28 Quotes Sandiaga Uno, Pengusaha & Politikus Indonesia

Siapa yang sampai saat ini belum mengenal Pak Sandiaga Uno? Mungkin anak-anak dan orang-orang yang tidak pernah mendengarkan atau membaca berita. Sebelum masuk dalam dunia politik Pak Sandiaga adalah salah satu pengusaha tersukses di Indonesia. Ia bahkan sering membawakan seminar mengenai kewirausahaan kepada pemuda-pemuda di Indonesia.

Lahir pada 28 Juni 1969 di Rumbai, Pekanbaru dengan nama lengkap Sandiaga Salahuddin Uno, Pria yang sering disapa dengan Pak Sandi ini adalah seorang pengusaha dan politikus yang sukses. Ia bahkan pernah menduduki kursi Wakil Gubernur Jakarta dan menjadi Calon Wakil Presiden pada pilpres lalu.

Di bidang Wirausaha sendiri Pak Sandi merupakan seorang pendiri perusahaan Investasi yang bernama Saratoga Investama Sedaya, perusahaan ini aktif dalam bidang infrastruktur dan sumber daya alam.

Masuk Ketegori Orang Terkaya di Indonesia

Quotes Sandiaga Uno
image source : detik.net.id

Dengan Kesuksesannya di bidang wirausaha, Pak Sandi bahkan masuk dalam 100 Orang terkaya di Indonesia pada tahun 2018 dengan total kekayaan sekitar US$300 Juta, yang jika dirupiahkan akan memiliki banyak sekali angka 0 (nol).

Semua itu bisa didapatkannya berkat tekad dan kerja keras yang dimilikinya, Ia meyakini bahwa Kunci untuk meraih kesuksesan adalah keberanian dan optimisme dalam memandang masa depan, tidak lupa jaringan juga memberikan 30% untuk kesuksesannya.

Sampai saat ini Pak Sandi adalah orang hebat yang dapat kita jadikan sebagai panutan untuk mencari kunci sukses, berikut ini telah saya rangkum beberapa kutipan hebat yang pernah disampaikan Pak Sandiaga Salahuddin Uno.

Lihat Juga : 40 Quotes Jack Ma, Pendiri Alibaba Group

Quotes Sandiaga Salahuddin Uno

“Pesan saya pada generasi muda ialah jangan takut untuk berwirausaha. Di mana ada kesempatan untuk dilatih keterampilannya serta mendapat pendampingan usaha, ambil kesempatan itu. Sukses atau tidaknya suatu usaha ditentukan oleh seberapa keras & seberapa cerdas kita bekerja.”

– Sandiaga Uno

“Pendidikan merupakan bekal yang sangat penting bagi setiap insan. Oleh karena itu, kesejahteraan guru dan tenaga didik harus terfasilitasi dengan baik.”

– Sandiaga Uno

“Bangsa ini butuh lebih banyak lagi milenial-milenial yang dapat berkontribusi secara konkret. Dengan penuh keyakinan saya akan terus mengawal potensi ini demi terwujudnya Indonesia yang adil dan makmur dari tangan anak-anak mudanya.”  

– Sandiaga Uno

“Sebagai generasi penerus bangsa, anak-anak muda harus berani berinovasi menciptakan suatu karya atau gerakan yang dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.”  

– Sandiaga Uno

“Semuanya sukses di bidangnya karena mereka memiliki kecintaan dengan apa yang mereka lakukan. Pesan saya untuk anak-anak muda yang ingin sukses: Whatever you do, do what you love, and love what you do. Kerjakan bidang yang kita cintai dan nikmati.”  

– Sandiaga Uno

“Sebagai bangsa yang besar serta berbagai karunia pesona keindahan alamnya, kita harus partisipatif-kolaboratif dalam mengelolanya kekayaan ini.”  

– Sandiaga Uno

“Saya bertekad menumbuhkan Koperasi menjadi Unicorn Koperasi (Unikop) yang membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan menjadi Sokoguru Ekonomi Bangsa seperti yang dicita-citakan oleh Bung Hatta.”  

– Sandiaga Uno

“Inilah indahnya Indonesia, walau terdiri dari berbagai macam suku, agama dan ras, namun persatuan tetap menjadi yang utama.”  

– Sandiaga Uno

“Kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas, di mana pun kita berada itu sangat relevan. Jadi kalau kita punya semangat seperti itu, menjadi pengusaha itu akan menjadi sangat simple. Kalau kita punya visi ke depan untuk menciptakan nilai tambah, bukan ingin cepat kaya. Kalau ingin cepat kaya akhirnya kita selalu dihadapkan pada situasi yang sangat sulit.”  

– Sandiaga Uno

Lihat Juga : 30 Quotes Jeff Bezos, Sang Pendiri Amazon

“Kesetaraan adalah faktor kunci kemajuan ekonomi nasional suatu bangsa. Saya adalah orang yang tidak suka mendikotomikan pengusaha besar dan kecil. Oleh karena itu, harus ada kesetaraan, dimana akan terjadi linkage antara perusahaan besar dan UMKM.”  

– Sandiaga Uno

“Mimpi saya kedepan adalah 60% perguruan tinggi di Indonesia mampu menciptakan lapangan kerja bukan mendidik mahasiswanya untuk mencari pekerjaan.”  

– Sandiaga Uno

“Kita harus menyadari pentingnya dan tingginya peran lembaga pendidikan universitas, training atau pelatihan sehingga dapat menciptakan platform dan lingkungan yang menghasilkan entrepreneurs simply by choice, by opportunity, not by accident or necessity.”  

– Sandiaga Uno

“Entrepreneurship itu bukan profesi, melainkan sebuah mindset. Yakni, mindset yang terdiri dari kerja keras, sikap hidup optimis, inovatif, kreatif, serta leadership.”  

– Sandiaga Uno

“Chance never knock at your door twice. Kesempatan datangnya hanya sekali, jika dia datang, segera ambil dan kerjakan sekarang juga.”  

– Sandiaga Uno

“Saya mempelajari bahwa sukses itu mencakup berbagai macam hal, dengan hanya mendalami satu prinsip sukses atau hanya memfokuskan pada satu bagian dalam hidup, tidak akan membawa kita menuju puncak kesuksesan. Namun apabila kita terus selalu mencoba untuk belajar dari kesalahan dan kegagalan kita (trial and error), maka saya optimistis hal tersebutlah yang akan menghantarkan kita pada puncak kesuksesan.”  

– Sandiaga Uno

“Kewirausahaan adalah tentang melakukan dan bukan hanya berbicara tentang melakukan. Jika kita tidak bersenang-senang, kita tidak melakukannya dengan benar.”  

– Sandiaga Uno

“To lead is never one man show. A True leader harus dapat meramu speed, endurance and teamwork menjadikan sebuah simfoni yang indah.”  

– Sandiaga Uno

“Saya ingin agar kaum muda bisa jadi wirausahawan yang bisa membuat Indonesia ini lebih baik. Syaratnya harus punya empat AS yaitu: kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas.”  

– Sandiaga Uno

“Kesuksesan hanya dapat terjadi melalui kerja keras, tidak pernah menyerah. Jika kita tidak dapat, menghadapi kegagalan, akan sulit untuk berhasil. Itu sangat benar jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha.”  

– Sandiaga Uno

“Modal besar? Yang paling penting ide. Ide kita itu kalau misalnya bisa dikemas dengan baik, uang ngejar kita kok. Saya memulai usaha juga tidak pakai modal yang banyak-banyak.”  

– Sandiaga Uno

“Banyak hal yang ada di luar kontrol kita. Kita mesti bersiap-siap dalam setiap kesempatan. Jadi risiko itu adalah bagian yang tidak terpisahkan baik kita sebagai profesional, terutama kalau kita sebagai entrepreneur.”

– Sandiaga Uno

“Keberhasilan adalah hal yang rumit karena tidak dapat dicapai dengan mudah dalam satu langkah. Sukses adalah rumit, penuh cobaan, kegagalan, tantangan atau gangguan.”  

– Sandiaga Uno

“Kita harus percaya bahwa rezeki itu tidak pernah tertukar. Rezeki itu sudah digariskan untuk kita, yang kita bisa kontrol adalah bagaimana ikhtiar kita untuk menjemput rezeki tersebut.”  

– Sandiaga Uno

“Cara menyingkirkan kendala-kendala adalah terus optimis dan pantang menyerah serta selalu mensyukuri sekecil apapun keberhasilan atau prestasi yang dicapai.”  

– Sandiaga Uno

“Pengusaha sosial harus memiliki motto berpikir secara global, bertindak lokal. lndonesia membutuhkan pengusaha sosial karena pemerintah terlalu sibuk memikirkan isu-isu politik. Masalah-masalah sosial yang tidak ditangani dengan baik oleh pemerintah dapat diselesaikan oleh pengusaha sosial.”  

– Sandiaga Uno

Lihat Juga : 20 Quotes Anies Baswedan, Tentang Mimpi Anak Muda

“Bergaul dan bertemanlah sebanyak-banyaknya, dari situ kita bisa mendapatkan banyak informasi dan peluang usaha yang cocok, jika perlu bergabung dalam suatu organisasi yang berhubungan dengan bidang usaha kita. Dengan begitu akses usaha kita untuk berkembang akan semakin terbuka lebar.”  

– Sandiaga Uno

“Sejatinya pemimpin yang patut menjadi panutan bagi pengikutnya adalah dia yang memimpin dengan contoh, dan bisa menjadi katalis dalam lingkungannya.”  

– Sandiaga Uno

“Kita harus paham soal diri kita, supaya paham juga jalan mana yang lebih efektif untuk diambil menuju sukses.”

– Sandiaga Uno

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.