Mengenal Kereta Gajayana Melalui Perjalanan Menyenangkan

Melakukan perjalanan dengan kereta eksekutif gajayana tentunya menjadi hal menyenangkan bagi banyak orang. Hal ini tidak lepas dari keberadaan kereta itu sendiri yang dikenal sebagai salah satu kereta eksekutif dengan berbagai macam keunggulan di dalamnya.

Keunggulan tersebut tentunya dapat Anda buktikan dengan menikmati perjalanan wisata menggunakan kereta eksekutif itu sendiri.

Sebagai salah satu jenis kereta api eksekutif, kereta gajayana menyediakan rute perjalanan di pulau Jawa. Lebih tepatnya dari kota Jakarta menuju Malang dan begitupun sebaliknya. Dengan rute tersebut, tentunya Anda akan diajak untuk menikmati perjalanan dengan jarak 907 km.

Sementara untuk lama perjalanan, umumnya kereta tersebut akan memakan waktu hingga 14 jam 30 menit lamanya. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena meskipun cukup lama, Anda dapat menikmati perjalanan dengan lebih leluasa. Pasalnya Anda dapat berjalan-jalan di sekitar gerbong yang satu menuju gerbong lainnya.

Selain itu, selama perjalanan dengan kereta eksekutif gajayana berlangsung, kereta api tersebut akan melakukan pemberhentian di beberapa stasiun kota yang dilewatinya. Seperti halnya stasiun Malang, Blitar, Yogyakarta, Solo, Karanganyar, dan beberapa stasiun lainnya.

Sejarah dan Perkembangan Kereta Api Gajayana

Dikenal sebagai salah satu kereta api andalan masyarakat Indonesia, tentunya kereta api ini pun telah beroperasi dalam jangka waktu lama. Dalam hal ini kereta api gajayana dinyatakan telah beroperasi sejak September 1999. Awal penggunaannya, kereta api ini sempat dirangkaikan dengan jenis kereta api bisnis.

Namun seiring berjalannya waktu kereta tersebut pun mulai beralih fungsi menjadi kereta eksekutif.

Lihat Juga : Traveloka Experience – Hadirkan Pengalaman Liburan Tak Terlupakan

Jika dilihat dari nama yang dimilikinya, kereta api ini berasal dari nama seorang raja asal Kerajaan Kanjuruhan dan dikenal dengan nama Sang Liswa atau anak dari Dewa Shima dengan gelar yang dimilikinya yaitu Gajayana. Dikenal sebagai sosok yang dicintai oleh para Brahmana serta seluruh rakyat yang dipimpin olehnya, hal ini tidak lepas dari ketentraman yang dibawa olehnya.

Kereta Api Mewah Gajayana
Sumber Image : panduaji.net

Kerajaan Kanjuruhan sendiri dikenal sebagai salah satu kerajaan yang berada di kota Malang dengan pusat kerajaannya yang terletak di kawasan Dinoyo Lowokwaru.

Masuk dalam daftar kereta api eksekutif, jenis kereta api yang satu ini kini hadir dengan tampilan terbaru yang dikeluarkan oleh PT INKA. Pada desain terbaru yang dimilikinya tersebut, kereta api gajayana nampak seperti pesawat. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan olehnya pun kini berada dalam kondisi yang jauh lebih lengkap.

Tidak heran jika kemudian banyak di antaranya para pengguna kereta api yang ingin mencoba menggunakannya. Baik itu untuk perjalanan liburan, wisata, kepentingan bisnis atau bahkan mudik sekali pun.

Sebagai salah satu kereta api eksekutif terbaik, kereta api ini dilengkapi dengan beberapa rangkaian gerbong berbeda. Seperti halnya 8 bagian dari gerbong Kereta Api Eksekutif dengan tipe kelas Argo, kemudian 1 bagian khusus kereta makan dengan motif batik, 1 kereta bagasi pembangkit listrik, serta 1 bagian dari gerbong bagasi.

Sementara itu, untuk kapasitas yang dimilikinya, setiap kereta dilengkapi dengan kursi duduk yang dapat digunakan dan muat hingga 52 orang penumpang.

Lihat Juga : Ingin Ke Bandara Tapi Bingung Mau Naik Apa, Ini Solusinya!

Yang Menarik dari Kereta Api Gajayana

Selain kenyamanan, kereta api gajayana juga mengutamakan tampilan yang dimilikinya. Hal ini terbukti dari desain interior kereta yang dibuat dengan tampilan mewah dan juga lebih memperhatikan aspek estetika yang tentunya berkaitan dengan tingkat kenyamanan serta keselamatan penumpang.

Lebih dari itu, kereta api ini juga dilengkapi dengan kehadiran dari peredam suara serta bentuk isolasi panas yang dapat menjadikan udara di dalamnya tetap terasa sejuk. 

Fasilitas Kereta Api Gajayana
Sumber Image : Travel Kompas

Bagi Anda yang merasa penasaran dengan apa saja kiranya fasilitas yang ditawarkan dari kereta api tersebut? Berikut diantaranya: 

  • AC
  • 2 buah TV LED
  • Audio atau video
  • Stop Kontak 
  • Toilet yang bersih serta nyaman 
  • Tempat duduk dengan desain ergonomis 
  • Meja statis
  • Sandaran kaki
  • Setiap penumpang juga memiliki area bagasi yang dapat digunakan dengan nyaman dan aman seperti halnya kabin yang terdapat di pesawat.

Selain beberapa fasilitas di bagian atas tadi, ada pula beberapa fasilitas pendukung lainnya yang ditawarkan oleh kereta api gajayana, seperti pintu geser otomatis, kaca jendela dupleks yang dilapisi dengan laminasi isolator panas serta tirai.

Selain itu ada pula tabung pemadam kebakaran serta emergency breaker yang dapat digunakan sebagai fitur keselamatan para penumpangnya.

Untuk menikmati fasilitas tersebut selama perjalanan dari Jakarta menuju Malang atau sebaliknya, Anda harus mengeluarkan uang sekitar 300 hingga 600 ribu untuk satu kali perjalanannya

Show All Comments (0)