8 Cara Aktivasi Microsoft Office 2013

Microsoft Office 2013 merupakan versi Office yang dikeluarkan pada tanggal 11 Oktober 2012 dengan kode Office15. Meskipun Microsoft Office saat ini telah menyediakan versi Office 2019, namun masih banyak pengguna Windows yang menggunakan Microsoft Office 2013 untuk kebutuhan ataupun pekerjaan keseharian, termasuk saya pribadi. Mungkin saja hal ini disebabkan karena software tersebut memiliki keunggulan yang dimilikinya, misalnya seperti tampilan user friendly serta fitur yang mudah dipahami.

Ketika berbicara mengenai fitur yang terdapat pada Microsoft Office 2013, tentunya untuk mendapatkan semua itu Anda perlu meng-aktivasinya terlebih dahulu. Dengan kata lain, Anda diharuskan memiliki lisensi resmi dari Microsoft untuk membuka layanannya. Terkadang beberapa pengguna Office tidak menyadari bahwa license Key yang dimilikinya sudah expired, sehingga akses ke beberapa fitur dan layanan serasa sangat terbatas. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk aktivasi Microsoft Office 2013, dan pastikan Anda mengikuti setiap langkah yang diberikan.

Lihat Juga : 5 Cara Aktivasi Microsoft Office 2019

Aktivasi Microsoft Office 2013 tanpa software tambahan

Terdapat berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk aktivasi Microsoft Office 2013, misalnya aktivasi tanpa menggunakan software dan juga aktivasi dengan software activator. Kedua metode ini tentu memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, maka dari itu silakan Anda pilih metode yang mana paling cocok untuk dilakukan.

1. Aktivasi menggunakan kode lisensi original Microsoft

Product Key Microsoft Office
1. Memasukkan product key Office 2013. WAHYU SETIA BINTARA

Jika Anda pengguna Office tentunya telah menyadari, bahwa cara termudah untuk melakukan aktivasi pada Microsoft Office 2013 ini adalah dengan memasukkan kode lisensi resmi / original dari Microsoft. Sayangnya untuk mendapatkan kode product tersebut, Anda perlu mengeluarkan dana yang cukup relatif mahal. Maka dari itu tidak banyak masyarakat yang memiliki lisensinya. Jika Anda memiliki lisensi original Office 2013, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Namun jika tidak, silakan Anda lanjut ke cara berikutnya.

  1. Pertama, jalankan salah satu program Microsoft Office. Ex : Microsoft Worid.
  2. Kemudian akses menu File » pilih Account.
  3. Jika sudah, lihat bagian “Product Information” » klik Change Product Key » masukkan kode lisensi yang Anda miliki » klik Continue.
  4. Setelah itu, ikuti instruksi yang diberikan sampai proses aktivasi berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

Untuk melihat status aktivasi Microsoft Office, dapat Anda lihat di bagian “Product Information”. Jika Anda melihat keterangan Activation Required, artinya Microsoft Office perlu di aktivasi.

Lihat Juga : 7 Cara Membuka Registry Editor di Windows 11

2. Menjalankan perintah Command Prompt

Meskipun Anda tidak memiliki lisensi resminya, bukan berarti tidak mempunyai opsi lain untuk melakukan aktivasi Office 2013. Ada beberapa cara alternatif yang biasanya digunakan oleh pengguna Office untuk meng-aktivasi produk mereka, salah satu di antaranya adalah menjalankan baris perintah dengan Command Prompt secara online. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

STEP 1 : Langkah pertama, silakan Anda copy perintah berikut : Aktivasi_Office2013. Jika sudah, paste kan perintah tersebut ke dalam Notepad » klik File » pilih Save As.

Activator Notepad Office 2013
2. Menyimpan perintah aktivasi Office 2013. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 2 : Selanjutnya pilih tempat penyimpanan yang mudah dijangkau. Lalu berikan nama file yang di akhiri dengan format .cmd misalnya seperti di bawah ini » klik Save.

Aktivasi_Office.cmd
Save As Office 2013 Notepad
2. Menamai file dengan format .cmd. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 3 : Klik kanan pada format file tersebut » pilih Run as administrator. Kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul keterangan “Product activation successful”. Jika terdapat pertanyaan, ketik N » lalu Enter.

Jika dengan menjalankan perintah di atas terdapat kendala error atau tidak bisa dibuka ketika digunakan, maka silakan coba untuk menonaktifkan antivirus atau Windows Firewall terlebih dahulu. Di sisi lain, apabila Anda menggunakan Windows Defender, silakan Anda ikuti langkahnya di bawah ini.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Cache di Windows 11

Aktivasi Microsoft Office 2013 dengan Activator

Selain menggunakan perintah Command Prompt, Anda juga bisa menjalankan software activator untuk aktivasi produk Microsoft Office. Seperti yang kita tahu bahwa harga untuk sebuah lisensi original Microsoft Office tidak lah murah, maka tidak mengherankan jika banyak sekali pengguna Office yang mengakalinya dengan menggunakan software activator.

Memang pada dasarnya cara ini tidak boleh dilakukan, karena software tersebut bersifat ilegal. Bagaimana tidak? software activator mampu meng-aktivasi Microsoft Office 2013 tanpa memerlukan lisensi resminya. Dengan kata lain, Anda cukup menjalankan software dengan sekali klik saja dan tidak perlu membeli lisensi yang begitu mahal. Bahkan software ini juga mampu aktivasi sistem operasi Windows 10 hingga Windows 7.

1. Matikan antivirus terlebih dahulu

Nonaktifkan Semua Opsi Windows Security
1. Menonaktifkan Windows Security. WAHYU SETIA BINTARA

Sebelum Anda menginstall software activator, ada baiknya jika Anda menonaktifkan terlebih dahulu aplikasi antivirus yang sedang berjalan. Mengingat dalam beberapa kondisi tertentu, software activator sering kali terindikasi sebagai virus / malware. Jadi tidak mengherankan apabila aplikasi antivirus akan menghapus file/program secara otomatis ketika terdapat ancaman. Jika Anda menggunakan Windows Security, silakan ikuti instruksi di bawah ini.

  1. Pertama, akses menu Settings » Update & Security » pilih tab Windows Security.
  2. Jika sudah, klik Open Windows Security » lalu pilih Virus & threat Protection.
  3. Di bagian “Virus & threat protection settings”, klik Manage settings.
  4. Selanjutnya geser mode On menjadi Off untuk mematikan setiap fitur Protection.
  5. Selesai.

2. Jalankan software AAct Portable

Aktivasi Office Dengan AAct
2. Menggunakan software AAct Portable. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, silakan Anda download software AAct Portable di sini.
  2. Sebelum Anda menginstall software, pastikan antivirus dalam keadaan nonaktif.
  3. Jika sudah terinstall, silakan buka AAct Portable » klik tab Office Activation.
  4. Kemudian tunggu proses aktivasi beberapa saat.
  5. Jika berhasil, maka akan ditampilkan keterangan “Product activation successful”.
  6. Selesai.

Catatan : Jika Anda dimintai password ketika membuka file, silakan masukkan angka 000000.

3. Menggunakan aplikasi KMSAuto++

KMSAuto++ Microsoft Office 2019
3. Menjalankan software KMSAuto++ untuk aktivasi Office. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, download software KMSAuto++ di sini.
  2. Selanjutnya jalankan software » lalu klik KMSAuto++ » pilih Active Office.
  3. Kemudian tunggu beberapa saat proses aktivasi sedang berlangsung.
  4. Jika aktivasi berhasil, Anda akan ditampilkan keterangan “Activation Successful”.
  5. Selesai.

4. Aktivasi Office dengan KMSPico

Aktivasi Windows Dengan KMSPico
4. Aktivasi Office 2013 dengan KMSPico. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, download software-nya di sini.
  2. Selanjutnya lakukan install aplikasi seperti pada umumnya.
  3. Jika sudah, jalankan software KMSPico » klik Yes untuk mengizinkan aplikasi berjalan.
  4. Kemudian, klik tombol Merah » lalu tunggu beberapa saat.
  5. Jika berhasil, Anda akan mendengarkan suara notifikasi “Program Completed”.
  6. Setelah itu, buka salah satu program Microsoft Office untuk melihat hasilnya.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Product Activation Failed Microsoft Office

Penutup,

Setelah Anda mencoba beberapa cara di atas dalam melakukan aktivasi Microsoft Office 2013, maka secara tidak langsung Anda bisa menggunakan semua fitur atau layanan yang disediakan. Selain itu, dengan melakukan aktivasi Microsoft Office, Anda tidak akan melihat lagi keterangan error yang mengganggu akibat aktivasi yang bermasalah.

Apakah aman melakukan aktivasi dengan software Activator?

Aman atau tidaknya tergantung Anda mengunduh software tersebut di situs mana, mengingat tidak semua software activator aman untuk digunakan.

Mengapa Microsoft Word mengalami not responding?

Microsoft Word yang sering kali mengalami not responding biasanya terjadi ketika Anda melakukan multitasking pada program secara berlebihan tanpa melihat sumber daya komputer. Di sisi lain, spesifikasi perangkat juga berpengaruh terhadap kinerja sistem dan aplikasi.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang perlu Anda sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Wahyu Setia Bintara, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.