21 Quotes Tim Cook, Sang CEO Apple Inc.

Timothy Donald Cook atau dikenal dengan Tim Cook adalah seorang chief executive officer (CEO) di perusahaan multimedia Apple Inc. Pria kelahiran 1 November 1960 di Robertsdale, Alabama Amerika Seriakat ini memiliki tugas besar untuk mengelola operasi harian perusahaan Apple.

Diketahui sendiri jika menyebut nama Apple pasti nama Steve Jobs lah yang lebih populer di dalamnya karena melihat kilas balik kesuksessannya dalam membangun Apple. Tim Cook adalah rekan dari sosok hebat Steve Jobs penemu sekaligus pendiri Apple.

Sepeninggal Steve Jobs, kini perusahaan Apple berdiri dibawah pimpinan Tim Cook yang merupakan CEO baru Apple. Cook memiliki gelar sarjana teknik industri dari Auburn University. Cook merupakan mahasiswa berprestasi yang dianugerahi gelar “Fuqua Scholar”, ia juga mendapatkan gelar MBA dari Duke of Fuqua School of Business di Duke University.

Mulai Karir dalam Bidang Komputer

Setelah lulus, Tim Cook memulai karir di bidang komputer dan bertanggung jawab untuk mengelola manufaktur serta distribusi di perusahaan komputer pribadi IBM Amerika Utara dan Amerika Latin selama lebih 12 tahun.

Hingga di tahun 1944, Tim Cook bergabung dengan suatu Intelegent Electronics sebagai COO. Tidak berhenti disana selama 6 bulan lamanya Cook bergabung di Compaq Computer Corporation sebagai Vice President of Corporate Materials.

Quotes Inspiratif Tim Cook
image source : geekwire.com

Awal mula berkarir di Apple, karena Cook memutuskan untuk keluar dari Compaq. Ia memulai karirnya di Appe sejak 1998 sebelum Apple mengembangkan produknya seperti iMac, iPod, iPhone, atau iPad. Sama seperti di Compaq, Cook memegang jabatan Vice President.

Akhirnya Apple terbantu dan bangkit dalam segi financial, dan Cook berhasil meraih promosi jabatan menjadi Executive Vice President and Chief Operating Officer, untuk mmbantu mengelola tanggung jawab dalam penjualan dan Apple expansion project di seluruh dunia.

Lihat Juga : 35 Quotes Jack Dorsey, Co-Founder & CEO Twitter

Jobs mengundurkan dan diganti Tim Cook

Perusahaan Apple semakin mengalami peningkatan dalam financial saat dipandu oleh Tim Cook. Pada tahun 2011, Pendiri Apple ‘Steve Jobs’ berhenti dan mengundurkan diri sebagai CEO, karena menderita penyakit kanker pankreas.

Kepemimpinan Apple saat itu langsung diserahkan kepada Tim Cook Direktur Operasional. Akhirnya Tim Cook menjadi CEO Apple baru dan menduduki dewan direksi Apple.

Kepemimpinan Apple dibawah Tim Cook mampu mempertahankan dominasi di bidang teknologi. Kerja kerasnya di tahun 2014 Apple berhasil mengakusisi Beats Music and Beats Electronics senilai US$ 3 miliar. Tim Cook juga mengembangkan Apple untuk merilis sistem operasi desktop maupun mobile.

Hingga munculah iPhone 6 yang memiliki fitur baru “Apple Pay” dan ”Burst Selfies” yang meluncur di tahun 2014. Kemudian di tahun 2015, Apple menerbitkan produk baru yaitu “Apple Watch” yang dikenal bisa mendeteksi kebugaran dan kesehatan manusia. Luncuran terbaru di tahun 2017 yaitu iPhone X dengan fitur pengenal wajah dari Apple.

Tim Cook Berhasil Membuat Apple sukses

Melihat prospek Apple dibawah kepemimpinan Tim Cook terus berkembang, tentu Tim Cook dinobatkan sebagai orang paling terkenal di dunia dari majalah Forbes tahun 2011 lalu. Perjuangan Steve Jobs juga sangat hebat dan berharga menyerahkan Apple kepada Tim Cook.

Simak beberapa quotes bijak dari seorang Tim Cook di bawah ini, pelajaran hebat dan suksesnya tentu wajib kita contoh…

“I hope people will remember me as a kind and polite man. And if they do, then that’s success.”

– Tim Cook

Artinya,

Saya berharap orang-orang mengingat saya sebagai pria yang baik dan sopan. Dan jika mereka melakukannya, maka itulah kesuksesan.

“You want to be a pebble in a pond that creates ripples for change.”

– Tim Cook

Artinya,

Anda ingin menjadi kerikil di kolam yang menciptakan riak untuk perubahan.

“When we launched the product, we were already working on the next one. And maybe even the next, next.”

– Tim Cook

Artinya,

Ketika kami meluncurkan produk, kami sudah mengerjakan yang berikutnya. Dan mungkin bahkan yang berikutnya, selanjutnya.

“You can focus on the obstacles, or you can focus on scaling the wall or redefining the problem.”

– Tim Cook

Artinya,

Anda bisa fokus pada hal-hal yang menjadi penghalang atau Anda bisa fokus pada penskalaan dinding atau mendefinisikan ulang masalah.

“We collectively, to get things done, work together as a team. Because work really happens horizontally in our company, not vertically. Product is horizontal. It takes hardware plus software plus services to make killer products.”

– Tim Cook

Artinya,

Kami secara kolektif, untuk menyelesaikan sesuatu, bekerja bersama sebagai satu tim. Karena pekerjaan benar-benar terjadi secara horizontal di perusahaan kami, tidak secara vertikal. Produk bersifat horizontal. Dibutuhkan perangkat keras plus perangkat lunak plus layanan untuk membuat produk pembunuh.

“Life is fragile. We are not guaranteed tomorrow, so give everything you have.”

– Tim Cook

Artinya,

Hidup itu rapuh. Kami tidak dijamin besok, jadi berikan semua yang Anda miliki.

Lihat Juga : 30 Quotes Mark Zuckerberg, Founder & CEO Facebook

“Let your joy in your journey – not in a distant destination.”

– Tim Cook

Artinya,

Biarkan sukacita Anda dalam perjalanan Anda – bukan dalam tujuan yang jauh.

“Our goal has never been to make the best. Always make the best.

– Tim Cook

Artinya,

Tujuan kami belum pernah untuk membuat yang terbaik. Selalu membuat yang terbaik.

“Think about what you like. I didn’t learn anything from the start: if I could come back, I would tell you younger that there is a big difference between loving work and loving work.”

– Tim Cook

Artinya,

Pikirkan tentang apa yang Anda sukai. Saya tidak belajar sesuatu sejak awal: jika saya dapat kembali, saya akan memberi tahu Anda yang lebih muda bahwa ada perbedaan besar antara mencintai bekerja dan mencintai pekerjaan.

“You have to find an intersection doing something you like and that, at the same time, in serving others. I would argue if you did not find that intersection, you would not be very happy.”

– Tim Cook

Artinya,

Anda harus menemukan persimpangan melakukan sesuatu yang Anda sukai dan itu, pada saat yang sama, dalam melayani orang lain. Saya berpendapat jika Anda tidak menemukan persimpangan itu, Anda tidak akan sangat bahagia.

“Confused companies, who think their goal is income or share price or something. You have to focus on the things that lead to it.”

– Tim Cook

Artinya,

Perusahaan yang bingung, yang berpikir tujuan mereka adalah pendapatan atau harga saham atau sesuatu. Anda harus fokus pada hal-hal yang mengarah pada itu.

“We did not make the first mp3, smartphone or tablet. But you can say we made the first modern mp3, smartphone and tablet. And I think now we made the first modern smartwatch.”

– Tim Cook

Artinya,

Kami tidak membuat mp3, ponsel pintar, atau tablet pertama. Namun Anda dapat mengatakan kami membuat mp3, ponsel cerdas, dan tablet modern pertama. Dan saya pikir sekarang kami membuat smartwatch modern pertama.

“When technological progress can rise so exponentially, I think there is a risk of losing the fact that technology must serve humanity, not vice versa.”

– Tim Cook

Artinya,

Ketika kemajuan teknologi bisa naik begitu eksponensial, saya pikir ada risiko kehilangan fakta bahwa teknologi harus melayani kemanusiaan, bukan sebaliknya.

Lihat Juga : 30 Quotes Larry Page, Seorang Pendiri Google

“This is Steve’s company. This is still Steve’s company. Born like that; still like that. And his passion, I think, will always be the DNA of this company.”

– Tim Cook

Artinya,

Ini adalah perusahaan Steve. Ini masih perusahaan Steve. Terlahir seperti itu; masih seperti itu. Dan semangatnya, saya pikir, akan selalu menjadi DNA perusahaan ini.

“Apple has a culture of excellence that in my opinion is very unique and special. I will not witness or allow that change.”

– Tim Cook

Artinya,

Apple memiliki budaya keunggulan yang menurut saya sangat unik dan istimewa. Saya tidak akan menyaksikan atau mengizinkan perubahan itu.

“What we have to do is ensure that we use AI in ways that benefit humanity, not harm humanity.”

– Tim Cook

Artinya,

Apa yang harus kita lakukan adalah memastikan bahwa kita menggunakan AI dengan cara yang bermanfaat bagi kemanusiaan, bukan merugikan kemanusiaan.

“I am who I am, and I focus on that, and become a great Apple CEO.”

– Tim Cook

Artinya,

Saya siapa saya, dan saya fokus pada itu, dan menjadi CEO Apple yang hebat.

“Apple doesn’t do hobbies as a general rule.”

– Tim Cook

Artinya,

Apple tidak melakukan hobi sebagai aturan umum.

“While infusing technology with humans, we try to make sure it is used for good and also try to predict some of the ways it can be used in a bad way and eliminate it.”

– Tim Cook

Artinya,

Sambil menanamkan teknologi dengan manusia, kami mencoba untuk memastikan itu digunakan untuk kebaikan dan juga mencoba untuk meramalkan beberapa cara itu dapat digunakan dengan cara yang buruk dan menghilangkannya.

Lihat Juga : 40 Quotes Bill Gates, Sang Pendiri Microsoft

“We see that in the top problems in the world between the rich and those who do not, in general we find that the main cause is education.”

– Tim Cook

Artinya,

Kita melihat bahwa dalam masalah teratas di dunia antara yang kaya dan yang tidak, pada umumnya kita menemukan bahwa penyebab utamanya adalah pendidikan.

“The rule is not where you want to live your life. The world needs you in the arena.”

– Tim Cook

Artinya,

Aturannya bukanlah di mana kamu ingin menjalani hidupmu. Dunia membutuhkanmu di arena.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.