Kesalahan Dalam Belajar (Melukis) Digital Painting Photoshop

0
372
NGAWI DIAN – Kesalahan Dalam Belajar Melukis Digital Painting Di Photoshop. Baik saya akan jelaskan apa yang salah dalam digital painting photoshop yang ternyata banyak dilakukan oleh seniman – seniman di Indonesia.

Kesalahan Dalam Digital Painting Photoshop

Baca Juga :

Melukis digital berbeda dengan melukis tradisional, dalam hal melukis tradisional kita tidak bisa menghapus secara bersih atau mungkin bahkan tidak bisa di hapus sedangkan jika menggunakan digital kita bisa membatalkan perintah dengan menekan Ctrl+Z atau bisa menghapus dengan menggunakan Eraser. Digital painting tidak semudah dengan apa yang anda bayangkan banyak hal yang harus dipertimbangkan dan prinsipnya sama dengan melukisan tradisional.

Berikut di bawah ini kesalahan – kesalahan umum dalam digital painting Photoshop.

Menggunakan Smudge Tool

Siapa yang tidak tahu Tools ini banyak seniman dari Indonesia menggunakan Tools ini untuk menciptakan efek lukisan. Tetapi dalam digital painting seharusnya anda menggunakan Brush saja karena akan menciptakan painting yang sesungguhnya. Jika menggunakan Smudge untuk membuat efek foto menjadi lukisan itu tidak masalah yang terpenting beri watermark bahwa foto itu smudge painting bukan digital painting karena anda mengedit foto tersebut bukan menggambar ulang. 

Kuas Yang Macam – Macam

Kuas Photoshop Yang Macam - Macam
Dalam digital painting hindari kuas yang bermacam – macam sebaiknya anda mengerti dulu dasar – dasar dalam digital painting. Boleh menggunakan kuas yang bermacam – macam tapi setalah anda paham dalam bentu, pencahayaan, dan lain – lain.

Dodge And Burn

Jangan Gunakan Dodge And Burn Photoshop
Dalam smudge painting mungkin memang banyak dipakai tetapi tidak dalam digital painting, karena dalam dodge and burn hanya mengurangi atau menambah intensitas kecerahan dalam lukisan anda, digital painting sama halnya dalam melukisan di canvas, jadi anda harus menggunakan brush untuk menciptakan gelap terangnya juga.

Warna Monokrom 

Warna Monokrom Photoshop

Apa itu warna monokrom? Warna monokrom adalah anda menciptakan gradasi warna dengan satu Hue, memang hasilnya berubah tetapi warna nya tetap sama. Dan hasil dari warna monokrom juga tidak bagus karena hanya menciptakan gambar datar dan tidak hidup. Anda harus menggunakan warna – warna lain dalam digital painting karena ada efek pencahayaan dari sekitar – area yang anda lukis. Hasilnya pasti berbeda warna monokrom dan bukan monokrom.

Itu lah hal hal yang harus di pahami untuk belajar digital painting yaitu, Smudge Tool, Kuas Yang Macam – Macam, Dodge And Burn, Dan Warna Monokrom. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here