Cara Membuat Wifi Hotspot di HP Android Mudah dan Cepat

0
626

Dianisa.com – Cara Membuat Wifi Hotspot di Smartphone dan Tablet Android. Wifi (Hotspot) adalah salah satu fitur yang disukai oleh pengguna android, Termasuk saya. WIfi merupakan fitur berbagi data internet tanpa menggunakan kabel ataupun perangkat lainnya. Artinya anda bisa mengaktifkan fitur Wifi kemudian dapat digunakan oleh orang lain sesuai dengan keinginan anda dengan jarak yang terbatas. Misalnya saja, disaat kuota internet teman anda sedang habis, tapi ia tetap ingin aktif/Online di Internet maka anda bisa berbagi kuota dengan menggunakan fitur WiFi tersebut. Jadi, Intinya Wifi di peruntuhkan sebagai fitur berbagi data secara gratis dengan jarak terbatas.

Baca Juga :

Tidak hanya digunakan oleh sesama pengguna android, tetapi bisa juga digunakan pada perangkat lainnya, seperti PC atau Laptop. Sebenarnya ada 2 jenis Wifi yang beredar di pasaran Indonesia yaitu Wifi pada Smartphone atau Tablet, serta layanan Wifi pada area – area tertentu seperti Café, Alun – Alun, Restoran, Sekolahan, dan lainnya. Nah, setiap perangkat Wifi memiliki kecepatan dan keamanan yang berbeda – beda, tergantung pengaturan dari pemilik Wifi tersebut.

Cara Membuat WiFi di Smartphone Android

Bagi anda yang masih bingung dalam membuat Wifi di android, berikut langkah – langkah yang dapat anda ikuti.

1. Langkah pertama, masuk pada menu “Setting” >> “Selengkapnya” >> “Menambah & Hotspot Portable”.

Cara Membuat WiFi di Android 12. Selanjutnya aktifkan fitur “Hotspot Wi-Fi portable” (Centang).

Cara Membuat WiFi di Android 2
3. Apabila anda ingin mengubah nama Hotspot serta memberi password pada Hotspot tinggal pilih saja “Siapkan Hotspot Wi-Fi”, kemudian isi nama dan password sesaui dengan keinginan anda. Misalnya, Mas Dian Ganteng dan Passwordnya dian1234.

Cara Membuat WiFi di Android 3
4. Ketika hotspot Portable aktif, biasanya terdapat icon WiFi pada bar Notifikasi.
5. Selesai.

NOTE : Apabila cara diatas ternyata tidak berhasil atau Hotspot Wifi tidak dapat terdeteksi maka saran saya lebih baik untuk mencoba menggunakan aplikasi FoxFi, siapa tahu nantinya bisa berhasil.

Mengkoneksikan Laptop ke WiFi Hotspot Android

  1. Jika nama Wifi yang anda buat telah terdeteksi, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
  2. Anda tinggal sambungkan saja dan cobalah untuk mengakses Internet dari Aplikasi Browser laptop tersebut.
  3. Selesai.

Mengkoneksikan Laptop ke Wifi Android

Setiap perangkat android memang memiliki cara yang berbeda – beda dalam men-setting Wifi Hotspot. Seperti yang saya bilang diatas, jika anda kesulitan dalam membuat Wifi sebaiknya cobalah untuk menginstall aplikasi FoxFi. Aplikasi tersebut dapat membantu anda dalam membuat Wifi agar mudah terdeteksi.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Membuat Wifi Hotspot Di HP Android dan Menghubungkannya Ke Komputer (PC), semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi semua pengguna android. Apabila ada yang kendala, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang ada. Insyaallah saya balas. Terima kasih !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here