22 Macam – Macam Warna Ungu Beserta Kode Warnanya

Ketahui aneka ragam warna ungu beserta kode warnanya melalui pembahasan berikut!

Spektrum warna merupakan rentang lengkap warna yang terbentuk pada saat cahaya putih melewati prisma atau terurai oleh tetesan air seperti pada pelangi. Spektrum warna yang terlihat meliputi rentang warna dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, hingga ungu. Warna ungu merupakan sebuah warna spektrum yang terletak antara biru dan merah. Warna ungu sering kali dianggap sebagai perpaduan antara warna biru dan merah, sehingga menimbulkan nuansa yang khas.

Ungu dapat mempunyai berbagai macam dan tingkat kecerahan yang berbeda. Beberapa variasi warna ungu yang umum diketahui yaitu ungu muda, ungu tua, uang terang, dan lain sebagainya. Ungu sering dikaitkan dengan simbol kemewahan, keanggunan, kreativitas dan spiritualisasi. Warna ungu juga digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari desain grafis, interior, fashion hingga sebagai branding. Berikut penjelasan lengkap tentang arti warna ungu, makna hingga macam-macam warna ungu beserta kode warnanya.

Ringkasan

  • Makna warna ungu yaitu untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi, menghubungkan tentang kemewahan, kelembutan, feminimitas.
  • Kode heksadesimal adalah sistem yang digunakan untuk merepresentasikan warna dalam format heksadesimal menggunakan kombinasi angka dan huruf.
  • Contoh macam-macam warna ungu di antaranya : Mulberry, Lavender, Amethyst, Violet, Purple, Eggplant, Magenta, Mauve, Lilac, Pulm dan sebagainya.
  • Kombinasi warna yang cocok dengan ungu yaitu : ungu dengan putih, ungu dengan emas, ungu dengan abu-abu, dan lainnya.

Lihat Juga : Kode Warna Background Pas Foto

Makna warna ungu

Makna Warna Ungu
Sumber Gambar : wallpapercave.com

Warna ungu mempunyai beragam makna yang bervariasi tergantung pada konteks budaya, psikologi dan penggunaannya. Berikut adalah beberapa makna umum yang selalu dikaitkan dengan warna ungu:

1. Kreativitas dan imajinasi

Warna ungu sering kali dikaitkan dengan kekreatifan, kebebasan berimajinasi dan ekspresi artistik. Warna ini dapat mendorong pemikiran kreatif dan inovasi.

2. Kekuasaan dan kemewahan

Warna ungu pun terkadang dihubungkan dengan kekuasaan, kemewahan dan kebangsawanan. Dalam konteks sejarah, warna ungu sering digunakan oleh kalangan elit atau raja-raja sebagai simbol status sosial yang tinggi.

3. Spiritualitas dan keagamaan

Warna ungu sering dihubungkan dengan spiritualitas, kebijaksanaan dan kesadaran. Berbicara mengenai tradisi keagamaan, warna ungu sering digunakan sebagai lambang transedensi, dan pengetahuan spiritual.

4. Misteri dan keajaiban

Selain yang disebutkan di atas, warna ungu juga sering dikaitkan dengan atmosfer misterius dan keajaiban, terdapat hal-hal yang berada di luar pemahaman. Warna ungu dapat menciptakan efek dramatis dan mengundang rasa ingin tahu yang tinggi.

5. Kelembutan dan feminimitas

Beragam variasi dari warna ungu, seperti warna ungu muda atau lavender sering dihubungkan dengan kelembutan. Keanggunan dan feminim. Warna ungu juga sering digunakan untuk desain grafis, seperti desain produk, pakaian yang ditujukan kepada mayoritas kaum perempuan.

Lihat Juga : Download Template Jas Wanita

Apa itu kode warna atau heksadesimal?

Apa itu Kode Warna Ungu
Sumber Gambar : wallpapercave.com

Kode heksadesimal adalah sistem yang digunakan untuk merepresentasikan warna dalam format heksadesimal menggunakan kombinasi angka dan huruf. Format ini terdiri dari enam digit yang terdiri dari angka 0-9 dan huruf A-F, yang mewakili nilai dalam sistem bilangan basis 16.

Dalam konteks warna, kode heksadesimal terdiri dari tiga pasangan digit yang mewakili tingkat kecerahan (nilai merah), tingkat kecerahan (nilai hijau), dan tingkat kecerahan (nilai biru). Setiap pasangan digit mewakili dua digit dalam sistem bilangan heksadesimal, di mana 00 adalah tingkat kecerahan terendah dan FF adalah tingkat kecerahan tertinggi.

Contoh kode heksadesimal untuk warna ungu adalah #800080. Pada contoh ini, nilai merah dan biru sama-sama bernilai 80, yang mewakili tingkat kecerahan ungu, sedangkan nilai hijau adalah 00 yang menunjukkan tingkat kecerahan nol. Kombinasi ini menghasilkan warna ungu tua.

Harap diingat bahwa persepsi warna dapat bervariasi tergantung pada perangkat dan pengaturan layar. Kode heksadesimal digunakan dalam dunia digital untuk merepresentasikan warna dengan konsistensi yang lebih baik di berbagai perangkat dan platform.

Lihat Juga : Download Template Jas Pria

Macam – Macam Warna Ungu dan Kode Warnanya

Warna ungu memiliki beragam variasi warna dari ungu tua hingga ungu muda. Namun, perlu diingat bahwa setiap jenis warna memiliki kode heksadesimal yang berbeda juga. Untuk itu, berikut adalah variasi warna ungu beserta kode warnanya yang memudahkan bagi Anda sebagai bahan referensi, di antaranya:

1. Mulberry

1. Mulberry

Kode Warna : #C54B8C

Warna mulberry merupakan warna ungu tua dengan sentuhan merah, menggambarkan pada warna buah mulberry yang sudah matang. Mulberry memberikan kesan yang mencolok, dramatis dan berani.

2. Lavender

2. Lavender

Kode Warna : #E6E6FA

Warna lavender merupakan variasi dari warna ungu yang begitu lembut dan muda. Warna ini mencerminkan keindahan dan kelembutan seperti bunga lavender. Warna lavender melambangkan kelembutan, ketenangan dan kesegaran.

3. Amethyst

3. Amethyst

Kode Warna : #9966CC

Amethyst merupakan wara ungu yang terkesan dalam dan kaya. Warna ini mengingatkan pada batu permata amethyst yang memiliki kesan ungu dengan sentuhan biru dan misterius. Warna amethyst melambangkan kebijaksanaan, spiritualitas dan kedamaian.

4. Indigo

4. Indigo

Kode Warna : #4B0082

Warna indigo merupakan warna ungu tua yang mendekati biru. Warna ini terinspirasi oleh warna indigo pada spektrum cahaya, warna indigo melambangkan kecerdasan, kebijaksanaan dan intuisi.

5. Violet

5. Violet

Kode Warna : #EE82EE

Warna violet merupakan mix dari warna ungu terang dan cerah. Warna ini menggambarkan keindahan dari bunga violet. Warna violet ini lebih menekankan pada kesan feminim dan kalem, melambangkan kreativitas, imajinasi dan keanggunan.

6. Orchid

6. Orchid

Kode Warna : #DA70D6

Warna orchid merupakan kombinasi dari warna ungu pucat dan terdapat sentuhan warna abu-abu, memberikan kesan lembut dan lembayung. Warna orchid merupakan warna ungu yang terkesan anggun, mewah dan melambangkan keindahan serta keanggunan. Warna ini terinspirasi dari keindahan bunga anggrek.

7. Mauve

7. Mauve

Kode Warna : #E0B0FF

Warna mauve merupakan variasi dari warna ungu pucat dengan sentuhan merah muda. Warna ini memberikan nuansa lembut dan feminim. Warna mauve melambangkan kelembutan, keanggunan dan romantis.

8. Plum

8. Plum

Kode Warna : #8E4585

Warna plum merupakan warna ungu tua terdapat sentuhan merah yang melambangkan kemewahan, kekuatan dan keberanian. Warna plum menggambarkan seperti warna buah plum yang telah matang.

9. Lilac

9. Lilac

Kode Warna : #C8A2C8

Warna lilac merupakan variasi warna ungu pucat dengan sentuhan abu-abu. Warna lilac memberikan kesan lembut dan menenangkan. Warna lilac melambangkan ketenangan, kedamaian dan kelembutan.

10. Magenta

10. Magenta

Kode Warna : #FF00FF

Warna magenta merupakan warna ungu terang yang intens dengan sentuhan merah muda. Warna ini menciptakan efek yang mencolok dan dramatis. Warna magenta melambangkan kreativitas, keberanian dan kegembiraan.

Lihat Juga : Ukuran Pas Foto Sesuai Standar

11. Grape

11. Grape

Kode Warna : #6F2DA8

Warna grape merupakan variasi warna ungu gelap yang dalam dengan sentuhan biru. Warna ini menggambarkan seperti buah anggur yang sudah matang dan memberikan kesan lebih berani dan kuat.

12. Royal Purple

12. Royale Purple

Kode Warna : # 7851A9

Warna royal purple merupakan warna dasar ungu tua yang terkesan mewah dan kuat. Warna royal purple sering kali dihubungkan dengan kesan mewah dan seperti bangsawan.

13. Eggplant

13. Eggplant

Kode Warna : #614051

Warna eggplant merupakan warna ungu tua dan memiliki kombinasi sedikit sentuhan warna coklat. Warna eggplant menggambarkan warna kulit terong yang kuat.

14. Periwinkle

14. Periwinkle

Kode Warna : #CCCCFF

Warna periwinkle merupakan variasi warna ungu pucat dengan sentuhan warna biru. Warna periwinkle sangatlah menawan dan terkesan elegant bagi yang memakai pakaian berwarna ini, untuk cat rumah pun akan terlihat lebih mewah dan berkelas, karena warna ini sangat soft. Warna periwinkle melambangkan kelembutan dan ketenangan.

15. Heather

15. Heather

Kode Warna : #B39EB5

Warna heather merupakan warna ungu yang sangat soft dan cerah, namun sedikit ada sentuhan warna abu-abu. Tanaman heather merupakan salah satu inspirasi munculnya warna ini.

16. Grapefruit

16. Grape Fruit

Kode Warna : #DB7093

Warna grapefruit merupakan macam warna dari ungu, namun memiliki sedikit sentuhan merah muda yang cerah. Warna ingi memberikan kesan yang sangat segar dan energik.

17. Deep Purple

17. Deep Purple

Kode Warna : #663399

Kode warna deep purple merupakan variasi dari warna ungu tua kegelapan. Jika dilihat secara intens, warna ini memberikan kesan yang cukup misterius dan dramatis.

18. Thistle

18. Thistle

Kode Warna : #D8BFD8

Warna thistle merupakan variasi dari warna ungu pucat dan memiliki sedikit sentuhan warna abu-abu. Warna thistle melambangkan kelembutan dan ketenangan.

19. Wisteria

19. Whisteria

Kode Warna : #C9A0DC

Warna wisteria adalah warna ungu pucat yang cerah dan lembut. Warna ini terinspirasi oleh keindahan bunga wisteria. Wisteria melambangkan kesan yang lemah lembut dan feminim.

20. Deep Lavender

20. Deep Lavender

Kode Warna : #9966FF

Warna deep lavender adalah variasi warna ungu dengan kecerahan dan intensitas yang tinggi. Warna ini menciptakan efek mencolok dan menarik perhatian.

21. Lilac Gray

21. Lilac Gray

 Kode Warna : #C8AABF

Warna lilac gray adalah kombinasi antara warna ungu pucat dan abu-abu. Warna ini memberikan kesan lembut, elegan, dan netral.

22. Heliotrope

22. Heliotrope

Kode Warna : #DF73FF

Warna heliotrope adalah warna ungu terang dan cerah dengan sentuhan merah muda. Warna ini memberikan kesan energik dan bersemangat.

Lihat Juga : Ukuran Kartu Nama Standar Indonesia

Perpaduan warna ungu dengan warna lain

Warna ungu merupakan warna yang sangat mudah dipadukan dengan berbagai kombinasi warna lain. Berikut beberapa perpaduan warna yang sangat cocok jika di kombinasikan dengan warna ungu, yaitu:

1. Ungu dan Emas

Ungu Gold
Sumber Gambar : weddingstylemagazine.com

Kombinasi ungu dengan aksen emas memberikan kesan mewah, elegan, dan anggun.

2. Ungu dan Putih

Kombinasi Ungu Putih
Sumber Gambar : designcafe.com

Paduan ungu dengan putih menciptakan tampilan yang bersih, segar, dan minimalis. Kombinasi ini memberikan kesan tenang dan modern.

3. Ungu dan Hijau

Kombinasi Ungu Hijau
Sumber Gambar : artincontext.org

Mengombinasikan ungu dengan warna hijau memberikan kontras yang menarik dan segar. Kombinasi ini menciptakan suasana alami dan harmonis.

4. Ungu dan Abu-abu

Kombinasi Ungu Abu
Sumber Gambar : clicbrics.com

Kombinasi ungu dengan abu-abu memberikan tampilan yang modern, netral, dan elegan. Warna abu-abu memberikan latar belakang yang sempurna untuk ungu yang mencolok.

5. Ungu dan Merah Muda

Kombinasi Ungu Pink
Sumber Gambar : designcafe.com

Paduan ungu dengan merah muda memberikan kombinasi yang feminin, lembut, dan bersemangat. Kombinasi ini menciptakan tampilan yang ceria dan energik.

6. Ungu dan Biru

Kombinasi Ungu Biru
Sumber Gambar : dsigndpo.com

Kombinasi ungu dengan biru menciptakan perpaduan warna yang menenangkan dan harmonis. Keduanya adalah warna spektrum yang saling melengkapi.

7. Ungu dan Kuning

Kombinasi Ungu Kuning
Sumber Gambar : color-meanings.com

Kombinasi ungu dengan kuning memberikan tampilan yang cerah, ceria, dan menyegarkan. Kombinasi ini menciptakan energi yang positif dan menarik perhatian.

8. Ungu dan Cokelat

Kombinasi Ungu Cokelat
Sumber Gambar : color-meanings.com

Paduan ungu dengan cokelat memberikan tampilan yang hangat, alami, dan klasik. Kombinasi ini cocok untuk menciptakan suasana yang nyaman dan elegan.

Lihat Juga : Ukuran Foto dan Video Instagram

Penutup

Penggunaan kombinasi warna dapat memberikan dampak yang menakjubkan dalam menciptakan suasana yang tepat. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan paduan ungu dan warna lainnya untuk menciptakan tampilan yang unik dan menarik. Teruslah berkreasi dengan semangat dan nikmati keindahan yang terpancar dari harmoni warna yang Anda pilih. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber referensi untuk mix and match warna.

Apa peran warna dalam mempengaruhi suasana di ruangan?

Warna dapat memiliki dampak besar dalam mempengaruhi suasana di ruangan. Misalnya, warna biru dapat memberikan kesan ketenangan dan ketenangan, sementara warna merah dapat menciptakan energi dan kegembiraan. Pemilihan warna yang tepat dapat membantu menciptakan suasana yang diinginkan dalam ruangan.

Bagaimana memanfaatkan pencahayaan dalam desain ruangan?

Pencahayaan adalah elemen penting dalam desain ruangan. Pencahayaan yang baik dapat menciptakan atmosfer yang tepat, memperbaiki tampilan warna, dan memberikan fokus pada elemen tertentu dalam ruangan. Kombinasi antara pencahayaan umum, pencahayaan tugas, dan pencahayaan suasana dapat digunakan untuk menciptakan lapisan pencahayaan yang berfungsi dengan baik dalam ruangan.

Mengapa warna ungu dikatakan sebagai warna unik dalam spektrum warna?

Warna ungu dianggap unik dalam spektrum warna karena letaknya di antara biru dan merah. Hal ini dikarenakan warna ungu merupakan hasil dari perpaduan antara panjang gelombang cahaya yang lebih pendek daripada biru dan lebih panjang daripada merah. Secara teknis, warna ungu terbentuk saat cahaya putih dipecah menjadi spektrum warna melalui prisma atau terurai oleh tetesan air seperti pada pelangi. Ketika cahaya putih melalui prisma, terjadi pembiasan dan perpindahan panjang gelombang yang menghasilkan spektrum warna, termasuk warna ungu. Sifat unik lainnya dari warna ungu adalah perpaduannya dengan sifat-sifat biru dan merah. Ungu menggabungkan energi dan ketenangan biru dengan kekuatan dan kehangatan merah.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 100 Livery BUSSID Bris Trans Tuan Muda, Casper, Valentino, Paling Jernih!

    Berikut kami bagikan kumpulan Livery BUSSID Bris Tuan Muda, varian XHD, super jernih, yang bisa yang…
  2. 15 Aplikasi Edit Foto Laptop, PC, Mac Terbaik

    Tidak peduli apakah Anda adalah Photographer pemula atau professional, proses editing memang menjadi proses yang sangat…
  3. 1285 Nama PUBG Keren, Aesthetic, Simbol, Anime, Cewek, Cowok, Jarang Dipakai!

    Simak daftar nama PUBG Mobile yang keren, aesthetic, lucu, dari A – Z untuk cewek dan…