10 Kelebihan & Kekurangan HP Xiaomi

Siapa sih yang tidak kenal atau tahu dengan ponsel bermerk Xiaomi dimana sedang merajai pasaran ponsel pintar saat ini? Xiaomi selalu menghadirkan inovasi inovasi ponsel dengan harga yang sangat cocok buat rakyat menengah kebawah.

Namun dibalik itu masih ada kelebihan – kelebihan lain dari xiaomi loh dan tentunya ada juga kekurangannya. Kalian ingin tahu apa saja kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi itu dibanding merk HP lainnya? tepat sekali dibawah sini admin dianisa.com akan membahasnya.

Kurang lebih terdiri dari 5 poin / hal pada kelebihan serta kekuragannya guys, jadi berbanding lurus lah pas banget hehe yuk langsung disimak saja.

Lihat Juga : 10 Masalah Smartphone Xiaomi & Solusinya

Kelebihan Smartphone Xiaomi

1. Harga Yang Murah

Harga Xiaomi Terjangkau
Sumber Image : XDA Developers

Kelebihan pertama dari HP Xiaomi tentu terletak pada segi bandrol / harganya, yang mana selalu hadir dengan harga super terjangkau.

Atau dapat dibilang secara penjelasan sih murahnya itu dari ponsel merk lainnya dengan spek sama, contoh ponsel Snapdragon 610, RAM 4GB, Internal ROM 64GB ponsel sekelas merk Samsung membandrol berkisar 3.5 – 4 jutaan tapi Xiaomi cuma menghargainya 2.5 Jutaan.

Terlebih lagi jika ada flash sale promo sebagai teknik marketing dengan sebutan cara hungry marketing, sebenarnya teknik ini juga sudah dipakai oleh merk merk lain hanya saja teknik Xiaomi penjualan flash salenya penuh dengan rasa penasaran.

Sepert contoh ponsel baru rilis kemarin Xiaomi Redmi Note 8, flash sale-nya langsung habis tapi barang masih langka nah lalu lari kemana hehe.

2. Didukung Sebuah Komunitas

Tentu berdasarkan harganya yang murah pasti banyak pengguna Xiaomi jadinya, sehingga muncullah banyak golongan membentuk komunitas disebut Mi Fans guna membagi sharing sharing pengalaman.

Komunitas ini jelas semakin kuat karena kerap diikutsertakan saat ada event – event Xiaomi, contoh peluncuran produk ataupun gathering biasa.

3. MIUI

Ini dia sebagai penompang atau pembeda Xiaomi daripada merk lainnya yaitu berlantaran MIUI. MIUI ini merupakan suatu firmware yang dapat dibilang sebagai OS dengan basis Android dimana dikembangkan sendiri oleh Xiaomi berawal pada versi pertama muncul yakni MIUI V1.

Firmware atau OS ini dibekali dengan beragam fitur – fitur canggih yang sering dibahas oleh komunitas MI Fans, misalnya aplikasi yang tidak tersedia di dalam OS Android bawaan ada didalamnya yaitu Chrome dll.

Tak hanya dari fitur itu, salah satunya lagi yaitu fitur penyembunyi aplikasi yang mana jika pada ponsel lain perlu menginstal aplikasi tambahan.

Namun cara menyembunyikan aplikasi di xiaomi yang  bisa tanpa aplikasi tambahan loh, super mudah efektif banget deh. Serta di MIUI ini sendiri kita bisa unlock bootloader xiaomi secara mudah meminta pertimbangan pihak Xiaomi langsung.

4. Disebut Perusahaan Inovatif

Xiaomi Terus Berinovasi
Sumber Image : en.letsgodigital.org

Xiaomi punya beragam gebrakan saat dalam segi perkembangan teknologi, sehingga perusahaanya banyak dilirik sekaligus diperbincangakan oleh banyak kalangan. Alhasil tak heran apabila pernah dilansir Xiaomi masuk ke dalam salah satu perusahaan paling inovatif urutan 35 saat tahun 016 silam (data sekaang belum tahu saya).

Dimana pada urutan tersebut Xiaomi sanggup unggul dari perusahan besar sekelas Honda, Huawei, Intel dan Dell dikarenakan hal tadi yaitu diakui sebagai perusahaan paling Inovatif.

Dengan diakui sebagai perusaahan inovatif dalam pembuatan ponsel pintar menjadikan alasan utama masyarakat membeli ponsel pintar dari Xiaomi.

5. Model Desain Simpel Elegan

Tidak luput meski dengan harga murah dan kelimpahan fitur juga, masih ada kelebihan lain yang disajikan Xiaomi yakni harga murah tersebut mampu punya desain elegan.

Xiaomi tak pernah mencoba untuk mencontoh gaya desain HP HP pada umumnya karena ingin membentuk suatu khas ciri karakter versi mereka.

Lihat Juga : Keunggulan HP Xiaomi Mi 8 Lite, Mantap Buat Nge-Game!

Kekurangan Smartphone Xiaomi

1. Sering Bermasalah Software ataupun Hardwarenya

Ini dia yang menjadi permalasahan kekurangan dari ponsel Xiaomi paling utama yakni sering bermasalah pada bagian hardware dan software. Namun itu cuma terjadi pada beberapa tipe HP produksi Xiaomi yang lama juga, pada tipe – tipe terbaru sekarang ini sih belum ada komplain lagi.

Karena jelas melihat permasalahan tersebut bukan tidak mungkin jika Xiaomi akan terus melakukan perbaikan guna menjaga konsumennya.

2. Terlalu Banyak Distributor

Terlalu Banyak Distributor Xiaomi
Sumber Image : www.arnnet.com.au

Hal jelek yang menjadi kekurangan ponsel Xiaomi ini yaitu tidak semua tipe HP Xiaomi bisa masuk ke pasaran Indonesia secara jalur resmi melainkan banyak distributor. Sehingga harga yang ada di forum asli China sana dibanderol sekian, eh dengan distributor lebih murah namun barang cepat ready.

Inilah kadang yang membuat konsumen bingung sendiri mau beli produknya tapi ok tipe distributor semua. 

3. ROM Abal-Abal

Berkaitan dengan poin kedua tadi, yaitu jika HP Distributor kerap memakai ROM Abal abal alias bukan ROM Asli Resmi developer Global. Dimana ciri dari ROM Abal Abal ini yaitu memakai bahasa China mandarin dan tidak ada aplikasi Google Play Store didalamnya.

Sebutan ROM abal abal ini sendiri hadir dari para Mi Fans yang sering mendiskusikannya sehingga permasalahan bisa diatasi. Namun begitulah kalau orang yang masih baru memegang ponsel Xiaomi dan dapat ROM abal abal sudah dipastikan kebingugan sekali.

Itulah mengapa dari banyaknya ponsel Xiaomi TKDN, harapan para penggunanya yaitu batasi adanya distributor saja.

Lihat Juga : 10 Tema Xiaomi Terbaik Untuk MIUI 9

4. Build Quality

Ternyata oh ternyata dibalik punya desain yang ciamik keren elegan tersebut, ternyata tidak menjamin bahwa bahan / material pembuatannya sangat berkualtias. Karena banyak dilansir jika pada beberapa tipe H; Xiaomi punya kekurangan dari segi build quality yang terbilang kurang solid (tebal) sehingga kalau jatuh rentan hancur.

Meski begitu belakangan ini pada tipe – tipe yang hadir baru sudah membaik bagus semua build quality-nya. Sudah melewati test untuk dijatuhkan beberapa kali dan punya mimin sendiri juga tipe xiaomi terbaru jatuh beberapa kali Allhamdulilah masih aman.

5. Harga Jual yang Rendah

Nah poin terakhir yang dimaksud bukanlah harga HP xiaomi garansi resmi TAm dan kondisi baru ya, melainkan kondisi second hand alias bekas.

Jadi ponsel Xiaomi ini kelemahannya karena udah punya harga murah, maka saat mau dijual kembali meski masih baru pemakaian seminggu no minus ataupun lecet sedikitpun harganya akan langsung rendah juga.

Menurut perbandingan sih rendahnya dari harga baru normal garansi resmi TAm yaitu 30%, contoh dari harga baru TAM Xiaomi kena 1.700 maka bekasnya bisa 1.400-1.500an.

Yang jadi pemasalahan lagi bagaimana jika beli yang distributor? katanya sih bisa sampai 50-60% harga awalnya sendiri hehe sekalipun itu ROMnya global bukan abal abal. Kalau abal abal lagi mungkin bisa admin bilang itu ponsel ditawar harga teman haha.

Kesimpulan

Dari berbagai poin poin segmen diatas, yang bisa admin tarik kesimpulan yaitu bahwa belilah ponsel Xiaomi yang sudah memiliki banyak review-nya. Karena meski terbekali oleh desain elegan dan fitur melimpah jika belum ada review positif tentu bukan tidak mungkin hal – hal negatif itu akan kalian rasakan sendiri.

Kurang lebih begitulah yang bisa saya sampaikan, semoga ulasan soal kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi ini bisa bermanfat!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.