Ukuran Lapangan Sepak bola Sesuai Standar PSSI dan FIFA Beserta Komponen dan Aturan Bermain

Ketahui ukuran lapangan sepak bola standar PSSI dan FIFA dalam pembahasan berikut ini!

Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan antara dua tim yang terdiri dari sebelas pemain di masing-masing tim. Tujuan utama dalam sepak bola adalah mencetak gol dengan mengendalikan bola menggunakan bagian tubuh, kecuali tangan dan lengan, dan memasukkannya ke gawang lawan. Sepak bola juga merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia, dengan jutaan orang yang memainkannya dan menyaksikannya. Permainan ini melibatkan keterampilan teknis seperti mengoper bola, mengontrol bola, menggiring bola, dan melakukan tendangan. Selain itu, strategi tim, kerja sama, kecepatan, kekuatan, dan kelincahan juga sangat penting dalam sepak bola.

Sepak bola memiliki aturan yang diatur oleh FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional), badan pengatur sepak bola dunia. Aturan-aturan ini mencakup berbagai aspek permainan, termasuk ukuran lapangan, jumlah pemain, durasi pertandingan, aturan pelanggaran, serta tata cara pelaksanaan tendangan bebas, tendangan sudut, dan lain-lain. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa ukuran lapangan sepak bola juga berbeda-beda. Lalu bagaimana ukuran lapangan sepak bola yang sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh PSSI dan FIFA. Berikut ini merupakan info selengkapnya yang dapat Anda simak.

Ringkasan

  • Ukuran lapangan sepak bola standar nasional yaitu panjang 9-120 m. Dan lebar 45 – 90 m.
  • Ukuran lapangan sepak bola standar internasional yaitu panjang 100 – 110 m. Dan lebar 64 – 75 m.
  • Komponen utama dalam sepakbola yaitu lapangan, garis tepi, garis gawang, gawang, area penalti, lingkar tengah, dan lingkar tiang sudut.

Lihat Juga : 50 Nama Tarian Daerah di Indonesia

Sejarah Sepak Bola

Sejarah Permainan Sepak Bola
Sumber Gambar : jstor.org

Sejarah sepak bola dapat ditelusuri hingga ribuan tahun yang lalu, meskipun bentuk awal permainan tersebut berbeda dari sepak bola yang kita kenal saat ini. Berikut adalah gambaran singkat tentang sejarah perkembangan sepak bola:

1. Zaman Kuno

Permainan sepak bola sebenarnya sudah ada sejak zaman kuno di berbagai budaya. Contohnya adalah “Cuju” di Tiongkok pada abad ke-3 SM dan “Harpastum” di Romawi Kuno.

2. Abad Pertengahan

Selama Abad Pertengahan di Eropa, berbagai bentuk permainan bola yang dimainkan oleh masyarakat lokal mulai muncul. Beberapa permainan ini dapat ditelusuri sebagai leluhur sepak bola modern.

3. Abad ke-19

Perkembangan lebih lanjut terjadi pada abad ke-19 di Inggris. Pada tahun 1863, Asosiasi Sepak Bola Inggris (The Football Association) dibentuk, yang menghasilkan aturan resmi pertama untuk sepak bola. Aturan tersebut menjadi dasar bagi aturan sepak bola yang digunakan saat ini.

4. Pertumbuhan Popularitas

Sepak bola dengan cepat menjadi populer di Inggris dan menyebar ke negara-negara lain melalui kolonialisasi dan hubungan internasional. Berbagai asosiasi sepak bola nasional dibentuk di berbagai negara pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

5. FIFA dan Piala Dunia

Pada tahun 1904, FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) didirikan sebagai badan pengatur sepak bola internasional. FIFA bertanggung jawab atas mengatur dan mengembangkan sepak bola di tingkat global. Piala Dunia FIFA, turnamen sepak bola internasional yang pertama kali diadakan pada tahun 1930, menjadi salah satu acara olahraga paling bergengsi di dunia.

6. Perkembangan dan Komersialisasi

Sepak bola terus berkembang seiring waktu dan menjadi industri yang besar, dengan klub-klub sepak bola yang memiliki basis penggemar yang kuat, sponsor, dan pendapatan yang signifikan. Liga sepak bola profesional, seperti Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, dan Bundesliga Jerman, menjadi tempat kompetisi para pemain terbaik di dunia.

Sejak awal sejarahnya, sepak bola telah mengalami perubahan dan inovasi yang signifikan dalam aturan, teknologi, dan pendekatan taktis. Namun, semangat kompetisi, kecintaan penggemar, dan ikatan sosial yang dibentuk oleh olahraga ini tetap menjadi aspek penting dari sejarah dan budaya sepak bola.

Lihat Juga : 30 Lagu Nasional Indonesia

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Ukuran lapangan sepak bola sesuai standar PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) dan FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) adalah sebagai berikut:

Standar Nasional

Standar Lapangan Sepak Bola Nasional
Sumber Gambar : wikipedia.org
  • Panjang Lapangan: 90-120 meter (m)
  • Lebar Lapangan: 45-90 m
  • Kotak Kiper: panjang 18,30 meter dan lebar 5,5 meter.
  • Panjang Gawang: 7,32 m
  • Tinggi Gawang: 2,44 m
  • Kotak Penalti: panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter.
  • Jarak Titik penalti dari garis gawang: 11 meter
  • Lingkaran Tengah: radius 9,15 meter dan diameter 18,30 meter.

Standar Internasional

Standar Lapangan Sepak Bola Internasional
Sumber Gambar : wikipedia.org
  • Panjang Lapangan: 100-110 meter (m) (110-120 yard)
  • Lebar Lapangan: 64-75 m (70-80 yard)
  • Kotak kiper: panjang 18,30 meter, sedangkan lebarnya 5,5 meter
  • Panjang Gawang: 7,32 m
  • Tinggi Gawang: 2,44 m
  • Kotak Penalti: panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter.
  • Jarak titik penalti dari garis gawang: 11 meter
  • Lingkaran Tengah: radius 9,15 meter dan diameter dua kali lipatnya, yakni 18,30 meter.

Semua ukuran dan area penting dalam lapangan sepak bola ini diatur untuk menjaga konsistensi dan keseragaman dalam pertandingan sepak bola di seluruh dunia.

Lihat Juga : 46 Alat Musik Tradisional Indonesia

Komponen – Komponen

Komponen Lapangan Sepak Bola
Sumber Gambar : pinterest.com

Lapangan sepak bola terdiri dari beberapa komponen penting. Berikut adalah penjelasan mengenai komponen-komponen utama dalam lapangan sepak bola:

1. Lapangan

Lapangan sepak bola adalah area bermain yang terdiri dari rumput atau permukaan bermain yang serupa. Lapangan memiliki ukuran dan batasan yang ditentukan oleh standar internasional.

2. Garis Tepi

Garis tepi adalah garis yang membatasi lapangan di sisi-sisinya. Garis tepi menentukan batas permainan dan digunakan untuk menentukan apakah bola keluar dari lapangan atau tidak. Garis tepi lapangan sepak bola tidak memiliki spesifikasi yang tetap dan dapat bervariasi tergantung pada regulasi dan standar yang berlaku. Namun, dalam aturan FIFA (Fédération Internationale Football Association), panjang garis tepi lapangan sepak bola dapat berkisar antara 100 hingga 110 meter.

3. Garis Gawang

Garis gawang terletak di kedua ujung lapangan dan membentuk area gawang. Garis gawang melintang di antara dua tiang gawang dan memiliki tinggi 2,44 meter. Garis gawang dalam lapangan sepak bola dikenal sebagai garis gawang atau garis gol. Menurut aturan FIFA, lebar garis gawang adalah 5,5 meter (18 kaki).

4. Gawang

Gawang sepak bola terdiri dari dua tiang vertikal yang terletak di kedua ujung lapangan dan disatukan oleh sebuah lintang horizontal di bagian atas. Gawang memiliki lebar 7,32 meter.

5. Jala Gawang

Jala gawang ditempatkan di belakang tiang gawang untuk mencegah bola melewati area gawang dan mencatat gol.

6. Garis Penalti

Garis penalti terletak di depan gawang di kedua ujung lapangan. Garis ini digunakan sebagai tempat tendangan penalti diberikan jika terjadi pelanggaran di dalam area penalti. Garis penalti terletak 11 meter (12 yard) dari tengah gawang dan berada di tengah panjang lapangan sepak bola.

7. Lingkaran Tengah

Lingkaran tengah terletak di tengah lapangan dan digunakan untuk memulai pertandingan pada awal babak pertama dan setelah terjadi gol.

8. Area Penalti

Area penalti terletak di depan gawang dan diberi garis tepi serta garis penalti. Area ini digunakan untuk memberikan tendangan penalti dan tendangan bebas yang diberikan kepada tim yang melanggar aturan di dalam area ini.

9. Kotak Tuan Rumah dan Tamu

Kotak tuan rumah dan tamu, juga dikenal sebagai kotak penalti, adalah area persegi panjang yang terletak di depan gawang di masing-masing sisi lapangan. Area ini memiliki fungsi khusus dalam peraturan-peraturan tertentu, seperti tendangan bebas atau tendangan sudut.

10. Lingkaran Tiang Sudut

Lingkaran tiang sudut terletak di keempat sudut lapangan. Sudut tendangan sudut diambil dari lingkaran ini. Komponen-komponen ini bekerja sama untuk membentuk lapangan sepak bola yang lengkap dan memberikan batasan-batasan yang diperlukan dalam permainan.

Lihat Juga : Contoh Puisi Tentang Alam

Aturan dan Ketentuan

Aturan Bermain Sepak Bola
Sumber Gambar : frontofficesports.com

Aturan dan ketentuan sepak bola ditetapkan oleh FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional). Berikut adalah beberapa aturan dan ketentuan dasar dalam sepak bola:

1. Jumlah Pemain

Setiap tim terdiri dari 11 pemain, termasuk satu kiper (penjaga gawang). Jika seorang pemain dikeluarkan dari lapangan dengan kartu merah atau cedera, tim dapat menggantinya dengan pemain pengganti.

2. Tujuan Permainan

Tujuan utama dalam sepak bola adalah mencetak gol dengan memasukkan bola ke dalam gawang lawan menggunakan bagian tubuh, kecuali tangan dan lengan.

3. Pelanggaran

Pelanggaran terjadi ketika pemain melakukan tindakan melawan aturan. Beberapa pelanggaran umum termasuk tackling yang keras, pelanggaran terhadap pemain lawan, atau melanggar aturan seperti offside. Pelanggaran dapat mengakibatkan pemberian kartu kuning (peringatan) atau kartu merah (pengusiran).

4. Tendangan Bebas

Tendangan bebas diberikan sebagai hukuman untuk pelanggaran tertentu. Tendangan bebas dapat langsung (bola tidak boleh disentuh oleh pemain lawan sebelum menyentuh pemain yang sama atau pemain dari tim lawan) atau tidak langsung (bola harus menyentuh pemain lain sebelum gol bisa dicetak).

5. Tendangan Penalti

Tendangan penalti diberikan jika terjadi pelanggaran di dalam area penalti lawan. Pemain yang melakukan tendangan penalti berdiri di titik penalti dan harus mencoba mencetak gol tanpa ada pemain lawan kecuali kiper yang berada di depannya.

6. Offside

Seorang pemain dianggap offside jika dia berada lebih dekat ke garis gawang lawan dibandingkan dengan bola dan pemain belakang terdekat dari tim lawan saat umpan diberikan. Jika pemain dalam posisi offside menerima bola, maka akan diberikan tendangan bebas untuk tim lawan.

7. Durasi Pertandingan

Pertandingan sepak bola terdiri dari dua babak, masing-masing berdurasi 45 menit di tingkat profesional. Setelah babak pertama, ada jeda istirahat singkat. Jika skor imbang pada akhir waktu normal, pertandingan dapat diperpanjang dengan waktu tambahan (misalnya perpanjangan waktu atau adu penalti) untuk menentukan pemenang.

Itulah beberapa aturan dan ketentuan dasar dalam sepak bola. Terdapat juga peraturan lebih rinci yang mengatur aspek-aspek seperti pergantian pemain, kewajiban wasit, bola keluar, serta peraturan-peraturan khusus dalam situasi tertentu. Aturan sepak bola dirancang untuk menjaga integritas dan keseragaman permainan serta melindungi keselamatan para pemain.

Lihat Juga : Contoh Pantun Nasehat

Penutup

Setelah mengetahui ukuran lapangan sepak bola yang benar sesuai standar yang ditetapkan oleh PSSI dan FIFA, dari mulai panjang lapangan hingga lebar, serta beberapa komponen lainnya seperti garis gawang, area penalti dan sebagainya.

Berapakah jarak pemain lain yang tidak menendang penalti?

Jarak pemain yang tidak menendang ketika ada penalti yaitu 9,5 meter dari belakang titik penalti.

Tendang awal dimulainya permainan sepak bola yaitu dinamakan?

Sepak mula (kick off).

Apakah tujuan ditetapkannya standar ukuran lapangan oleh FIFA atau PSSI?

Standar ukuran lapangan dirancang dengan tujuan untuk menjaga keadilan, keamanan, dan integritas para pemain.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Kemenpora / Kementerian Pemuda dan Olahraga PNG, CDR, AI, EPS,…
  2. Logo Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo BUMN / Badan Usaha Milik Negara PNG, CDR, AI, EPS,…
  3. Logo Kementerian Investasi / BKPM PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Kemeninvest / BKPM PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…