Galaxy Buds 2 rilis dengan membawa teknologi “Active Noise Cancellation”

Dalam event Samsung Galaxy Unpacked 2021 yang digelar pada kemarin malam, tepatnya pada Rabu, 11 Agustus 2021, akhirnya Samsung merilis beberapa perangkat mobile andalannya. Selain memperkenalkan Galaxy Watch 4 dengan OS barunya (Wear OS), Galaxy Fold 3 dan Galaxy Flip 3 dengan peningkatan durabilitas yang lebih baik, tidak lupa Samsung juga memperkenalkan Galaxy Buds 2 yang menjadi penerus dari Galaxy Buds Pro.

Secara kasat mata, Galaxy Buds 2 beserta casing pengisi dayanya hadir dengan desain yang mirip dengan seri sebelumnya Galaxy Buds Pro. Namun yang menarik dari seri terbaru kali ini yakni teknologi yang di usungnya, yang mana belum tersedia di Galaxy Buds Pro maupun Galaxy Buds Live. Salah satu fitur menarik dari Galaxy Buds 2 adalah peredam bising yang mana mampu memaksimalkan pengguna ketika ingin mendengarkan musik ataupun melakukan panggilan telepon.

Galaxy Buds memberikan kenyamanan pada telinga dengan bentuk terkecil dan teringan yang Samsung buat. Dari kenyamanan serta kualitas suara yang dihasilkan, pengguna dapat tenggelam dengan konten favorit yang didengarnya.

Fitur Active Noise Cancellation Galaxy Buds 2

Active Noise Cancellation (ANC) merupakan teknologi yang Samsung bawa ke dalam Galaxy Buds 2, yang mana mampu mengurangi suara bising dengan tingkat akurasi hingga 98%. Pengguna dapat mengontrol penggunaan ANC langsung pada Galaxy Buds 2, aplikasi Buds Controller, dan juga Galaxy Watch 4 (bagi yang memilikinya). Ada dua mode yang tersedia, yakni mode ANC dan mode Ambient. Ketika mode ANC aktif, Galaxy Buds 2 benar-benar akan meredam suara bising yang ada di sekitar. Lebih dari itu, pengguna memiliki opsi untuk mengontrol penggunaan mode tersebut.

Fitur ANC Galaxy Buds 2
Bodi Galaxy Buds 2 dengan warna putih hitam. The Verge

Mode Ambient digunakan dalam kondisi di mana pengguna tetap ingin mendengar suara di sekitarnya, tanpa mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Ada tiga level dari mode Ambient, yakni Low, Medium, dan High. Dengan begitu, pengguna tetap dapat berkomunikasi atau mengobrol dengan orang di sekitar. Fitur ini sebenarnya telah ada di AirPods Pro dalam mode Transparency. Untuk opsi lebih cepat, pengguna dapat menggunakan Galaxy Watch 4 untuk beralih ke mode ANC atau mode Ambient tanpa harus membuka aplikasi.

Ketika mode ANC aktif, Galaxy Buds 2 dapat bertahan selama 5 jam pemakaian, sementara ketika mode ANC mati (off), Galaxy Buds 2 dapat bertahan hingga 7 jam. Jika ingin mendapatkan tambahan 15 jam penggunaan ANC, pengguna dapat menggunakan casing pengisi daya. Jika ditotal, Galaxy Buds 2 dapat bertahan hingga 20 jam bersamaan dengan penggunaan casing pengisi daya.

Teknologi baru yang hadir di Galaxy Buds 2

Selain ANC, Samsung juga membawa teknologi “Advanced Call Quality” yang mana mampu membuat panggilan telepon terasa lebih jelas. Terdapat tiga mikrofon yang ditempatkan pada Galaxy Buds 2, ketiganya digunakan untuk menghadirkan suara yang jernih dengan mengidentifikasi suara yang tidak dinginkan. Ini dapat dilakukan dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan, “machine learning-based solution” yang digunakan untuk menyaring berbagai suara latar belakang yang mengganggu.

teknologi baru Galaxy Buds 2
Bodi Galaxy Buds 2 dengan warna putih hitam. The Verge

Menariknya lagi, Galaxy Buds 2 hadir dengan voice pickup unit (VPU) yang mampu menghasilkan suara yang jauh lebih jernih. Terdapat dua speaker dalam Galaxy Buds 2, yakni Woofer untuk bass yang lebih bertenaga dan Tweeter untuk nada tinggi yang lebih bersih. Hasilnya, keduanya mampu menghasilkan suara yang seimbang dan mempesona.

ColorsOlive, Graphite, Lavender, dan juga White
Dimension and WeightEarbud
Dimensions: 17.0 x 20.9 x 21.1mm
Weight: 5.0g
Charging Case
Dimensions: 50.2 x 50.0 x 27.8mm
Weight: 41.2g
PerformanceChipset: BES2500ZP
OS: RTOS
Speaker: Dynamic 2 Way: Woofer & Tweeter
Mic: 3 Mics + VPU
Connectivity
Bluetooth: 5.2 BT
Profile: HFP, A2DP, AVRCP
Codec: Scalable (Samsung proprietary), AAC, SBC
Sensor: Accelerometer, Gyro, Proximity, Hall, Touch, VPU (Voice Pickup Unit)  
BatteryPlay time
5h / TTL 20h (ANC ON)
*Bixby voice wake-up OFF
7.5h / TTL 29h (ANC Off)
Talk time 3.5h / TTL 13h (ANC ON)
3.5h / TTL 14h (ANC Off)
Quick charging
40min play / 3min charging (Wired, Wireless, D2D)
60min play / 5min charging (Wired, Wireless, D2D)
150min play / 10min charging (Wired, Wireless)
In the boxEarbuds 1 set
Charging Case
Ear tips (Small, Medium, Large)
Cable (USB Type-C)
Quick Start Guide
Galaxy Buds 2. YouTube | SAMSUNG

Untuk harganya sendiri, Galaxy Buds 2 dijual dengan harga $149 atau sekitar Rp. 2,1 jutaan. Galaxy Buds 2 tersedia dalam beberapa pilihan warna, yakni Olive, Graphite, Lavender, dan juga White. Jika dilihat dari casing pengisi daya, Galaxy Buds 2 memang terlihat sama dengan yang lainnya, tetapi jika dilihat dari dalam, terdapat beragam pilihan warna yang bisa dijadikan pilihan. Bagaimana, tertarik untuk memiliki Galaxy Buds 2? Tulis opini Anda mengenai Galaxy Buds 2 di kolom komentar!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.