Layanan Call Center BRI 24 Jam, Bebas Biaya!

Ketahui layanan Call Center dari Bank BRI 24 Jam dalam ulasan berikut ini!

Sejak merajalelanya aplikasi online shop metode daya beli masyarakat pun mulai teralihkan ke toko-toko e-commerce yang memiliki kemudahan akses dalam mendapatkan produk yang mereka inginkan. Hal ini memicu kemunculan perusahaan perbankan online seperti Bank Jago, DANA, OVO, ShopeePay, Link Aja! Dan lain sebagainya. Yang mana bank tersebut digunakan sebagai e-wallet (Dompet Digital) bagi masyarakat karena dirasa instan dan praktis. Meski demikian, bank-bank konvensional yang telah berdiri sejak lama masih belum tergantikan keberadaannya. Karena memiliki fungsi sebagai penggerak ekonomi dengan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti bank BRI.

BRI telah menjadi bank yang telah menemani masyarakat Indonesia sejak satu abad yang lalu. Hal ini membuatnya menjadi bank tertua di Indonesia dan telah menjadi salah satu ikon yang dikenal oleh masyarakat secara luas, baik dari keamanan maupun layanannya. Tidak jarang adanya suatu kendala tertentu yang dialami oleh seorang nasabah ketika melakukan transaksi, sehingga keberadaan Call Center sangat dibutuhkan pada situasi semacam ini.

Ringkasan

  • Call center BRI menyediakan layanan meliputi informasi rekening, informasi produk dan layanan, pengaduan nasabah, layanan kartu, internet banking dan mobile banking, transaksi perbankan serta informasi umum seputar bank BRI.
  • Call center BRI dapat dihubungi melalui nomor dengan nomor 14017 atau 1500017.
  • BRI menyediakan fitur live chat yang terhubung dengan WhatsApp untuk menghubungi customer service-nya.
  • Call center BRI dan Customer service BRI merupakan dua hal yang berbeda. Yang mana satu melayani nasabah secara tatap muka dan yang satunya melayani nasabah melalui jarak jauh dengan media komunikasi.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BRI

Call Center BRI

Call Center BRI
Sumber Gambar : fortuneidn.com

Dalam sebuah bank, call center memiliki peranan yang cukup signifikan. Karena apabila seorang nasabah mengalami suatu masalah atau memiliki keluhan terkait layanan BRI, mereka pasti menghubungi call center untuk melakukan pengaduan. Nantinya setelah permintaan pengaduan diterima, petugas call center akan berusaha memberikan solusi dan mengatasi keluhan dengan cepat. Kira-kira layanan apa saya yang disediakan call center BRI? Berikut beberapa di antaranya.

Jenis layanan Call Center BRI

Call center BRI memberikan layanan yang menjaga dan menjamin solusi atas pengaduan yang diajukan oleh nasabah maupun non nasabah. Dan tentu kendala serta keluhan yang mereka alami berbeda antar satu dengan lainnya. Sehingga call center BRI harus memiliki fasilitas serta layanan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pengaduan tersebut. Beberapa pelayanan yang diberikan call center BRI sendiri meliputi.  

  • Informasi Rekening – Call Center BRI memberikan layanan informasi terkait saldo rekening, mutasi rekening, dan detail transaksi nasabah.
  • Informasi Produk dan Layanan – Nasabah dapat menghubungi Call Center BRI untuk memperoleh informasi terkait produk dan layanan yang disediakan oleh bank BRI seperti pinjaman, tabungan, kartu kredit, dan produk investasi.
  • Pengaduan Nasabah – Apabila nasabah mengalami masalah atau memiliki keluhan terkait layanan BRI, mereka dapat menghubungi call center untuk mengajukan pengaduan dan mendapatkan bantuan.
  • Layanan Kartu – Call center BRI juga menyediakan layanan terkait kartu ATM, kartu debit, dan kartu kredit BRI. Nasabah juga bisa memperoleh informasi terkait aktivasi kartu, pemblokiran blokir kartu, penggantian kartu, dan lain sebagainya.
  • Internet Banking dan Mobile Banking – Call Center BRI dapat membantu nasabah dalam mengatasi masalah terkait penggunaan layanan internet banking dan mobile banking BRI.
  • Transaksi Perbankan – Nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan melalui Call Center BRI, seperti transfer antar rekening, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, pembelian tiket, dan lainnya.
  • Layanan Informasi Umum – Call Center BRI juga menyediakan layanan informasi umum terkait jaringan ATM dan cabang BRI, jam operasional, dan lainnya.

Lihat Juga : Cara Daftar Internet Banking BRI

Jadwal Call Center BRI

Jadwal Call Center BRI
Sumber Gambar : trenasia.com

Call center BRI merupakan bagian fasilitas kantor yang disediakan untuk membantu menyediakan solusi bagi para nasabah maupun non nasabah BRI. Sehingga layaknya sebuah kantor pada umumnya Call Center ini juga memiliki regulasi kerja tersendiri yang terpisah dari jadwal karyawan bank BRI.

  • Senin-Minggu : 24 Jam
  • Nomor kontak : 14017 / 1500017

Melalui nomor di atas Anda dapat menghubungi call center BRI untuk menanyakan dan mengajukan keluhan seputar masalah Anda sebagai nasabahnya. Pengaduan yang di ajukan oleh pihak nasabah ada beraneka ragam, tapi permasalahan yang sering diajukan seputar transaksi. Misalnya saja seperti yang pernah penulis alami sendiri yaitu transaksi atau lebih tepatnya transfer saldo melalui ATM gagal. Untuk lebih mendetailnya penulis akan bercerita sedikit mengenai masalah ini agar Anda yang pernah mengalami kendala serupa dapat mengetahui langkah apa yang mesti dilakukan.

Kala itu penulis pernah mentransfer saldo pada mesin ATM yang ternyata sedang bermasalah, jadi saldo rekening nya terpotong sesuai jumlah transfer tapi uangnya tidak masuk ke rekening penerima. Penulis kemudian menghubungi Call Center BRI via telepon, dan menanyakan kendala seperti, terjadi kapan, di cabang BRI mana, jumlah saldo yang terkendala serta pertanyaan lainnya. Kemudian penulis dibimbing untuk datang ke kantor BRI terdekat sambil menunjukkan buku tabungan serta struk transaksi(bila ada), agar permasalahan dapat diproses dengan segera. Dan akhirnya saldo yang dipermasalahkan langsung kembali ke rekening dalam waktu 2×24 jam kerja.

Lihat Juga : Cara Cek Mutasi Rekening BRI

Cara menghubungi Call Center BRI

Cara Menghubungi Call Center BRI
Sumber Gambar : ufficioservice.it

Call center BRI memang siap dihubungi selama 24 jam, tapi sebelum itu Anda perlu mengenali lebih dulu tentang bagaimana cara kerja, dan persiapan yang diperlukan untuk mengontak nya. Kita mulai saja dari yang paling gampang yaitu membedakan nomor kontak BRI yaitu 14017 dan 1500017. Meski sama-sama digunakan untuk call center namun kedua nomor ini memiliki tarif yang berbeda.

Akan tetapi untuk metode menghubunginya sendiri masih sama, misalnya saja Anda tinggal di Surabaya dan mau menghubungi Call Center BRI. Maka isi kode nomor telepon area Surabaya yaitu 031 kemudian isi bagian belakangnya dengan salah satu nomor BRI di atas misalnya saja seperti ini (031)14017(tanpa tanda kurung).

Biaya telepon Call Center BRI 14017

Sekarang mari kita bahas mengenai tarif pulsa yang dikenakan pada masing-masing nomor call center BRI. Berikut di bawah ini adalah tabel yang dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam memilih operator jaringan untuk mengontak call center BRI.

OperatorKode AreaTanpa Kode AreaPaket Telepon
IndosatRp 1 per detikRp 935 per 30 detikTersedia
3 (Tri)Rp 400 per 30 detikRp 990 per 30 detikTersedia
AxisRp 149 per 10 detikRp 31 per detikTersedia
Kartu ASRp 900 per 30 detikRp 900 per 30 detikTidak tersedia
Simpati LoopRp 900 per 30 detikRp 900 per 30 detikTidak tersedia
SimpatiRp 900 per 30 detikRp 900 per 30 detikTidak tersedia
XLRp 300 /5 detikRp 31 per detikTersedia
SmartfrenTidak TersediaRp 990 per menitTidak tersedia

Sebagai catatan, tabel yang dengan kata “Tersedia” memberikan potongan biaya pulsa, apabila Anda menggunakan paket telepon yang aktif. Dan menyertakan kode area yang Anda tempati.

Biaya telepon Call Center BRI 1500017

Selanjutnya kita bahas mengenai nomor telepon call center BRI 1500017. Nomor ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti 14017, hanya saja ada beberapa perbedaan yang perlu Anda perhatikan melalui tabel di bawah ini.

OperatorKode AreaTanpa Kode AreaPaket Telepon
IndosatTidak TersediaRp 990 per menitTidak Tersedia
3 (Tri)Tidak TersediaRp 990 per 30 detikTidak Tersedia
AxisRp 300 per 6 detikRp 600 per menitTersedia
Kartu AsRp 1.016 per menitRp 1.800 per menitTersedia
Simpati LoopRp 601 per 30 detikRp 1.800 per menitTersedia
SimpatiRp 407 per 10 detikRp 1.800 per menitTidak Tersedia
XLRp 149 per 10 detikRp 600 per menitTersedia
SmartfrenTidak TersediaRp 990 per menitTidak Tersedia

Sudahkah Anda menemukan perbedaannya? Ya untuk sebagian operator, potongan tarif hanya tersedia dengan nomor panggilan call center BRI yang berbeda. Jika Anda cermati lagi antara nomor 14017 dengan 1500017, ada operator yang bisa memberikan potongan biaya jika menggunakan salah satu nomor tersebut begitu juga sebaliknya.

Biaya Call Center BRI dengan menggunakan paket telepon

Sebagai kesimpulan, kita akan merangkum informasi mengenai kedua tabel di atas, dengan menyisihkan operator yang menyediakan potongan biaya saja. Dan tetap ingat opsi yang akan kita simpulkan hanya berlaku pada operator dengan nomor call center berbeda saja.

Nomor Call Center BRIOperator yang menyediakan potongan biaya
14017Indosat, 3 (Tri), Axis, XL
1500017Axis, XL, Kartu AS, Simpati Loop

Agar menjadi lebih sederhana dan ringkas, berikut di bawah ini adalah tabel yang menunjukkan tarif operator. Menurut paket telepon yang dipakai oleh pengguna, ketika menghubungi call center BRI dengan kode wilayah.

OperatorPaket TeleponKuota TeleponMasa Berlaku
Kartu AsRp 3.00020 menit1 hari
IndosatRp 5.75025 menit1 hari
3 (Tri)Rp 5.00020 menit7 hari
Simpati LoopRp 5.00020 menit1 hari
AxisRp 3.90010 menit1 hari
XLRp 6.00015 menit1 hari

 Perlu diingat, informasi dari tabel di atas mengenai harga, kuota telepon serta masa berlaku dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan operator terkait.

Perbandingan biaya telepon Call Center BRI

Baik saatnya kita mengambil kesimpulan dan melakukan perbandingan Apple to Apple antara kedua nomor call center BRI yaitu 14017 dan 1500017. Kita akan membandingkan tarif dari masing-masing operator yang mengenakan paket telepon dengan potongan biaya via kode area. Untuk selengkapnya silakan perhatikan gambaran tabel di bawah ini

OperatorPaket Telepon (14017)Tanpa Paket (14017)Paket Telepon (1500017)Tanpa Paket (1500017)
IndosatRp 230 per menitRp 60 per menitTidak TersediaRp 990 per menit
3 (Tri)Rp 250 per menitRp 800 per menitTidak TersediaRp 1.980 per menit
Kartu AsTidak TersediaRp 1.800 per menitRp 150 per menitRp 1.016 per menit
Simpati LoopTidak TersediaRp 1.800 per menitRp 250 per menitRp 1.202 per menit
(Dengan kode area)
AxisRp 390 per menitRp 894 per menitRp 390 /menitRp 600 per menit
XLRp 400 per menitRp 1.860 per menit (Tanpa kode area)Rp 400 /menitRp 600 per menit
SimpatiTidak TersediaRp 1.800 per menitTidak TersediaRp 1.800 per menit (Dengan kode area)
SmartfrenTidak TersediaRp 990 per menit (Tanpa kode area)Tidak TersediaRp 990 per menit

Dari tabel di atas perlu diperhatikan bahwa perbandingan tersebut mungkin dapat berubah-ubah. Sesuai dengan ketetapan biaya dari masing-masing operator, yang selalu berganti setiap waktu. Dan karena itu dimohon kebijakannya, sebelum mulai menggunakan perbandingan tabel tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Lihat Juga : Aesthetic Font Generator

Alternatif Call Center BRI bebas biaya

Apa itu E-Banking
Sumber Gambar : mononabank.com

Menelepon bukan satu-satunya cara untuk menghubungi call center BRI, masih ada beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan bantuan secara instan melalui perangkat lain. Di samping itu, karena melakukan panggilan telepon ke call center BRI sendiri tidak gratis dan dikenakan tarif. Anda tidak akan dapat melakukan pengaduan apabila tidak memiliki pulsa. Tapi jangan khawatir karena BRI sendiri menyediakan alternatif lain untuk dapat menghubungi call center-nya sebagai berikut.

1. Call Center BRI via E-mail

Berkomunikasi melalui e-mail mungkin kurang populer sekarang dan hanya digunakan dalam beberapa kesempatan tertentu. Salah satu contohnya ketika sedang menghubungi call center BRI, ya Anda dapat menghubungi call center melalui e-mail resmi BRI di bawah ini.

Untuk menghubunginya pastikan Anda memiliki dan menggunakan e-mail utama dengan notifikasi aktif, agar sewaktu-waktu dibalas oleh petugas BRI. Anda dapat dengan segera meresponsnya. Dan pastikan juga untuk menyematkan subjek dan isi pesan pengaduan dengan jelas. Agar petugas dapat memahami dan memberikan feedback terbaik sesuai dengan yang Anda butuh kan.

2. Call Center BRI via Facebook Messenger

Facebook di era sekarang sudah mulai ditinggalkan akibat munculnya pesaing baru seperti Tik-Tok, Instagram, Twitter dan yang lainnya. Walau demikian Facebook masih memiliki nilai di mata pengguna serta dunia dengan hampir menyentuh angka 3 milyar akun di dalamnya. Karena alasan ini juga BRI masih menyediakan layanan call center mereka di platform ini, melalui salah satu fasilitasnya yaitu Messenger.

  • Facebook: @briofficialpage

Alamat di atas akan membawa Anda ke laman Facebook official milik BRI. Dan yang perlu Anda lakukan ialah menghubungi pihak mereka, melalui Messenger dan menjelaskan mengenai kendala yang tengah Anda alami.

3. Call Center BRI via Twitter

Sebagai platform medsos yang sering dijadikan tongkrongan orang-orang dalam mencari informasi populer seputar dunia, Twitter juga menjadi layanan medsos eksklusif bagi para penggunanya yang memakai fitur premium bercentang biru. BRI dapat Anda temukan di platform ini dengan nama.

  • Twitter: @kontakbri

BRI menyediakan call centernya di Twitter karena masifnya pengguna yang dapat mereka jangkau untuk menyelesaikan keluhan-keluhan yang mereka alami seputar layanan maupun transaksi dan informasi dari BRI.

4. Call Center BRI via Instagram

Platform simpel dan menarik perhatian anak muda, Instagram menjadi primadona kedua setelah populernya Tik-Tok di dunia maya. Selain informasi, media ini juga sering digunakan sebagai tempat beriklan dan promosi. Hal ini yang juga dimanfaatkan BRI dalam membagikan data terkini mengenai bank mereka, salah satunya jadwal bank ketika weekend. Anda dapat menghubungi call center BRI melalui Instagram dengan menggunakan pencarian nama ini.

  • Instagram:@bankbri_id

Cantumkan masalah dan keluhan Anda pada bagian pesan dan isi penjelasan lengkap dan mendetail mengenai masalah yang Anda alami. Jangan lupa juga untuk menginformasikan identitas Anda sebagai nasabah BRI yang sah, serta bukti transaksi bila perlu. Apabila ada informasi yang tidak dapat dimengerti, call center ini selalu terbuka untuk memberi Anda jawaban yang dibutuhkan.

5. Call Center BRI via Webmail BRI

Apabila Anda masih belum puas, BRI masih menyediakan cara lain untuk memberi nasabahnya akses dalam menghubungi call center. Anda dapat mengunjungi situs resmi BRI untuk melakukannya dan layanan ini bersifat gratis.

  1. Buka website BRI melalui link ini.
  2. Anda akan dihadapkan pada halaman yang berisi formulir, isi semuanya secara lengkap.
  3. Apabila memang diperlukan cantumkan juga bukti transaksi maupun informasi lainnya pada form pesan dan file untuk memperkuat pengaduan yang Anda ajukan.
  4. Verifikasi captcha dengan benar sesuai teka-teki yang tersedia
  5. Klik Kirim dan tunggu balasannya melalui kotak e-mail Anda
  6. Selesai

Cara menghubungi call center BRI melalui webmail memang dirasa agak lama karena permintaan Anda masuk ke bagan antrean dan menunggu giliran untuk diproses. Namun setidaknya cara ini dapat dipastikan untuk pasti dibalas oleh petugas BRI yang bersangkutan.

6. Call Center BRI via WhatsApp

Fitur lain yang disediakan situs resmi BRI adalah live chat yang mana terhubung dengan WhatsApp. Fitur ini memungkinkan Anda untuk terhubung secara instan dengan pihak Call Center BRI dalam hitungan menit, apabila Anda tertarik untuk menggunakannya silakan ikuti langkah-langkah di bawah.

  1. Buka situs resmi BRI di sini
  2. Pada halaman utama cari ikon Chat Sabrina di bagian bawah menu untuk di klik.
  3. Selanjutnya di halaman baru Anda akan diminta mengklik ikon Continue to Chat
  4. Dan Anda telah terhubung dengan Call Center BRI
  5. Selesai.

Atau jika Anda tidak ingin ribet membuka website BRI, tinggal hubungi saja pihak call center-nya melalui nomor berikut ini.

  • WhatsApp: 08121214017

Layanan ini mungkin terhitung memakan waktu, akan tetapi dinilai jitu dan efektif untuk terhubung dengan pihak call center secara dengan lebih fleksibel dan hemat biaya.

7. Call Center BRI via Telegram

Layaknya WhatsApp, Telegram telah menjadi alternatif atau setidaknya terhitung sebagai App pilihan kedua dalam sistem per pesanan. Kemudahan serta keamanan akses terhadap pengguna, membuatnya dikenal sebagai platform terpercaya untuk bertukar informasi. Dalam hal ini, BRI menyediakan layanan call center mereka melalui nama di bawah.

  • Telegram : @BANKBRI_ID_BOT

Anda dapat mencoba memasukkan nama akun di atas pada Telegram untuk menghubungi call center-nya. Dan menyampaikan keluhan atau kurangnya informasi, mengenai sistem perbankan BRI yang dapat Anda tanyakan secara bebas.

Lihat Juga : Blank Text Generator

Perbedaan Call Center dengan Customer Service BRI

Cek Mutasi Rekening BRI
Image Source : liputan6.com

Dalam segi layanan, mungkin untuk banyak orang mengartikan call center dengan customer service merupakan hal yang sama, dan ini sangat lumrah. Tapi pada kenyataannya keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Jadi customer service BRI adalah bagian dari tim pelayanan nasabah, yang memiliki peran yang lebih luas dalam memberikan pelayanan pelanggan. Termasuk tidak hanya menerima panggilan melalui telepon, tetapi juga dapat berinteraksi dengan pelanggan melalui layanan pesan atau tatap muka di kantor cabang.

Sedangkan call center merupakan pusat layanan telepon yang menerima panggilan dari pelanggan untuk memberikan informasi, menyelesaikan masalah, atau memberikan dukungan teknis. Mereka bertanggung jawab menjawab pertanyaan pelanggan dan menangani masalah dengan menggunakan telepon saja. Ringkasnya customer service BRI terlibat dalam interaksi langsung dengan nasabah dan memberikan pelayanan tatap muka di kantor cabang BRI. Dan call center beroperasi dalam lingkungan yang lebih jauh dari nasabah, tanpa adanya tatap muka.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BNI

Penutup

Call Center BRI merupakan pusat layanan pelanggan yang memberikan solusi dan bantuan kepada nasabah BRI melalui telepon. Mereka menawarkan layanan yang efisien dan responsif, siap membantu dalam segala pertanyaan terkait produk dan layanan bank. Tim call center terlatih dengan baik untuk memberikan informasi yang akurat, mengatasi masalah transaksi, dan memberikan panduan kepada nasabah. Melalui komunikasi yang jelas dan ramah.

Call Center BRI melayani apa saja?

Call center BRI memberikan layanan yang komprehensif kepada nasabah dan non nasabah. Mereka siap menjawab pertanyaan seputar produk dan layanan perbankan BRI, seperti tabungan, deposito, kredit, kartu kredit, transfer, dan internet banking. Selain itu, mereka memberikan bantuan teknis terkait aplikasi perbankan online, penggunaan mesin ATM, dan masalah transaksi.

Apa itu operator Call Center BRI?

Operator Call Center BRI adalah sekelompok profesional yang bertugas menerima dan mengelola panggilan telepon dari nasabah bank BRI. Mereka memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk dan layanan perbankan, serta dapat memberikan bantuan, informasi, dan solusi untuk kebutuhan nasabah seputar perbankan.

Apa bedanya teller bank dengan customer service?

Perbedaan utama keduanya terletak pada peran dan fokus pekerjaan. Teller bank berurusan dengan transaksi keuangan langsung, sementara customer service lebih berfokus pada memberikan layanan pelanggan secara menyeluruh dan menangani masalah nasabah.

Pengaduan BRI harus lapor ke mana?

Anda dapat menghubungi call center BRI dengan nomor 14017 atau 1500017 dengan biaya pulsa sesuai operator jaringan yang Anda gunakan. Adapun alternatif lain yaitu dengan menghubungi via WhatsApp dengan nomor 08121214017.


Penulis : Agung Wijaya | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Kode Bank Indonesia

Agung Wijaya

Hi! I am someone who likes to be creative and share ideas about things that add to a more advanced mindset. Besides that, I also like to learn new things that are interesting and useful in building my character.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo UIN Walisongo Semarang PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo UIN Walisongo Semarang PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…
  2. Logo Universitas Bung Hatta PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Bung Hatta PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…
  3. Logo Universitas Bhayangkara Jakarta PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Bhayangkara Jakarta PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…