5 Cara Kuliah di Jerman Yang Yang Perlu Kamu Ketahui

Jerman menawarkan banyak universitas yang semuanya memiliki kualitas yang sangat baik. Negara ini menjadi salah satu negara tujuan studi non bahasa Inggris populer para siswa internasional.

Terlebih lagi, biaya kuliah di Jerman terkenal lebih murah dibandingkan negara – negara seperti AS, Inggris, maupun Australia.

Nah, buat kalian semua yang tertarik dan merencanakan untuk kuliah di Jerman, tentu saja kalian membutuhkan banyak informasi tentang kuliah di Jerman. Jika kalian belum tahu bagaimana langkah – angkah untuk kuliah di Jerman, kalian bisa menyimak cara kuliah di Jerman berikut ini.

Langkah – langkah kuliah di jerman untuk raih mimpimu.

1. Pilih Program Studi dan Universitas

Cara pertama untuk kuliah di Jerman adalah memilih universitas dan program studi yang sesuai dengan minat kamu. Ada banyak program studi dan universitas di Jerman yang kualitasnya tidak diragukan lagi, sehingga kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan minat dan cocok dengan rencana masa depan kamu.

Pilih Universitas di Jerman
Sumber Image : Freepik.com

Agar kamu dapat memilih dengan baik dan tidak terburu – buru, kamu bisa mencari berbagai informasi mengenai program studi dan universitas di Jerman setidaknya 3 bulan sebelum membuat keputusan akhir.

Ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan informasi yang cukup tentang program studi yang akan kamu pilih.

2. Memenuhi Semua Persyaratan yang Dibutuhkan

Setelah memilih program studi yang akan kamu ambil, kamu harus memeriksa semua persyaratan yang dibutuhkan. Persyaratan masuk bisa berbeda tergantung pada universitas dan jenis program studi yang kamu pilih, jadi sebaiknya kamu membaca bagian persyaratan beberapa kali agar tidak ada persyaratan yang terlewat.

Persyaratan Kuliah di Jerman
Sumber Image : Freepik.com

Jika kamu menemukan hal – hal yang tidak kamu pahami yang terkait dengan persyaratan, jangan ragu untuk menghubungi universitas secara langsung. Kamu sebaiknya mempersiapkan dokumen – dokumen yang dibutuhkan setidaknya 4 bulan sebelum mendaftar universitas yang kamu tuju.

3. Belajar Bahasa Jerman

Sebagian besar program sarjana di Jerman diajarkan dalam bahasa Jerman, sementara banyak program studi di tingkat master dan doktoral diajarkan seluruhnya atau sebagian dalam bahasa Jerman. Bahkan jika kamu memilih program dalam bahasa Inggris, kamu tetap membutuhkan bahasa Jerman untuk berinteraksi dan berkomunikasi sehari – hari.

Belajar Bahasa Jerman
Sumber Image : Freepik.com

Memiliki kemampuan bahasa Jerman akan membuat kamu memahami materi pelajaran, memahami apa yang diajarkan dalam perkuliahan, dan mendukung keberhasilan kamu kuliah di Jerman. Sebelum mendaftar kuliah di Jerman, sebaiknya kamu belajar bahasa Jerman 6 bulan sebelumnya.

Lihat Juga : 10+ Aplikasi Belajar Bahasa Asing Terbaik

4. Mendapatkan Pembiayaan untuk Membiayai Kuliah di Jerman

Pembiayaan Kuliah di Jerman
Sumber Image : Freepik.com

Untuk dapat kuliah di Jerman, kamu harus menunjukkan bukti bahwa kamu memiliki atau mendapatkan pembiayaan sekitar € 8,700 per tahun atau sekitar USD 10.000. Uang tersebut untuk menanggung biaya hidup kamu selama di Jerman.

Jumlah uang ini perlu disetor ke rekening bank Jerman yang diblokir.

5. Mendaftar Kuliah di Jerman

Mendaftar Kuliah di Jerman
Sumber Image : Freepik.com

Setelah memeriksa ulang dokumen aplikasi yang telah kamu persiapkan, selanjutnya kamu bisa mengirimkan aplikasi pendaftaran kuliah. Pengiriman aplikasi dapat dilakukan secara online, tetapi mungkin ada universitas yang hanya menerima aplikasi secara langsung atau melalui pos.

Kamu bisa mendaftar langsung ke kantor internasional universitas atau bisa juga menggunakan situs web www.uni-assist.de, situs ini merupakan portal penerimaan terpusat untuk siswa internasional.

Hubungi universitas yang kamu tuju untuk mengetahui ke mana kamu dapat mengirimkan aplikasi kamu.

Show All Comments (0)