17 Cara Menggunakan WhatsApp Business untuk Berjualan

Gunakan aplikasi WhatsApp Business untuk mengembangkan bisnis Anda secara gratis dan praktis

Diketahui memiliki lebih dari 2 miliar pengguna, WhatsApp menjadi aplikasi pengirim pesan yang paling populer di dunia. Tidak hanya pengguna individu, perusahaan lokal, jasa profesional, bahkan institusi kesehatan menggunakan media WhatsApp sebagai alat untuk berkomunikasi dengan konsumennya. Oleh karena itu, Anda yang ingin mengembangkan bisnis bisa memanfaatkan WhatsApp Business untuk keperluan komunikasi.

Lihat Juga : 5 Cara Backup Chat WhatsApp

Apa itu WhatsApp?

Apa itu WhatsApp
Sumber Gambar : pixabay.com

Diluncurkan ada tahun 2009, WhatsApp diambil alih oleh Facebook pada tahun 2014 dan menjadi salah satu aplikasi pengirim pesan yang populer. Per Juli 2021, WhatsApp adalah aplikasi terpopuler ketiga setelah Facebook dan Youtube. Anda hanya memerlukan koneksi internet dan nomor telepon untuk bisa berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp lainnya. Selain gratis, WhatsApp juga tersedia di kurang lebih 180 negara dan dipakai untuk menghubungi teman-teman maupun kerabat yang jauh.

Banyak yang lebih memilih untuk menggunakan WhatsApp dibandingkan SMS karena aplikasi ini tidak berbayar dan memiliki fungsi yang lebih beragam. Anda bisa menggunakan WhatsApp untuk mengirim foto, video, dan audio, membuat panggilan suara dan telepon video, membagikan pesan suara dan lokasi, dan masih banyak lagi.

Lihat Juga : 7 Cara Membuat Baris Baru WhatsApp

Apa itu WhatsApp Business?

WhatsApp Busines adalah fitur yang dibangun oleh WhatsApp untuk mengakomodir bisnis-bisnis kecil dan perusahaan-perusahaan untuk bisa memberikan layanan terbaik tanpa harus bertatap muka. Terlebih di masa pandemi ini, WhatsApp Business membantu pemilik usaha untuk bisa mengendalikan pesanan yang masuk. Tenang saja, aplikasi ini juga tidak berbayar dan Anda bisa menggunakannya tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Sama seperti WhatsApp, WhatsApp Business memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dengan menggunakan Internet dan di enkripsi sehingga tidak memungkinkan orang lain untuk membaca pesan yang Anda kirim.

Apa saja keuntungan menggunakan WhatsApp Business?

Terdapat beberapa fitur yang diberikan kepada Anda jika menggunakan WhatsApp Business, yaitu pembuatan Business Profile, tersedianya katalog, shortcut untuk membalas pesan konsumen dengan lebih cepat, pembuatan label untuk pesan-pesan yang masuk, dan pengiriman pesan secara otomatis.

Satu hal yang menarik adalah WhatsApp Business dan akun WhatsApp Anda bisa digunakan dalam satu perangkat yang sama karena aplikasi yang dipakai berbeda. Namun, perlu dipahami bahwa kedua akun tersebut harus menggunakan nomor yang berbeda.

Anda bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Business dengan mengunduhnya di smartphone Android atau iOS. Dengan menggunakan WhatsApp yang digunakan oleh 450 juta orang setiap hari, Anda bisa membangun bisnis Anda dan lebih dekat dengan calon pembeli di waktu yang bersamaan.

Lihat Juga : 4 Cara Menghapus Chat WhatsApp

Fitur-fitur WhatsApp Business

Fitur WhatsApp Business
Sumber Gambar : pexels.com

1. Membuat Profil Bisnis

Ada bisa membuat informasi mengenai bisnis Anda, seperti nama, jam kerja, link untuk website atau mesia sosial, katogeori bisnis, deskripsi mengenai bisnis, dan alamat. Terkadang suka ditemukan penjual yang tidak menuliskan informasi mengenai produk yang mereka jual. Maka dari itu, Business Profile akan memudahkan mereka untuk berbelanja tanpa harus menanyakannya informasi-informasi yang tertera.

2. Menyapa konsumen dengan Welcoming Message

WhatsApp Business memiliki fitur untuk mengirim pesan secara otomatis ketika mereka pertama kali mengirim pesan kepada Anda. Selain sebagai bentuk sapaan, fitur ini juga mencegah para konsumen merasa kesal jika pesan mereka tidak dengan cepat terbalas.

3. Membuat katalog produk jualan

Salah satu fitur WhatsApp Business yang banyak dipakai adalah fitur Catalogue. Anda hanya perlu menuliskan nama produk, deskripsi singkat, harga produk, link produk (opsional), dan foto produk. Fitur ini dapat memudahkan para calon pembeli untuk melihat produk apa saja yang ingin dibeli dan barang apa yang masih tersedia.

4. Memanfaatkan data statistik

Tidak hanya sebagai platform komunikasi antara Anda dengan para konsumen, WhatsApp Business dapat memberikan data statistik mengenai jumlah pesan yang dibaca, dibalas, diterima, dan dijawab. Fitur ini dapat membantu Anda melihat tingkat komunikasi Anda untuk membentuk strategi marketing yang baru ke depannya.

5. Memanfaatkan Quick Replies

Sering muncul pesan dengan pertanyaan yang sama dari beberapa pelanggan dalam satu hari. Mengetahui itu, WhatsApp memberikan fitur shortcut di mana Anda bisa memberikan jawaban untuk pertanyaan yang kerap muncul. Jadi, tidak perlu menulis dengan panjang secara berulang-ulang dan konsumen juga tidak menunggu lama.

6. Menggunakan label untuk pesan masuk

Anda bisa memakai label untuk mengorganisir profil maupun pesan yang masuk. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu dengan kesulitan saat mencari chat pelanggan satu per satu. Anda bisa mempersingkat waktu persiapan dengan membagikan pesan sesuai dengan kategori, seperti “Sudah bayar”, “Belum bayar”, dan “Pesanan Selesai”.

7. Membuat jadwal pasti

Seperti perusahaan yang memiliki jam kerja, WhatsApp Business juga memberikan Anda kebebasan untuk menentukan jam kerja Anda. Dengan menetapkan, misal pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore, pesan yang masuk di luar jam tersebut akan mendapatkan pesan otomatis bahwa pesan tidak akan dibalas sampai jam kerja selanjutnya.

8. Kirim banyak pesan dalam waktu yang sama

Jika Anda ingin memberikan informasi menegani produk atau bisnis Anda, Anda bisa memanfaatkan fitur broadcast. Kontak yang Anda punya bisa dibagi menjadi beberapa kategori untuk membagikan informasi yang sesuai dengan karakteristik masing-masing kelompok.

Lihat Juga : 5 Cara Mengubah Ukuran Font WhatsApp

Tips mengembangkan bisnis

Mengembangkan Bisnis Dengan WhatsApp
Sumber Gambar : pixabay.com

Mengembangkan bisnis tidak semudah yang diharapkan, dibutuhkan berbagai cara dan strategi yang konsisten. Berikut adalah beberapa cara selain memanfaatkan fitur yang sudah diberikan dalam WhatsApp Business agar usaha Anda bertumbuh dan menarik semakin banyak konsumen.

1. Informasikan nomor WhatsApp

Jika Anda memiliki media sosial sebagai media untuk melakukan promosi, Anda bisa menaruh nomor yang terhubung dengan WhatsApp Busines pada media sosial Anda. Dengan begitu, calon pembeli bisa bertanya lebih lanjut untuk melakukan pemesanan.

2. Selalu merespon di bawah 6 jam

Menjawab dengan cepat adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah usaha. Dari sudut pandang pembeli, mereka cenderung akan lebih tertarik dan semakin ingin membeli produk yang Anda jual. Penelitian membuktikan bahwa 42% pembeli mengharapkan respons di bawah satu jam.

3. Menggunakan WhatsApp Web

Mencoba untuk membalas pesan yang begitu banyak sendirian menggunakan handphone sangat tidak efisien dan cukup memakan banyak waktu. Jika Anda memiliki komputer atau laptop yang bisa dipakai, Anda bisa menggunakan WhatsApp Web untuk menjawab seluruh chat dengan lebih cepat.

4. Membuat grup WhatsApp

Anda pasti pernah masuk ke dalam grup WhatsApp yang isinya informasi jualan, bukan? Mengirim pesan ke dalam grup dapat mencapai lebih dari 200 orang sekaligus dan memberikan mereka kebebasan untuk bertanya. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan waktu untuk mengirim pesan ke seluruh pelanggan Anda secara manual.

5. Menggunakan bahasa yang benar

Tata bahasa yang baik adalah kunci komunikasi yang lancar. Jika Anda memiliki admin yang membantu mengelola proses komunikasi dengan para pelanggan, jangan lupa untuk memastikan cara mereka menyampaikan pesan. Mereka akan menjadi suara dan imej dari usaha Anda, jadi pastikan mereka bisa berkomunikasi dengan efektif.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Akun WhatsApp

Penutup,

Adanya WhatsApp Business ini tentu akan sangat bermanfaat dan membatu para pelaku bisnis UMKM. Apalagi WhatsApp telah menjadi salah satu media sosial yang paling sering digunakan oleh pengguna gadget, baik smartphone Android ataupun iOs. Di dalam WhatsApp Business tidak hanya tersedia secara gratis, namun Anda juga mendapatkan sejumlah fitur yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Semoga dengan sedikit informasi di atas, Anda telah memahami bagaimana cara menggunakan aplikasi untuk mengembangkan bisnis.

Apa itu WhatsApp Business?

Aplikasi gratis yang tersedia untuk Android dan iPhone, di mana telah dirancang untuk pemilik bisnis kecil.

Apa itu enkripsi End-to-End dalam WhatsApp?

Berfungsi untuk memastikan bahwa hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda saja yang dapat membaca atau mendengarkan apa yang dikirim, dan tidak ada pihak ketiga termasuk WhatsApp.

Apa penyebab utama WhatsApp tidak bisa dibuka?

Biasanya hal ini ditimbulkan oleh tumpukan file cache/sampah yang berlebihan, selain itu memori RAM yang penuh juga bisa menjadi alasan WhatsApp mengalami gagal fungsi.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang perlu Anda sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!


Artikel ditulis oleh Wahyu Setia Bintara, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Fungsi Free Transform Tool pada Adobe Photoshop

    Free Transform Tool dapat digunakan untuk mengatur objek gambar atau foto sesuai keinginan
  2. 15 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

    Bersihkan semua file sementara pada sistem dan matikan proses yang berjalan di latar belakang untuk mengatasi…
  3. 8 Cara Aktivasi Microsoft Office 2013

    Anda bisa aktivasi Microsoft Office 2013 dengan menjalankan perintah CMD atau menginstall program activator