Harapanrakyat.com, Suguhkan Konten Teknologi untuk Sasar Pembaca Milenial

Harapan Rakyat Online dengan webnya harapanrakyat.com, salah satu media local berbasis di Kota Banjar, Jawa Barat, mengerti betul kebutuhan para pembaca milennial. Kontennya 70% memang bermuatan konten lokal, yakni menyajikan berita Ciamis, berita Pangandaran dan berita Kota Banjar.

Namun, media online yang akrab disebut HR Online ini menyisipkan berita teknologi untuk menyasar kebutuhan pembaca millennial.

Kaum milennial senantiasa up to date dengan kedatangan gadget terbaru. Hal itulah yang mendasari redaksi HR Online untuk update berita terbaru terkait gadget dan teknologi lainnya. Lewat laman berita teknologi di harapanrakyat.com, seputar gadget terbaru, lengkap dengan harga dan spesifikasinya diulas tuntas.

Tak jarang ulasannya terkait berbagai HP nangkring di halaman pertama Google.

Sebut saja smartphone keluaran terbaru dari SAMSUNG, VIVO, OPPO, Realme, Xiaomi, Nokia dan lainnya pasti Anda temukan di media online lokal yang satu ini.

Bukan hanya seputar harga dan spek smartphone, namun beragam aplikasi juga dibahas lewat berita teknologi di HR Online, termasuk trik – trik dunia gaming yang banyak dicari pembaca milenial.

Lihat Juga : 10 Situs Belajar Online Untuk Pelajar SD, SMP, SMA

Sasar Pembaca Millenial

Sasar Pembaca Milenial
Sumber Image : Freepik.com

Pimpinan Redaksi Harapan Rakyat Online, Subagja Hamara, mengatakan, kehadiran berita teknologi di HR Online, untuk menjawab kebutuhan pembaca milenial yang selalu haus akan berita terbaru terkait Gadget.

“Sebenarnya bukan sekedar gadget, kita tahu teknologi terus berkembang, milenial yang berburu aplikasi editor foto misalnya, atau dunia gaming, kami berusaha update seputar itu untuk memenuhi kebutuhan informasi seputar teknologi untuk mereka,” katanya.

Lebih lanjut Subagja mengatakan, penulisan berita teknologi, maupun berita lainnya di harapanrakyat.com juga dioptimasi dengan teknik SEO (Search Engine Optimizitation). Hal itu dilakukan untuk menjangkau lebih banyak pembaca.

“Dengan konten lokal seputar Ciamis, Pangandaran, dan Kota Banjar sebenarnya, kami sudah punya pembaca yang loyal. Tapi kami juga berusaha meraih pembaca dari luar kota-kota tersebut. Karena itu kami menghadirkan berita teknologi dan juga gaya hidup,” terangnya.

Subagja menambahkan, dirinya bersama manajemen tidak akan mengubah identitas HR Online dengan meninggalkan konten lokal.

“Berita lokal bisa dibilang sebagai nafasnya HR Online. Kami ingin mengenalkan potensi Ciamis, Pangandaran dan Kota Banjar agar lebih mendunia. Namun, muatan konten lokal kurang mendongkrak pembaca karena faktor wilayah yang hanya meliputi 3 kabupaten/kota.

Maka dari itulah berita teknologi dan gaya hidup hadir untuk mengimbanginya,” ucapnya.

Lihat Juga : 6 Peluang Usaha Sampingan Cocok untuk Karyawan dan Mahasiswa

Hadirkan Berita Sains

Membahas Tentang Edukasi dan Sains
Sumber Image : Freepik.com

Selain teknologi, HR Online juga memuat berita seputar sains. Hal tersebut, kata Subagja, dilakukan lantaran milenial dianggap haus akan ilmu pengetahuan.

“Berita sains juga kami hadirkan, lagi-lagi untuk segmen pembaca milenial. Seputar berita ilmu pengetahuan terbaru kami suguhkan kepada pembaca,” katanya.

Kategori lainnya adalah berita otomotif. Sama halnya seperti berita teknologi, berita otomotif menyuguhkan kabar terbaru dari dunia otomotif, segala hal yang terkait motor dan mobil diunggah di HR Online.

“Otomotif sekarang bukan sebatas hobi, namun ada ilmu, ada informasi yang dibutuhkan pembaca, misalnya tips-tips sederhana merawat helm, atau seperti halnya smartphone, diulas juga teknologi yang ada dalam motor maupun mobil keluaran terbaru,” terangnya.

Baca Juga : 8+ Situs Belajar Online Untuk Remaja dan Mahasiswa

Sejarah harapanrakyat.com Berawal dari Koran HR

Portal Medi Lokal Harapan Rakyat

Jauh sebelum domain harapanrakyat.com dibuat, terlebih dahulu hadir Koran Harapan Rakyat. Sudah 16 tahun media cetak ini menyapa pembaca di Ciamis, Pangandaran, dan Kota Banjar. Bachtiar Hamara adalah orang pertama yang membangun Koran Harapan Rakyat (selanjutnya disebut Koran HR) pada tahun 2003.

Koran HR telah memiliki segmen pembaca sendiri, oplahnya terus meningkat. Sampai pada tahun 2010, menurut pengakuan Subagja Hamara, bisnis mereka sedang berkembang, namun dirinya telah memprediksi akan adanya perubahan ekstrim dari Koran ke media online.

“Pada tahun 2010 mulailah kami membuat domain harapanrakyat.com. Awalnya kami hanya mengunggah berita-berita yang sudah dimuat di Koran HR, ternyata sambutan pembaca sangat bagus. Kami akhirnya memutuskan untuk update berita setiap harinya,” katanya.

Perubahan yang cukup ekstrim tersebut membuat manajemen HR Online berpikir keras untuk terus eksis. Dimulai dari perekrutan wartawan, redaktur, sampai memisahkan manajemen Koran HR dan HR Online.

Pemisahan manajemen dilakukan agar tercipta profesionalitas. Kini Koran HR berada di bawah naungan PT Harapan Rakyat Media. Sedangkan HR Online berada di bawah naungan PT Harapan Rakyat Online.

“Pemisahan ini dilakukan agar bisa fokus dalam menggarap usahanya. Jika masih disatukan, kemungkinan akan ada yang diistimewakan, terutama yang lebih menguntungkan, kami tidak inginkan hal itu terjadi. Koran HR maupun HR Online harus seiiring sejalan,” tegas Subagja.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.