pihak pekerja dan pemberi kerja. Jika upah yang dibayarkan oleh pemberi kerja lebih rendah dari UMR, pekerja dapat mengajukan tuntutan atau melakukan protes untuk memperoleh upah yang sesuai dengan standar minimum yang ditetapkan. Hal tersebut telah berlaku dari 1 Januari 2024 dan harus dipatuhi oleh seluruh perusahaan yang ada di Jakarta.

Lihat Juga : 102 Daftar Pinjaman Online (Pinjol) Legal dan Berizin OJK

Daftar UMR Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi 2024

Daftar UMR Jabodetabek Terbaru
Sumber Gambar : ayomedan.id

Jika dibandingkan dengan UMR Jakarta 2024, upah minimum di daerah penyangga ibu kota juga mengalami peningkatan. Persentase peningkatannya juga bervariasi. Bekasi dan Kabupaten Bekasi sukses menjadi daerah dengan UMR terbesar, dan melebihi DKI Jakarta pada tahun 2024 dengan gaji Rp 5,1 juta. Dengan angka tersebut, Kota Bekasi menjadi yang pertama dengan UMR tertinggi tahun 2024 di Jabodetabek.

Dan jika Anda ingin mengetahui berapa UMR daerah Jabodetabek secara lengkap, berikut merupakan daftar lengkap UMR Jabodetabek 2024:

Nama DaerahJumlah UMR
DKI Jakarta Rp 4.901.798
Kota Bogor Rp 4.639.429
Kabupaten Bogor Rp 4.520.212
Kota Depok Rp 4.694.493
Kota Tangerang Rp 4.584.519
Kabupaten Tangerang Rp 4.527.688
Kota Tangerang Selatan Rp 4.551.451
Kota Bekasi Rp 5.158.248
Kabupaten Bekasi Rp 5.137.574

Lihat Juga : Urutan Pangkat Polisi di Indonesia

Daftar UMP Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi 2024

Daftar UMP Jabodetabek Terbaru
Sumber Gambar : dream.co.id

Sedangkan untuk UMP daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi pada tahun 2024 adalah sebagai berikut:

Nama DaerahJumlah UMR
DKI Jakarta Rp 4.901.798 (naik 5,06 persen)
Kota Bogor Rp 4.639.429 (naik 7,14 persen)
Kabupaten Bogor Rp 4.520.212 (naik 7,18 persen)
Kota Depok Rp 4.694.493 (naik 7,25 persen)
Kota Tangerang Rp 4.584.519 (naik 6,97 persen)
Kabupaten Tangerang Rp 4.527.688 (naik 7,02 persen)
Kota Tangerang Selatan Rp 4.551.451 (naik 6,34 persen)
Kota Bekasi Rp 5.158.248 (naik 7,09 persen)
Kabupaten Bekasi Rp 5.137.574 (naik 7,02 persen)

Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa kenaikan UMP tertinggi yaitu berasal dari kota Depok yaitu naik sebesar 7,25 persen pada tahun 2024. Kemudian untuk kenaikan UMP paling rendah yaitu DKI Jakarta yang UMP Noya hanya naik 5,06 persen pada tahun ini.

Lihat Juga : Contoh Daftar Riwayat Hidup

Perbedaan UMR dan UMP

Daftar UMR Terbaru di Indonesia
Sumber Gambar : lifepal.co.id

UMR (Upah Minimum Regional) dan UMP (Upah Minimum Provinsi) adalah dua istilah yang digunakan untuk mengacu pada tingkat upah minimum di Indonesia. Perbedaan antara UMR dan UMP terletak pada wilayah yang diatur dan otoritas yang menetapkannya. Dan jika Anda masih bingung dengan perbedaan antar keduanya, berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai perbedaan antara UMR dan UMP:

1. Lingkup Wilayah

UMR: Upah Minimum Regional (UMR) ditetapkan untuk wilayah tertentu dalam suatu provinsi, seperti kota atau kabupaten tertentu. Setiap provinsi di Indonesia dapat menetapkan UMR untuk wilayah-wilayahnya sendiri.

UMP: Upah Minimum Provinsi (UMP) ditetapkan untuk seluruh wilayah provinsi. UMP berlaku sebagai upah minimum di seluruh wilayah provinsi tersebut, termasuk kota dan kabupaten di dalamnya.

2. Otoritas Penetapan

UMR: Penetapan UMR dilakukan oleh Dewan Pengupahan Daerah (DPD) atau Badan Musyawarah Provinsi (Bamus) setelah mempertimbangkan berbagai faktor, seperti kebutuhan hidup layak, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan pertimbangan lainnya.

UMP: Penetapan UMP dilakukan oleh Gubernur Provinsi setelah mempertimbangkan usulan dari DPD/Bamus, perwakilan pengusaha, dan serikat pekerja/serikat buruh. Penetapan UMP juga mempertimbangkan faktor-faktor serupa yang dipertimbangkan dalam penetapan UMR.

3. Tingkat Upah

UMR: UMR dapat berbeda-beda antara wilayah satu dengan wilayah lainnya dalam suatu provinsi. UMR diatur secara regional dan bisa berbeda antara kota dan kabupaten yang berbeda dalam provinsi yang sama.

UMP: UMP merupakan upah minimum yang berlaku di seluruh wilayah provinsi. UMP tidak berbeda-beda antara kota dan kabupaten dalam satu provinsi.

Meskipun demikian, baik UMR maupun UMP bertujuan untuk menjamin bahwa pekerja menerima upah minimum yang layak, sesuai dengan kondisi ekonomi dan kebutuhan hidup di wilayah tersebut. Penetapan UMR dan UMP dilakukan dengan tujuan melindungi hak-hak pekerja dan mendorong kesejahteraan mereka.

Lihat Juga : Contoh Soal TKD dan Value Core BUMN

Penutup

Dengan demikian dapat diketahui bahwa UMR daerah Jabodetabek yang paling tinggi yaitu Kota Bekasi yaitu Rp 5.158.248 dan kemudian di susul oleh Kabupaten Bekasi dengan UMR Rp 5.137.574. Dan untuk daerah yang memiliki UMR paling rendah di Jabodetabek yaitu Kabupaten Bogor Rp 4.520.212. Namun dapat dikatakan bahwa UMR di daerah Jabodetabek masih memilik nilai yang tinggi dengan angka gaji masih di atas empat juta rupiah. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat memudahkan Anda untuk mengetahui berapa UMR di wilayah Jabodetabek.

Apa yang terjadi jika perusahaan menggaji karyawan di bawah UMR?

Perusahaan akan dikenai sanksi pidana minimal 1 tahun kurungan penjara, dan maksimal 4 tahun kurungan penjara, atau harus membayar denda minimal Rp100 juta dan maksimal Rp400 juta. Hal tersebut sesuai dalam UU Cipta Kerja Pasal 81 ayat 63.

Mengapa UMR Bekasi lebih tinggi dibandingkan dengan Jakarta?

Karena Bekasi memiliki lebih banyak perusahaan dan kegiatan industri, selain itu Bekasi juga memiliki jumlah karyawan yang lebih tinggi dari Jakarta.

Apa dampak jika upah buruh semakin tinggi?

Salah satu dampak yang akan muncul jika upah buruh terus mengalami kenaikan yang cukup tinggi, maka hal tersebut juga akan menimbulkan terjadinya inflasi.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download Adobe Photoshop 2024 32 Bit / 64 Bit (Windows 11, 10, 8)

    Berikut kami bagikan link download Adobe Photoshop 2024 versi 32 Bit / 64 Bit untuk Windows…
  2. Download Microsoft Visio 2013 32 Bit / 64 Bit Terbaru 2024

    Berikut link download Microsoft Visio 2013 32 Bit / 64 Bit terbaru yang dapat Anda akses…
  3. Logo Kemenko Bidang Perekonomian PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Kemenko Perekonomian PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang bisa…