Musik Telah Berhenti Xiaomi
Sumber Image : 91Mobiles

Dianisa.com – Cara Mengatasi “Sayangnya, Musik Telah Berhenti” di HP Xiaomi. Aplikasi Pemutar Musik menjadi bagian yang pastinya ada pada semua perangkat Android, khususnya untuk perangkat Xiaomi. Dengan Aplikasi Pemutar Musik, pengguna dapat memutar Audio yang tersimpan di Internal ataupun eksternal memori yang terpasang. Saya sebagai penulis juga sering menggunakan aplikasi tersebut untuk memutar Murrotal dari Qori’ – Qori’ ternama dengan lantunan ayat Al – Qur’an yang begitu menenangkan hati.

Baca Juga :

Mengatasi Musik Telah Berhenti di HP Xiaomi

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Musik Telah Berhenti” di HP Xiaomi. Sedikit informasi bahwa beberapa perangkat di HP Xiaomi memang ada yang mengalami masalah pada aplikasi pemutar musik. Pesan error bisa bermacem – macem, bisa bertuliskan “Musik Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Music Has Stopped”. Dan solusinya, biasanya memang perlu untuk melakukan Update MIUI untuk memperbaiki bugs yang ada. Tapi umumnya, masalah pada aplikasi bisa terjadi karena banyak hal, bisa virus, file sampah, corrupt, dan lainnya. Untuk mengatasinya, silahkan anda mencoba beberapa metode sederhana berikut ini.

1. Hapus File Sampah..

Untuk metode pertama yang paling sederhana yakni dengan membersihkan file sampah pada perangkat Xiaomi anda. Gunakan Aplikasi bawaan Xiaomi bernama “KEAMANAN” untuk menghapus file sampah secara total. Anda juga bisa menghapus file sampah langsung melalui manajeman aplikasi terinstall. Anda bisa ikuti metodenya berikut ini.

Hapus Cache Musik Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Musik” » Selanjutnya tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

2. Hapus Data Aplikasi

Untuk metode kedua, seperti biasanya, anda bisa mencoba dengan menghentikan dan menghapus data aplikasi musik. Umunya, dengan menghapus data, aplikasi akan kembali normal karena pengaturan pun juga kembali pada posisi awal. Dan perlu diingat bahwa menghapus data bukan menghapus semua file audio atau musik, tetapi menghapus data dari aplikasi berupa basis data, history, bookmark, file cache atau sampah, dan lainnya. Dan untuk mencobanya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Musik Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Musik” » Selanjutnya tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

3. Update MIUI Xiaomi

Dan untuk solusi ketiga, anda bisa mencoba untuk Update Sistem Xiaomi atau lebi dikenal dengan MIUI Xiaomi. Karena umumnya, aplikasi bawaan (Bloatware) jika dilakukan Update akan normal kembali. Kerusakan pada aplikasi bisa jadi karena memang aplikasi tersebut masih memiliki kekurangan. Sebagai catatan, langkah yang ini anda lakukan apabila anda belum melakukan Update pada perangkat Xiaomi anda. Dan untuk Update, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Update MIUI Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Tentang Ponsel » Pembaruan Sistem » tap “Perbarui” » ikuti langkah selanjutnya…..

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

4. Gunakan Aplikasi Lain

Apabila metode diatas dirasa terlalu ribet, anda bisa mencoba alternatif lain dengan mencari aplikasi pemutar musik di Google Play Store. Ada banyak pilihan yang bisa anda coba seperti MX Player, VLC Player, GOM, JOOX, dan lainnya.

Baca Juga :

5. Flashing…

Solusi terakhir dari masalah aplikasi pemutar music yakni dengan flashing ulang perangkat Xiaomi anda. Metode ini terbilang cukup ribet, karena anda harus download ROM MIUI Xiaomi sesuai dengan perangkat Xiaomi anda. Anda juga butuh software MiFlashing untuk melakukannya. Lebih mudahnya, anda bisa mencari tutorial flashing Xiaomi “Searching di Google”.

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi Note, Note 2, Note 3, Redmi Note 4, Note 4X, Note 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Xiaomi Redmi Note 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi Note, Mi Note Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari tutorial atau metode diatas, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi “Musik Telah Berhenti” di HP Xiaomi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin anda tanyakan terkait masalah pesan error pada Xiaomi, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here