15 Contoh Rumusan Masalah dan Cara Membuatnya

Ketahui beberapa contoh dan cara membuat rumusan masalah dalam makalah penelitian melalui artikel berikut ini!

Dalam dunia penelitian, rumusan masalah merupakan langkah awal yang penting yang membantu peneliti merencanakan penelitian yang relevan dan bermakna. Rumusan masalah yang benar menjadi dasar proses penelitian selanjutnya dan secara jelas menetapkan fokus dan tujuan penelitian. Untuk mencapai rumusan masalah yang berkualitas diperlukan pemahaman yang baik tentang konsep dasar dan prosedur pendukungnya. Langkah pertama dalam merumuskan masalah adalah pemahaman menyeluruh tentang topik penelitian. Pemilihan topik yang relevan dengan kebutuhan dan perkembangan saat ini akan memastikan penelitian Anda memiliki nilai kontribusi yang signifikan.

 Selanjutnya, identifikasi permasalahan atau kesenjangan pengetahuan yang masih perlu diselidiki mengenai topik ini. Contoh rumusan masalah yang baik terjadi ketika peneliti mampu menghubungkan masalah dengan relevansi sosial, ilmiah, atau praktis. Saat menyiapkan rumusan masalah, hindari penggunaan kalimat ambigu dan pastikan rumusan masalah Anda spesifik. Menyertakan kerangka konseptual pendukung untuk membantu pembaca memahami landasan teori di balik rumusan masalah.

Memahami langkah-langkah tersebut memungkinkan peneliti untuk mengembangkan rumusan masalah yang kokoh, menetapkan landasan yang kokoh bagi desain penelitian, dan pada akhirnya berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan. Artikel ini memberikan contoh rumusan masalah dan cara efektif untuk menyusunnya, sehingga membuka jalan bagi peneliti untuk merancang penelitian yang mendalam dan berdampak positif.

Ringkasan

  • Rumusan masalah adalah tulisan singkat yang berisi pertanyaan tentang topik yang diajukan penulis.
  • Ciri-ciri rumusan masalah yaitu rumusan masalah harus dibuat dalam bentuk kalimat tanya yang jelas, singkat, dan padat,
  • Cara membuat rumusan masalah yaitu dengan menentukan metode penelitian yang sesuai, mencari teori yang berkaitan dengan penelitian, menghindari kata-kata ambigu.

Lihat Juga : 10 Contoh Review Jurnal dan Cara Pembuatannya

Apa itu rumusan masalah?

1. Makalah Penelitian Kebudayaan Etnis Bali di Pulau Lombok dan Bali

Dikutip dari sampoernauniversity, rumusan masalah adalah tulisan singkat yang berisi pertanyaan tentang topik yang diajukan penulis. Rumusan masalah ini mencakup pertanyaan-pertanyaan yang ingin penulis jawab melalui makalah akademisnya. Saat menulis makalah akademis, Anda memerlukan rumusan masalah untuk memandu penelitian Anda.

Selain itu, merumuskan masalah juga mengarahkan pikiran pembaca pada masalah tersebut. Rumusan masalah hendaknya singkat, bermakna, berbentuk interogatif, dirumuskan dengan jelas dan spesifik. Ada beberapa cara untuk membuat rumusan masalah yang baik dan benar. Artinya merumuskan masalah secara konkret dan menentukan metode penelitian yang tepat.

Arti rumusan masalah menurut beberapa ahli

Berikut ini pengertian dari rumusan masalah menurut pakar ahli di bawah ini:

  • Albert Einstein : Tokoh terkenal ini menyebut rumusan masalah sebagai masalah yang jauh lebih penting ketimbang solusinya. Selain itu menurut Einstein mengungkapkan bahwa pengajuan rumusan masalah didasarkan pada pertanyaan-pertanyaan baru. Sehingga mendukung kemungkinan baru juga serta mempertimbangkan masalah lama menjadi baru dan kreatif.
  • Alan Byrman : Rumusan masalah merupakan pertanyaan yang jelas terhadap hal-hal tertentu, di mana hal ini yang dijadikan sebagai perhatian dan menjadi titik fokus untuk diteliti lebih lanjut. Sifat penelitian selalu menawarkan solusi dan hal yang jelas dan luas.
  • Sugiyono : Rumusan masalah sebuah pertanyaan yang mencari jawaban lewat pengumpulan data dan penelitian. Sementara penelitian dilakukan berdasarkan pada tingkat eksplanasi, secara garis besar rumusan suatu masalah memiliki peran yang besar, selain membantu peneliti agar tetap melakukan penelitian juga menjadi mengatasi masalah yang dihadapi.

Lihat Juga : 10 Contoh Makalah Singkat Berbagai Tema

Ciri-ciri rumusan masalah

2. Makalah Penelitian Dampak Buruk Limbah Pertambangan Terhadap Lingkungan

Mengutip dari dailysocial, Rumusan masalah adalah langkah awal dalam proses penelitian atau pemecahan masalah yang bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang akan dipecahkan. Berikut ini adalah ciri-ciri rumusan masalah yang baik dikutip dari penelitianilmiah.com, antara lain:

Bentuk kalimat pertanyaan

Rumusan masalah harus dibuat dalam bentuk kalimat tanya yang jelas, singkat, dan padat. Perlu Anda ketahui bahwa ciri yang khas dari rumusan masalah ialah identik dengan kalimat tanya. Contoh rumusan masalah yaitu: Apa yang dimaksud dengan penyakit DBD?

Spesifik

Rumusan masalah harus spesifik dan mengarahkan pembahasan terhadap suatu masalah tertentu. Sajikan rumusan masalah secara spesifik dan terfokus, hindari rumusan masalah yang umum. Dan Anda juga perlu memastikan jika pertanyaan penelitian mencakup aspek-aspek yang diteliti.

Relevan

Rumusan masalah harus relevan dengan permasalahan yang akan dibahas dan mengarahkan cara berpikir kita terhadap topik yang akan dibahas. Sebelum itu, Anda harus memastikan bahwa rumusan masalah dalam penelitian mempunyai relevansi sosial atau praktis yang dapat menggugah minat pembaca dan tidak terkesan monoton.

Menggambarkan keterkaitan

Rumusan masalah harus menggambarkan keterkaitan antara variabel penelitian, variabel terikat, dan objek penelitian. Selain itu, perlu Anda ingat bahwa rumusan masalah juga harus merujuk pada literatur terkait yang mendukung kebutuhan untuk menjawab pertanyaan penelitian.

Nilai penelitian

Rumusan masalah harus memiliki nilai penelitian dan memberikan solusi konkret bagi permasalahan yang diangkat. Apa maksud dari nilai penelitian? Dari GAP penelitian atau masalah yang diteliti harus mempunyai nilai penelitian, mengapa? Karena jika masalah yang diteliti hingga di akhir penelitian mampu memberikan dampak positif dalam sebuah bidang keilmuan tertentu atau dapat digunakan untuk keperluan yang lain.

Fisibilitas

Rumusan masalah harus memiliki fisibilitas, yaitu mudah dapat diperkirakan dan dikaji dalam konteks penelitian yang diberikan. Secara istilah, fisibilitas merupakan masalah mempunyai nilai pemecahan dan dapat dipecahkan, yang mana penelitian tersebut dapat dimanfaatkan dan tidak sia-sia setelah hasil atau kesimpulannya didapatkan, termasuk dalam rumusan masalah.

Sesuai dengan kualifikasi dan kemampuan peneliti

Rumusan masalah harus sesuai dengan kualifikasi atau kemampuan peneliti yang akan melakukan penelitian. Mengapa? Karena penting untuk memastikan keberhasilan penelitiannya. Rumusan masalah yang sesuai dengan kualifikasi dan kemampuan peneliti akan memungkinkan untuk menghindari tantangan yang tidak terkendali, optimalisasi sumber daya, menghasilkan penelitian yang berkualitas tinggi, serta meminimalisir risiko kegagalan.

Unsur 5W+1H

Rumusan masalah harus mencakup unsur 5W (who, what, when, where, why) dan 1H (how). Rumusan masalah harus mencakup unsur tersebut, karena untuk memastikan bahwa pertanyaan penelitian mencakup aspek-aspek kunci yang penting dalam menjawab suatu permasalahan. Dengan mengintegrasikan unsur 5w + 1h dalam rumusan masalah, peneliti dapat memastikan bahwa pertanyaan penelitiannya menyeluruh dan memberikan pandangan yang lengkap terhadap permasalahan yang ingin dipecahkan.

Tujuan yang jelas

Rumusan masalah harus memiliki tujuan yang jelas untuk mengharapkan cara berpikir dan pendekatan penelitian yang akan digunakan. Selain itu, peneliti juga harus pandai dalam memilih topik masalah yang akan diteliti, mengapa? Agar masalah tersebut dapat diuji dan memberikan tujuan supaya penelitian dapat dilihat secara jelas terkait hubungan antar variabel yang saling berkaitan.

Lihat Juga : 20 Contoh Naskah Drama Berbagai Tema

Bagaimana cara membuat rumusan masalah?

3. Makalah Penelitian Tentang Kesehatan Lingkungan

Mengutip dari beberapa sumber, untuk membuat rumusan masalah yang benar, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Membuat secara spesifik

Rumusan masalah sebaiknya dibuat secara singkat, padat, dan jelas, berbentuk pertanyaan, dan sesuai dengan judul serta topik pembahasan dari laporan tersebut. Anda juga perlu merinci permasalahan atau fokus penelitian agar menjadi sebuah kajian yang jelas dan terbatas. Pernyataan-pernyataan spesifik memberikan kejelasan pada lingkup kajian penelitian dan membimbing peneliti untuk lebih fokus dan mengeksplorasi sebuah analisis data.

Menentukan metode penelitian yang sesuai

Pastikan untuk menentukan metode penelitian yang sesuai dan tepat dengan tema yang diteliti. Mengidentifikasi pendekatan atau teknik penelitian yang paling tepat untuk menjawab sebuah pertanyaan penelitian juga memerlukan metode penelitian yang sesuai. Hal ini mencakup pemilihan metode kualitatif, kuantitatif, atau campuran, serta teknik khusus pengumpulan dan analisis data yang sesuai dengan sifat pertanyaan penelitian.

Mencari wawasan teori yang berkaitan

Lakukan kajian literatur untuk mendukung rumusan masalah yang telah dibuat. Perlu Anda catat juga, bahwa menempatkan permasalahan penelitian dalam konteks teoritis haruslah sesuai. Hal ini mencakup mencari dan memahami literatur yang relevan dengan topik penelitian untuk mendukung dan memperkuat rumusan masalah.

Menghindari kata – kata multitafsir dan ambigu

Pastikan rumusan masalah tidak mengandung kata-kata yang dapat memiliki makna ganda atau ambigu. Salah satu hal yang perlu dihindari ketika menyusun sebuah skripsi maupun laporan lainnya yaitu menghindari kata-kata yang bersifat ambigu maupun multitafsir. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa pernyataan masalah tersebut bersifat jelas dan tidak dapat diartikan dengan berbagai cara yang berbeda. Anda harus memperhatikan bahwa perlu menghindari penggunaan kata-kata yang dapat menimbulkan keraguan atau kebingungan saat membuat rumusan masalah.

Memperoleh panduan tambahan

Anda juga dapat memperoleh panduan tambahan dari buku-buku metodologi penelitian untuk menambah wawasan Anda dalam membuat rumusan masalah yang baik. Anda juga dapat memperoleh panduan tambahan yang mengacu pada referensi atau pedoman yang dapat membimbing peneliti dalam merumuskan permasalahan penelitian secara lebih efektif. Panduan tambahan ini dapat berupa teori-teori yang relevan, temuan penelitian terdahulu, atau kerangka konseptual yang telah ada.

Lihat Juga : 17 Contoh Cerpen Kehidupan Sehari-hari Penuh Makna

Kumpulan contoh rumusan masalah

4. Makalah Penelitian Tentang Manfaat Jahe

Berikut ini merupakan kumpulan contoh rumusan masalah dari berbagai jurusan perkuliahan maupun topik makalah. Dan bagi Anda yang sedang menyusun tugas makalah, proposal penelitian, hingga skripsi. Simak contoh di bawah ini yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi, apa saja?

1. Contoh rumusan masalah penelitian Ilmu Komunikasi

  • Bagaimana perencanaan komunikasi dalam peningkatan kinerja pegawai?
  • Bagaimana pengorganisasian komunikasi dalam peningkatan kinerja pegawai?
  • Bagaimana pelaksanaan komunikasi dalam peningkatan kinerja pegawai?
  • Bagaimana pengawasan komunikasi dalam peningkatan kinerja pegawai?
  • Apa saja tugas dan fungsi hubungan masyarakat IKP Kemkominfo terkait Program Desa Informasi?
  • Apa saja hambatan-hambatan yang dihadapi IKP dalam melaksanakan tugas dan fungsi hubungan masyarakat terkait program Desa Informasi?
  • Apa saja solusi untuk mengatasi hambatan tersebut?
  • Bagaimana orang tua tunarungu dan anaknya yang memiliki pendengaran?
  • Normal menggunakan pola komunikasi verbal dan nonverbal?
  • Bagaimana kemampuan bahasa anak dengan pendengaran normal yang lahir dari orang tua tunarungu?
  • Kendala apa saja yang dihadapi oleh orang tua tunarungu dan anaknya yang memiliki pendengaran normal dalam berkomunikasi?
  • Upaya apa saja yang di lakukan oleh orang tua tunarungu dan anaknya yang memiliki pendengaran normal dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam berkomunikasi?

2. Contoh rumusan masalah tentang Media Massa

  • Apakah yang dimaksud dengan pers?
  • Apa saja fungsi pers?
  • Bagaimanakah sejarah terbentuknya pers?
  • Apa saja kelebihan dan kelemahan pers?
  • Apa saja bentuk pers dan keterkaitannya dengan politik?
  • Bagaimana latar belakang terbentuknya media massa?

3. Contoh rumusan masalah tentang Kebudayaan

  • Bagaimana unsur-unsur kebudayaan etnis Bali yang ada di Lombok?
  • Mengapa etnis Bali bisa bertahan dengan masyarakat suku Sasak yang kebanyakan beragama Islam?
  • Bagaimana perbedaan antara etnis Bali di pulau Lombok dengan yang di pulau Bali?

4. Contoh rumusan masalah tentang Lingkungan

  • Apa saja dampak negatif limbah pertambangan bagi lingkungan?
  • Seberapa besar tingkat keuntungan pertambangan dalam sektor perekonomian?
  • Apa saja jenis mineral pertambangan yang bernilai ekonomis tinggi?
  • Apakah pertambangan emas di Indonesia masih diperlukan?

5. Contoh rumusan masalah tentang Kesehatan Lingkungan

  • Apa pengertian kesehatan lingkungan?
  • Apa saja syarat lingkungan yang sehat?
  • Bagaimana ruang lingkup kesehatan lingkungan?
  • Bagaimana cara memelihara kesehatan lingkungan?
  • Apa tujuan pemeliharaan kesehatan lingkungan?

6. Contoh rumusan masalah makalah tentang Manfaat Jahe

  • Apa saja kandungan nutrisi pada jahe?
  • Apa manfaat jahe untuk kesehatan?
  • Bagaimana cara mengolah jahe menjadi ramuan herbal?
  • Apa saja risiko mengonsumsi jahe secara berlebihan?

7. Contoh rumusan masalah tentang Narkoba

  • Apa pengertian dari narkoba?
  • Apa saja jenis-jenis narkoba?
  • Apa bahaya dan dampak dari narkoba?
  • Bagaimana kiat-kiat untuk menghindari penyalahgunaan narkoba?
  • Apa yang harus dilakukan jika kerabat terdekat menggunakan narkoba?
  • Apakah orang yang telah kecanduan narkoba dapat sembuh? Dan bagaimana caranya?

8. Contoh rumusan masalah penelitian Geografi

  • Faktor apa yang paling berpengaruh terhadap longsor di daerah Puncak Bogor?
  • Mengapa masyarakat kota Jakarta lebih mudah mengalami perubahan budaya?
  • Bagaimana hubungan antara faktor perubahan penggunaan lahan dengan banjir di Jakarta?
  • Di mana saja wilayah yang mengalami penurunan muka tanah di Jakarta?
  • Bagaimana hubungan antara kepadatan penduduk dan kemiskinan di Pulau Jawa?
  • Mengapa ada perbedaan antara aliran sungai di Jawa dengan Kalimantan?
  • Bagaimana tingkat risiko bencana banjir di kota-kota Pantai Utara Jawa Barat?
  • Apa saja perbedaan kerusakan hutan di Kalimantan dengan Sumatra?
  • Apa pengaruh pertumbuhan penduduk pada alih fungsi lahan pertanian di Jawa Tengah?
  • Bagaimana pengaruh kebakaran hutan terhadap kualitas udara di Pontianak?
  • Apa pertumbuhan penduduk terhadap perkembangan pemukiman?
  • Bagaimana pengaruh laju pertumbuhan penduduk terhadap ketersediaan air bersih di Jakarta?

9. Contoh rumusan masalah penelitian Hukum

  • Apakah penjatuhan pidana penjara terhadap anak merupakan suatu sanksi yang tepat?
  • Apa kriteria Pembuktian sederhana dalam proses pembuktian dalam pengajuan pailit?
  • Apakah alat bukti akta di bawah tangan dalam permohonan kepailitan memenuhi kualifikasi pembuktian sederhana?
  • Bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap anak yang menjadi korban tindak pidana perdagangan anak?
  • Bagaimana pertanggungjawaban perdata manajer investasi reksa dana sebagai pengelola investasi yang telah merugikan investornya?
  • Apa upaya yang dapat dilakukan oleh investor reksa dana terhadap manajer investasi yang telah merugikannya?

10. Contoh rumusan masalah tentang E-Commerce

  • Apa saja dampak positif dan negatif E-Commerce?
  • Bagaimana standar teknologi yang digunakan E-Commerce?
  • Bagaimana hubungan hukum antar pelaku E-Commerce?
  • Bagaimana perlindungan antara pembeli dan penjual?
  • Bagaimana dukungan E-Commerce di Indonesia?

Lihat Juga : 37 Contoh Kata Pengantar Skripsi, Proposal, Makalah, Laporan PKL, KKN

11. Contoh rumusan masalah tentang Pendidikan

  • Bagaimana bentuk kebijakan pendidikan sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia?
  • Bagaimana penerapan kebijakan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia?
  • Seperti apa kelebihan dari kebijakan pendidikan yang sudah dipilih?
  • Apakah kebijakan pendidikan yang dipilih sudah sesuai dengan minat belajar mayoritas pelajar di Indonesia?
  • Mengapa kendala bisa terjadi dengan penerapan kebijakan pendidikan tersebut?

12. Contoh rumusan masalah penelitian Manajemen

  • Apakah terdapat pengaruh antara budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional Badan Kerja sama Pelayanan Antar Kampus?
  • Apakah terdapat pengaruh antara budaya organisasi terhadap komitmen organisasional Badan Kerja sama Pelayanan Antar kampus?
  • Apakah terdapat pengaruh antara kepuasan kerja terhadap komitmen Organisasional Badan Kerja sama Pelayanan Antar Kampus?
  • Bagaimana pengaruh kemampuan kerja terhadap motivasi kerja karyawan pada PT Delta Satria Dewata?
  • Bagaimana pengaruh kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Delta Satria Dewata?
  • Bagaimana pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Delta Satria Dewata?

13. Contoh rumusan masalah tentang HAM

  • Apa yang dimaksud dengan HAM?
  • Bagaimana sejarah HAM itu?
  • Seperti apa keberadaan HAM dalam pendidikan Indonesia?
  • Bagaimana permasalahan HAM dalam pendidikan Indonesia?
  • Solusi apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan HAM dalam pendidikan Indonesia?

14. Contoh rumusan masalah tentang Pentas Seni

  • Apa yang bisa dilakukan untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik?
  • Apa yang dipilih siswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka?
  • Bagaimana peran pihak sekolah dalam kegiatan pentas seni?
  • Mengapa pentas seni ini harus dilaksanakan di sekolah?
  • Apa manfaat yang dirasakan oleh siswa, pihak sekolah, dan lingkungan dari adanya pentas seni tersebut?

15. Contoh rumusan masalah Deskriptif Pembangunan

  • Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan efektivitas kerja bagi para pekerja di proyek pembangunan jalan Imogiri Barat Yogyakarta?
  • Apakah pekerjaan proyek pembangunan jalan Imogiri Barat Yogyakarta juga mengganggu lalu lintas yang ada?
  • Bagaimana cara yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang terjadi di proyek pembangunan jalan Imogiri Barat Yogyakarta?
  • Apakah sistem K3 sudah diterapkan di proyek pembangunan jalan Imogiri Barat Yogyakarta?
  • Bagaimana manajemen yang dilakukan di proyek pembangunan jalan Imogiri Barat Yogyakarta?

Lihat Juga : 16 Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Topik

Penutup

Dalam rangka mengakhiri pembahasan mengenai rumusan masalah, dapat disimpulkan bahwa kemampuan merumuskan pertanyaan penelitian yang spesifik, relevan, dan didukung oleh landasan teoritis menjadi kunci penting dalam perancangan studi yang berkualitas. Melalui pemahaman mendalam terhadap topik penelitian dan kesadaran akan keterbatasan yang mungkin dihadapi, Anda dapat membentuk dasar yang kuat untuk mengatasi tantangan dan memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, kemahiran merumuskan masalah bukan hanya merupakan langkah awal, tetapi juga fondasi yang mendukung kelancaran berlangsungnya sebuah penelitian.

Mengapa rumusan masalah dianggap langkah kritis dalam perancangan penelitian?

Rumusan masalah memberikan arah yang jelas pada penelitian dengan menentukan isu yang ingin dipecahkan atau dikaji secara mendalam, memastikan relevansi dan kontribusi penelitian.

Apa yang membedakan rumusan masalah yang baik?

Rumusan masalah yang baik bersifat spesifik, relevan dengan topik penelitian, mengandung gap pengetahuan yang masih perlu diisi, didukung oleh landasan teoritis, dan mampu menarik minat pembaca.

Mengapa penting untuk menyertakan aspek keterbatasan dalam rumusan masalah?

Menyertakan aspek keterbatasan membantu mengidentifikasi batasan-batasan yang mungkin dihadapi selama penelitian, memberikan gambaran yang realistis dan transparan tentang ruang lingkup penelitian.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 145 Nada Dering iPhone Semua Versi Lengkap 2024 (Update iPhone 15)

    Berikut kumpulan nada dering iPhone semua versi yang bisa Anda unduh (update iPhone 15)!
  2. 67 Nada Dering Anime Lucu, Unik, Kawai, Lengkap 2024

    Berikut kami bagikan sejumlah nada dering Anime Naruto, Anya, lucu, kawaii, watashi yang bisa Anda gunakan…
  3. 62 Nada Dering Nokia Jadul Semua Tipe, Terlengkap 2024

    Berikut kami bagikan kumpulan nada dering Nokia jadul versi lama MP3 yang bisa kamu download dan…