Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional Lengkap dengan Aturannya

Ketahui ukuran lapangan futsal lengap beserta aturannya berikut ini!

Futsal adalah suatu olahraga yang dimainkan di dalam ruangan dengan menggunakan bola yang lebih kecil dibandingkan bola sepak tradisional. Permainan ini mirip dengan sepak bola, tetapi lapangan futsal lebih kecil dan pemain hanya berjumlah lima orang untuk setiap tim, termasuk penjaga gawang. Futsal diciptakan pada tahun 1930-an di Uruguay dan sejak itu menjadi populer di banyak negara di seluruh dunia. Futsal kini juga telah menjadi olahraga yang populer di kalangan anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Beberapa perbedaan utama antara futsal dan sepak bola adalah ukuran lapangan yang lebih kecil, jumlah pemain yang lebih sedikit, durasi permainan yang lebih singkat, serta aturan-aturan khusus seperti pemain bebas atau tendangan langsung dari tendangan bebas. Nah jika Anda penasaran dengan bentuk dan ukuran lapangan futsal yang sudah ditentukan oleh standar nasional maupun internasional, berikut ini merupakan informasi selengkapnya yang dapat Anda simak. 

Ringkasan

  • Lapangan futsal memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepakbola.
  • Panjang lapangan futsal menurut standar nasional yaitu 25-42 m, dan lebar 15-25 m.
  • Sedangkan panjang lapangan futsal menurut standar internasional yaitu 38-42 m, dan lebar 18-25 m.
  • Beberapa bagian seperti area penalti, tendangan sudut, dan lingkaran tengah lapangan futsal memiliki ukuran yang sama baik standar nasional maupun internasional.

Lihat Juga : 46 Alat Musik Tradisional Indonesia

Bentuk dan Ukuran Lapangan Futsal

Bentuk dan ukuran lapangan futsal tentu berbeda dengan lapangan sepak bola. Dan bagi Anda yang ingin mengetahui berapa ukuran lapangan futsal menurut standar nasional dan internasional, berikut ini merupakan informasi selengkapnya yang dapat Anda simak. 

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Ukuran Lapangan Futsal Nasional
  • Panjang: Minimum 25 meter (27,3 yard) hingga maksimum 42 meter (45,9 yard)
  • Lebar: Minimum 15 meter (16,4 yard) hingga maksimum 25 meter (27,3 yard)
  • Jari – jari dari lingkaran yang berada di tengah lapangan:  3 meter 
  • Tinggi gawang:  2 meter
  • Lebar gawang: 3 meter
  • Garis batas: Garis batas harus memiliki lebar maksimum 8 cm (3,15 inci) dan berwarna kontras dengan lantai lapangan.
  • Garis gawang: Garis gawang memiliki lebar maksimum 8 cm (3,15 inci) dan harus berwarna kontras dengan lantai lapangan.
  • Daerah penalti: Daerah penalti berada di sekitar gawang dan memiliki panjang 6 meter (6,6 yard) dari garis gawang dan lebar 3 meter (3,3 yard) dari garis tengah gawang.
  • Titik penalti pertama: Titik penalti berada di tengah garis penalti, berjarak 6 meter (6,6 yard) dari garis gawang.
  • Titik Penalti kedua: Titik penalti berada di tengah garis penalti, berjarak 12 meter (13,1 yard) dari garis gawang.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

Ukuran Lapangan Futsal Internasional
  • Panjang: Minimum 38 meter (41,3 yard) hingga maksimum 42 meter (45,9 yard)
  • Lebar: Minimum 18 meter (19,7 yard) hingga maksimum 25 meter (27,3 yard)
  • Jari – jari dari lingkaran yang berada di tengah lapangan:  3 meter 
  • Tinggi gawang:  2 meter
  • Lebar gawang: 3 meter
  • Garis batas: Garis batas harus memiliki lebar maksimum 8 cm (3,15 inci) dan berwarna kontras dengan lantai lapangan.
  • Garis gawang: Garis gawang memiliki lebar maksimum 8 cm (3,15 inci) dan harus berwarna kontras dengan lantai lapangan.
  • Daerah penalti: Daerah penalti berada di sekitar gawang dan memiliki panjang 6 meter (6,6 yard) dari garis gawang dan lebar 3 meter (3,3 yard) dari garis tengah gawang.
  • Titik penalti pertama: Titik penalti berada di tengah garis penalti, berjarak 6 meter (6,6 yard) dari garis gawang.
  • Titik Penalti kedua: Titik penalti berada di tengah garis penalti, berjarak 12 meter (13,1 yard) dari garis gawang.

Ukuran lapangan futsal yang disebutkan di atas merupakan standar internasional yang digunakan dalam kompetisi dan turnamen futsal di seluruh dunia, termasuk di tingkat klub dan tim nasional.

Lihat Juga : 100 Macam – Macam Keragaman Budaya Indonesia

Bagian – Bagian Lapangan Futsal

Bagian Lapangan Futsal
Sumber Gambar : unsplash.com

Lapangan futsal juga memiliki beberapa bagian yang penting. Berikut adalah penjelasan mengenai bagian-bagian utama dalam lapangan futsal yang dapat Anda ketahui antara lain yaitu:

1. Lapangan

Lapangan futsal memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepak bola tradisional. Secara internasional, ukuran panjang lapangan futsal biasanya antara 38-42 meter dan lebar sekitar 18-25 meter.

2. Garis Tepi

Garis tepi adalah garis yang membatasi lapangan futsal di sisi-sisinya. Garis tepi menentukan batas permainan dan digunakan untuk menghitung apakah bola keluar dari lapangan atau tidak. Garis tepi lapangan futsal biasanya terdiri dari garis tepi sisi panjang dan garis tepi sisi pendek. Lapangan futsal memiliki ukuran yang lebih kecil daripada lapangan sepak bola konvensional. Berikut adalah deskripsi garis tepi lapangan futsal secara umum:

  • Garis Tepi Sisi Panjang: Garis ini membentang sepanjang kedua sisi panjang lapangan. Garis ini membatasi area bermain dan menentukan batas lapangan. Lapangan futsal memiliki ukuran standar dengan panjang sekitar 38-42 meter.
  • Garis Tepi Sisi Pendek: Garis ini membentang sepanjang kedua sisi pendek lapangan. Garis ini juga membatasi area bermain dan menentukan batas lapangan. Lapangan futsal memiliki lebar sekitar 20-25 meter.

Perlu dicatat bahwa dimensi dan penempatan garis tepi lapangan futsal dapat sedikit berbeda tergantung pada regulasi atau aturan yang berlaku di suatu negara atau kompetisi. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa peraturan setempat ketika bermain atau mengorganisir pertandingan futsal.

3. Garis Gawang

Garis ini membentuk persegi panjang pada setiap ujung lapangan. Garis gawang menandai area gawang dan digunakan untuk menentukan apakah suatu gol tercipta atau tidak. Garis gawang pada lapangan futsal biasanya terletak di kedua ujung lapangan dan digunakan untuk menandai area gawang. Berikut adalah deskripsi umum mengenai garis gawang pada lapangan futsal:

  • Tiang Gawang: Lapangan futsal memiliki dua tiang gawang yang terletak di ujung lapangan. Tiang gawang biasanya terbuat dari bahan yang kokoh seperti logam atau fiberglass. Tiang gawang memiliki tinggi sekitar 2 meter.
  • Lintasan Tiang Gawang: Lintasan tiang gawang adalah garis yang menghubungkan kedua tiang gawang di bagian atasnya. Lintasan ini biasanya terbuat dari bahan yang kontras dengan warna lapangan untuk memudahkan penglihatan.
  • Palang Gawang: Palang gawang berada di bagian atas tiang gawang dan menghubungkan kedua tiang gawang. Palang ini biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan dilengkapi dengan jaring di bawahnya.
  • Jaring Gawang: Jaring gawang dipasang di bagian belakang palang gawang dan membentang ke bawah hingga ke tanah. Jaring ini berfungsi untuk menangkap bola yang masuk ke dalam gawang dan membantu menentukan apakah gol tercipta atau tidak.

Ukuran garis gawang pada lapangan futsal dapat bervariasi tergantung pada peraturan dan standar yang berlaku di suatu negara atau kompetisi. Namun secara umum, lebar garis gawang pada lapangan futsal adalah sekitar 3-3,5 meter.

4. Area Penalti

Area penalti dalam futsal terletak di depan gawang di kedua ujung lapangan. Area penalti berbentuk persegi panjang dan memiliki garis yang membentuk busur di depannya. Pemain bertahan harus berada di luar area penalti saat melakukan tendangan bebas atau tendangan sudut. Berikut adalah deskripsi umum mengenai area penalti pada lapangan futsal:

  • Garis Penalti: Garis penalti pada lapangan futsal terletak di depan gawang dan sejajar dengan garis gawang. Garis ini berbentuk setengah lingkaran dengan radius sekitar 6 meter dari titik tengah garis gawang. Garis penalti digunakan sebagai titik dari mana tendangan penalti dilakukan.
  • Area Penalti: Area penalti pada lapangan futsal adalah area di dalam garis penalti. Area ini membentuk setengah lingkaran dengan radius 6 meter dari titik tengah garis gawang dan garis penalti. Area ini mencakup bagian lapangan di depan gawang di kedua sisi lapangan.
  • Titik Penalti: Titik penalti dalam futsal terletak di tengah garis penalti. Ini adalah tempat di mana tendangan penalti diberikan jika terjadi pelanggaran di dalam area penalti.

Dalam aturan futsal, tendangan penalti dilakukan dari titik penalti di garis penalti, dan pemain yang melakukan tendangan harus berada di luar area penalti hingga bola keluar dari tendangan tersebut.

Namun, perlu diperhatikan bahwa bentuk dan ukuran area penalti pada lapangan futsal dapat sedikit bervariasi tergantung pada peraturan dan regulasi yang berlaku di suatu negara atau kompetisi tertentu. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengacu pada aturan setempat untuk mengetahui secara pasti ukuran dan batasan area penalti dalam permainan futsal.

5. Garis Tengah

Garis tengah terletak di tengah lapangan dan membagi lapangan futsal menjadi dua bagian yang sama. Garis ini berfungsi sebagai titik tengah lapangan futsal dan digunakan pada saat kick-off untuk memulai pertandingan.

Berikut adalah deskripsi umum mengenai garis tengah lapangan futsal:

  • Letak Garis Tengah: Garis tengah terletak di tengah-tengah lapangan futsal, membagi lapangan menjadi dua bagian yang sama besar.
  • Panjang Garis Tengah: Panjang garis tengah biasanya sama dengan panjang lapangan futsal, yaitu sekitar 38-42 meter.

Pada saat kick-off, bola biasanya ditempatkan di tengah garis tengah. Setelah wasit memberikan aba-aba, pemain yang melakukan kick-off harus menyentuh bola sehingga bola bergerak maju melintasi garis tengah dan pertandingan dimulai.

6. Zona Pergantian Pemain

Dalam peraturan futsal, terdapat zona pergantian pemain yang disebut sebagai “zona pergantian” atau “zona pemain pengganti”. Zona ini merupakan area di sisi lapangan futsal tempat pemain yang akan masuk atau keluar pertandingan dapat melakukan pergantian dengan pemain yang sedang berada di dalam lapangan. Berikut adalah informasi umum mengenai zona pergantian pemain futsal:

  • Letak Zona Pergantian: Zona pergantian biasanya terletak di sisi lapangan futsal di dekat garis tepi sisi panjang. Zona ini biasanya berada di antara garis tengah dan garis tepi sisi panjang.
  • Ukuran Zona Pergantian: Dimensi zona pergantian bervariasi tergantung pada aturan yang berlaku di setiap kompetisi atau tempat bermain. Secara umum, zona pergantian memiliki lebar sekitar 3-5 meter dari garis tepi sisi panjang dan panjang sekitar 5-10 meter dari garis tengah.
  • Penggunaan Zona Pergantian: Zona pergantian digunakan untuk melakukan pergantian pemain selama pertandingan. Ketika pemain ingin masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti, ia harus memasuki lapangan dari zona pergantian dan pemain yang digantikan harus keluar dari lapangan melalui zona yang sama.

Penting untuk dicatat bahwa aturan dan ukuran zona pergantian pemain dapat sedikit berbeda tergantung pada peraturan setempat atau kompetisi tertentu. Pastikan untuk mengacu pada aturan yang berlaku di tempat Anda bermain atau mengikuti pertandingan futsal untuk memahami persis bagaimana zona pergantian pemain diatur.

Itulah beberapa bagian utama dalam lapangan futsal. Setiap bagian memiliki peran penting dalam mengatur permainan dan memberikan batasan-batasan yang diperlukan.

Lihat Juga : 26 Daftar Suku Bangsa Indonesia

Aturan dan Ketentuan Bermain Futsal

Aturan dan Ketentuan Bermain Futsal
Sumber Gambar : fifa.com

Berikut adalah beberapa aturan dan ketentuan umum dalam bermain futsal:

1. Jumlah Pemain

 Setiap tim dalam futsal terdiri dari lima pemain, termasuk satu penjaga gawang. Biasanya, ada juga pemain cadangan yang dapat digunakan untuk pergantian selama pertandingan.

2. Durasi Pertandingan

Durasi pertandingan futsal standar adalah dua babak dengan masing-masing babak berlangsung selama 20 menit netto. Biasanya ada waktu istirahat singkat antara babak pertama dan kedua.

3. Tendangan Kick-off

Pertandingan dimulai dengan tendangan kick-off di tengah lapangan dari tim yang melakukan undian awal. Pemain harus menyentuh bola saat melakukan kick-off dan bola harus bergerak maju melintasi garis tengah sebelum bola dapat dimainkan oleh pemain lain.

4. Bola dalam Permainan

Jika bola keluar dari lapangan, pertandingan dilanjutkan dengan melakukan “lemparan dalam” atau “tendangan sudut”, tergantung pada tim mana yang terakhir menyentuh bola sebelum keluar.

5. Pergantian Pemain

Pergantian pemain dalam futsal dapat dilakukan secara bebas, dengan pemain yang ingin masuk harus memasuki lapangan dari zona pergantian dan pemain yang digantikan harus keluar melalui zona yang sama. Pergantian pemain harus dilakukan ketika bola tidak dalam permainan dan dengan izin wasit.

6. Pelanggaran dan Kartu

Futsal memiliki berbagai pelanggaran seperti pelanggaran fisik, pelanggaran teknis, dan pelanggaran terhadap penjaga gawang. Wasit dapat memberikan kartu kuning atau kartu merah kepada pemain yang melanggar aturan dengan serius.

7. Tendangan Bebas dan Tendangan Penalti

Tendangan bebas langsung dan tendangan penalti diberikan sebagai hukuman atas pelanggaran tertentu. Dalam tendangan bebas langsung, pemain dapat mencetak gol langsung, sedangkan dalam tendangan penalti, pemain hanya memiliki satu kesempatan untuk mencetak gol melawan penjaga gawang dari titik penalti.

Peraturan dan ketentuan dalam futsal dapat sedikit berbeda tergantung pada federasi atau asosiasi sepak bola setempat. Penting untuk selalu mengacu pada aturan yang berlaku dalam kompetisi atau tempat Anda bermain futsal untuk memahami dengan pasti ketentuan yang berlaku dalam situasi tertentu.

Lihat Juga : 30 Lagu Nasional Indonesia

Jenis – Jenis Lapangan Futsal

Jenis - Jenis Lapangan Futsal
Sumber Gambar : pxfuel.com

Berikut adalah beberapa jenis lapangan futsal yang umum ditemui:

1. Lapangan Futsal Standar

Lapangan futsal standar memiliki ukuran yang telah ditetapkan oleh Federasi Futsal Dunia (FIFA). Panjang lapangan berkisar antara 38-42 meter, dan lebar lapangan berkisar antara 18-25 meter.

2. Lapangan Futsal Portabel

Lapangan futsal portabel adalah jenis lapangan yang dapat dipasang dan dipindahkan dengan mudah. Biasanya terdiri dari panel atau papan lantai yang dirakit bersama untuk membentuk lapangan. Lapangan futsal portabel sering digunakan dalam turnamen atau acara-acara yang sifatnya sementara.

3. Lapangan Futsal dalam Ruangan

Lapangan futsal dalam ruangan terletak di dalam bangunan atau fasilitas tertutup seperti gedung olahraga atau arena indoor. Biasanya, lapangan ini memiliki permukaan yang lebih halus dan menggunakan bola futsal khusus untuk mengurangi pantulan bola yang tinggi.

4. Lapangan Futsal Luar Ruangan

Lapangan futsal luar ruangan terletak di luar ruangan atau area terbuka. Lapangan ini biasanya menggunakan permukaan yang lebih keras seperti beton atau aspal. Lapangan futsal luar ruangan sering ditemui di taman, lapangan umum, atau fasilitas rekreasi luar ruangan.

5. Lapangan Futsal dengan Rumput Sintetis

Beberapa lapangan futsal dapat menggunakan rumput sintetis sebagai permukaan lapangan. Rumput sintetis ini dirancang khusus untuk futsal dan memberikan sedikit lebih banyak peredam terhadap benturan dan pergerakan bola.

Perlu dicatat bahwa dimensi dan jenis lapangan futsal dapat bervariasi tergantung pada lokasi, aturan setempat, dan preferensi pengguna. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengacu pada peraturan yang berlaku di tempat Anda bermain futsal untuk mengetahui jenis dan ukuran lapangan yang spesifik.

Lihat Juga : Contoh Yel-Yel Pramuka Singkat

Penutup

Setelah menyimak beberapa informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa bentuk dan ukuran lapangan futsal berbeda dengan lapangan sepakbola. Lapangan futsal memiliki bentuk dan ukuran lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepakbola. Standar internasional ukuran lapangan futsal untuk panjang dan lebar lapangan juga berbeda dengan standar nasional yang telah ditetapkan di Indonesia. Namun untuk beberapa bagian seperti area penalti, tendangan sudut, dan lingkaran tengah memiliki ukuran yang sama.

Berapa ukuran bola futsal?

Bola futsal memiliki spesifikasi ukuran sebesar 62-64 cm dan berat 0,4 – 0,44 kg.

Bola futsal pada umumnya terbuat dari bahan apa?

Bola futsal pada umumnya terbuat dari bahan karet, polyurethane, dan polyvinyl chloride.

Mengapa ukuran bola futsal lebih berat dibandingkan dengan sepakbola?

Ukuran bola futsal lebih berat karena ukuran lapangan futsal lebih kecil dibandingkan dengan sepak bola, permukaan lapangan juga berbeda, serta gaya permainannya juga berbeda.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Membuka File PDF di HP Android

    Berikut beberapa cara membuka file PDF di HP Android yang dapat Anda simak dan coba ikuti!
  2. Ukuran ID Card dan Name Tag Sesuai Standar Indonesia dan Internasional, Terbaru!

    Ketahui ukuran ID Card dan Name Tag standar Indonesia dan Internasional melalui ulasan berikut ini!
  3. 33 Font Tegak Bersambung Keren, Aesthetic, dan Gratis!

    Berikut kumpulan font tegak bersambung aesthetic yang bisa Anda unduh dan install di PC / laptop…