108 Kata Kata Persahabatan Tersayang & Menyentuh Hati

Menjalin sebuah persahabatan sejati memang butuh waktu yang lama. Hubungan persahabatan merupakan anugerah terindah dari tuhan yang harus disyukuri. Memiliki sahabat sejati tentunya tidak mudah entah dari awal perkenalan, pertemuan, kebersamaan sejak kecil, bahkan baru mengenal di dunia barunya.

Semua itu berjalan begitu saja, tanpa direncanakan ketika ada waktu saling bersama, berbincang, saling berdialog akrab, berdiskusi, bermain bersama, hingga bertukar curhatan hidup. Sahabatlah yang akan ada ketika melakukan semua itu. Sahabat selalu memahami keadaan di saat suka maupun duka, apapun keadaan yang menimpa sahabatnya, sahabat sejati akan selalu ada.

Mereka juga mengetahui dan mengerti apa keadaan buruk dan baikmu, seorang sahabat akan memberikan nasihat dan sanggahan yang lebih baik dari hal apapun. Mungkin kamu berbahagia dengan keluarga lengkap yang selalu bersama, namun berbeda lagi dengan kamu yang memiliki persahabatn sejati.

Keluarga adalah kebahagiaan hidupmu, dan sahabat adalah pendukung kebahagiaanmu. Hidup juga berwarna dan penuh keceriaan ketika kamu bisa bersua dan bermain bersama sahabat. Betapa gersangnya hidup jika tak ada seorang sahabat. Maka bersyukurlah jika kamu sampai saat ini masih memiliki seorang sahabat yang bisa bersamamu dan selalu mendukungmu.

Seorang sahabat tak pernah memandang status hidup, kekayaan, kekurangan, dan kelebihanmu. Persahabatan dinilai dari keikhlasan hati untuk saling menerima satu sama lainnya. Walau kadang terpisang jarak, ruang, dan waktu, dan kamu masih memiliki jalinan persahabatan semua itu tidak menjadi penghalang untuk saling mengingatkan.

Kadang kalanya ada sebuah masalah yang memungkinkan konflik dalam hubungan persahabatan. Namun jika satu sama lain saling mengerti dan ingin merubah, berdiskusi demi keselarasan pikiran bersama, maka persahabatan akan tetap terjaga. Karena mereka yang memilih untuk tetap komitmen bersamamu walau tahu apa kelemahan dan kebodohanmu itulah makna sahabat sejati.

Mungkin kamu dan sahabat tidak bisa memberi lebih satu sama lainnya, tapi semua itu tidak membuat perasaan berkecil hati. Keadaan saling membaur bersama saja sudah membuatmu cukup untuk bahagia. Siapa lagi yang akan bercanda gurau dan memberi masukan paling akrab untukmu jika bukan keadaan seorang sahabat.

Entah itu permasalahan yang kamu jalani dalam pekerjaan, masa kuliah, masalah cinta, masalah ide dan lainnya, kamu bisa bertukar pikiran dengan sahabat-sahabatmu.

“Menyenangkan memiliki seorang sahabat yang mampu membuatmu tersenyum, meski dia sedang tak berada di sampingmu.”

Arti sebuah sahabat tidak habis dibicarakan dalam kata-kata, ungkapan sahabat itu akan bermakna sangat indah ketika ditulisakan. Cerita tawa, sedih, rindu, dan kebersamaan akan persahabatan bisa kamu tuliskan dalam kutipan indah dan bermakna. Semua itu bisa kamu gunakan untuk menghiasi memori kebersamaan dalam foto, dalam caption di beberapa media sosial maupun diary harianmu.

Walau kini merasa terpisah jauh oleh jarak, rasa persahabatan masih bisa dijalin dalam komunikasi media maupun diungkapkan dalam kutipan. Berikut ini beberapa inspirasi kutipan penuh makna mengenai persahabatan tersayang, sangat cocok untuk perasaan hati seorang sahabat.

Lihat Juga : 94 Kata Kata Tentang Indahnya Senja

Kata Kata Persahabatan Tersayang Menyentuh Hati

Kata Kata Sahabat Sejati
image credit : TarasMalyarevich | DepositePhotos

Simak dan tulis kutipan quotes persahabatan tersayang dan menyentuh hati berikut ini!

Kata Kata Persahabatan Menyentuh Hati

“Persahabatan yang kuat tak butuh percakapan sehari-hari atau kebersamaan setiap waktu. Selama persahabatan itu ada di hati, sahabat sejati tak akan pernah terpisah.”

“Menyenangkan memiliki seorang sahabat yang mampu membuatmu tersenyum, meski dia sedang tak berada di sampingmu.”

“Bagaimana aku bisa berhenti bermimpi, sedangkan setiap malam aku selalu menutup mata, kawan.”

“Sahabat adalah orang yang akan membangunkan kita dari tidur walaupun sedang bermimpi indah.”

“Persahabatan yang didasari oleh keikhlasan hati dan kasih sayang, akan melahirkan keabadian dalam kebersamaan.”

“Sahabat adalah orang pertama yang akan memperingatkan kita jika kita sudah mulai bertindak yang tidak sesuai dengan jalur.”

“Mereka bilang orang-orang akan datang dan pergi. Tapi, berlian yang satu ini sungguhlah spesial. Meskipun kamu mungkin akan pergi dan dunia tidak tahu, aku tetap akan melihatmu.”

– Coldplay, Everglow

“Satu-satunya jalan untuk mempunyai sahabat adalah menjadi seorang sahabat.”

– Ralph Waldo Emerson

“Ketika kamu menemukan seseorang yang bisa dipercaya, genggam erat mereka. Karena dalam hidup, sahabat sejati tak mudah ditemukan.”

“Tak ada yang sempurna, sahabat pun pernah berbuat salah, tapi kamu selalu temukan sebuah alasan tuk maafkan mereka.”

“Lanjutkan perjuanganmu & raihlah impianmu yang selama ini selalu kamu ceritakan padaku. Sekarang sudah tiba waktunya kita berpisah, selamat jalan wahai sahabatku. Dirimu akan selalu melekat didalam diriku.”

“Sahabat adalah salah satu orang yang akan menerima kita apa adanya.”

“Persahabatan tak terjalin dengan orang yang istimewa. Kita jadi istimewa karena bersahabat. Sahabatlah yang mengistimewakan kita.”

“Persahabatan yang paling indah adalah mereka yang tetap tertawa bersamamu di dalam api.”

– Juansen Dizon

“Waktu terasa lebih cepat berlalu ketika aku tengah bersamamu.”

– Poets Love Her

“Persahabatan bukanlah sesuatu yang bisa kau pelajari di sekolah. Tapi kalau kau belum belajar memahami maknanya, maka kau belum belajar apapun.”

“Jangan mencari kawan yang membuat Anda merasa nyaman, tetapi carilah kawan yang memaksa Anda terus berkembang.”

– Thomas J. Watson

“Melangkah sendiri jika ingin berjalan lebih cepat, tapi melangkahlah bersama sahabat jika ingin berjalan lebih jauh.”

“Ketika kita nanti melanjutkan hidup, kita akan mengingat semua hal yang pernah kita lakukan bersama. Meskipun nantinya semua akan berubah, tapi kita akan tetap berteman selamanya.”

– Vitamin C, Friends Forever

“Kita akan menjadi teman sampai kita menua dan pikun. Lalu kita akan menjadi teman baru lagi.”

“Sahabat adalah seseorang yang selalu menyampaikan kebenaran walau terkadang itu menyakitkan. Tapi itu dia lakukan untuk kebaikan.”

“Persahabatan itu motivasi dan inspirasi, bukan hanya gengsi dan basa-basi.”

Lihat Juga : 120 Kata Bijak Sendiri Bisa Lebih Baik

Kata Kata Persahabatan Penuh Cinta dan Makna

“Tak ada yang terasa semengerikan dulu saat kau sudah punya teman sejati.”

“Sahabat adalah seseorang yang selalu ada di sampingmu, ketika kamu sakit untuk melihat ke belakang, atau takut melihat ke depan.”

“Banyak orang akan masuk dan keluar dari hidupmu, tapi hanya sahabat sejati yang akan meninggalkan jejak dalam hatimu.”

– Eleanor Roosevelt

“Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, tetapi menyatakan apa yang menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah.”

“Aku percaya sahabat sejati akan mencintaimu tanpa batas.”

– Rap Monster & Wale, Change

“Sahabat sejati bukanlah mereka yang memiliki banyak persamaan, tapi mereka yang memiliki pengertian terhadap setiap perbedaan.”

“Lebih mudah mengubah persahabatan menjadi cinta, daripada mengubah cinta menjadi persahabatan.”

“Kalian semua adalah sahabat yang memberikan ketenangan.”

“Kalau uang bisa membuatku melupakan SAHABAT terbaikku maka aku lebih memilih untuk TIDAK PUNYA UANG sama sekali.”

“Persahabatan bukanlah sebuah kesempatan, tapi merupakan tanggung jawab yang manis.” 

– Khalil Gibran

“Bersahabat bukan berarti kita mempercayainya, tapi bersahabat bagaimana kita dapat dipercaya olehnya.. Kepercayaan itu penting.”

“Sahabat sejati tidak akan memiliki DUA SISI yang bertolak belakang ketika DI DEPAN atau DI BELAKANGMU.”

“Ungkapan kasih sayang terdengar begitu indah. Berbagilah dengan orang tua, saudara, sahabat, dan sesama manusia. Cinta itu Indah.”

“Jangan pernah memandang rendah arti persahabatan, karena dalam hidup ini kamu tak akan mampu melangkah seorang diri tanpa sahabat.”

“Bahasa persahabatan tidak tercermin dalam kata kata, melainkan dengan arti.”

– Henry David Thoreau

“Sahabat juga adalah orang yang akan mendukung kita selama tujuan kita adalah positif.”

“Cara terbaik untuk menghancurkan musuh adalah dengan menjadikanya seorang teman.”

– Abraham Lincoln

“Kau berada di sampingku saja sudah banyak membantuku.”

– Stray Kids, I am You

“Sahabat sejati akan muncul dan menghibur disaat kita hancur, bukan malah kabur disaat kita lebur.”

Lihat Juga : 123 Kata Kata Sedih, Perpisahan, Galau, dll

Kata Kata Persahabatan Penuh Kerinduan

“Kita selalu membuat memori yang sangat indah saat bersama. Aku tidak sabar untuk membuat memori-memori baru lagi denganmu. Lekaslah kembali!”

“Menyenangkan memiliki seorang sahabat yang mampu membuatmu tersenyum, meski dia sedang tak berada di sampingmu.”

“Aku merindukan persahabatan kita yang dulu, tolong bawa aku kembali pada saat-saat itu.”

“Saya membaca kutipan manis: ‘Sebuah persahabatan yang kuat tidak selalu butuh percakapan harian atau kebersamaan, selama hubungan hidup di hati, sahabat sejati tidak akan pernah berpisah’.”

“Apakah kamu punya sahabat yang real? Bukan cuma di dunia maya.”

“Sudah terlalu lama tanpa kehadiranmu, Kawan. Dan aku akan menceritakan segalanya ketika aku bertemu denganmu lagi.”

– Charlie Puth ft. Wiz Khalifa, See You Again

“Salju mulai turun, tapi kamu semakin menjauh. Aku merindukanmu. Berapa lama lagi aku harus menunggu? Berapa hari lagi aku harus terjaga sepanjang malam sampai akhirnya dapat melihatmu?”

– BTS, Spring Day

“Persahabatan sejati itu layaknya kesehatan, nilainya baru kita sadari setelah kita kehilangannya.”

“Meskipun lama tak berjumpa. Semoga di hati kita tidak ada prasangka. Ini hanya keterbatasan jarak dan waktu saja.”

“Beberapa orang datang dan membuat dampak yang indah dalam hidupmu hingga kamu tidak lagi ingat seperti apa hidupmu tanpa keberadaan mereka.”

– Anna Taylor

“Sebuah persahabatan yang kuat tidak butuh bertukar kabar atau bertemu setiap hari. Selama persahabatan itu terus hidup di hati masing-masing, teman sejati tidak akan berpisah.”

“Walaupun sudah gak satu SMA, gua sama sahabat masih suka smsan, berbagi kabar, malah sampe bikin jadwal temu kangen. Ini nih baru persahabatan.”

“Kapan pun aku merindukanmu, aku memutar semua lagu-lagu kesukaanmu dan melihat kembali foto-foto saat kita bersama. Hal itu membuatku berhenti merindukanmu, tapi hanya sebentar. Beberapa saat kemudian aku merindukanmu lagi, aku tidak tidak sabar untuk segera bertemu denganmu, sahabatku.”

“Kita bisa sejauh ini karena bersama… Kita bisa sekuat ini karena persahabatan.”

“Setiap orang berbeda, unik dengan caranya. Kamu harus menghargainya, tapi tak berarti kamu harus menyukai semuanya.”

“Aku teringat saat kita tertawa dan menangis bersama, serta berapa banyak janji-janji yang dulu kita buat. Satu hal yang ingin aku katakan padamu adalah persahabatan kita tidak akan berakhir begitu saja.”

“Teman yang paling aku sukai adalah dia yang selalu menasihatiku saat aku melakukan kesalahan.”

“Sejak kecil, kita selalu bersama. Dan sekarang saat kamu jauh dariku, aku merasa kosong. Sepertinya, kamu mengambil sebagian hatiku dan meninggalkanku. Kembalilah, aku merindukanmu.”

Lihat Juga : 150 Kata Kata Gaul Jaman Now, Kekinian Banget

Kata Kata Persahabatan Islami

“Seorang teman sejati adalah, dia yang memberi nasehat ketika melihat kesalahanmu dan dia yang membelamu saat kamu tidak ada.”

– Ali bin Abi Thalib

“Sesungguhnya orang yang senantiasa mengingatkanmu untuk selalu takut kepada Allah adalah teman sejatimu yang lebih berharga dari apa pun di dunia ini.”

– Abu Maryam

“Bertemanlah dengan orang-orang yang selalu bertaubat atas dosa-dosanya. Karena sungguh mereka adalah orang-orang yang berhati lembut.”

– Umar bin Khattab

. “Orang yang mau menunjukkan di mana letak kesalahanmu, itulah temanmu yang sesungguhnya. Sedangkan orang-orang yang menyebar omong kosong dengan selalu memujimu, mereka sebenarnya adalah para algojo yang akan membinasakanmu.”

“Jangan sedih dan takut apabila tidak memiliki teman. Sedih dan takutlah apabila memiliki banyak teman namun tak membawa kita mendekat kepada Allah.”

“Teman baik adalah dia yang tak pernah berhenti mengingatkanmu tentang kebaikan, meski nasehat yang ia lontarkan seringkali harus melukai hatimu, tapi dia melakukan itu sebab dia sayang padamu.”

“Apabila engkau menginginkan kemuliaan maka carilah sahabat dari orang orang yang takut kepada Allah subhanahu wataa‘la.”

“Teman sejatimu adalah orang yang selalu mengingatkanmu untuk peduli terhadap urusan akhiratmu.”

– Abdul Qadir Jillani

“Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.”

– (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

“Yang dinamakan sahabat itu adalah mereka yang membawa kita ke surga Alllah, bukan ke neraka.”

“Temanilah orang yang apabila engkau melihatnya, membuatmu mengingat Allah, perkataannya menambah ilmumu. Dan dengan melihat amalannya, engkaupun tergugah untuk mempersiapkan akhiratmu.”

“Bertemanlah dengan orang-orang yang selalu bertaubat atas dosa-dosanya. Karena sungguh mereka adalah orang-orang yang berhati lembut.”

– Umar bin Khattab

“Kamu hanya memiliki 2 teman dalam hidup ini. Pertama adalah Allah, dan yang Kedua adalah orang yg selalu mengingatkanmu kepada Allah.”

“Rasulullah pernah ditanya, “Seperti apakah orang yang bisa dijadikan teman baik?”. “Teman yang baik adalah Dia yang membantumu untuk selalu mengingat Allah dan mengingatkanmu ketika kamu melupakan Allah.”, jawab Rasulullah.”

“Seseorang tidak dapat dianggap sahabat sampai ia diuji dalam tiga kesempatan; saat dibutuhkan, saat di belakangmu, dan setelah kematianmu.”

– Ali bin Abi Thalib

“Sahabat itu bukan yang menjerumuskan ke dalam maksiat. Sahabat sejati adalah mereka yang mampu mengingatkan kita tentang kesalahan kita.”

“Seorang teman tidak bisa disebut sebagai teman sampai ia diuji dalam tiga keadaan; 1) Pada saat kamu membutuhkannya, 2) Bagaimana sikap yang ia tunjukkan di belakangmu, dan 3) Bagaimana sikapnya setelah kematianmu.”

– Ali bin Abi Thalib

“Temanmu akan menggambarkan siapa kamu dan derajat keimananmu. Maka pilihlah teman secara bijak. “Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain, kecuali orang-orang yang bertakwa.”

– (Q.S Az-Zukhruf: 67)

“Di antara tanda-tanda ukhuwah yang sebenarnya ialah mau menerima kritikan dari teman, menutupi aib teman dan memberi maaf atas kesalahannya.”

– Imam Syafi’

“Jangan sedih dan takut apabila tidak memiliki teman. Sedih dan takutlah apabila memiliki banyak teman namun tak membawa kita mendekat kepada Allah.”

“Orang yang bersedia mengkritikmu, berarti ia peduli tentang persahabatan denganmu. Sementara mereka yang menyembunyikan atau menutup-nutupi kesalahanmu, sesungguhnya mereka tidak peduli apapun tentang kamu.”

– Ibnu Hazm

“Kamu hanya memiliki 2 teman dalam hidup ini. Pertama adalah Allah, dan yang Kedua adalah orang yg selalu mengingatkanmu kepada Allah.”

“Hal terbaik yang dilakukan seorang teman untuk kamu adalah membawamu untuk semakin dekat kepada Allah.”

“Bawalah teman-temanmu untuk semakin dekat kepada Allah, supaya kelak kamu bisa bersama mereka lagi di surga.”

Lihat Juga : 118 Kata Kata Perpisahan yang Menyentuh Hati

Kata Kata Persahabatan Makna Sedih

“Tak peduli siapa yang buatmu patah hati atau berapa lama yang dibutuhkan untuk sembuh, kamu tak akan bisa melewatinya tanpa sahabat!”

“Jangan merasa kecewa dengan ucapan selamat tinggal. Sebuah perpisahan itu penting sebelum kamu bisa bertemu lagi. Dan sebuah pertemuan adalah hal yang pasti kalau kalian memang berteman.”

– Richard Bach

“Mencoba membangun komunikasi lagi denganmu karena aku tidak tahu ke mana kamu pergi selama ini. Mencoba untuk mengajakmu berbicara, tapi kamu tidak pernah memberikan kesempatan.”

– Ruel, Younger

“Lebih baik ku menemani sahabat di kala sendiri daripada menemani kekasih yang tak mempunyai waktu untukku di kala ku sendiri dalam sepi.”

 “Terlalu berharap akan menyakitimu, namun itu bukan alasan untuk menyesali diri. Ingat, sahabat selalu ada untukmu.”

“Bisa jadi semua teman kita pergi, tapi tidak dengan sahabat.”

“Sahabat sejati tidak akan membuka AIB walaupun sedang dalam perselisihan.”

“Kenalilah sahabat yang disamping kamu. Sahabat ialah yang mengulurkan pelukan ketika kamu terjatuh.”

“Persahabatan kita yang sekarang ini, sudah tak seindah persahabatan kita dulu. Aku kangen masa-masa itu.”

“Bertahun-tahun lalu, kita sering begadang sampai jam 3 pagi hanya sekadar bercerita. Tapi sekarang, kita bahkan tidak tahu bagaimana caranya berkata ‘hai’”

“Sahabat itu seperti halnya mata dan tangan. Saat mata menangis tangan mengusap | saat tangan terluka mata menangis.”

“Sahabat itu “lo kenapa? Sini dong cerita”. Temen musiman itu “Yaelah cengeng lo, galau mulu“.”

“Putus cinta memang menyakitkan, tapi apakah kamu pernah melihat sahabatmu perlahan-lahan berubah menjadi orang asing?”

“Kepedulian tanpa pengertian tidak akan membuatmu mengenal apa pun.”

“Carilah sahabat yang setia dalam duka. Bukan dalam suka, karena hidupmu senantiasa berputar-putar antara suka dan duka.”

“Dulu terasa begitu dekat bagaikan urat nadi, namun sekarang ini saling tegur sapa pun menjadi enggan. Apakah benar itu yang dinamakan dengan sahabat?”

“Perpisahan, semanis apapun, seindah apapun, tetaplah berpisah. Ada cerita yang sejak detik itu harus berubah menjadi kenangan.”

“Kawanku, selamat menjalani aktivitasmu yang jauh disana, jangan lupa selalu ingatkan dan ingatlah aku untuk selama-lamanya.”

“Bersama, kita kencang tertawanya. Berpisah pun, kita kencang menangisinya.”

– Taufik Aulia

“Tidak ada jarak tempat atau selang waktu yang dapat mengurangi persahabatan. Persahabatan benar-benar diyakinkan akan nilai satu sama lain.”

NOTE: Kutipan diambil dari beragam sumber.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.