3 Alasan Pentingnya Punya Asuransi Jiwa untuk Perlindungan Keluarga

Dianisa.com – Kenapa kita perlu punya asuransi jiwa untuk perlindungan keluarga? Coba perhatikan ke sekeliling kita, ada berapa banyak keluarga yang jadinya berantakan secara keuangan ketika kepala keluarga atau yang jadi tulang punggung keluarga mendadak tiada atau mengalami kecelakaan hingga tak bisa bekerja kembali? Bagaimana caranya agar kita tak mengalami seperti yang mereka alami?

3 Alasan Pentingnya Punya Asuransi Jiwa untuk Perlindungan Keluarga

1. Asuransi Jiwa Menjadi Perlindungan Tambahan Bagi Keluarga akan Hal-hal Tak Terduga.

Perlindungan Keluarga
Sumber Image : cermati.com

Meskipun kita sudah sangat berhati-hati, namanya nasib tidak ada satu orang pun yang bisa meramalkan akan terjadi seperti apa. Sebagai kepala keluarga atau sebagai tulang punggung keluarga, kita akan banyak menghabiskan waktu dengan bekerja, baik itu bekerja di perkantoran, wirausaha, maupun sebagai freelance.

Pekerjaan apa pun pastilah punya risiko, baik kecelakaan yang bisa sewaktu-waktu terjadi, atau musibah bencana alam yang menyebabkan kita tak lagi bisa bekerja, atau meninggal. Jika tak ada lagi orang yang jadi sumber pemasukan keuangan, apa yang terjadi dengan keluarga kita? Ini makanya penting sekali punya asuransi jiwa untuk perlindungan keluarga.

2. Membantu Mengelola Keuangan Dengan Lebih Baik

Kelola Keuangan
Sumber Image : medcom.id

Dengan memiliki satu atau beberapa produk asuransi, kita sebenarnya dibantu untuk bisa mengelola keuangan dengan lebih baik. Tinggal kita sesuaikan saja mana produk yang dibutuhkan. Untuk yang sering menempuh perjalanan atau pekerjaannya lebih mobile, maka bisa menyiapkan perlindungan dengan asuransi kecelakaan atau asuransi jiwa. Untuk kesehatan, ada produk asuransi kesehatan.

Tiap-tiap asuransi memiliki benefitnya sendiri-sendiri yang bisa disesuaikan dengan kemampuan kita untuk mengalokasikan dana. Dengan cara ini, pengelolaan keuangan juga jadi lebih disiplin karena mau tak mau kita jadi menyisihkan dana secara rutin dengan jangka waktu dan besarnya dana yang kita tentukan sendiri. Berbeda dengan menabung yang kadang kita lakukan sesuka hati tanpa ada jadwal yang tetap, dan bisa diambil tanpa perencanaan matang.

3. Sebagai Cadangan Dana di Masa Depan yang Sesuai Kebutuhan

Cadangan Dana
Sumber Image : educated12.blogspot.com

Jika sejak dini kita telah melindungi diri dan keluarga kita dengan perlindungan tambahan melalui produk-produk asuransi sesuai kebutuhan, maka ketika terjadi hal-hal tak terduga kita sudah siap. Ada dana cadangan yang bisa digunakan tanpa mengganggu dana yang ada, termasuk misalnya dana pendidikan anak.

4. Cara Baru Dalam Berinvestasi

Investasi
Sumber Image : beritagar.id

Apakah produk asuransi baru bermanfaat kalau terjadi sesuatu? Tidak juga. Namun kita perlu mencari tahu lebih banyak mengenai produk asuransi yang hendak kita miliki, apakah ada jaminan pengembalian dana premi yang telah disetor atau tidak.

Untuk lebih jelas mengenai berinvestasi melalui produk asuransi, bertanyalah sebanyak mungkin dan sedetail-detailnya kepada agen asuransi yang kita percaya, atau lebih baik lagi jika agen asuransi tersebut berasal dari perusahaan yang kredibilitasnya sudah diakui.

5. Jaminan Kesejahteraan Keluarga Saat Hilangnya Tulang Punggung

Kesejahteraan Keluarga
Sumber Image : lifestyle.okezone.com

Banyak keluarga di Indonesia yang selama bertahun-tahun bertahan dengan satu sumber penghasilan. Ini tentunya sangat riskan jika tidak disertai dengan pengelolaan keuangan yang bijaksana. Ketika tulang punggung yang jadi sumber pemasukan keluarga ini tiada, atau mengalami ketidakmampuan lagi dalam bekerja akibat kecelakaan atau musibah bencana, apa yang terjadi dengan anggota keluarga lain? Bagaimana mereka semua melanjutkan hidup?

Tidak ada satu orang pun yang ingin kehilangan kenyamanan dan kebahagiaan hidup yang saat ini sudah dimiliki hanya karena musibah, atau kepergian orang yang dicintai, apalagi dia merupakan tulang punggung keluarga. Itu sebabnya, mumpung masih punya waktu dan daya, persiapkan dan rancang sedini mungkin agar kelak masa depan jadi lebih baik. Salah satunya, ya penting banget punya asuransi jiwa untuk perlindungan keluarga.

Show All Comments (1)