5 Cara Aktivasi Microsoft Office 2019

Microsoft Office 2019 merupakan salah satu versi terbaru dari Microsoft, yang dipromosikan pada tanggal  24 September 2018 lalu. Perlu Anda tahu bahwa dibalik munculnya software ini, tentunya terdapat serangkaian permasalahan yang terjadi. Salah satu di antaranya adalah Microsoft ingin penggunanya beralih ke Office 365, dengan tujuan supaya aktivitas Anda akan jauh lebih produktif dengan software model subscription tersebut. Sayangnya pernyataan tersebut tidak sesuai dengan faktanya, mengingat tidak sedikit pengguna yang tetap ingin menggunakan Microsoft Office secara offline.

Di sisi lain hadirnya Microsoft Office 2019 ini hanya dapat digunakan oleh pengguna Windows 10 dan juga menyediakan peningkatan terhadap fitur yang digunakan dari versi sebelumnya. Misalnya seperti fitur peningkatan tinta, cekungan LaTex di Word, fitur animasi baru pada PowerPoint hingga grafik terbaru dari Excel untuk menganalisis data. Sebagai pengguna Office, Anda telah mengetahui bahwa untuk dapat menggunakan fitur tersebut, Anda diharuskan melakukan aktivasi Microsoft Office 2019 terlebih dahulu. Lantas bagaimanakah caranya? Silakan ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk aktivasi Microsoft Office 2019 Anda.

Lihat Juga : 7 Cara Membuka Registry Editor di Windows 11

Cara Aktivasi Microsoft Office 2019

Terdapat berbagai alasan mengapa pengguna Komputer / laptop ingin melakukan aktivasi Microsoft Office 2019 selain digunakan untuk menikmati fiturnya. Salah satunya adalah supaya pengguna tidak mengalami berbagai masalah yang timbul secara tiba-tiba, misalnya muncul keterangan Unlicensed Product, Product Activation Failed, hingga masalah sejenisnya. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan dan pastikan Anda menyimak setiap langkahnya.

1. Aktivasi menggunakan License Key / lisensi resmi (ori)

Lisence Key Office Word 2019
1. Memasukkan License Key Office 2019. WAHYU SETIA BINTARA

Salah satu cara paling cepat dan praktis untuk meng-aktivasi Microsoft Office 2019 adalah dengan memasukkan License Key secara langsung. Akan tetapi hal ini hanya berlaku bagi Anda yang memiliki lisensi resmi dari Microsoft. Pada faktanya memang tidak banyak masyarakat Indonesia memiliki lisensi resmi / ori, karena harga yang ditawarkannya pun relatif mahal untuk sebuah software. Tetapi bagi Anda yang memiliki lisensi resmi, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, jalankan salah satu program Microsoft Office. Ex : Microsoft Word.
  2. Kemudian akses menu File » pilih Account.
  3. Jika sudah, lihat bagian “Product Information” » klik Change Product Key » masukkan kode lisensi yang Anda miliki » klik Continue.
  4. Setelah itu ikuti instruksi yang diberikan.
  5. Selesai.

Untuk melihat status aktivasi Microsoft Office, dapat Anda lihat di bagian “Product Information”. Jika Anda melihat keterangan Activation Required, artinya Microsoft Office perlu di aktivasi.

Lihat Juga : Cara Mematikan Aplikasi Startup di Windows 11

2. Aktivasi dengan aplikasi pihak ketiga

Seperti yang telah kita tahu bahwa lisensi resmi / ori Microsoft Office tidaklah murah. Maka dari itu banyak sekali pengguna Office yang mengakalinya dengan berbagai cara yang ada, salah satu di antaranya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Memang pada dasarnya cara ini tidak boleh dilakukan, mengingat software tersebut memiliki kemampuan untuk meng-aktivasi Microsoft Office 2019 tanpa memerlukan ataupun memasukkan lisensi resminya. Dan bahkan software ini juga mampu meng-aktivasi Windows 10 hingga Windows 7.

Namun sebelum Anda menginstall software activator tersebut, pastikan Anda telah mematikan aplikasi antivirus pada laptop / komputer. Jika Anda menggunakan Windows Security, silakan ikuti instruksi di bawah ini terlebih dahulu untuk mematikannya.

Nonaktifkan Semua Opsi Windows Security
2. Menonaktifkan Windows Security. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, akses menu Settings » Update & Security » pilih tab Windows Security.
  2. Jika sudah, klik Open Windows Security » lalu pilih Virus & threat Protection.
  3. Di bagian “Virus & threat protection settings”, klik Manage settings.
  4. Selanjutnya geser mode On menjadi Off untuk mematikan setiap fitur Protection.
  5. Selesai.

Gunakan aplikasi AAct Portable

Aktivasi Office Dengan AAct
2. Menjalankan program AAct Portable. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, silakan Anda download software AAct Portable di sini.
  2. Sebelum Anda menginstall software, pastikan antivirus dalam keadaan nonaktif.
  3. Jika sudah terinstall, silakan buka AAct Portable » klik tab Office Activation.
  4. Kemudian tunggu proses aktivasi beberapa saat.
  5. Jika berhasil, maka akan ditampilkan keterangan “Product activation successful”.
  6. Selesai.

Aktivasi dengan aplikasi KMSAuto++

KMSAuto++ Microsoft Office 2019
2. Aktivasi office 2019 menggunakan KMSAuto++. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, download software KMSAuto++ di sini.
  2. Selanjutnya jalankan software » lalu klik KMSAuto++ » pilih Active Office.
  3. Kemudian tunggu beberapa saat proses aktivasi sedang berlangsung.
  4. Jika aktivasi berhasil, Anda akan ditampilkan keterangan “Activation Successful”.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi Black Screen Windows 10, 8, 7

3. Jalankan perintah Command Prompt

Jika Anda tidak berhasil dalam melakukan aktivasi Microsoft Office 2019 di atas, maka Anda bisa menggunakan cara lainnya, yaitu dengan menggunakan barisan perintah di Command Prompt. Dalam beberapa kondisi tertentu, aktivasi sering kali menyebabkan masalah pada program Microsoft Office. Hal tersebutlah yang dapat menimbulkan beberapa masalah error, macet, atau tidak bisa dibuka pada Microsoft Office. Untuk memperbaikinya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

STEP 1 : Langkah pertama, silakan Anda copy perintah berikut : Aktivasi_Office2019. Jika sudah, paste kan perintah tersebut ke dalam Notepad » klik File » pilih Save As.

Activator Notepad Office 2019
3. Menyimpan barisan perintah aktivasi Microsoft Office 2019. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 2 : Selanjutnya pilih tempat penyimpanan yang mudah dijangkau. Lalu berikan nama file yang di akhiri dengan format .cmd misalnya seperti di bawah ini » klik Save.

Aktivasi_Office2019.cmd
Save As Office Notepad
3. Cara penulisan format file. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 3 : Klik kanan pada format file tersebut » pilih Run as administrator. Kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul keterangan “Product activation successful”. Jika terdapat pertanyaan, ketik N » lalu Enter.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi Aplikasi Force Close Windows 10, 8, 7

Penutup,

Setelah Anda mencoba beberapa cara di atas dan berhasil melakukan aktivasi Microsoft Office 2019, maka Anda bisa menggunakan fitur Office secara keseluruhan tanpa khawatir. Tentunya beberapa masalah yang timbul karena aktivasi yang gagal akan hilang dengan sendirinya dan Anda bisa melakukan aktivitas dengan normal kembali.

Mengapa Windows Security perlu dimatikan saat menggunakan software activator?

Karena Windows Security berfungsi untuk menghapus file / program secara otomatis ketika software tersebut terindikasi sebagai ancaman / virus yang menyerang perangkat, maka dari itu perlu dimatikan terlebih dahulu supaya software tersebut bisa dijalankan.

Apa penyebab dari kendala Microsoft Word tidak bisa dibuka?

Aplikasi yang tidak bisa dibuka sering kali terjadi ketika instalasi program gagal / tidak sempurna. Namun dalam beberapa kasus tertentu, program yang corrupt atau terkena virus juga dapat menimbulkan kendala ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang perlu Anda sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Wahyu Setia Bintara, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.