17 Quotes Sudono Salim, Pendiri Salim Group

Sudono Salim, mungkin jika anda mendengar nama yang satu ini pastinya tidak asing lagi bukan? Pria dengan nama Liem Sioe Liong atau lebih dikenal dengan nama Sudono Salim. Lahir pada tanggal 19 Juli 1916 di Fuqing, Tiongkok.

Memang beliau telah meninggal pada tanggal 10 Juni 2012 silam di Singapura. Akan tetapi, prestasi dan perjuangan beliau sangatlah di kenang hingga saat ini.

Sudono Salim merupakan pendiri Salim Group yang meliputi Indofood, Indomobil, Indocement, Indosiar, BCA, Indomaret, Indomarco, dan masih banyak lagi.

Sekilas informasi mengenai beliau, sebelum beliau mencapai kesuksesaannya. Pria yang lebih dikenal dengan nama Sudono Salim ini lahir dari keluarga dengan tingkat ekonominya rendah dan juga kehidupannya keras.

Faktanya untuk melakukan sebuah titik pencapaian yang tinggi, beliau harus berjuang dan bekerja keras.

Kehidupan di Masa Muda

Sudono Salim merupakan putra ke dua dari seorang petani Fujian yang hidupnya sangatlah miris dan susah. Hal tersebut dapat terbukti saat ia berusia 15 tahun.

Dikarenakan terdapat masalah keuangan dan membantu ayahnya berjualan mie, yang mana pada saat itu beliau harus berhenti sekolah.

Sudono Salim atau lebih dikenal dengan sebutan paman Lim di Indonesia. Pada tahun 1936, beliau bermigrasi ke Indonesia untuk mengikuti jejak saudaranya di Medan. Dengan tujuan ingin mengubah hidupnya.

Setelah itu, mulailah beliau menjalankan bisnis perdagangan minyak kacang hingga menjadi pemasok cengkeh untuk perusahaan rokok di Kudus. Memang dimasa itu bisnis tersebut sangatlah menjanjikan.

Pada saat perang dunia ke 2, beliau juga pernah menjadi pemasok obat – obatan untuk tentara revolusi. Dan hal tersebut lah yang membuat Sudono Salim dekat dengan presiden ke-2 yakni Soeharto.

Lihat Juga : 90 Quotes Bong Chandra, Pengusaha & Motivator

Pencapaian Karir Sudono Salim

Berbicara mengenai pencapaian karir Sudono Salim, pastinya tidak akan ada habisnya. Bagaimana tidak, beliau sendiri memiliki perilaku yang tidak akan pernah puas dan hal tersebut yang membuat beliau selalu memperluas bisnisnya.

Kata Bijak Sudono Salim
Image Source : jabar.tribunnewa.com

Yang mulanya hanya berbisnis minyak kacang dan pemasok cengkeh, beliau juga memperluas ke pemasok sabun dan obat – obatan pada tahun 1936 saat perang dunia ke-2.

Selanjutnya pada tahun 1956, beliau bekerja sama dengan beberapa pengusaha yang mana dapat mendirikan perusahaan perbankan pertamanya, yakni BCA (Bank Central Asia) dan BWK (Bank Windu Kencana).

Pada beberapa tahun berikut, tepatnya tahun 1968 beliau membuat perusahaan bergabung dengan Cina lainnya dan dapat membuat PT. Bogasari Flour Mill yang mana pada saat itu menjadi perusahaan terbesar yang menangani kebutuhan tepung di Indonesia.

Tidak hanya itu saja, beliau juga mendirikan perusahaan mie instan bernama PT. Indomie tahun 1990. Yang mana perusahaan tersebut terkenal dan viral di seluruh dunia.

Lihat Juga : 31 Quotes Ustadz Hanan Attaki, Founder SHIFT

Kata Bijak Sudono Salim

Di samping permasalahan yang di hadapi beliau di masa sulit tersebut. Terdapat satu perilaku yang membuat beliau tidak bisa dihancurkan meskipun banyak permasalahan menimpanya.

Yakni perilaku pantang menyerah Sudono Salim, dan hal tersebut dapat terbukti ketika krisis moneter 1998 yang mana beliau harus melepaskan beberapa perusahaannya, kerusuhan menyerang dan bahkan membakar rumahnya.

Hal tersebutlah yang membuat beliau dikagumi dan dapat menginspirasi banyak orang. Dan berikut ini kata bijak Sudono Salim yang dapat anda jadikan referensi atau inspirasi untuk mencapai berbagai hal …

Carilah kebahagiaan di dalam dirimu.

– Sudono Salim

Hiduplah sederhana sebagaimana hidupmu sendiri.

– Sudono Salim

Bersemangatlah dan efektif dalam menggunakan waktu.

– Sudono Salim

Jangan habiskan uang untuk hal yang tidak benar-benar penting.

– Sudono Salim

Uang tidak menciptakan manusia, manusialah yang menciptakan uang.

– Sudono Salim

Bagaimana kalau gagal dalam usaha? Jangan putus asa. Bangun lagi dengan kiat baru! Begitu seterusnya hingga anda menemukan formula paling pas untuk sukses.

– Sudono Salim

Jika ingin sukses jangan berpangku tangan saja. Semasa muda, bekerjalah habis habisan.

– Sudono Salim

Jangan cuti lama-lama, jangan selalu jalan jalan dan jangan tidur cepat! Jangan pula mudah menyerah pada kesulitan.

– Sudono Salim

Jangan melakukan apa pun yang dikatakan orang, dengarkan mereka, tetapi lakukan yang baik saja.

– Sudono Salim

Lihat Juga : 125 Quotes Najwa Shihab, Presenter Hebat Indonesia

Jauhkan dirimu dari pinjaman bank atau kartu kredit dan berinvestasilah dengan apa yang kamu miliki.

– Sudono Salim

Kalau Anda mudah putus asa, sebaiknya jadi pekerja saja, jangan jadi usahawan!

– Sudono Salim

Dengan uang, kamu bisa membeli buku, tetapi bukan pengetahuan.

– Sudono Salim

Dengan uang, kamu bisa membeli posisi, tetapi bukan rasa hormat.

– Sudono Salim

Dengan uang, kamu bisa membeli darah, tetapi bukan hidup.

– Sudono Salim

Dengan uang, kamu bisa membeli jam, tetapi bukan waktu.

– Sudono Salim

Dengan uang, kamu bisa membeli rumah, tetapi bukan tempat tinggal

– Sudono Salim

Dengan uang, kamu bisa membeli tempat tidur, tetapi bukan tidur.

– Sudono Salim

Jadilah pengusaha yang memiliki karakter yang baik. Orang yang sukses dengan cara curang, pasti akan segera gulung tikar karena orang orang/publik menolaknya. Oleh karena itu, lebih baik untung sedikit, namun diusahakan secara jujur dan ikhlas.

– Sudono Salim

Jangan memakai merek, pakailah yang benar-benar nyaman untukmu.

– Sudono Salim

Jangan terlena asuransi karena uangmu mati dan tidak bisa digunakan dalam waktu 10 tahun! Baiknya, buka rekening baru dan buat asuransi kreasimu sendiri.

– Sudono Salim

NOTE: Kutipan diambil dari beragam sumber.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.