Cara Membuat Status Bar Menjadi Transparan di HP Android

Dianisa.com – Cara Mudah Membuat Status Bar Smartphone Android Menjadi Transparant atau Tidak berwarna. Tahukah Anda Apa Itu Status Bar? Status Bar adalah sebuah menu yang berisikan keterangan mengenai aplikasi yang sedang aktif atau berjalan misalnya, Daya baterai, Sinyal Android, BBM, Wifi, Bluetooth, dan lainnya. Selain itu, status bar juga menampilkan pemberitahuan atau notifikasi di saat ada pesan atau chat yang masuk, baik pesan itu berupa gambar ataupun text.

Baca Juga :

Terkadang kita memang merasa bosan melihat status bar android yang berwarna hitam. Warna hitam menurut saya sendiri memang serasa kurang menarik dan terlihat membosankan. Lalu, bagaimana solusinya? Solusinya yaitu anda harus mengubah warna status bar tersebut agar lebih menarik dari sebelumnya, atau anda juga bisa menghilangkan warna tersebut agar terlihat lebih minimalis dan simple. Apakah Bisa Mengubah Warna Status Bar Menjadi Transparent? Android merupakan OS yang Open Source, anda bisa mengubah pengaturan sistem sesuai dengan kehendak dan keinginan anda. Jadi, anda bisa mengubah Warna Status Bar tersebut sesuai dengan keinginan anda, baik transparent ataupun Colorfull.

Sebagai pengguna android biasa, tentu saja kita pasti kebingungan dan banyak bertanya, Bagaimana, Bagaimana, dan Bagaimana?. Tenang saja kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai Cara Membuat Status Bar Android Menjadi Transparan 100% Berhasil. Tutorial yang saya berikan hanya berlaku pada ponsel android yang telah di Rooted. Jadi, apabila ponsel android anda belum di Root maka Root –lah terlebih dahulu.

Mengubah Status Bar Jadi Transparan Dengan Xposed Installer

Ada 2 aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengubah warna Status bar android menjadi Transparan yaitu Xposed Installer dan Xposed Tweakbox. 2 Aplikasi tersebut dapat membantu anda mengubah Status bar Android menjadi Transparan, tetapi dengan syarat bahwa Android anda sudah dalam keadaan Root. Berikut Langkah-langkahnya.

Membuat Status Bar Menjadi Transparan

  1. Pertama, Unduh Aplikasi Xposed Installer melalui Google Play secara gratis. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Xposed Installer via Google Play Store
  2. Selanjutnya, install dan buka aplikasi tersebut. Pilih menu “FrameWork”.
  3. Kemudian pilih “Install/Update”.
  4. Dan terakhir pilih “Reboot” untuk merestart Android agar Status Bar dapat berubah menjadi Transparan.
  5. Selesai.

NOTE : Xposed Installer hanya dapat berjalan pada Android versi Jelly Bean ke atas.

Membuat Status Bar Jadi Transparan Dengan Xposed Tweakbox

Mengubah Status Bar Android Jadi Transparan

  1. Pertama, Unduh aplikasi Xposed Tweakbox melalui market store android, bisa dari Google Play atau dari situs lainnya. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Xposed Tweakbox via Google Play Store
  2. Setelah berhasil mengunduh, Pasang dan buka aplikasi tersebut. Pilih menu “Statusbar”.
  3. Selanjutnya centang pada bagian “Background Color”.
  4. Kemudian ubah warna hitam menjadi Transparan sesuai dengan keinginan anda. Geser Gradient Warna tersebut ke kanan agar dapat berubah menjadi transparan.
  5. Apabila sudah selesai, Reboot/Restart Smartphone Android anda.
  6. Selesai.

Saya ulangi sekali lagi bahwa 2 aplikasi diatas hanya dapat bekerja pada smartphone atau tablet android yang sudah dalam keadaan Rooted.

Baca Juga :

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Status Bar Android Menjadi Transparant, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi semua pengguna android. Apabila ada pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang ada. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here