Windows 11 22000.120 tersedia dengan perbaikan dan peningkatan

Microsoft akhirnya merilis Windows 11 Build 22000.120 pembaruan KB5005188, yang sudah tersedia untuk pengguna dalam kanal Developer dan Beta di program Windows Insider. Peluncuran ini telah membawa perbaikan dan fitur baru, juga peningkatan tambahan. Di versi Beta ini, pemutakhiran baru dapat diunduh di seluruh saluran insider, dan dapat digunakan pada perangkat yang telah memenuhi persyaratan minimum.

Windows 11 memang dalam tahap pengembangan dan masih tersedia dalam versi Beta, meskipun begitu banyak yang mengharapkan agar segera diluncurkan versi finalnya selama musim liburan 2021 hingga 2022. Jika Anda tidak sabar menunggu versi final tiba, Anda dapat mengunduh Build Windows 11 Insider Preview untuk menguji fitur baru, seperti widget, snap layout, virtual desktop, dan Microsoft Store baru. 

Desain antarmuka Windows 11 dibilang cukup halus dan modern dengan sentuhan animasi yang elegan. Berdasarkan informasi pembaruannya, Windows 11 memiliki kemampuan untuk mengunduh dan menjalankan aplikasi Android di PC Windows. Pada versi Build 22000.120, Microsoft melakukan perbaikan dan peningkatan ringan. Family Widget, dapat dibilang merupakan salah satu fitur baru yang di buat Microsoft untuk Windows 11 Preview Build terbaru.

Peningkatan baru di Windows 11 Build 22000.120 (KB5005188)

auto-scrolling Microsoft Store Windows 11
Penambahan fitur auto-scrolling Microsoft Store di Windows 11. BLOG.WINDOWS.COM

Perubahan lainnya, seperti adanya perbaikan desain beberapa menu dan ikon tertentu. Selain itu, Build 22000 mengatasi segala bug dari Build 22000.100, khususnya di pengaturan Windows. Untuk melihat detail perbaikan dan perubahan pada Windows 11 Build 22000.120 (KB5005188), simak daftar peningkatannya berikut:

  • Adanya fitur baru “Family Widget” untuk akun MSA, yang tersedia dalam semua bahasa dan wilayah Windows. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat aktivitas terbaru dari anggota grup keluarga Microsoft Anda.
  • Adanya lencana notifikasi untuk ikon “Chat” di taskbar.
  • Perubahan desain menu konteks pada File Explorer, diubah menjadi lebih ringkas dan adanya tampilan bilah gulir saat dalam mode gelap.
  • Bilah perintah File Explorer diperbarui untuk mengurangi penggunaan sumber daya.
  • Adanya perbaikan crash pada explorer.exe.
  • Microsoft telah memperbaiki masalah yang mempengaruhi dialog operasi file.
  • Microsoft telah menghilangkan sejumlah besar bug dengan setiap pembaruan yang kumulatif.

Dalam lingkup perbaikan, seperti yang sudah dijelaskan meliputi bilah tugas, pengaturan, aplikasi, File Explorer, menu Start, pencarian, keamanan, input, masalah bug, dan lain-lainnya. Selain itu, Microsoft pada Build 22000.120 juga melakukan peningkatan pada Microsoft Store Saat ini Microsoft Store mendapatkan dukungan untuk “auto-scrolling”, ini memungkinkan pengguna untuk menemukan aplikasi, film, maupun game favorit tanpa menggulir daftar secara manual. 

Secara keseluruhan Build terbaru ini dapat menambah pengalaman penggunaan lebih halus dan nyaman daripada sebelumnya.

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.