14 Quotes Ciputra, Pengusaha Properti Sukses

Tjie Tjin Hoan atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama Dr. (H.C.) Ir. Ciputra. Beliau merupakan seorang insinyur dan juga pengusaha Indonesia. Beliau terkenal dengan sebutan pengusaha properti yang sukses.

Pria dengan nama Ciputra, lahir pada tanggal 24 Agustus 1931 di Parigi, Sulawesi Tengah dan meninggal pada tanggal 27 November 2019 yang lalu di Singapura.

Sekilas informasi mengenai Ciputra, yang telah mendirikan berbagai usaha properti. Yang diantaranya adalah Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Tidak hanya itu saja, beliau juga terjun di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra.

Perlu diketahui, Ir. Ciputra pernah menduduki peringkat ke 27 di daftar orang terkaya di Indonesia pada tahun 2011.

Namun apakah semudah itu Ciputra mendapatkan semuanya. Tentu tidak, bagaimanapun tidak ada hasil gemerlang jika tidak didampingi dengan semangat kerja keras.

Perjalanan Hidup Ciputra

Berbicara mengenai perjalanan hidup Cipitra yang mana seorang pengusaha properti sukses. Saat kecil beliau telah mengalami berbagai cobaan dalam hidup.

Pada saat itu ayahnya tertangkap dengan tuduhan sebagai mata-mata Belanda/Jepang oleh pasukan yang tidak dikenali identitasnya. Meskipun mendapat ujian yang terus berdatangan, beliau tidak menyerah sekalipun.

Dan hal tersebut dapat dibuktikan ketika beliau terus mencari ilmu dari mulai bangku SMP dan SMA di Manado, lalu dilanjutkan ke perguruan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung).

Meskipun sedang berkuliah, beliau bersama Budi dan Ismail Sofyan mendirikan sebuah usaha konsultan arsitektur bangunan di sebuah garasi. Setelah lulus kuliah dengan gelar Insinyur, beliau berpindah ke Jakarta dengan tujuan untuk memperdalam ilmu dan pengalaman.

Lihat Juga : 10 Qoutes William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia

Karir Ciputra

Setelah mendapatkan gelar Insinyur-nya di Institut Teknologi Bandung. Beliau mengawali karirnya di Jaya Group, yang mana perusahaan tersebut dimiliki oleh Pemda DKI.

Kata Bijak Ciputra
Image Source : portonews.com

Dan tidak tanggung-tanggung, beliau bekerja di Jaya Group sebagai direksi sampai dengan usia 65 tahun. Lalu menjadi penasihat perusahaan, setelah itu beliau juga berinovasi membangun sebuah proyek Ancol.

Bersama Sudono Salim, Soedwikatmono, Budi Brasali dan Ibrahim Risjad, Beliau mendirikan Metropolitan Group. Yang mana beliau beserta rekannya membangun sebuah perumahan mewah Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai.

Setelah menjabat sebagai presiden komisaris di kedua perusahaan (Jaya Group dan Metropolitan Group). Beliau juga mendirikan grup perusahaan keluarga, yang bernama Ciputra Group.

Lihat Juga : 36 Quotes Dahlan Iskan, Mantan Menteri BUMN

Quotes Kata Bijak Ciputra

Pria dengan nama Ciputra ini memanglah cocok sebagai panutan yang menginspirasi banyak orang. Bagaimana tidak, banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari perjuangan beliau.

Dan perlu anda ketahui, setiap orang sukses pasti mempunyai kegagalan. Bahkan seorang pengusaha properti yang sukses pun seperti Ciputra pernah mengalami kegagalan.

Namun, dengan kegigihan dan semangat juang beliau untuk tidak mudah putus asa ketika jatuh, beliau dapat bangkit dari kegagalan tersebut.

Berikut kata bijak dari Ciputra yang dapat anda jadikan referensi atau pun penyemangat untuk anda dalam mengahadapi sebuah masalah.

Saya hanya memiliki tenaga yang digerakkan oleh cita-cita dan mimpi.

– Ciputra

Bangsa yang maju adalah bangsa yang kreatif. 

– Ciputra

Berpikir dan bertindaklah kreatif dan memanfatkan kesempatan yang ada. 

– Ciputra

Pengusaha itu mengubah sampah menjadi emas. 

– Ciputra

Dalam bisnis properti, Anda harus menjadi pemasar yang tangguh. 

– Ciputra

Modal utama membangun sebuah properti bukan dana, tetapi otak. 

– Ciputra

Jangan pernah menyerah dan mengasihani diri sendiri. 

– Ciputra

Mampu bertahan dalam ketidakpastian adalah salah satu syarat berkecimpung dalam bisnis properti. 

– Ciputra

Lihat Juga : 50 Quotes Nikola Tesla, Penemu, Fisikawan Kelistrikan

Beranilah memulai usaha segera. Mendirikan bisnis pada saat kuliah adalah hal yang harus diapresiasi, karena tidak semua mahasiswa berani menjalankan bisnis pada saat kuliah. 

– Ciputra

Visi ada pada urutan pertama dan utama dalam bisnis properti. Karena visi adalah guidance (pedoman). 

– Ciputra

Saya selalu memilih investasi ketika bisnis properti baru mulai berkembang karena tingkat persaingan masih rendah dan nilai investasi masih minim. 

– Ciputra

Inovasi yang berkelanjutan adalah kunci keberhasilan pembangunan dan generasi muda adalah penggeraknya. Kewirausahaan dapat menjadi solusi persoalan sosial terkait korupsi dan pengangguran karena berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan. 

– Ciputra

Sepuluh doktrin dalam bisnis properti, yaitu lokasi dan akses, tema dan master plan, fasilitas, kualitas, lingkungan, layanan, gaya hidup, partisipasi, janji, dan pertambahan nilai. 

– Ciputra

Seorang entrepreneur adalah seseorang yang inovatif dan mampu mewujudkan cita-cita kreatifnya oleh karena itu seorang entrepreneur akan mengubah padang ilalang jadi kota baru, pembuangan sampah menjadi resort yang indah, kawasan kumuh menjadi pencakar langit tempat ribuan orang bekerja. 

– Ciputra

NOTE: Kutipan diambil dari beragam sumber.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.