2 Cara Unroot Smartphone Android Tanpa PC

0
362
NGAWI DIAN – 2 Cara Mudah Melakukan Unroot Pada Smartphone dan Tablet Android, Melakukan Rooting pada smartphone dan tablet android memang memiliki kelebihan mulai dari menghemat daya baterai, mempercepat kinerja smartphone, serta dalam melakukan kostumisasi aplikasi sesuai dengan kehendak dan keinginan anda. Pada intinya smartphone yang sudah diroot dapat modifikasi sistem secara bebas tanpa ada aturan apapun. Tetapi dibalik itu semua, dampak melakukan root yaitu garansi resmi dari smartphone android akan hilang. Jadi, apabila terjadi kerusakan pada bagian software ataupun hardware maka pihak pengembang tidak akan mau tau dan anda tidak akan mendapatkan garansi dengan alasan bahwa smartphone telah dimodifikasi.
Selain tidak mendapatkan garansi, dampak lainnya yaitu tidak dapat melakukan upgrade android ke versi terbaru. Misalnya saja, jika android anda versi Kitkat dan kemudian ingin anda upgrade ke versi Lollipop maka hal tersebut tidak bisa dilakukan langsung pada smarphone tetapi bisa dilakukan secara manual, lewat PC atau Laptop. Mungkin anda pasti merasa malas apabila ingin melakukan upgrade OS lewat komputer, karena anda diharuskan untuk mengunduh file OTA terbaru dengan ukuran yang lumayan besar. Tentu saja hal tersebut membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

Cara Unroot Android Tanpa PC

Mengatasi hal tersebut, anda bisa melakukan Unroot android agar bisa di upgrade secara langsung melalui smartphone atau tablet android. Lalu, bagaimana cara melakukan Unroot? Untuk melakukan Unroot, ada 2 aplikasi yang bisa digunakan untuk Unroot smartphone. 2 aplikasi tersebut yaitu Root Ekplorer dan SuperSU. Lebih jelasnya silahkan ikuti langkah – langkah dibawah ini.

Melakukan Unroot Android dengan Root Ekplorer

Root Ekplorer adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk masuk pada system android yang sudah di root. Jadi, dengan Root Ekplorer anda bisa menghapus atau mengubah sistem dengan keinginan anda, tetapi dengan syarat bahwa anda paham mengenai sistem android. Nah, untuk melakukan Unroot dengan Root Ekplorer silahkan ikuti langkah – langkah dibawah ini.
  1. Pertama, unduh aplikasi Root Ekplorer melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Root Ekplorer via Google Play
  2. Setelah berhasil mengunduh, install dan buka aplikasi tersebut. 
  3. Selanjutnya cari dan hapus file – file dibawah ini.


    /system/bin/su
    /system/xbin/su
    /system/app/Superuser.apk

  4. Setalah berhasil terhapus, tinggal Reboot saja smartphone android anda.
  5. Selesai.


Melakukan Unroot Android dengan SuperSU

SuperSU merupakan aplikasi Root Android sekaligus Unroot android. Cara melakukan Unroot dengan SuperSU sangat mudah dan cepat. Berikut langkah – langkahnya.
  1. Apabila anda belum memiliki aplikasi SuperSU sebaiknya download terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi SuperSU dan masuk pada bagian “Settings”.
  3. Pilih “Full unroot”, kemudian pilih “Continue”.
  4. Tunggu hingga proses Unroot selesai.

Baca Juga :

Demikian ulasan mengenai cara melakukan unroot smartphone dan tablet android, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi semua pengguna android. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here