30 Quotes Galileo Galilei, Ilmuan, Filusuf, & Fisikawan

Tokoh hebat dengan nama Galileo Galilei adalah seorang ilmuan hebat asal Italia. Ternyata ia dikenal karena kepercayaan pertamanya bahwa matahari lah sebagai pusat tata surya, bukan bumi yang kita tinggali saat ini. Dikutip dari beberapa sumber inilah perjalanan hidup sang ilmuan.

Ia dilahirkan di Pisa, Toscana pada tanggal 15 Februari 1564. Sebagai sang fisikawan, ia melakukan pengembangan di bidang penemuan fisika, astronomi, dan filsafat.

Galileo belajar ilmu – ilmu dasar dan dimasukkan ayahnya di biara dekat Florence untuk mendalami ajaran agama dahulu. Ayahnya adalah Vincenzo Galilei seorang ahli matematika dan musik.

Kuliah kedokteran namun lebih serius mendalami ilmu Astronomi

Galileo disuruh sang ayah untuk belajar dan masuk ilmu kedokteran agar lebih mapan kedepannya, namun sang Galileo tetap menuruti bakatnya dalam belajar matematika astronomi meskipun saat itu menjadi mahasiswa kedokteran di Universitas Pisa.

Galileo memiliki seorang guru istanah Tuscan yang bernama Cosimo de Midci untuk belajar ilmu matematika. Karena keingintahuannya memperdalam matematika, Galileo sempat terbengkalai masalah kuliah di Pisa, akhirnya memutuskan untuk keluar.

Ia kembali ke Florence, tempat masa kecilnya dan melanjutkan pendidikannya di biara. Galileo disana menulis karya ilmiah tentang Neraca Hidrostatik yang diterbitkan pada tahun 1586 juga menulis karya tentang Pusat Gaya Berat Benda yang terbit di tahun 1589.

Menjadi dosen dan guru besar Universitas

Karena terkenal di seluruh Eropa, Galileo diminta pihak Universitas Pisa untuk mengajar dan menjadi dosen, hingga di tahun 1952 Galileo telah diangkat menjadi guru besar Matematika di Universitas Purdue.

Selain mengajar Galileo tetap melakukan penelitian ilmiahnya, ia berhasil menciptakan teori hidrostatis, yang jika kita ingat waktu sekolah dulu kita diajarkan ilmu ini di teori fisika yaitu ‘berat jenis’.

Kata Bijak Galileo Galilei
image source : befren.com

Jadi Teori ini adalah alat untuk mengukur berat jenis benda. Dalam tulisan ilmiahnya Galileo mengungkapkan bahwa benda yang dimasukkan ke air memiliki gaya gravitasi tertentu, itulah ilmu berat jenis benda yang ia terbitkan dalam teori Archimedes.

Dikenal banyak orang sang Galileo adalah orang yang berani membuktikan kebenaran hasil dengan bereksperimen daripada berdebat.

Dalam bidang astronomi Galileo bergabung bersama Accademia dei lincei yaitu grup yang mempelajari ilmu bintik matahari. Ia memodifikasi suatu alat teleskop dengan menyempurnakan bagian – bagiannya dan melakukan pengamatan benda luar angkasa, pada saat itu Galileo dianggap sebagai penemu teleskop padahal ia membantu menyempurnakan alat itu.

Lihat Juga : 50 Quotes Nikola Tesla, Penemu, Fisikawan Kelistrikan

Menguatkan teori Matahari sebagai pusat tata surya

Galileo sering menguatkan teori Aristoteles, dengan membuktikan kebenarnannya. Salah satunya, pada saat itu otoritas gereja mutlak menjelaskan pada kitab suci bahwa bumi adalah pusat tata surya, seperti yang dinyatakan Aristoteles.

Dari hasil penelitian kuatnya Galileo menjelaskan teori matahari sentris yaitu Matahari adalah sumber dan pusat tata surya, planet – planet termasuk bumi berputar mengelilingi matahari. Jadi bumi bukanlah pusat tata surya seperti yang kita pelajari dan ketahui hingga saat ini.

Walaupun banyak rintangan terhadap penemuannya, namun Gailleo adalah orang yang bersikeras untuk melakukan pengamatan dan bereksperimen hingga terbukti hasil kebenarannya. Galileo termasuk ilmuan yang berani dan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap eksperimen dan berbagai penemuannya.

Galileo Galilei telah menutup usianya pada 8 Januari 1642 di daerah Arcetri, Italia. Ia meninggal karena diderita demam dan menderita kebutaan dan dimakamkan di tempat masa kecilnya Florence.

Jasa besar dan ilmu Galileo di bidang sains, astronomi, hingga fisika selalu di kenang sepanjang masa, bahkan di dunia ilmu pengetahuan menggunakan teori fisika dan astronominya. Itulah kutipan mengenai sejarah Galileo, semoga bermanfaat.

Kata Bijak Galileo Galilei

Berikut beberapa quotes hebat Galileo Galilei yang bisa kita pelajari dan ambil ilmunya, yuk simak…

“Never be afraid of loneliness and alienation because you maintain the right principles.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Jangan pernah merasa takut akan kesendirian dan terasing karna anda mempertahankan prinsip yang benar.

“The strongest grass grows on the hardest soil.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Rumput yang paling kuat tumbuhnya terdapat diatas tanah yang paling keras.

“You can’t teach anyone anything, you can only help them discover what is in themselves.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Kamu tidak dapat mengajari seseorang apa pun, kamu hanya bisa membantunya menemukan apa yang ada dalam dirinya sendiri.

“I have never met such a foolish person that I could not learn anything from him.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Aku tak pernah bertemu orang yang masabodoh yang mana aku tak bisa mempelajari sesuatu darinya.

Lihat Juga : 100 Quotes Albert Einstein, Ilmuwan Fisika Teoretis

“Ladies, you cannot force to teach anything to a man, you can only help him find it.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Para wanita, Anda tidak bisa memaksakan mengajarkan apapun kepada seorang pria, Anda hanya bisa menolongnya menemukan hal itu.

“We cannot teach others anything; we can only help them find knowledge within themselves.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Kita tak bisa mengajarkan apa-apa kepada orang lain; kita hanya bisa membantu mereka menemukan pengetahuan di dalam diri mereka.

“I think that in the discussion of natural problems we ought to begin not with the Scriptures, but with experiments and demonstrations.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Saya berpikir bahwa dalam pembahasan masalah alam kita tidak harus memulai dengan Alkitab, tetapi dengan percobaan dan demonstrasi.

“Mathematics is the language in which God has written the universe”

– Galileo Galilei

Artinya,

Matematika adalah bahasa di mana Tuhan telah menulis alam semesta.

“In the future, there will be opened a gateway and a road to a large and excellent science into which minds more piercing than mine shall penetrate to recesses still deeper.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Di masa depan, akan ada pintu gerbang dan jalan menuju ilmu pengetahuan yang besar dan bagus ke mana pikiran lebih menusuk daripada milikku akan menembus ke ceruk yang masih lebih dalam.

“The sun, with all he planets revolving around it, and depending on it, can still ripen a bunch of grapes as though it had nothing else in the universe to do.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Matahari, dengan semua planet yang berputar di sekelilingnya, dan bergantung padanya, masih dapat mematangkan seikat anggur seolah-olah tidak ada yang bisa dilakukan di alam semesta.

“Measure what is measurable, and make measurable what is not so.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Ukur apa yang terukur, dan buat terukur apa yang tidak bisa diukur.

“In science, the authority of thousands of opinions is not worth as much as a small spark of reason in a person..”

– Galileo Galilei

Artinya,

Dalam sains, ribuan pendapat otoritas tidak bernilai sepadan dengan satu percikan nalar kecil dalam diri seseorang.

“By denying scientific principles, one may maintain any paradox.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Dengan menyangkal prinsip-prinsip ilmiah, seseorang dapat mempertahankan paradoks apa pun.

Lihat Juga : 100 Quotes Thomas Alva Edison, Penemu & Pengusaha

“Two truths cannot contradict one another.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Dua kebenaran tidak bisa saling bertentangan.

“I give thanks without limits to God, who gladly made me the first observer of extraordinary things.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Saya bersyukur tanpa batas kepada Tuhan, yang dengan senang hati menjadikan saya pengamat pertama dari hal-hal luar biasa.

“Knowing thyself, that is the greatest wisdom.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Mengenal dirimu sendiri, itulah kebijaksanaan terbesar.

“I have never met a man so ignorant that I couldn’t learn something from him.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Saya belum pernah bertemu pria yang begitu bodoh sehingga saya tidak bisa belajar sesuatu darinya.

“To be humane, we must ever be ready to pronounce that wise, ingenious and modest statement ‘I do not know’.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Untuk menjadi manusiawi, kita harus siap untuk mengucapkan pernyataan bijak, cerdik, dan sederhana ‘Aku tidak tahu’.

“Nonetheless, it moves.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Meskipun demikian, ia bergerak.

“In my studies of astronomy and philosophy I hold this opinion about the universe, that the Sun remains fixed in the center of the circle of heavenly bodies, without changing its place; and the Earth, turning upon itself, moves round the Sun.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Dalam studi astronomi dan filosofi saya, saya memegang pendapat ini tentang alam semesta, bahwa Matahari tetap terpaku di tengah lingkaran benda-benda langit, tanpa mengubah tempatnya; dan Bumi, dengan berputar pada dirinya sendiri, bergerak mengelilingi Matahari.

“Philosophy [nature] is written in that great book which ever is before our eyes — I mean the universe — but we cannot understand it if we do not first learn the language and grasp the symbols in which it is written. The book is written in mathematical language, and the symbols are triangles, circles and other geometrical figures, without whose help it is impossible to comprehend a single word of it; without which one wanders in vain through a dark labyrinth.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Filosofi [alam] ditulis dalam buku besar yang pernah ada di depan mata kita – maksud saya alam semesta – tetapi kita tidak dapat memahaminya jika kita tidak pertama-tama mempelajari bahasa dan memahami simbol-simbol di mana ia ditulis. Buku ini ditulis dalam bahasa matematika, dan lambang-lambang itu adalah segitiga, lingkaran, dan tokoh-tokoh geometris lainnya, tanpa bantuan siapa pun mustahil untuk memahami satu kata pun darinya; tanpanya seseorang berkeliaran dengan sia-sia melalui labirin yang gelap.

“To order their astronomy professors to refute their own observations is to order them not to see what they see and not understand what they understand.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Memerintahkan profesor astronomi untuk membantah pengamatan mereka sendiri adalah memerintahkan mereka untuk tidak melihat apa yang mereka lihat dan tidak memahami apa yang mereka pahami.

“Mathematics is the key and the door to the sciences.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Matematika adalah kunci dan pintu menuju sains.

“If you could see the earth illuminated when you were in a place as dark as night, it would look to you more splendid than the moon.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Jika kamu bisa melihat bumi menyala ketika kamu berada di tempat yang gelap seperti malam hari, itu akan membuatmu lebih indah dari pada bulan.

Lihat Juga : 50 Quotes Abraham Lincoln, Presiden Amerika ke-16

“This is a beautiful and pleasant sight to see the body of the Moon.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Ini pemandangan yang indah dan menyenangkan untuk melihat tubuh Bulan.

“Facts which at first seem improbable will, even on scant explanation, drop the cloak which has hidden them and stand forth in naked and simple beauty.“

– Galileo Galilei

Artinya,

Fakta-fakta yang pada awalnya akan tampak mustahil, bahkan dengan sedikit penjelasan, menjatuhkan jubah yang telah menyembunyikannya dan tampil dengan keindahan telanjang dan sederhana.

“If I were again beginning my studies, I would follow the advice of Plato and start with mathematics.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Jika saya memulai lagi studi saya, saya akan mengikuti saran Plato dan mulai dengan matematika.

“See now the power of truth.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Lihat sekarang kekuatan pada sebuah kebenaran.

“I do not know what to say in a case so surprising, so unlooked for and so novel.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Saya tidak tahu harus berkata apa dalam kasus yang begitu mengejutkan, begitu tidak diperhatikan dan seperti novel.

“Nothing occurs contrary to nature except the impossible, and that never occurs.”

– Galileo Galilei

Artinya,

Tidak ada yang terjadi yang bertentangan dengan alam kecuali yang mustahil, dan itu tidak pernah terjadi.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.