5 Cara Mengatasi “Sayangnya, Grab Telah Berhenti” di HP Android

0
1174

Dianisa.com – Mengatasi “Sayangnya, Grab Telah Berhenti” di HP Android. Grab merupakan salah satu perusahaan jasa atau penyedia transportasi asal Malaysia yang berbasis online. Tidak hanya di Indonesia, Grab juga ada pada negara di Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Jika kita lihat dari #Google Play Store sendiri, Grab telah mendapat unduhan hingga 50 juta lebih dari seluruh negara di Asia Tenggara. Menariknya, ada banyak fitur yang disematkan pada Layanan Grab seperti GrabTaxi, GrabCar, GrabBike, GrabFood, GrabExpress, dan lainnya.

Baca Juga :

Mengatasi Grab Telah Berhenti

Tak menutup kemungkinan, dibalik keunggulan fitur dan kelebihan dari Grab, sebagian pengguna juga mendapati kendala dan masalah saat menggunakan Aplikasi Grab, salah satunya yakni muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya, Grab Telah Berhenti”, “Unfortunately, Grab Has Stopped”, Tidak Tersambung, Tidak Dapat Masuk, dan lainnya. Dan untuk mengatasinya, cobalah beberapa metode sederhana yang saya tulis berikut ini.

1. Restart Smartphone

Penjelasan dari help Grab, apabila terjadi masalah pada Aplikasi Grab, yang sederhana pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan Restart Smartphone atau mematikan ponsel selama beberapa saat. Coba lakukan cara ini, lalu buka kembali Aplikasi Grab.

2. Periksa Konektivitas

Yang kedua yakni pastikan konektivitas Internet di HP android anda lancar dan maksimal. Cobalah untuk membuka beberapa laman di web browser seperti google.com, facebook.com, atau yang lainnya untuk memastikan sambungan Internet di HP android anda benar – benar lancar.

3. Bersihkan Cache Aplikasi

Metode ketiga yang bisa anda lakukan yakni membersihkan Cache pada Aplikasi Grab. Sangat dianjurkan untuk membersihkan cache secara lebih rutin agar kinerja aplikasi dapat berjalan lancar dan maksimal. Anda bisa memanfaatkan Aplikasi Cleaner atau Keamanan untuk membersihkan file cache. Untuk cara manualnya, anda bisa ikuti petunjuk-nya dibawah ini.

Bersihkan Cache Grab

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Grab” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Bersihkan Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Hapus Data Aplikasi

Metode selanjutnya yakni menghentikan aplikasi secara paksa dan juga menghapus data aplikasi Grab. Cara ini akan mengembalikan Grab ke posisi default atau awal. Data yang terhapus akan berupa history, file cache, basis data, data login, dan lainnya. Dan untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Grab

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Grab” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

5. Instal Ulang Aplikasi

Dan untuk yang kelima, anda bisa mencoba untuk instal ulang aplikasi Grab. Pertama, anda harus menghapus Aplikasi, lanjutkan dengan membersihkan semua file cache, kemudian restart Smartphone. Dan barulah nanti install kembali Aplikasi Grab melalui Google Play Store secara langsung. Untuk petunjuk Uninstall, anda bisa lihat contohnya dibawah ini.

Uninstal Grab

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Grab” » Selanjutnya tap “Uninstall” » kemudian Pilih “OKE”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Itulah metode sederhana dalam mengatasi masalah Aplikasi Grab yang muncul pesan error atau yang lainnya. Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Android seperti OPPO, Lenovo, ASUS Zenfone, Xiaomi, HTC, LG, Motorola, SAMSUNG, VIVO, Honor, Acer, Infinix, Advan, dan lainnya.

Setiap perangkat memiliki masalah yang berbeda – beda, maka dari itu saya tidak dapat memastikan metode diatas dapat berhasil mengatasi masalah di HP Android anda. Untuk itu, jika anda kurang puas dengan solusi yang saya berikan, silahkan cari solusi lain atau hubungi Help Grab secara langsung melalui laman resmi.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Grab Telah Berhenti” di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here