23 Quotes Ustadz Adi Hidayat, Pendakwah Cerdas

Ustadz Adi Hidayat  adalah ustadz yang dikatakan sebagai penceramah cerdas, sudah tidak asing lagi namanya di telinga masyarakat. Melalui kajian-kajian Islami, Ustadz Adi Hidayat memiliki banyak jemaah dan penggemar.

Beberapa ceramahnya banyak di bagikan di sosial media Instagram, YouTube membuat Ustadz Adi Hidayat selalu diikuti dan dikenal banyak orang.

Ustadz Adi Hidayat adalah seorang kelahiran Pandeglang, Banten lahir pada tanggal 11 September 1984, ia berumur 35 tahun. Sebagai seorang ulama ia sangat menguasai isi kitab suci Al-Qur’an, ilmu hadist, serta berbagai ilmu kitab beserta makna dan posisinya.

Masa kecilnya berawal di Sekolah Madarasah Salafiyyah Sanusiyyah, Pandeglang. Ia gemar menjadi penceramah cilik sejak kecil kerap diacara wisuda santri. Beranjak SMP hingga SMA, Ustadz Adi Hidayat menempuh pendidikannya di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah, Garut.

Dari prestasi agama dan lomba Qur’an, ia mendapat banyak mendapatkan penghargaan dari tingkat pesantren hingga provinsi.

Kuliah di UIN Syarif Hidayatullah dan Libya

Pada tahun 2003, ia mendapat jalur PMDK dari Fakultas Dirasat Islamiyyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah bertempat di Jakarta. Disana Fakultas tersebut telah bekerjasama dengan Universitas Al-Azhar Kairo. Ustadz Adi Hidayat lulus dan menjadi mahasiswa terbaik.

Tidak berhenti disana, karena tekad kuatnya menempuh ilmu agama, ia mendapat pendidikan di Libya yaitu Kuliyya Dakwah Islamiyyah pada tahun 2005.

Kata Bijak Ustadz Adi Hidayat tentang Ibadah
image source : wikimedia.org

Ustadz Adi Hidayat menimba berbagai ilmu agama di Libya, disiplin ilmu Al-Qur’an yang ia pelajari meliputi, Hadist, Fiqh, Ushul, Tarikh, Lughah. Disana ia menimba ilmu dan juga melakukan pelajaran diluar pendidikan formal seperti bertalaqqi pada masyayikh di Libya, maupun negara lain yang ia kunjungi.

Ia juga sangat aktif dalam megikuti kegiatan seminar bersama para pakar ulama. Tahun 2009 akhir, ia diangkat menjadi Aminul Khutaba, sebagai ketua khatib jami Dakwah Islamiyyah. Ia juga sempat mengisi acara tsaqafah Islamiyyah di salah satu channel TV Libya at-tawashul.

Lihat Juga : 27 Kutipan KH. Ahmad Dahlan, Pendiri Muhammadiyah

Mendirikan Quantum Akhyar Institute

Ia kembali ke tanah air Indonesia pada awal tahun 2011 yang kemudian ia mengasuh sebuah Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Hikmah di Lebak Bulus. Ustadz Adi Hidayat juga mendirikan Quantum Akhyar Institute, yang merupakan lembaga kajian Islam.

Ia juga mendirikan Akhyar TV pada tahu 2016, yang merupakan media channel inspiratif, kajian islam, fiqh, dan kajian kitab – kitab.

Hingga kini Ustadz Adi Hidayat menjadi aktivis dan narasumber keagamaan baik ta’lim, seminar, dan selainnya. Selain berdakwah ia juga gemar membuat karya tulis dalam bahasa Arab maupun Indonesia. Salah satu karyanya berjudul Muslim Zaman Now yang rilis tahun 2018 silam.

Ceramah dan kajian Islam yang dibawa Ustadz Adi Hidayat sungguh menyebar luas dan dikenal masyarakat. Selain di negara sendiri, ia juga mengisi ceramah di berbagai negara lain diantaranya Jepang dan Korea Selatan.

Banyak artis yang berguru pada Ustadz Adi Hidayat

Sebagai seorang pendakwah ia dikenal santun, cerdas, fokus dan teliti di berbagai ilmu yang disampaikan. Ia selalu menggunakan media papan tulis dan spidolnya untuk mengajarkan ilmu agama kepada jemaah.

Di zaman sekarang banyak millenial muda yang mengikuti salah satu Kajian Musyawarahnya. Ia berceramah terkait makna Shalat, Rejeki, Iman, Tafsir Al-Qur’an, Hadist, Kitab dan sejarah Islam.

Artis-artis dalam negeri sperti Teuku Wisnu, Dimas Seto, Arie Untung dan banyak lagi kerap mengikuti kajiannya.

Lihat Juga : 26 Quotes Ustadz Abdul Somad, Pendakwah Inspiratif

Kata Kata Inspiratif Ustadz Adi Hidayat

Itulah ulasan singkat mengenai pendakwah cerdas Indonesia Ustadz Adi Hidayat. Mari kita simak kata kata islami Ustadz Adi Hidayat yang mampu menginspirasi dan menambah semangat kita untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta…

“Hidayah bukan hanya diberikan untuk orang yg tidak beriman saja, tapi Allah berikan hidayah pada orang yang beriman juga untuk menguatkan iman nya.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Allah sentiasa makbulkan doa kita. Cuma cepat atau lambatnya. Jika sholat ditunaikannya lambat, lambat jugalah Allah makbulkan.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Mencaci itu tidak akan menambah kemuliaanmu, dan tidak pula membuat yang kau caci berkurang keburukannya.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Jika umat islam seluruhnya dekat dgn al qur’an, maka turun rahmat kebaikan dari Allah subahanahuwata’ala dan negeri ini akan menjadi baik.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Kalau tidak bisa bersaing dengan orang sholeh dalam memperbanyak amal, maka bersainglah dengan para pendosa dalam memperbaiki diri.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Jika mata dibiasakan melihat yang tidak baik, ketika datang kebaikan padamu, maka hatimu tidak akan peka dan sulit menerimanya.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Jika yang kita dengar adalah nasihat, maka jangan lihat siapa yang mengucapkan, tapi dengarlah apa yg diucapkan. Namun jika menyangkut suatu pemikiran/pendapat, lihatlah dulu siapa yg mengucapkan, baru dengar apa yg dia ucapkan.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Candaan anak-anak palestina dalam MENGHAFAL QUR’AN “Nanti di syurga antum saya dadah-dadah karena hafalan saya sudah lebih banyak.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Islam itu menenangkan, kalau masih sering gelisah ada yang salah dengan keislamannya.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Jika ada yang lalai diingatkan, karena surga terlalu luas untuk sendirian.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Kalau anda bisa memilih yang baik, kenapa masih mempertahankan yg buruk?”

– Ustadz Adi Hidayat

“Kalau pengetahuan anda mau ditambah oleh Allah, mudah dalam belajar, kuat dalam ingatan. Tingkatkan takwamu kepada Allah maka Allah akan ajarkan anda pengetahuan (ilmu).”

– Ustadz Adi Hidayat

Lihat Juga : 33 Quotes Felix Siauw, Ustadz Beretnis Tionghoa

“Ketika seseorang mndapatkan ujian yang mngguncang jiwa, maka itu tandanya Allah ingin menaikkan derajat keimanan orang tersebut ke level tingkatan iman yang lebih tinggi. Maka berbahagialah! Karena ujian itu tanda cinta Allah kepada orang tersebut untuk mningkatkan kualitas hidupnya.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Kunci dari semua hal adalah shalat. Kalau kita masih sering berbuat salah maka ada yang salah dalam shalat kita.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Berteman carilah yang baik, candanya pun akan memberikan faedah, umumnya keseharian nya sederhana dan rendah hati. Sudahkah kita memiliki sahabat seperti itu? Kalau belum, cari sekarang, mumpung masih ada waktu. “

– Ustadz Adi Hidayat

“Nabi yang sudah jelas surga saja bangun malam untuk tahajud hingga bengka-bengkak, Ada sementara yang surganya tidak jelas, amalan berantakan, hisabnya menegangkan namun masih merasa aman dengan amalnya. “

– Ustadz Adi Hidayat

“Cara shalat khusu. 1. kenakan pakaian terbaik, 2. perbaiki wudhu, wudhu yang benar, 3. hadirkan perasaan seperti shalat kita yang terakhir.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Yang terlihat sedikit bisa jadi berkahnya melimpah. Makanya jngan bosan bersyukur. Biar nikmatnya ditambah.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Seorang wanita jika kesehariannya terbiasa mengamalkan shalat fardu, shalat sunnah, puasa, baca al-qur’an. Jika tiba masa haid, dan tidak bisa mengerjakan kebiasaan keseharian nya kabar gembiranya anda tetap mendapatkan pahalanya selama masa haid.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Sudahkah kita mengerti ? Dari sekian ribu shalat yang kita tunaikan, berapa persen yang kita paham artinya. Jangan-jangan kita shalat tapi tidak tahu artinya. Bagaimana bisa khusyu’ kalau kita tidak mengerti apa yang kita lakukan?”

– Ustadz Adi Hidayat

“Jaminan Allah Bagi Orang yang Shalat Tahajud. 1. Disukseskan karir/dimudahkan pekerjaan. 2. Dibimbing mengawali aktivitas. 3. Diberikan solusi terbaik ketika terkena masalah. 4. Ditolong Allah tanpa perantara.”

– Ustadz Adi Hidayat

“Kalau kita tak punya harta tidak apa-apa, kita punya doa. Kalau kita tampangnya biasa, tidak apa-apa, kita doanya luar biasa. Kalau kita merasa tidak menarik, tidak apa-apa, doa kita itu menarik di sisi Allah. Pokonya kalau kita tidak punya modal apapun dalam hidup kita masih punya Allah SWT, tinggal minta.”

– Ustadz Adi Hidayat

NOTE: Kutipan diambil dari beragam sumber.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.