Urutan Benua Dari Yang Terbesar Hingga Yang Terkecil

Ketahui urutan benua dari yang terkecil hingga terbesar berikut ini!

Benua adalah sebutan untuk massa daratan yang terpisah dan terbagi secara geografis di permukaan Bumi. Benua-benua terdiri dari daratan yang luas dan memiliki karakteristik geografis, iklim, keanekaragaman hayati, dan kebudayaan yang berbeda-beda. Benua-benua umumnya dikelompokkan berdasarkan letak geografisnya dan batasan-batasan geologis yang terbentuk selama jutaan tahun. Benua-benua terbentuk melalui proses geologis yang kompleks seperti pergerakan lempeng tektonik, pembentukan pegunungan, dan erosi.

Selama miliaran tahun, lempeng tektonik Bumi bergerak, menyebabkan pembentukan dan pemisahan massa daratan menjadi benua-benua yang kita kenal sekarang. Setiap benua memiliki ciri khas geografisnya sendiri. Misalnya, Benua Asia terkenal dengan Himalaya sebagai rangkaian pegunungan tertinggi di dunia, Benua Afrika memiliki Gurun Sahara yang luas, dan Benua Amerika Utara terdiri dari pegunungan Rocky dan Great Plains yang luas.

Tidak hanya itu, setiap benua juga memiliki luas wilayah yang berbeda – beda. Nah jika Anda belum mengetahui apa saja tujuh benua yang ada di Dunia. Berikut ini merupakan informasi selengkapnya beserta urutan benua dari yang paling besar hingga yang paling kecil.

Ringkasan

  • Benua yang terbesar yaitu benua Asia dengan luas wilayah sekitar 44,58 juta kilometer persegi.
  • Benua yang terkecil yaitu benua Australia dengan luas wilayah sekitar 7,7 juta kilometer persegi.
  • Benua terbesar ketiga yaitu benua Amerika Utara dengan luas wilayah sekitar 24 juta kilometer persegi.
  • Benua Antartika menjadi benua terbesar urutan kelima dengan luas wilayah sekitar 14 juta kilometer persegi.

Lihat Juga : 46 Alat Musik Tradisional Indonesia

Urutan Benua Dari yang Terbesar Hingga Terkecil

Berikut adalah urutan benua dari yang terbesar hingga yang terkecil berdasarkan luas wilayah yang dapat Anda ketahui, antara lain yaitu:

1. Benua Asia

Benua Asia
Sumber Gambar : examples.yourdictionary.com

Benua Asia adalah benua terbesar di dunia dalam hal luas wilayah dan populasi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan luas wilayah yang dimiliki yaitu sekitar 44.58 juta kilometer persegi, menjadikannya benua terbesar di dunia. Wilayahnya membentang dari Samudra Pasifik di sebelah timur hingga Laut Mediterania di sebelah barat.

Benua Asia juga memiliki populasi terbesar di dunia, dengan lebih dari 4.6 miliar penduduk. Negara dengan populasi terbesar di Asia antara lain Tiongkok dan India. Asia terdiri dari berbagai negara, termasuk Tiongkok, India, Indonesia, Jepang, Rusia, Korea Selatan, Thailand, Pakistan, Vietnam, dan banyak lagi. Totalnya terdapat lebih dari 50 negara di Benua Asia.

Benua Asia juga memiliki pegunungan tinggi seperti Himalaya dan Pamir, hutan hujan tropis di Asia Tenggara, gurun luas seperti Gobi dan Thar, hingga dataran subur seperti Lembah Sungai Gangga dan Sungai Huang He.

Selain itu, benua Asia juga memiliki beraneka ragam budaya, bahasa, dan agama. Terdapat berbagai agama yang dianut di Asia, termasuk agama Hindu, Buddha, Islam, Kristen, dan Taoisme, di antara lainnya. Benua Asia memiliki peran yang signifikan dalam sejarah, ekonomi, dan politik global. Keberagaman geografis, budaya, dan sejarahnya membuat Asia menjadi benua yang menarik dan penting dalam konteks global.

2. Benua Afrika

Benua Afrika
Sumber Gambar : youtube.com

Benua Afrika adalah benua terletak di antara Samudra Atlantik di barat, Samudra Hindia di timur, Laut Tengah di utara, dan Samudra Selatan di selatan. Benua Afrika memiliki luas wilayah sekitar 30.37 juta kilometer persegi, menjadikannya benua terbesar kedua di dunia setelah Benua Asia. Afrika meliputi sekitar 20% dari total luas daratan di Bumi.

Afrika terdiri dari 54 negara merdeka. Beberapa negara yang terkenal di Afrika antara lain Mesir, Nigeria, Afrika Selatan, Ethiopia, Kenya, Maroko, Ghana, dan Kongo. Setiap negara memiliki kebudayaan, bahasa, dan kekayaan alam yang unik.

Afrika memiliki beragam lanskap dan karakteristik geografis. Terdapat gurun terbesar di dunia, Gurun Sahara, yang membentang di sebagian besar Afrika Utara. Afrika juga memiliki pegunungan seperti Pegunungan Atlas, Pegunungan Ruwenzori, dan Pegunungan Kilimanjaro. Terdapat juga danau-laut terbesar di dunia, seperti Danau Victoria, Danau Tanganyika, dan Danau Malawi.

Selain itu, Afrika juga memiliki kekayaan hayati yang luar biasa. Benua ini memiliki sejumlah besar spesies hewan dan tumbuhan endemik yang unik, termasuk gajah Afrika, singa, jerapah, kuda nil, zebra, gorila gunung, serta berbagai spesies burung dan reptil. Hutan hujan Kongo di Afrika Tengah merupakan salah satu daerah dengan keanekaragaman hayati terbesar di dunia.

Sedangkan untuk keanekaragaman budaya, Benua ini memiliki ribuan kelompok etnis dengan bahasa, adat istiadat, dan tradisi yang berbeda. Musik, tari, seni, dan kerajinan tangan juga merupakan bagian integral dari budaya Afrika.

3. Benua Amerika Utara

Benua Amerika Utara
Sumber Gambar : examples.yourdictionary.com

Benua Amerika terdiri dari dua sub benua utama, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Amerika Utara adalah yang terbesar ketiga dengan luas sekitar 24.709.000 kilometer persegi. Beberapa negara yang termasuk dalam Amerika Utara antara lain Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, dan sejumlah negara kepulauan di Karibia. Amerika Utara terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Pegunungan Rocky, Danau Besar, dan Taman Nasional Yellowstone. Juga terdapat kota-kota penting seperti New York, Los Angeles, dan Toronto.

Amerika Utara dikelilingi oleh Samudra Atlantik di sebelah timur, Samudra Pasifik di sebelah barat, dan Samudra Arktik di sebelah utara. Bagian tengahnya didominasi oleh dataran tinggi dan pegunungan, seperti Pegunungan Rocky yang terkenal. Ada juga dataran luas, seperti Great Plains, yang merupakan salah satu daerah pertanian terbesar di dunia.

Salah satu fitur geografis yang paling menonjol di Amerika Utara adalah Great Lakes (Danau Besar), yaitu rangkaian lima danau air tawar terbesar di dunia yang terletak di perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada. Selain itu, Amerika Utara juga memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, termasuk hutan-hutan belantara, padang rumput, dan ekosistem pesisir yang kaya akan kehidupan laut.

Amerika Utara memiliki sejarah, kebudayaan, dan keanekaragaman suku bangsa yang kaya. Negara-negara di benua ini memiliki perekonomian yang maju dan memainkan peran penting dalam politik global, serta memiliki pengaruh yang signifikan dalam bidang teknologi, industri, dan budaya.

Benua Amerika juga memiliki keanekaragaman budaya yang kaya. Terdapat beragam suku, bahasa, dan warisan budaya pribumi yang berbeda di seluruh benua ini. Budaya Eropa juga berpengaruh di banyak negara di Amerika Utara dan Amerika Selatan karena kolonisasi sejarah oleh negara-negara Eropa.

Lihat Juga : 50 Nama Tarian Daerah di Indonesia

4. Benua Amerika Selatan

Benua Amerika Selatan
Sumber Gambar : aa.com.tr

Amerika Selatan adalah yang terbesar keempat dengan luas sekitar 17.840.000 kilometer persegi. Negara-negara yang termasuk dalam Amerika Selatan meliputi Brasil, Argentina, Kolombia, Peru, dan Chile, di antara lainnya. Amerika Selatan memiliki perbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelah timur dan Samudra Pasifik di sebelah barat. Di antara kedua subbenua ini terdapat Kanal Panama, yang menghubungkan Samudra Atlantik dan Pasifik.

Amerika Selatan memiliki ciri khas geografis yang mencolok. Benua ini didominasi oleh rangkaian pegunungan Andes, yang merupakan rangkaian pegunungan terpanjang di dunia. Pegunungan ini membentang sepanjang pesisir barat benua, membentuk lanskap yang spektakuler dan memiliki puncak-puncak gunung yang menjulang tinggi.

Selain Andes, Amerika Selatan juga memiliki hutan hujan Amazon yang luas, yang dikenal sebagai hutan hujan terbesar di dunia. Hutan hujan Amazon memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi dan dihuni oleh berbagai spesies tumbuhan dan hewan yang unik. Di Amerika Selatan juga terdapat wilayah pampas yang luas, yang merupakan padang rumput yang subur dan menjadi tempat pemeliharaan peternakan dan pertanian yang penting. Ada juga dataran tinggi seperti Altiplano yang terletak di ketinggian tinggi di pegunungan Andes.

Benua Amerika Selatan juga memiliki sejarah dan kebudayaan yang kaya. Berbagai peradaban kuno seperti Inca, Maya, dan Aztec berkembang di wilayah ini, dan peninggalan mereka masih dapat ditemukan dalam bentuk situs arkeologi yang menarik.

Negara-negara di Amerika Selatan memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, dan adat istiadat. Musik dan tarian tradisional, seperti samba, tango, dan capoeira, merupakan bagian penting dari warisan budaya Amerika Selatan.

5. Benua Antartika

Benua Antartika
Sumber Gambar : britannica.com

Benua Antartika adalah benua terdingin, terkering, dan terpencil di dunia. Benua ini memiliki luas wilayah sekitar 14 juta kilometer persegi. Luasnya menjadikannya benua terbesar kelima di dunia setelah Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Afrika.

Antartika adalah lingkungan yang keras dan ekstrem. Sebagian besar wilayahnya tertutup oleh es, termasuk es padat yang membentuk lapisan es kontinental yang sangat tebal. Di Antartika juga terdapat Pegunungan Transantarctic, yang membagi benua menjadi bagian timur dan barat.

Antartika memiliki iklim kutub yang ekstrem. Suhu rata-rata di Antartika selama musim panas (Desember hingga Februari) berada di sekitar -10 hingga -30 derajat Celsius. Pada musim dingin, suhu bisa turun hingga -60 derajat Celsius atau bahkan lebih rendah. Hujan sangat jarang terjadi, dan sebagian besar presipitasi berupa salju. Karena kondisi iklim yang keras, flora dan fauna di Antartika sangat terbatas. Tumbuhan yang tumbuh di sana mayoritas adalah lumut, alga, dan beberapa jenis tumbuhan kecil yang disebut tumbuhan Antarctic. Hewan-hewan yang hidup di Antartika antara lain penguin, anjing laut, anjing laut Weddell, paus pembunuh, dan burung-burung laut.

Benua Antartika diatur oleh Perjanjian Antartika, yang menetapkan bahwa benua ini akan digunakan untuk tujuan damai, ilmiah, dan lingkungan. Perjanjian ini juga melarang kegiatan penambangan dan klaim kedaulatan wilayah oleh negara-negara. Meskipun tidak memiliki penduduk tetap, Antartika tetap menjadi tempat penelitian ilmiah yang penting dan menjaga keanekaragaman alam yang unik.

6. Benua Eropa

Benua Eropa
Sumber Gambar : britannica.com

Benua Eropa adalah salah satu dari enam benua di dunia. Benua ini memiliki luas wilayah sekitar 10.18 juta kilometer persegi, menjadikannya benua terkecil kedua setelah Australia. Meskipun memiliki luas wilayah yang relatif kecil, Eropa memiliki kepadatan penduduk yang tinggi dan merupakan salah satu wilayah yang paling terurbanisasi di dunia.

Eropa terdiri dari 50 negara berdaulat. Beberapa negara yang terkenal di Eropa antara lain Rusia, Jerman, Prancis, Inggris, Italia, Spanyol, Belanda, Polandia, dan Yunani. Setiap negara memiliki budaya, bahasa, dan sistem pemerintahan yang unik.

Eropa memiliki beragam karakteristik geografis. Terdapat pegunungan seperti Pegunungan Alpen, Karpatia, dan Pyrenees. Eropa juga dikelilingi oleh banyak laut dan samudra, termasuk Laut Tengah, Laut Utara, Laut Baltik, dan Samudra Atlantik. Juga terdapat sungai-sungai terkenal seperti Sungai Rhine, Sungai Danube, dan Sungai Thames.

Eropa kaya akan keanekaragaman budaya. Benua ini memiliki sejarah panjang dalam seni, musik, sastra, arsitektur, dan filsafat. Budaya Eropa juga dipengaruhi oleh agama-agama seperti Kekristenan, Katolik Roma, Protestanisme, Ortodoks, dan Islam.

Sebagian besar negara di Eropa tergabung dalam Uni Eropa (UE), sebuah organisasi politik dan ekonomi yang bertujuan mempromosikan kerjasama antara negara-negara anggotanya. UE didirikan pada tahun 1993 dan telah berkembang menjadi entitas yang lebih besar dengan tujuan ekonomi, politik, dan sosial yang meluas.

7. Benua Australia

Benua Australia
Sumber Gambar : britannica.com

Benua Australia adalah satu-satunya benua yang juga merupakan sebuah negara. Benua ini memiliki luas wilayah sekitar 7.7 juta kilometer persegi, menjadikannya benua terbesar keenam di dunia. Benua ini terletak di belahan selatan Bumi.

Negara yang terletak di Benua Australia adalah Australia, yang juga menjadi negara dengan nama yang sama. Australia terdiri dari enam negara bagian yaitu New South Wales, Queensland, South Australia, Tasmania, Victoria, dan Western Australia, serta dua wilayah yaitu Australian Capital Territory dan Northern Territory.

Australia terkenal dengan karakteristik geografisnya yang unik. Benua ini terdiri dari dataran tinggi, padang rumput, gurun, dan pegunungan seperti Pegunungan Great Dividing Range dan Pegunungan Flinders. Australia juga dikelilingi oleh laut di semua sisinya, termasuk Laut Timor, Laut Arafura, Laut Tasman, dan Samudra Hindia.

Selain itu, Australia memiliki flora dan fauna yang sangat khas. Keanekaragaman hayati di Australia termasuk spesies endemik yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Contohnya adalah kanguru, koala, wombat, dan kadal berduri. Australia juga memiliki hutan hujan tropis, sabana, dan gurun yang unik.

Meskipun luas wilayahnya sangat besar, populasi penduduk Australia relatif kecil. Populasi terbesar terkonsentrasi di kota-kota besar seperti Sydney, Melbourne, Brisbane, Perth, dan Adelaide. Sebagian besar wilayah dalam negeri Australia tetap tidak berpenghuni.

Australia juga memiliki budaya yang beragam, yang mencerminkan pengaruh dari berbagai kelompok etnis dan warisan budaya. Australia memiliki warisan budaya Aborigin yang kaya, serta budaya migran dari berbagai belahan dunia seperti Britania Raya, Asia, Eropa, dan Pasifik. Olahraga seperti sepak bola Australia, kriket, dan rugby populer di Australia.

Lihat Juga : 30 Lagu Nasional Indonesia

Penutup

Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, dapat Anda ketahui bahwa di dunia terdapat tujuh macam benua yang memiliki kondisi alam, geografis, dan kebudayaan yang berbeda – beda. Tujuan benua tersebut juga memiliki luas wilayah yang berbeda. Dan urutan benua dari yang terbesar hingga yang terkecil yaitu benua Asia, benua Afrika, benua Amerika Utara, benua Amerika Selatan, benua Antartika, benua Eropa, dan yang terakhir yaitu benua Australia.

Mengapa benua Amerika disebut sebagai benua merah?

Karena benua Amerika di dalamnya terdapat suku bangsa Indian yang suka melumuri kulit mereka dengan warna merah.

Mengapa benua Eropa dijuluki sebagai benua biru?

Karena mayoritas penduduk di benua Eropa memiliki bola mata berwarna biru.

Mengapa benua Afrika dijuluki sebagai benua hitam?

Karena mayoritas penduduk di benua Afrika memiliki kulit yang berwarna hitam.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi HP OPPO Bootloop

    Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi HP OPPO yang bootloop, stuck di logo!
  2. 15 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Minimize di Windows 11, 10, 8, 7

    Coba restart Windows Explorer dan menonaktifkan opsi "Tablet mode" untuk mengatasi aplikasi tidak bisa di minimize
  3. 10 Cara Mengatasi Tombol Power HP Rusak

    Simak beberapa tips memperbaiki tombol power HP yang rusak berikut ini!