10 Permainan Teka – Teki Matematika Terbaik, Sebagai Media Pembelajaran Siswa!

Berikut sejumlah permainan teka-teki Matematika yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran siswa!

Matematika adalah sebuah mata pelajaran yang wajib ada dalam sistem pendidikan Indonesia. Mata pelajaran ini telah diajarkan sejak bangku SD (Sekolah Dasar) hingga perguruan tinggi. Di antara semua mata pelajaran yang diajarkan oleh guru di sekolah, tidak sedikit murid yang merasa kesulitan dalam belajar Matematika. Hal tersebut memang tidak bisa dipungkiri, karena mata pelajaran ini membutuhkan ketelitian dalam berhitung.

Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin meningkat, dunia pendidikan di Indonesia saat ini telah berevolusi menjadi lebih baik setiap tahunnya. Ini terbukti dengan banyaknya teknik pembelajaran yang diberikan guru kepada murid-muridnya, beberapa di antaranya yaitu memanfaatkan permainan teka-teki dalam mata pelajaran Matematika.

Permainan ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mendorong keterlibatan murid dalam mengasah otak dan juga logika. Teka-teki Matematika juga bisa digunakan untuk memberikan tantangan kepada murid dalam mendorong pemecahan masalah dan pemikiran yang logis. Hal ini dapat digunakan dalam gamifikasi kelas, dan untuk menginspirasi siswa dalam mengatasi masalah yang sebelumnya dianggap terlalu sulit.

Lihat Juga : 60 Contoh Soal UAS Matematika Kelas 2 SD

Permainan teka – teki matematika untuk anak

Ada berbagai jenis permainan teka-teki Matematika yang bisa Anda terapkan untuk murid, di antaranya sebagai berikut:

1. Teka-teki silang matematika

Teka Teki Silang Matematika

Ambil teka-teki silang, dan jadikan matematika: itulah konsep dasar di balik tantangan matematika yang sangat mudah beradaptasi ini. Alih-alih kata-kata, siswa menggunakan angka untuk menyelesaikan garis vertikal dan horizontal. Teka-teki silang matematika dapat diadaptasi untuk mengajarkan konsep-konsep seperti uang, penjumlahan, atau pembulatan angka. Solusi dapat berupa produk persamaan atau angka yang diberikan oleh petunjuk.

2. Pencarian soal Matematika

Mintalah siswa melatih keterampilan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian mereka dengan mencari persamaan matematika tersembunyi dalam teka-teki gaya pencarian kata. Ini dapat disesuaikan dengan keterampilan apa pun yang Anda ingin siswa praktikkan, dan mempromosikan pemahaman yang kuat tentang fakta matematika dasar.

3. Game 2048

Game 2048

Game dan aplikasi online ini menantang pemain untuk menggeser ubin bernomor di sekitar kotak hingga mencapai 2048. Ini sangat membuat ketagihan dan tidak semudah kedengarannya, jadi pertimbangkan untuk mengirimnya pulang bersama siswa atau menugaskannya setelah sisa pelajaran selesai. Ini mendorong siswa untuk berpikir secara strategis tentang langkah mereka selanjutnya, dan ini adalah alat yang hebat untuk belajar tentang eksponen.

4. KenKen

KenKen Puzzle

KenKen adalah “teka-teki numerik berbasis kisi” yang terlihat seperti gabungan angka silang dan kisi sudoku. Diciptakan pada tahun 2004 oleh seorang instruktur matematika terkenal Jepang bernama Tetsuya Miyamoto, ini ditampilkan setiap hari di The New York Times dan surat kabar lainnya. Ini menantang siswa untuk melatih keterampilan matematika dasar mereka sementara mereka menerapkan logika dan keterampilan berpikir kritis untuk masalah tersebut.

5. Teka-teki Pra-Aljabar

Teka-teki pra-aljabar menggunakan substitusi yang menyenangkan agar siswa siap melakukan fungsi dasar dan mendorong mereka membangun keterampilan memecahkan masalah. Mereka mempromosikan penalaran abstrak dan menantang siswa untuk berpikir kritis tentang masalah di depan mereka. Sebagai bonus tambahan, siswa yang menderita kecemasan matematika mungkin menemukan kurangnya persamaan yang rumit meyakinkan, dan lebih bersedia untuk mencoba solusi.

6. Papan teka-teki domino

Teka Teki Domino

Ada ratusan cara untuk menggunakan kartu domino di kelas matematika Anda, tetapi teka-teki ini memberi siswa kesempatan untuk berlatih penjumlahan dan perkalian dengan cara yang menyenangkan dan praktis. Anda dapat meminta siswa bekerja sendiri atau berpasangan untuk menyelesaikan puzzle.

7. Kotak ajaib

Kotak Ajaib

Kotak ajaib telah ada selama ribuan tahun, dan diperkenalkan ke peradaban Barat dengan menerjemahkan teks-teks Arab selama Renaisans. Meskipun kotak ajaib dapat memiliki berbagai ukuran, kotak tiga kali tiga adalah versi terkecil dan paling mudah diakses oleh siswa muda.

Ini juga merupakan teka-teki matematika yang bagus untuk dicoba jika siswa Anda adalah pembelajar taktil. Menggunakan tutup botol daur ulang, beri label masing-masing dengan nomor dari satu sampai sembilan. Mintalah siswa Anda mengaturnya menjadi tiga kali tiga persegi sehingga jumlah dari tiga tutup dalam satu garis (horizontal, vertikal, dan diagonal) sama dengan 15.

8. Sudoku

Sudoku adalah aktivitas luar biasa setelah pelajaran yang mendorong pemikiran logis dan pemecahan masalah. Anda mungkin sudah memainkan teka-teki klasik ini, dan ini adalah pilihan yang bagus untuk siswa Anda. Teka-teki Sudoku muncul di surat kabar di seluruh dunia setiap hari, dan ada ratusan sumber daring yang menghasilkan teka-teki berdasarkan kesulitan.

9. Brain teasers

Meskipun tidak selalu berhubungan langsung dengan keterampilan matematika, permainan asah otak dapat menjadi alat penting dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis anak. Masukkan permainan asah otak ke dalam diskusi kelas, atau gunakan sebagai petunjuk jurnal matematika dan tantang siswa untuk menjelaskan pemikiran mereka.

Bonus: Untuk diskusi tentang probabilitas, perkenalkan kelas yang lebih tua dengan Masalah Monty Hall, salah satu masalah logika matematika paling kontroversial sepanjang masa.

10. Tower of Hanoi

Teka-teki logika interaktif ini ditemukan oleh seorang matematikawan Prancis bernama Edouard Lucas pada tahun 1883. Bahkan datang dengan cerita asal: Menurut legenda, ada sebuah kuil dengan tiga tiang dan 64 cakram emas.

Para pendeta memindahkan disk ini sesuai dengan aturan permainan, untuk memenuhi ramalan yang menyatakan bahwa dunia akan berakhir dengan langkah terakhir dari teka-teki tersebut. Namun jangan khawatir — para pendeta membutuhkan waktu sekitar 585 miliar tahun untuk menyelesaikannya, sehingga Anda dapat mengikuti sisa kelas matematika Anda.

Dimulai dengan tiga disk yang ditumpuk satu sama lain, siswa harus memindahkan semua disk dari tiang pertama ke tiang ketiga tanpa menumpuk disk yang lebih besar di atas yang lebih kecil. Siswa yang lebih tua bahkan dapat mempelajari fungsi di balik solusi: jumlah gerakan minimum dapat dinyatakan dengan persamaan 2n-1, di mana adalah jumlah disk.

Lihat Juga : 50 Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD

Penutup

Dengan adanya permainan teka-teki dalam pembelajaran Matematika ini, diharapkan murid memiliki keterampilan dalam pemecahan masalah. Tidak hanya itu, teknik ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan logika, pemahaman konsep Matematika, hingga pengembangan berpikir kreatif. Dengan begitu, permainan teka-teki bisa menjadi salah satu alat yang efektif untuk memperdalam pemahaman konsep Matematika.

Jika Anda mempunyai pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat belajar!


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Wahyu Setia Bintara

Saya adalah penulis dan editor di Dianisa.com. Sebagai penulis, saya berfokus pada tema Android dan Windows. Saya memiliki ketertarikan pada semua hal yang berhubungan dengan multimedia dan media digital.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo Poltekkes Kemenkes Malang PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Poltekkes Kemenkes Malang PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…
  2. Logo Politeknik Negeri Malang PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Politeknik Negeri Malang PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…
  3. Logo Politeknik Negeri Jember PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Politeknik Negeri Jember PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…