Download MATLAB R2020b 32 Bit / 64 Bit (Windows 11, 10, 8, 7)

Berikut kami bagikan link download MATLAB R2020b 32 Bit / 64 Bit untuk Windows 11, 10,…
InfoKeterangan
DeveloperMathWorks
VersionR2020b
Operating SystemWindows
File Size21 GB
TypeProgramming platform

Dalam dunia engineering dan ilmu data, MATLAB R2020b tidak hanya sekedar nama. Software programming ini layaknya teman bagi para programmer dan siapa pun yang berkecimpung di dunia analisis data dan pengembangan algoritma. Dengan kemampuannya yang mengagumkan, MATLAB R2020b masih relevan dan tetap banyak digunakan oleh para programmer meski teknologi selalu berkembang setiap harinya.

MATLAB R2020b sendiri merupakan versi lanjutan dari versi MATLAB sebelumnya. Untuk Anda yang belum tahu, MATLAB adalah platform pemrograman berbasis matriks yang dirancang oleh MathWorks. Dengan berbagai toolkit dan fungsi integratifnya, MATLAB R2020b dapat membantu Anda untuk menganalisis data, mengembangkan algoritma, dan bahkan membuat model serta aplikasi dengan akurat.

Sebagai software programming, MATLAB R2020b dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang mendukung visualisasi data, pemodelan matematika, simulasi, dan masih banyak lagi. Lantas, apa saja fitur yang ada pada software programming berbasis matriks ini? Mari ketahui bersama-sama dengan terus membaca artikel ini sampai habis!

Lihat Juga : Download WinBox 32 Bit / 64 Bit Terbaru

Fitur – fitur MATLAB R2020b

Di bawah ini adalah beberapa fitur-fitur menarik yang hadir dalam MATLAB R2020b . Ada fitur yang baru ditambahkan dan ada juga fitur yang mengalami pembaruan. Satu yang pasti, semua fitur ini dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman Anda seputar komputasi maupun pemrograman.

Toolkit Baru:

Deep learning HDL toolbox: Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat prototipe sekaligus menerapkan jaringan pembelajaran mendalam di FPGA dan SoC dengan pemrosesan yang cepat dan efisien.

Lidar toolbox: Dengan toolbox ini, Anda dapat merancang, menganalisis, serta menguji sistem pemrosesan lidar. Fitur ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam pengolahan dan interpretasi data lidar.

RoadRunner scene builder: Fitur ini secara otomatis akan menciptakan model jalan 3D dari peta HD, memberikan visualisasi yang lebih baik dan realistis untuk simulasi maupun analisis data.

Simulink online: Dengan fitur simulink online, Anda kini bisa menggunakan Simulink langsung dari browser web Anda untuk fleksibilitas dan aksesibilitas yang lebih besar.

UAV toolbox: Toolbox yang satu ini dirancang untuk memudahkan desain, simulasi, dan penyebaran aplikasi UAV sehingga Anda dapat mengoptimalkan dan mengimplementasikan sistem UAV dengan cara lebih efisien.

Pembaruan Toolkit dan Fitur:

MATLAB graphics: Lewat pembaruan pada MATLAB graphics, Anda kini bisa meningkatkan presentasi data Anda dengan bubble dan swarm charts baru. Ada juga opsi kustomisasi tambahan untuk judul, label, dan axis limits.

MATLAB app building: Pembaruan dari MATLAB app building memungkinkan Anda untuk membedakan (diff) dan menggabungkan (merge) aplikasi App Designer dengan mudah. Lewat pembaruan ini, Anda kini juga bisa menambahkan ikon gambar khusus dan komponen khusus.

GPU coder: Fitur ini memungkinkan simulasi dan penerapan model Simulink di GPU NVIDIA untuk mempercepat komputasi dan pemrosesan data yang sedang Anda kerjakan.

Mapping toolbox: Toolbox yang satu ini bisa Anda gunakan untuk membuat visualisasi peta 3D yang menakjubkan dengan kemampuan untuk mengubah data geografis antar sistem referensi koordinat.

Model predictive control toolbox: Dengan toolbox ini, Anda bisa mengoptimalkan kontrol MPC menggunakan FORCES PRO solvers buatan Embotech. Adanya toolbox ini mampu memberikan simulasi dan generasi kode yang lebih efisien.

Optimization toolbox: Lewat update terbaru, toolbox ini kini hadir dengan fitur untuk memecahkan masalah pengoptimalan melalui tugas live editor. Dengan ini, Anda dapat dengan mudah menerapkan diferensiasi otomatis ke ekspresi non linier.

RF blockset: Toolkit ini berfungsi untuk membantu Anda menciptakan model antena transceiver secara detail, lengkap dengan kemampuan untuk menganalisis bagaimana antena tersebut berperilaku terhadap frekuensi yang berbeda, baik ketika menghambat sinyal (impedansi) atau saat memancarkan sinyal ke jarak jauh (pola radiasi). Mudahnya, toolkit ini mampu memberikan Anda kemampuan untuk memodelkan maupun mensimulasikan sistem RF dengan tingkat presisi yang tinggi.

RF toolbox: Fitur RF toolbox memungkinkan Anda untuk menggunakan analisis keseimbangan harmonik non linier. Fitur ini sangat berguna untuk mengevaluasi sekaligus mengoptimalkan desain transceiver RF Anda dengan bantuan aplikasi RF budget analyzer.

Sensor fusion dan tracking toolbox: Gunakan toolbox ini untuk mendesain, mensimulasikan, dan menguji sistem pelacakan dan penentuan posisi multisensor untuk aplikasi otonom maupun pengawasan.

SerDes toolbox: Lewat pembaruan yang ada di MATLAB R2020b , Anda kini dapat menganalisis jitter dan cross-talk dalam sistem SerDes dengan lebih akurat lewat simulasi domain waktu dan analisis statistik.

SimBiology: Fitur yang mendapatkan pembaruan selanjutnya adalah SimBiology. Anda kini dapat membangun model biologis secara interaktif dengan SimBiology model builder, sangat berguna untuk menyederhanakan proses pembuatan model yang kompleks.

Simulink check: Fitur simulink check menyediakan dashboard pengujian yang memudahkan Anda untuk menilai apakah aktivitas pengujian Anda sudah mencakup semua persyaratan yang diperlukan seperti ISO 26262 atau DO-178C. Fitur ini sangat berguna dalam meningkatkan keandalan dan keselamatan sistem yang Anda kembangkan.

Simulink real-time: Pembaruan pada fitur ini menghadirkan RTOS (Real-Time Operating System) 64-bit baru yang mampu memberikan performa yang lebih baik dan lebih stabil. Fitur ini juga dilengkapi dengan alat untuk eksplorasi data, instrumentasi grafis yang canggih, serta pencatatan sinyal. Semua dirancang untuk membantu Anda mengembangkan dan menguji sistem real-time Anda dengan cara yang lebih efektif.

Statistics and machine learning toolbox: Dengan fitur ini, Anda dapat menggunakan AutoML untuk klasifikasi dan regresi, mengaplikasikan interpretasi LIME, serta mengintegrasikan blok Simulink untuk prediksi SVM. Fitur ini mampu meningkatkan kemampuan Anda dalam analisis dan pembelajaran mesin.

Dengan rangkaian fitur baru dan pembaruan di atas, MATLAB R2020b membuka lebih banyak peluang kepada Anda untuk melakukan inovasi dan penelitian dalam berbagai macam bidang.

Lihat Juga : Download Notepad++ 32 Bit / 64 Bit Terbaru

System Requirements for MATLAB R2020b

InfoKeterangan
ProsesorIntel Core i5/i7 atau AMD Athlon X4/Ryzen 5
RAMMinimal 4 GB RAM
Hard Drive SpaceMinimal 25 GB ruang kosong
Operating SystemWindows 10
Display ResolutionMinimal 1024 x 768 piksel

Lihat Juga : 35 Nada Dering iPhone 15, Plus, Pro, Pro Max, Paling Lengkap!

Download MATLAB R2020b 32 Bit / 64 Bit Terbaru

Dari pembahasan seputar fitur-fitur canggih MATLAB R2020b di atas, dapat disimpulkan bahwa MATLAB R2020b merupakan tonggak penting dalam dunia pemrograman dan analisis data. Dengan toolkit baru dan pembaruan yang signifikan, MATLAB R2020b menawarkan kemampuan yang lebih luas dalam pemodelan, simulasi, maupun pengembangan algoritma, menjadikannya sebagai pilihan terbaik untuk mendorong inovasi dan efisiensi. Jika Anda membutuhkan program ini, download MATLAB R2020b secara mudah dan gratis melalui link di bawah ini!

Catatan: Jika terjadi masalah saat mengunduh file dari server pengunduhan yang dipilih, silakan sampaikan keluhan Anda melalui kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Kami akan memperbaikinya secepat mungkin!


Apa itu MATLAB R2020b dan untuk siapa software ini dirancang?

MATLAB R2020b adalah versi terbaru dari platform komputasi numerik dan pemrograman buatan MathWorks. Software ini dibuat untuk insinyur, ilmuwan, programmer, dan siapa saja yang bekerja dengan pemrosesan data besar, pengembangan algoritma, atau pemodelan matematika.

Apa saja fitur baru utama yang ada di MATLAB R2020b ?

Beberapa fitur baru utama di MATLAB R2020b meliputi Deep Learning HDL Toolbox, Lidar Toolbox, RoadRunner Scene Builder, Simulink Online, dan UAV Toolbox. Selain itu, ada pembaruan signifikan pada MATLAB Graphics, MATLAB App Building, dan Optimization Toolbox, serta peningkatan untuk GPU Coder, RF Toolbox, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara menggunakan Simulink Online di MATLAB R2020b ?

Untuk menggunakannya, Anda bisa masuk ke akun MathWorks Anda terlebih dahulu. Kemudian, buka MATLAB Drive, dan pilih file Simulink yang ingin Anda buka. Dari sini, Anda dapat mulai merancang dan mensimulasikan model Simulink yang Anda buat secara online.

Apa itu Deep Learning HDL Toolbox, dan bagaimana cara kerjanya?

Deep Learning HDL Toolbox memungkinkan Anda untuk merancang, membuat prototipe, dan menerapkan jaringan pembelajaran mendalam pada FPGA dan SoC. Alat ini mengubah model pembelajaran mendalam yang dibuat dalam MATLAB atau Simulink menjadi kode HDL (Hardware Description Language).

Dapatkah saya menggunakan MATLAB R2020b untuk proyek kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin saya?

Ya, MATLAB R2020b menyediakan berbagai alat dan fungsi untuk proyek kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML). Dengan toolbox seperti Deep Learning Toolbox dan Machine Learning Toolbox, Anda dapat merancang, melatih, dan menerapkan model AI dan ML dengan mudah.

Bagaimana MATLAB R2020b dapat membantu dalam pengembangan aplikasi UAV?

UAV Toolbox di MATLAB R2020b menyediakan alat untuk merancang, mensimulasikan, dan menerapkan aplikasi UAV. Ini termasuk dukungan untuk perencanaan misi, kontrol penerbangan, analisis data sensor, dan integrasi dengan sistem otonom. Toolbox ini mempermudah pengembangan algoritma kontrol penerbangan, simulasi lingkungan operasional, dan penerapan kode pada hardware UAV.


Penulis: Rachmania Yunita | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Rachmania Yunita

Rachmania Yunita adalah seorang content writer yang gemar menciptakan konten yang menarik dan informatif. Berpengalaman selama lebih dari 5 tahun dalam menghasilkan artikel SEO-friendly & informatif tentang berbagai macam topik.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Kemenpora / Kementerian Pemuda dan Olahraga PNG, CDR, AI, EPS,…
  2. Logo Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo BUMN / Badan Usaha Milik Negara PNG, CDR, AI, EPS,…
  3. Logo Kementerian Investasi / BKPM PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Kemeninvest / BKPM PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…